Akulaku, Tolong Segera Kembalikan Saldo Saya!

Kepada Akulaku Indonesia,

Melalui surat terbuka ini, saya meminta pertanggung jawaban dari pihak Akulaku Indonesia agar segera mengembalikan saldo refund saya, yang sampai 2 minggu ini masih belum dikembalikan. Awalnya saya memesan HP Samsung M21 seharga Rp1.860.000 di salah satu toko di Akulaku. Namun karena tidak segera dikirim, saya meminta refund kepada penjual.

Karena stok barang kosong, pesanan saya dengan nomor: 202208131357273495377 di-refund oleh penjual sejumlah Rp1.860.000, dengan nomor refund: R202208141340442081114.

Pada tanggal 16 Agustus 2022, saya melakukan penarikan dana dari saldo refund Akulaku ke rekening Bank Jago saya, dengan nominal Rp 1.860.000. Namun terjadi kendala dan tertulis “Kendala Pada Sistem”. Lalu saya menghubungi CS chat Akulaku dan disarankan untuk coba keluar dari akun dan masuk lagi ke aplikasi Akulaku. Namun setelah saya coba, masih belum juga bisa, selalu muncul tulisan kendala tersebut.

Kemudian tanggal 17 Agustus 2022, saya hubungi CS chat lagi dan disuruh kirim bukti screenshot kendalanya. Lalu saya disuruh menunggu pemrosesan.

Tanggal 18 Agustus 2022, saya dihubungi CS Akulaku dan disuruh kirim data diri seperti foto KTP, foto selfie memegang KTP, foto rekening Bank, screenshot saldo ke email: cs.refund@akulaku.com. Lalu, saya dapat email juga dari bug.report@akulaku.com disuruh kirim bukti video kendalanya dan foto-foto data diri. Saya sudah kirimkan semua data-data bukti yang diminta, tapi belum juga dihubungi pihak Akulaku mengenai tindak lanjutnya.

Pada tanggal 21 Agustus 2022 saya melihat saldo di akun Akulaku saya berubah, yang tadinya sejumlah Rp1.860.000 jadi Rp 0. Lalu saya cek ke rekening Bank Jago saya, ternyata belum ada transfer masuk. Saya tanyakan ke CS chat katanya sedang dibantu transfer manual dan masih dalam proses disuruh menunggu 3-5 hari kerja.

Setiap hari saya selalu menanyakan ke CS chat tentang kabar aduan saya dan selalu dijawab sedang diproses dan disuruh menunggu 3-5 hari kerja. Saya coba hubungi CS langsung, tapi belum mendapatkan jawaban yang jelas telepon sudah terputus, karena kehabisan pulsa akibat menunggu lama CS melakukan pengecekan.

Pada tanggal 29 Agustus 2022 saya menghubungi CS chat untuk menanyakan aduan saya. Namun setelah dilakukan pengecekan katanya saldo sudah berhasil ditransfer pada tanggal 22 Agustus 2022. Saya membantah hal itu, karena saya cek di rekening Bank Jago saya tidak ada transaksi pada tanggal tersebut. Lalu, saya dapat email dari Akulaku yang isinya bahwa saya telah berhasil tarik dana saldo pada tanggal 22 Agustus 2022, dan laporan ditutup.

Kemudian besoknya tanggal 30 Agustus 2022, saya hubungi CS chat dan mengatakan saya belum menerima transferan dana tersebut. Lalu saya dihubungi CS untuk mengkonfirmasi aduan saya dan saya dimintai kirim bukti rekening koran Bank Jago saya. Bukti rekening koran Bank Jago sudah saya kirimkan lewat email ke cs.refund@akulaku.com. Lalu besoknya saya tanyakan lagi ke CS chat, dijawab sedang diproses, dimohon menunggu informasi selanjutnya.

Sudah 2 minggu aduan saya sedang diproses, saya sudah tidak sabar menunggu lebih lama lagi. Saya harap dengan adanya surat ini, pihak Akulaku Indonesia tanggap untuk segera mengembalikan dana saya karena itu adalah hak saya. Jangan mempersulit penarikan saldo pelanggan. Apakah ini trik di Akulaku biar saldo pelanggan sulit ditarik dengan cara kendala pada sistem? Nomor aduan saya: 628431 dan diperbarui 776270.

Endro Sancoko
Kota Madiun, Jawa Timur


Update (2 September 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas pengembalian dana dari pihak Akulaku sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara Endro Sancoko

Jakarta, 09 September 2022 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara Endro...
Baca Selengkapnya

53 komentar untuk “Akulaku, Tolong Segera Kembalikan Saldo Saya!

    • 1 September 2022 - (12:50 WIB)
      Permalink

      Bingung ya dah jelas2 kita dirugikan mau ngadu kemana gak tau. Dan ternyata sampai dg saat ini di yutub msh sering banget iklan akulaku dg modal ijin dr ojk. Sy pikir kok masih laku aja yah nih apk. Malah keliatannya mereka yg pernah transaksi di appsnya kesini2 dipaksa belanja disitu dg harga mahal dg iming2 bisa memakai fitur paylaternya. Apa gak gila tuh padahal dah dikasih limit yg gede. Uedaan tenan……

      • 1 September 2022 - (16:57 WIB)
        Permalink

        Penjual memajang barang dengan harga murah untuk menarik minat pelanggan tp saat di checkout ternyata stok barang kosong

      • 2 September 2022 - (14:51 WIB)
        Permalink

        Saya juga pernah kaya gt ampe sekarang ga ada tanggepan untung saldo nya hanya 370rb udah hampir 7 bulan ga ada kejelasan,..

    • 1 September 2022 - (08:59 WIB)
      Permalink

      Ea mz,,saya juga pernah beli hp tidak sesuai pesanan tapi tak bisa dikembalikan..saya disuruh hub penjual..trs penjual minya saya hub akulaku..1bulan gk ada tanggapan trs tdk saya byr,hbs itu lngsng q linasi trs aku tutup akun akulaku..

      3
      1
      • 1 September 2022 - (10:35 WIB)
        Permalink

        Tadinya juga begitu penjual menawarkan type yg lain, saya tidak mau dan minta uangnya direfund. Setelah direfund ternyata muncul masalah saldo tidak bisa ditarik karena kendala sistem. Parahnya lagi aduan saya tidak segera diproses dan dikembalikan dananya.

        • 1 September 2022 - (15:55 WIB)
          Permalink

          Itu mah modus, buat pengalaman sendiri dan buat yg lain, sebaiknya belanja online itu menggunakan market place yg yg standar dan kredibel aja, jelas track recordnya, Tokope****, Shop,***, Laza****. dh lebih pasti aman

          • 1 September 2022 - (17:01 WIB)
            Permalink

            Iya mas, ini pelajaran bagi saya. Saya belanja di marketplace lain belum pernah ada masalah seperti ini

          • 2 September 2022 - (05:10 WIB)
            Permalink

            Sepertinya iya, ini modus Akulaku untuk mengambil uang konsumen. Kalau begitu ini adalah tindakan kriminal. Mengambil uang konsumen tanpa sebab adalah Pencuri

          • 2 September 2022 - (12:06 WIB)
            Permalink

            Bener tuh pengalaman pake shopee top up saldo 10jt tp terjadi system error dan saldo shopee gak bertambah tp saldo rekening udah kepotong, gak telpon CS cukup kirim email dan DM ig shopee cuma 2hari saldo masuk rekening lagi,perusahaan besar pasti profesional.

    • 1 September 2022 - (12:27 WIB)
      Permalink

      Saya,juga pernah kejadian ,waktu itu saya hanya cek simulasi pinjaman.karna potongan .dan lain lain,saya ga jadi ajukan.taunya besok masuk ke rek saya 1.8.tempo satu bulan..saya coba komplen ke cs ..tapi tidak dapat jawaban memuaskan..intinya dapat email dr aku laku ..dana yg sidah di terima atau di transfer ke rek anda tidak dapat di kembalikan .dan anda wajib untk membayar pinjaman anda …sangat sangat kecewa.ahir nya saya lunasi.dan langsung auto hapus permanen akun nya

    • 2 September 2022 - (06:42 WIB)
      Permalink

      Kalo sampai saldo saya tidak dikembalikan berarti Akulaku adalah Pencuri. Mengambil uang konsumen tanpa hak adalah kriminal.

  • 1 September 2022 - (07:17 WIB)
    Permalink

    Masih aja Beli Di akulaku, Cs Akulaku Ga Bakal peduli sama customer, kinerjanya Tak sesuai SPO

    4
    1
    • 1 September 2022 - (10:39 WIB)
      Permalink

      Saya baru pertama kali ini belanja di Akulaku jadi tidak tahu kalo Akulaku seperti ini

      • 1 September 2022 - (22:25 WIB)
        Permalink

        JIKA MAU MENGGUNAKAN LIMIT DI AKULAKU BELANJA ELEKTRONIK ATAU SEJENISNYA GUNAKAN TOKO ONLINE JDID AMAN OKE JELAS SAYA 3 HARI LALU TRANSAKSI HP SENILAI 3.3 JUTA AMAN SIMPLE HP SDH SY PAKE ANGSURAN TIAP BULAN JELAS OM INI HANYA TESTIMONI AJA DARI AKULAKU SAYA

        • 2 September 2022 - (05:02 WIB)
          Permalink

          Di Akulaku anehnya saldo refund tidak bisa buat belanja lagi, hanya bisa ditarik ke rekening tapi kalo ditarik bermasalah seperti ini

    • 1 September 2022 - (11:11 WIB)
      Permalink

      Akulaku itu sarangnya penipu, dapet kredit tpi harus belanja di marketplace dia sendiri yg mana isinya seller penipu semua.
      Wkwkwkwk
      Search aja di MK paling banyak komplenan itu ya akulaku

        • 1 September 2022 - (22:20 WIB)
          Permalink

          Saldonya kamu apa limit akulaku kalau limit akulaku sih sah sah saja akulaku gak bisa di tariknya,maaf kalau pendapatku salah

          • 2 September 2022 - (06:37 WIB)
            Permalink

            Saldo hasil refund penjual, saya tidak punya pinjaman apa2 di Akulaku

  • 1 September 2022 - (09:02 WIB)
    Permalink

    Kurang respon,cs tidak ada wa cuman tlp yg mhl..banyak kurangnya.bagi yx mau pakai akulaku pikir 2x sebelum dibodohi..

    • 1 September 2022 - (10:41 WIB)
      Permalink

      Benar, saya kurang puas jawaban CS live, saya coba nelpon langsung ke CS. Pulsa sy 20rb habis karena di suruh nunggu pengecekan 2 kali dan itu belum dapat jawaban yg jelas

  • 1 September 2022 - (09:34 WIB)
    Permalink

    Ikut prihatin,dengan kejadian yg saudara alami,semoga permasalahan cepat terselesaikan, dan terus terang ,dengan kejadian ini saya buat pertimbangan jga untuk saya pribadi,keluarga,saudara untuk memakai aplikasi. Kok ribet banget.
    Cs ini ngulang lagi ,cs satunya minta ulang lgi .Semoga cepat terselesaikan.

    • 1 September 2022 - (11:33 WIB)
      Permalink

      Makasih atas perhatiannya. Semoga dengan pengalaman apes saya ini bisa jadi pelajaran konsumen lain untuk berhati2 berbelanja di marketplace yg belum terpercaya ini

  • 1 September 2022 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Sudah banyak kasus di Akulaku barang ga dikirim sama penjual. Akulaku berubah jadi Akutipu. Seolah olah Akulaku melindungi seller seller nakal.

  • 1 September 2022 - (13:37 WIB)
    Permalink

    Aq jg prnh ajuin refund d AL prosesnya 1 bln lebih br uang aq terima ? itu jg berkali2 ditolak seller dg alasan produk sudah dikirim tp masa udh hmpr 2 bulan g nyampe2 ? Makanya aq pantang mundur maju terus mnt refund wlpn nominalnya cm 30rb tp aq pikir itu hak aq,, biar jd pelajaran jg bwt seller2 nakal spy g seenaknya.. Smoga mslh TS cpt slesai dan bs dapet haknya kembali..

    1
    1
    • 1 September 2022 - (17:32 WIB)
      Permalink

      Astaga sampai 1 bulan? Aku juga tiap hari tak tanyakan terus ke cs. Lha uang sebanyak itu kok enaknya mau diambil.

  • 1 September 2022 - (15:47 WIB)
    Permalink

    akutipu adalah aplikasi sampah …
    isi nya pemberi utang dengan bunga, dan harus beli di situ, di mana seller nya penipu semua
    wkwkkwkwkkwkkkkk
    biar viral lah sana …. masih ada aja yg pake aplikasi akutipu tipu kau ?

  • 1 September 2022 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Kalo beli di akulaku langsung hati2 seller bnyk nakal. Coba belinya lewat marketplce lain kyk bl toped, lazada tapi bayarny pke cicilan akulaku. Aman itu saya dan dkk sering kyk gitu

  • 2 September 2022 - (09:22 WIB)
    Permalink

    Saya mengkonfirmasi pada Akulaku bahwa pada hari ini tanggal 2 September 2022 saya menerima transfer dana dari Akulaku sejumlah Rp 1.860.000 ke Bank Jago saya. Dengan demikian surat aduan ini saya tutup komentarnya dan terima kasih atas semua dukungan dan perhatian para konsumen lainnya.

  • 2 September 2022 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Betul sekali… JANGAN Beli Barang apapun di Akulaku, saya KAPOK, Waktu itu saya beli sepatu seharga 3rts ribuan buat sekolah anak, Barang yg dikirim nggak sesuai Dengan Yg difoto saya cek di shopee harganya yg 180 rb an, dikonfirm sma Sellernya, diem2 bae nggak dijawab… Baru sekali pakai Langsung Rusak Jebol… Anjay banget… wes.. KAPOK POK..POK..

  • 2 September 2022 - (12:42 WIB)
    Permalink

    Dengan dikembalikan saldo saya, maka permasalahan saya dengan Akulaku saya anggap sudah selesai.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  • 2 September 2022 - (13:08 WIB)
    Permalink

    lagi dan lagi banyak korban berjatuhan tp tetep pada nyoba2 pake akulaku kadang heran juga

  • 6 September 2022 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Kalau mau belanja pake Akulaku bagus di e-commerce aja. Nanti link pembayaran ke Akulaku.

  • 7 Desember 2022 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Saya beli hp dengan dp 3jt tetapi hp tidak di kirim seler juga gk pernh respon,saya ajukan refund dan berhasil. sekarang saya mau ambil saldo di akulaku suruh nunggu 3×24 ada yang sama gk si baru kali ini beli di akulaku nyesel bgt. Aku kira kyk shopee. Kira kira brp hari y baru bisa cair saldo saya?

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 53 komentar sampai saat ini..

Akulaku, Tolong Segera Kembalikan Saldo Saya!

oleh Endro dibaca dalam: 2 menit
53