Komplain terkait Susu Fresh Milk Diamond, Layanan Konsumen Tidak Dapat Dihubungi di Jam Operasional

Pada tanggal 26 Agustus 2022 yang lalu, saya membeli 10 pcs susu Diamond Fresh Milk (rasa strawberry) dan 8 pcs susu Diamond UHT (rasa cokelat), untuk dikonsumsi oleh anak saya (usia 2,5 tahun dan 5,5 tahun) di Hypermart, dengan kode produksi TCT01001 (expired date yang tertera di kemasan adalah tanggal 28 September 2022).

Namun ketika saya tuang ke botol susu anak saya, ternyata warna susu tersebut putih (yang mana seharusnya berwarna pink, karena varian rasanya yang saya beli adalah strawberry). Lalu ketika saya cium, baunya juga agak aneh (seperti yang rasa plain). Ketika saya coba pun rasanya juga aneh (seperti yang rasa plain).

Tentunya saya khawatir produk yang dijual ini berbahaya, karena sudah rusak ataupun defect/cacat produksi. Bagaimana ini bagian Quality Control-nya? Apakah perusahaan sekelas PT. Diamond Cold Storage Indonesia tidak memiliki bagian QC yang tugasnya untuk mengawasi produksi susunya sehingga produk cacat produksi seperti ini bisa lolos ke pasaran?

Sebelumnya saya sudah mencoba berkali-kali untuk menghubungi layanan pengaduan konsumen (di waktu operasional yang tertera pada kemasan produk): 0800-1-008899, tapi tidak dapat dihubungi. Saya juga sudah mencoba menghubungi via email cs@diamondfair.co.id. Saya sudah memberikan bukti foto dan bukti transaksi OVO (karena setruk belanja sudah tidak ada/langsung saya buang ketika sudah tiba di rumah). Namun ketika saya tanyakan estimasi waktu untuk proses keluhannya saya tersebut tidak ada tanggapannya, sehingga saya terpaksa mempublikasikannya via Media Konsumen ini

Saya merasa sangat kecewa dengan adanya kejadian ini. Padahal kedua anak saya selama ini selalu mengonsumsi susu Diamond 3-4 liter setiap harinya.

Hendri Tjahjadi
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:34    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Komplain terkait Susu Fresh Milk Diamond, Layanan Konsumen Tidak Dapat Dihubungi di Jam Operasional

    • 1 September 2022 - (14:15 WIB)
      Permalink

      Kelihatannya anda hanya asal berkomentar saja sebelum membaca dengan teliti keluhan yang ada. Dan anda juga tidak melihat juga bukti foto yang sudah dilampirkan di keluhan ini. Di kemasan sdh jelas tertera tanggal kadaluarsanya adalah 28/09/2022. Dan 1 hal yang perlu anda ketahui bahwa masa kadaluarsa fresh milk diamond itu memang hanya 60 hari dari tanggal produksi (tdk spt susu uht yang masa kadaluarsanya bisa sampai 365 hari)

      15
    • 3 September 2022 - (10:21 WIB)
      Permalink

      Kalau otak anda belum sepintar gadget anda, baiknya gausah komen Mas.
      Komen mu hanya jadi sampah di forum MK ini.
      Kalau cuma bisa nyinyir, dan ga memberikan manfaat, mending otak sama gadget nya anggurin aja.

    • 4 September 2022 - (04:27 WIB)
      Permalink

      Asbun ajg LG, BKN mslh expired jg to itu susu stroberi dptnya original plain wkwkwkwkw kocak lu

    • 1 September 2022 - (14:24 WIB)
      Permalink

      bagian QC PT. DIAMOND COLD STORAGE INDONESIA sudah mengunjungi saya guna memberikan penjelasan, bukti produk lain yg masih tersegel (dgn kode produksi yang sama), sekaligus penggantian semua susu yang rusak tersebut. Ternyata itu bukanlah cacat produksi (seperti dugaan awal saya), melainkan itu adalah kesalahan dari pihak hypermart dalam menyimpan produk tersebut. Sebab karakter fresh milk diamond itu memang rentan rusak jika tidak disimpan dalam suhu minimal 4 derajat celsius (sebab itu adalah susu pasteurisasi) tdk bisa dibiarkan dalam suhu ruang. Berbeda dengan susu UHT (Ultra High Temperature) yang memang bisa bertahan jauh lebih lama & dapat disimpan di suhu ruang (tanpa perlu dimasukan ke lemari pendingin)

      12
      2
      • 1 September 2022 - (14:37 WIB)
        Permalink

        alhamdulillah ya Pak pihak Diamond nya menjelaskan perihal kesalahan tsb. semoga dapat di jadikan pelajaran dan pengalaman.

        Terima kasih info nya.

        • 1 September 2022 - (18:25 WIB)
          Permalink

          Iya benar sekali bu… alhamdulillah pihak produsen cepat & tanggap dalam menangani keluhan konsumennya (meskipun bukan kesalahan/cacat produksi/deffect) seperti dugaan awal saya bu. Sebab pihak QC Diamond Cold storrage Indonesia membawakan produk dengan kode produksi yg sama persis dgn produk yg bermasalah ini (tanggal expired nya pun sama) namun kondisinya normal. Jadi dapat dipastikan bahwa itu kesalahan dalam penyimpanan produk pd toko retailnya (dalam hal ini hypermart) mungkin produk tsb disimpan dalam suhu ruang (bukan di lemari pendingin dengan temperatur suhu 4-6 derajat celcius). Semoga kejadian ini merupakan pembelajaran juga bagi saya & kita semua. Sekian & terima kasih bu…

          • 3 September 2022 - (20:07 WIB)
            Permalink

            saya juga sering beli susu Diamond rasa stroberi di Hyper pak, kl promo pake gopay lumayan banget selisihnya. Stlh beli, biasanya saya taruh di kresek dan dicantolin di motor. 2jam-an msh enak meski berada di motor itu.

      • 1 September 2022 - (17:21 WIB)
        Permalink

        Sama dengan pengalaman saya beberapa bulan lalu. Saya beli susu 1pc di Hypermart juga, itupun bukan barang diskon/promo. Ketika dibuka di rumah sudah bau, basi dan banyak gumpalan-gumpalannya. Mau protes kembalikan barang tapi tidak ada video untuk bukti kuat. Nanti disangka saya mau menjelekkan. Ya sudah direlakan.

        Tapi dengan tanggapan pihak Diamond yg anda sampaikan di sini. Mungkin memang Hypermart kurang perhatian dalam hal penyimpanan susu jenis ini. Lebih baik cari tempat lain yg lebih aman penyimpanannya.

        • 1 September 2022 - (18:40 WIB)
          Permalink

          Nah kan sama dengan apa yang saya alami pak… Sebenarnya hampir semua produk yang kita beli dari modern store terkemuka (hypermart, carefour, superindo, dll) bisa dikembalikan & ditukar dengan produk yg sama jika memang ditemukan adanya kejanggalan ataupun keanehan tanpa harus kita sertakan video unboxing nya. Yang terpenting adalah bukti struk pembeliannya masih ada. Tapi memang agak sedikit merepotkan jika kita harus bolak balik ke toko tsb jika utk menukar produk yg bermasalah tersebut. Sebenarnya hal ini sudah diatur dalam undang undang nomer 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen . Pada pasal 4 (butir f) jelas hak kita sebagai konsumen berhak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau
          penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai
          dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya

          Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan pak…. Hanya sekedar sharing saja. Terima kasih

        • 1 September 2022 - (18:50 WIB)
          Permalink

          Apakah sebelumnya bpk sudah mencoba hubungi layanan konsumen (yg tertera di kemasan produknya) ? Saya pun sama sebelum memposting di mk ini, saya sdh telp layanan konsumen & dm ig namun no respons.

          • 1 September 2022 - (19:58 WIB)
            Permalink

            Tapi beneran deh emang rasanya diamond itu emang gak enak ada rasa hampir pahit2 gimana gitu. Yg uht kotak biru. Dan anehnya dulu2 kok gak begitu setahun belakangan aja. Sy dah coba beli di 3 tempat berbeda kalo nggak salah satu di naga dua kali di toko kelontong. Kalo gak percaya coba deh bandingin minum dua merek diwaktu yg sama dg diamond kerasa emang bedanya

  • 1 September 2022 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Wah enak yah.. Saya dapet hadiah susu UHT indomilk ketika lebaran dari saudara saya di lihat tanggal kadaluarsa masih lama.

    Tapi pas di buka baunya beda dan banyak gumpalan2 dan di coba pun sepertinya mau basi. Sudah sempat komplen juga via IG langsung ke indomilknya tapi gak di gubris.

    • 1 September 2022 - (19:44 WIB)
      Permalink

      sepertinya walaupun UHT bisa disimpan tanpa masuk pendingin tetap bisa rusak juga kalau terpapar suhu yang sangat panas

      di tempat saya ini sering ketemu susu uht yang rusak karena memang saat siang hari luar biasa panas dan kebanyakan bangunan kios beratapkan seng tanpa plafon

  • 2 September 2022 - (00:14 WIB)
    Permalink

    Kalo saran saya, kalo Nemu seperti itu, langsung balik ke tempat anda belanja. Saya dulu pernah beli susu di Lottemart, sampe rumah pas di minum kerasa ada gumpalan (untung blm ketelen).. pas saya tuang digelas ternyata bener gumpal. Saya langsung balik ke Lottemart buat komplain (dengan bawa susu dan struk pembelian). Setelah dicek sama tim CS, langsung di tuker dengan yang baru.

  • 3 September 2022 - (07:52 WIB)
    Permalink

    Saya prmh sih beli produk juga sdh rusak pdhl belom kadaluarsa, tp bukan produk susu soh, produk keju dr merk ternama, beli di mimimarket sih.Saya hubungi call center ga bisa, saya DM di medsosnya juga tdk ditanggapi. Mau saya unggah di medsos takutnya dipikir pencemaran, ya sdh akhirnya kebuang. Beli lumayan bnyk krn memang utk jualan kue, 3h ada yg tusak 2 atau 3.

 Apa Komentar Anda?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Komplain terkait Susu Fresh Milk Diamond, Layanan Konsumen Tidak Dapat…

oleh HENDRI TJAHJADI dibaca dalam: 1 menit
18