Benefit Promo Pengajuan Kartu Kredit Terancam Hangus karena Sistem yang Membingungkan

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menerbitkan surat pembaca saya. Saya adalah nasabah payroll CIMB Niaga pada tahun 2014an dan memang saat itu saya sudah mendaftarkan OCTO Clicks CIMB dan jujur saat ini saya sudah lupa User ID/nomor HP yang terdaftar pada akun OCTO saya.

Pada tanggal 18 Agustus 2022, saya mendapati banner promo pengajuan CIMB Niaga OCTO Card (Kartu Kredit Digital, tanpa fisik kartu) bundling dengan Kartu Kredit CIMB Platinum Accore Live. Yang mana judul program promo yang ditawarkan adalah: “Ajukan OCTO Card dan Dapat Tambahan Bonus hingga Rp 1.7 Juta” dan saya memutuskan mengajukan kartu kredit tersebut.

Syarat & ketentuan promo:

  • Berlaku untuk Aplikan yang melakukan pengajuan bundling (2 kartu sekaligus) tipe OCTO Card dan 1 Kartu Kredit lainnya/ Kartu Syariah.
  • Melakukan aktivasi dan transaksi maksimal 1 bulan setelah pengajuan OCTO Card/Kartu Kredit/Kartu Syariah disetujui. Khusus OCTO Card aktivasi dapat dilakukan 1×24 jam setelah SMS persetujuan kartu yang berisi 4 digit akhir OCTO Card diterima Nasabah.
  • Aplikan sama sekali belum pernah memiliki kartu kredit / kartu syariah Utama (Basic) CIMB Niaga.
  • Bonus yang diperoleh hingga 100% dari total akumulasi transaksi dalam 1 bulan sesuai tipe kartu.

Selengkapnya diinfokan di tautan https://www.cimbniaga.co.id/id/personal/kartu-kredit/octo-card.

Pada saat pengajuan, saya mengisi form data pengajuan. Pada bagian alamat, sudah ada kolom kode pos yang harus diisi dan sistemnya autofill. Saat saya masukkan kode pos alamat saya: 54395 (kode pos kabupaten Kebumen), tapi di autofill ter-input kabupaten Purworejo. Saya tidak bisa melakukan edit, sehingga karena masih pengajuan, saya teruskan saja pengisian walaupun autofill-nya salah.

Pada tanggal 19 Agustus 2022, saya mendapati SMS yang menyatakan jika kartu disetujui. Untuk diketahui, saya sudah konfirmasi ke CS CIMB Niaga, untuk skema program promonya adalah transaksi menggunakan OCTO Card cashback 100% maksimal Rp500 ribu dan untuk transaksi menggunakan MaterCard Platinum Accore Live Cashback 100% maksimal Rp300 ribu. Dalam hal ini transaksi harus sudah dilakukan maksimal 1 bulan sejak pengajuan disetujui (berarti saya harus melakukan transaksi maksimal 19 September 2022 untuk bisa menikmati benefit promonya).

Saya hubungi CS CIMB sekalian untuk ubah alamat, karena kesalahan form autofill sebelumnya. Diinfokan oleh CS bahwa proses perubahan butuh 5 hari kerja, sementara kartu sudah dalam proses pengiriman. Benar saja pada tanggal 05 September 2022 saya mendapatkan SMS bahwa kartu fisik saya gagal kirim dan akan diproses kirim ulang maksimal 14 hari kerja (mengulangi proses awal).


Saya berpikir untuk benefit dari kartu fisik mungkin sudah tidak bisa didapat. Selanjutnya saya juga mendaftar akun OCTO Mobile agar bisa bertransaksi menggunakan kartu kredit OCTO Card saya (kartu kredit digital). Namun pada saat pendaftaran diproses diinfokan jika “Nasabah sudah terdaftar”.

Saya hubungi CS CIMB Niaga kembali dan diinfokan memang saya sudah terdaftar akun OCTO Mobile (saya benarkan karena memang dulunya saya nasabah CIMB Niaga). Kemudian CS CIMB Niaga mengarahkan saya untuk mendatangi CS di kantor cabang untuk dibantu penanganan lebih lanjut.

Pada tanggal 12 September 2022, saya mendatangi kantor cabang CIMB Niaga Sultan Agung Semarang dan bertemu dengan CS a.n. Mbak Vena. Mbak Vena infokan saat pengecekan di sistem CIMB, data saya tidak ditemukan alias belum terdaftar (saya makin bingung).

Di sana saya langsung coba untuk daftar kembali CIMB OCTO Mobile. Namun pada saat saya memproses pendaftaran OCTO Mobile tetap tidak bisa, dengan notifikasi yang berbeda dari sebelumnya. Jika sebelumnya notifikasinya: “Nasabah sudah terdaftar”, sekarang notifikasinya: “Permintaan Anda tidak dapat diproses”. CS Vena justru menyarankan saya untuk menunggu kartu fisiknya datang untuk aktivasi OCTO Mobile atau bisa daftarkan rekening tabungan.

Di sini saya bingung dengan CIMB Niaga. Mereka menawarkan kartu digital/OCTO Card yang bisa diakses melalui OCTO Mobile dan kartu fisik, yang mana benefit-nya wajib melakukan transaksi pada masing-masing kartu maksimal 1 bulan setelah pengajuan. Namun CIMB juga yang mempersulit :

  1. Sistem form autofill kode pos salah, sehingga potensi besar gagal kirim (walaupun setelah pengajuan disetujui, saya konfirmasi ubah alamat ke CS). Jika kartu gagal kirim, bagaimana nasabah bisa transaksi 1 bulan setelah pengajuan? Mengingat satu periode pengiriman butuh waktu 14 hari kerja.
  2. Untuk Octo Card/kartu kredit digital, kenapa sistem OCTO Mobile-nya kayak berubah-ubah? Pertama kali daftar notifikasinya “Nasabah sudah terdaftar”, lalu diarahkan ke CS Call Center, kemudian disuruh ke cabang. Giliran di cabang diinfo belum terdaftar dan diminta menunggu kartu fisik sampai. Bagaimana bisa seperti ini?

Hingga saat ini baik OCTO Card maupun kartu fisik Platinum Accore belum saya gunakan, karena kendala OCTO Mobile dan kartu fisik gagal kirim. Padahal promo program maksimal transaksi 1 bulan sejak pengajuan atau maksimal 19 September 2022. Demikian surat pembaca ini, semoga bisa menjadi perhatian pihak CIMB.

Terima kasih Media Konsumen. Salam.

Wahyudi
Kebumen, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank CIMB Niaga:
[Total:7    Rata-Rata: 1.1/5]
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Wahyudi

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Wahyudi yang berjudul “Benefit Promo Pengajuan Kartu Kredit Terancam Hangus karena Sistem yang Membingungkan”...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Benefit Promo Pengajuan Kartu Kredit Terancam Hangus karena Sistem yang Membingungkan

  • 14 September 2022 - (08:43 WIB)
    Permalink

    Saya sudah lapor detailnya ke CIMB Niaga Call Center 14041 hingga 8x pelaporan. Saya juga sudah ke kantor cabang pembantu CIMB Niaga Sultan Agung tapi tetap tidak ada solusi, jadi sepertinya untuk detailnya tidak perlu ditanyakan lagi. Udah saya jelasin juga di surat pembaca ini

  • 14 September 2022 - (12:01 WIB)
    Permalink

    Saya berharap semoga masalahnya dapat segera teratasi karena “hanya” menyangkut kendala administratif semata. Saya hanya tergelitik pada 3 poin penjelasan anda, saya kutip:

    1) “..saat itu saya sudah mendaftarkan OCTO Clicks CIMB dan jujur saat ini saya sudah lupa User ID/nomor HP yang terdaftar pada akun OCTO saya.”

    2) “..karena masih pengajuan, saya teruskan saja pengisian walaupun autofill-nya salah.”

    3) “Saya berpikir untuk benefit dari kartu fisik mungkin sudah tidak bisa didapat.”

    Mungkin kedepannya saya harap anda tidak menggampangkan sesuatu supaya urusan anda dimudahkan. Semoga sukses dan selalu sehat pak Wahyudi.

    • 14 September 2022 - (12:19 WIB)
      Permalink

      Terima kasih banyak sebelumnya pak Teguh, saya tidak menggampangkan karena memang akun octo clicks saya sudah lama sekali tak terpakai dan bukan nasabah cimb niaga sehingga benar benar lupa. Sudah berusaha ke call Center diinfo sudah terdaftar tapi pas ke cabang bertemu cs offline infonya tidak terdaftar. Hingga sekarang saya tetap tidak bisa regist akun octo mobile dengan keterangan permintaan tidak dapat di proses.

  • 14 September 2022 - (22:39 WIB)
    Permalink

    Data customer di bank itu memang tidak boleh dihapus, bahkan apabila rekening anda ditutup. Sepertinya sudah aturan BI untuk menjalankan KYC agar customer tidak duplikat.
    Sayangnya data anda sudah pernah ada di CIMB Niaga jadi prosesnya terbentur disana sini, dan sesuai SOP ada proses-proses yang membutuhkan waktu.
    Tapi Campaign/bannernya bener2 mewah ini, biaya acquire new customernya tinggi, bahkan bank digital saja paling hanya Rp50ribu atau 100ribu per pendaftaran.

    • 14 September 2022 - (23:12 WIB)
      Permalink

      Sepertinya memang begitu kak, saat ini sedang dibantu atasi oleh tim CIMB Niaga soal data saya . Alhamdulillah sudah dihubungi tim terkaitnya, kalau arahan CSnya terus terang sungguh bikin bingung, beda CS beda arahan, makanya saya terpaksa kirim surat pembaca agar bisa di dengar keluhannya secara langsung oleh tim terkaitnya.

  • 15 September 2022 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Saya ingin menanggapi surat pembaca diatas karena tulisannya seperti pangeran dari Arab, gak mau terima kesalahan tapi suka menyalahkan pihak lain / sistem bank.

    Anda mengisi kode pos kabupaten Kebumen, tapi di autofill muncul kabupaten Purworejo? Yang benar aja? Mana mungkin kode pos bisa loncat antar kabupaten? Dari jaman kantor pos masih jaya, kenapa baru sekarang kode pos bisa loncat antar kota antar kabupaten seperti bus? Okelah, Jika di sistem autofill muncul alamat yang tidak sesuai, pastinya bisa di edit, tapi kenapa Anda lanjutkan padahal sudah tahu salah? Jadi, yang salah itu siapa pangeran?

    Kemudian, ketika anda daftar di OCTO Mobile dan ditolak sistem. Jelas dong, sistem menolak karena Anda sudah mendaftar sebelumnya. Mana bisa anda bikin akun 2x dengan data orang yang sama?

    Dari dua kekeliruan Anda, alamat yang salah input dan daftar 2x di Octo mobile, tentu yang bukan Anda tapi sistem Bank. Tapi, karena gak dapat promo Anda salah sistem. Wajarlah sebagai pangeran Arab yang telah mendapatkan persetujuan dua kartu kredit, menyalahkan sistem Bank. Bank yang harus ngalah!

    • 17 September 2022 - (21:55 WIB)
      Permalink

      Silakan dicoba dulu sebelum berkomentar ya. Saya berbicara ini karena saya yang input form pengajuan. Dan autofill 54395 muncul Kabupaten Purworejo, Kec. MIRIT Pekutan. Ya semoga aja udah di benerin dari CIMB nya. Silakan dicoba dulu ya sebelum berkomentar.

  • 17 September 2022 - (21:23 WIB)
    Permalink

    Buat aja tabungan ku CIMB niaga pak. bebas biaya admin kok. nanti kita dapat atm dan bisa akses octo mobile. otomatis KK digital kita langsung muncul di octo mobile. tinggal langsung diaktifkan dan transaksi. Semoga bisa membantu.

    • 17 September 2022 - (21:53 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas saran dan masukannya kak, hal tersebut juga yang disarankan oleh CS offline di kcp, namun untuk saat ini kendala saya sudah teratasi. Pihak cimb telah menghubungi saya secara khusus. Nuhun

 Apa Komentar Anda mengenai Bank CIMB Niaga?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Benefit Promo Pengajuan Kartu Kredit Terancam Hangus karena Sistem yan…

oleh wahyu29 dibaca dalam: 3 menit
10