Layanan Anteraja Merugikan Saya, Penggantian Barang Hilang oleh Pihak Ekspedisi Tidak Sesuai Nilai Barang

Kepada Yth. Pimpinan Manajemen Anteraja

Merujuk komplainan saya ke CS Anteraja via Whatsapp yang sudah berlarut-larut terkait barang/ paketan saya dengan nomor resi 10005420719509 yang dihilangkan sepihak oleh pihak Anteraja. Nilai barang tersebut sebesar Rp. 1.300.000,- (satu juta tiga ratus ribu rupiah), namun yang diganti dari pihak Anteraja hanya senilai 10x ongkos kirim dari ongkos kirim paketan saya sebesar Rp. 38.000,- (tiga puluh delapan ribu rupiah). Jadi yang dibayarkan oleh pihak Anteraja hanya sebesar Rp. 380.000,- (tiga ratus delapan puluh ribu rupiah).

Merujuk dari ketentuan pihak Anteraja bahwa jika terjadi kehilangan barang saat proses pengiriman, maka akan dilakukan ganti rugi senilai 10x ongkos kirim atau seharga barang (diambil nominal terendah) dengan maksimal pergantian Rp. 1.000.000.

Setelah dilakukan proses investigasi oleh pihak Anteraja berdasarkan dari ketentuan tersebut dari kasus yang saya alami dalam hal ini yang sangat-sangat dirugikan adalah di pihak saya selaku konsumen. Dikarenakan hal tersebut secara jelas dan faktual bahwa posisi yang menghilangkan adalah dari pihak Anteraja.

Sedangkan saya reminder ke CS Anteraja via whatsapp hanya bisa menjawab mohon maaf dan akan dijadikan bahan evaluasi kedepannya (evaluasi dalam hal apa, nyata-nyata ketentuan tersebut selalu dijadikan pedoman oleh pihak Anteraja) yang artinya di kemudian haripun jika ada barang yang hilang akan selalu menggunakan pedoman tersebut terhadap konsumen-konsumen yang lainnya.

Lantas apa solusinya terhadap barang saya yang secara jelas dan faktual bahwa dihilangkan oleh pihak Anteraja???????

Andri Junaedi
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:31    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Layanan Anteraja Merugikan Saya, Penggantian Barang Hilang oleh Pihak Ekspedisi Tidak Sesuai Nilai Barang

  • 16 September 2022 - (15:38 WIB)
    Permalink

    Penggantiannya itu full kok.
    Banyak yg sdh kejadian barang hilang oleh anteraja rekan MK disini diganti penuh .

    2
    6
    • 16 September 2022 - (21:37 WIB)
      Permalink

      Lah saya awalnya juga di info cs nya akan di ganti sesuai harga barang, tpi setelah berlarutĀ² menunggu selesai team investigasi mereka hasilnya hanya di cover 10 ongkir, lalu selanjutnya diminta solusinya lagi hanya bilang minta maaf akan dijadikan bahan evaluasi, yg ada selanjutnya klw ada paket yg hilang kemungkinan akan diterapkan dg pola yg sama terus.

      3
      1
      • 17 September 2022 - (08:11 WIB)
        Permalink

        Masih mending di ganti walau ga sesuai… Saya mah udah ga di ganti di tuduh lupa packingšŸ˜… parah ni si Ancuraja. Bukannya mengganti malah kirim banyak kurir , tim survei, bahkan CRO ke toko saya. Kenapa ga pake Ancuraja alasannya kenapa… Dari A-z selalu di ceritain.tapi tetep ga mau ganti..šŸ˜‚malah terus kirim org suruh pake Ancuraja

        • 17 September 2022 - (16:12 WIB)
          Permalink

          Kurir AnterAja sering curhat juga ke kita sebagai seller. Barang yg hilang dibawa oleh kurir harus diganti full sesuai harga barang, tetapi penjual banyak yg komplain cuma diganti 10x ongkir kalo gak pakai asuransi. Mereka bilang lebih enak pihak seller menghubungi langsung kurir yg bersangkutan, tetapi di sistem CS AnterAja tidak pernah mau memberikan no kontak kurir bersangkutan, beda sama J&T yg bisa kasih kita langsung no kontak kurirnya.

        • 18 September 2022 - (01:39 WIB)
          Permalink

          Maaf kak atas ketidak nyamanan nya , apa kakaknya pas di pickup oleh kurir meminta tanda terima ?

  • 16 September 2022 - (21:24 WIB)
    Permalink

    ga pake asuransi? kedepannya pake asuransi kalo harga barang nya mahal biar tercover

    • 16 September 2022 - (21:34 WIB)
      Permalink

      Lah klw emang tdk pake asuransi apakah tdk dicover? Toh yg menghilangkan juga sepihak dari mereka, dan sudah berkaliĀ² juga kirim gk ada masalah, tpi baru kali ini kejadian kaya gini. Dan harusnya kan klw kejadian seperti ini, pakai asuransi atau tidak ya harusnya bertanggung jawab

      7
      2
      • 17 September 2022 - (18:06 WIB)
        Permalink

        Maksudnya kalo pake asuransi bakal lebih aman bang. Proses klaimnya pasti full.. Saya juga belajar dari pengalaman barang hilang oleh kurir.

      • 17 September 2022 - (18:18 WIB)
        Permalink

        Si S&K sudah jelas tertera jika tanpa asuransi diganti 10X ongkir atau sesuai harga barang di ambil terkecil maksimal 1 juta.. Saat anda pakai anteraja berarti amda sudah setuju itu, dan mau di bawa ke jalur hukum atai manapun anteraja sudah bebas dari kewajiban karena udah ganti 10X ongkir.

        2
        1
      • 18 September 2022 - (15:32 WIB)
        Permalink

        Expedisi paling super buruk yang tidak bertanggung jawab ANCURAJA masih saja dipakai masih banyak expedisi yg bisa di andalkan dan bertanggung jawab ngapain pakai ancuraja yg riwayatnya sudah banyak merugikan konsumen

  • 17 September 2022 - (09:59 WIB)
    Permalink

    Minta data ke anteraja nya beneran hilang atau ada oknum penguntit. Terakhir yang pegang siapa itu barang agan… Minta kontaknya, kalo di sinyalir ada pencurian laporin aja ke polisi biar kapok dan ada efek jera bagi yang lain secara umum.

    Biar gak jadi kebiasaan dan berpikiran ahh entar aja di ganti 10x ongkir.

    • 18 September 2022 - (01:34 WIB)
      Permalink

      Kalo emng trahir di pegang oleh kurir , udh pasti otomatis langsung di kontek ke kurir nya gan , entah barang nya jatuh d jlan ap gmn . Soalnya sebelum di bawa ( delivery) harus sudah di claim lewat apk si kurir nya . Saya bekas kurir anteraja , saya tegas kan anteraja dalam SOP membawa paket itu ketat sekali gan dan di ingat kan stiap hari * sebelum membawa paket harus di claim apk* anteraja cctv ada dmna mna dalam 1 staging (tempat) jadi kalo tdk di claim apk sudah ketahuan sama atasannya ….
      Ada kemungkinan besar barang nya itu di hub ketahan krna – no awb / barcode hilang atau sobek jadi tdk bisa langsung di proses atau di scan untuk memindahkan stts di online shop . Mangkanya untuk para shipper/ penjualan , di mohon untuk memacking kode bocking awb dengan se aman aman nya

    • 18 September 2022 - (01:49 WIB)
      Permalink

      Kalo emng ketahuan di hilangkan oleh kurir, kurirnya yg suruh ganti rugi full gan , dan kita audit cctv dari jam awal masuk sampai trahir di delivery . Saya sudah merasakan pengalaman saya pas saya delivery paket , ga sadar paket sudah ga ada pas sya sampai di rmh customer nya , dan saya langsung up ke atasan saya , mau sebesar apapun nominal nya harus ada tanggung jawab dalam bekerja udh mnjadi konsekuensinya jadi kurir , kalo nominal besar sekali psti team kita bakal bantu kita juga … Jadi situ jngn pndng kurir sblah mata , krna tanggung jawab kita besar , konsekuensinya juga besar , dan ada kluarga yg menunggu di rumah.

    • 18 September 2022 - (01:54 WIB)
      Permalink

      Ngomong gampang. Lapor polisi. Kalo ga viral Mana mau polisi urus.. ga Ada cuannya. Kek ga Tau aja loe

  • 17 September 2022 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Biasanya klo cover 10x ongkir ga pake asuransi. Klo pake asuransi biasanya di cover full. Kejadian ane baru awal minggu ini selesai.

    1
    2
  • 17 September 2022 - (10:45 WIB)
    Permalink

    Sy sekarang jg lg alami paket nya blm di terima pembeli estimasinya tgl 14 sekarang lewat 3hari.
    Sy komplain lewat chatting dan email tidak ada tanggapan akhirnya pembeli minta investigasi ke place marketnya untuk diteruskan ke ekspedisi anteraja jawabannya nunggu 7hari.

  • 17 September 2022 - (11:13 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin. Sepertinya peraturan 10x ganti ongkir itu yg membuat barang hilang … seandainya peraturan ganti 100% ( terlepas asuransi atau tidak ) kemungkinan akan lebih hati – hati pihak ekspedisi

    3
    1
    • 17 September 2022 - (18:20 WIB)
      Permalink

      Itulah fungsinya ada asuransi, kalo barang hilang udah di ganti full, nggak mngkin asuransi pengiriman paket laku..

      1
      1
  • 17 September 2022 - (12:33 WIB)
    Permalink

    Peraturan di kebanyakan expedisi memang 10x ongkir. Kecuali pakai asuransi ya. Dan memang sudah seperti itu adanya. Jika ingin penggantian full pakai expedisi yang ada asuransi nya. Dan jangan cari yang murah agar barang anda selamat sampai tujuan.

  • 18 September 2022 - (05:28 WIB)
    Permalink

    Idealnya sih kalo hilang barang ya ganti dengan barang lagi.
    Analogi nya kalo kita di amanahi/dititipkan barang kalo hilang ya pasti di ganti.
    Baiknya kalo memang ada asuransinya di includekan dengan biaya ongkirnya.
    Ya paling akibatnya nominalny terasa “mahal”.

    Tapi balik lagi itu dari kacamata saya, dari kacamata orang mah berbeda lagi. šŸ™‚

 Apa Komentar Anda?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Layanan Anteraja Merugikan Saya, Penggantian Barang Hilang oleh Pihak ā€¦

oleh Andri dibaca dalam: 1 menit
22