Paket Retur COD yang Tidak Saya Terima

Saya sebagai seller di sebuah marketplace, menerima pesanan COD dengan jasa pengiriman J&T tujuan ke Sumatera Barat pada tanggal 6 Juni 2022. Saya sudah mengirimkan paket pesanan COD tersebut tepat waktu, dengan nomor resi: JP3444130643.

Paket sampai ke tujuan sesuai dengan estimasi pengiriman, pada tanggal 12 Juni 2022. Namun proses penerimaan paket COD-nya gagal, karena pembeli tidak mau menerima paket COD tersebut. Maka pihak jasa pengiriman J&T melakukan retur balik paket COD tersebut.

Tanggal 20 Juni 2022, di status pengiriman dinyatakan proses retur sudah 100 % selesai dilakukan. Padahal paket retur tersebut belum saya terima.

Saya sudah beberapa kali ke kantor cabang tempat saya menyerahkan paket untuk dikirim. Namun karyawan di sana bilang paket belum sampai di kantor cabang itu. Kemudian pada tanggal 6 Juli 2022 saya menghubungi Customer Service J&T lewat panggilan telepon untuk melakukan keluhan terkait masalah ini. Customer Service sudah membuat laporan yang akan diteruskan ke tim terkait. Saya disuruh menunggu proses penanganan keluhannya.

Sampai saat ini tanggal 14 September 2022, tidak ada kejelasan atas paket retur tersebut. Selama menunggu, saya sudah mencoba menghubungi Customer Service J&T lewat WhatsApp mungkin sudah 6 – 8 kali. Balasan dari Customer Service selalu disuruh menunggu.

Sampai saat ini terhitung sudah memasuki bulan ketiga semenjak paket retur dinyatakan 100 % selesai. Selama itu pula paket retur tersebut tidak pernah saya terima. Selama itu pula Customer Service selalu menyuruh saya untuk menunggu proses penanganannya.

Jadi sebenarnya, saya harus menunggu sampai kapan? Paketnya berisi barang seharga Rp300.000, walaupun tidak terlalu besar tapi tetap saja termasuk dalam modal dagang saya.

Joni
Kab. Belitung Timur, Bangka Belitung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai J&T Express:
[Total:25    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk “Paket Retur COD yang Tidak Saya Terima

  • 17 September 2022 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Kl paket jualan di marketplace biasanya ambil sendiri di cabang. Paket cod yg ditolak, paket yg tdk sampai, alamat returnya kan tidak ada kl di marketplace, cuma nama tokonya saja. Gimana kirimnya kl alamatnya tdk ada? Bingung kan? Nah solusinya ambil sendiri.

    1
    5
    • 17 September 2022 - (10:14 WIB)
      Permalink

      Mungkin Pak Hery Mulyanto tidak terlalu teliti saat membaca tulisan saya ya. Saya sudah menuliskan bahwa saya sudah beberapa kali ke kantor cabang tempat saya menyerahkan paket itu untuk dikirim tapi karyawan kantor cabangnya bilang bahwa paketnya belum sampai / ada / tersedia untuk diambil oleh saya sebagai pengirim / penerima / seller di marketplace. Kalau soal aturan paket COD yang diretur balik harus diambil sendiri di kantor cabang tempat kirim itu saya sudah paham.

        • 17 September 2022 - (22:37 WIB)
          Permalink

          Saat saya menelepon CS J&T saya diarahkan untuk mengecek di kantor cabang tempat saya menyerahkan paket.

          • 18 September 2022 - (21:08 WIB)
            Permalink

            Hery Mulyanto skedar info saja d packing paket Memang ga ada alamat penjual itu sengaja d sembunyikan untuk keamanan tpi alamat lengkap masih ada d sistem ekpedisi nya, jadi paketya harusnya udah ada d cabang terdekat , cuma memang penangan retur J&T setau saya yang paling buruk di antara ekpedisi lainya, Krn sya sendiri sudah beberapa kali mengalami kasus yg sma sprti ini

    • 18 September 2022 - (15:48 WIB)
      Permalink

      Kagak return itu lgs kirim ke alamat. Itu yg bener. Apalagi kalo pickup. Ya dikirim ke alamat seler

      2
      1
    • 18 September 2022 - (15:49 WIB)
      Permalink

      Keliatan bgt kamu asal bunyi. Alamat retur itudusertai di marketplace kalo loe sbg penjual. Dong dong

      1
      3
  • 17 September 2022 - (13:48 WIB)
    Permalink

    jangan pakai cod, j n t emang kurang professional, beda dg sebelah, besok ganti yg lain aja

    4
    1
    • 17 September 2022 - (22:32 WIB)
      Permalink

      Pesanan pembayaran COD sudah saya nonaktifkan, jera saya dapat pembeli jenis begituan. Yang saya heran itu adalah saat saya menghubungi pembelinya lewat Whatsapp dengan nomor HP yang tertera di alamat pengiriman, saya tanya kenapa anda menolak menerima paketnya ?. Dia jawab bahwa dia pergi ke luar kota tepatnya ke Jakarta dia bilang. Terus di rumahnya gak ada orang alias kosong. Pas saya tegur kenapa membuat pesanan dengan pembayaran COD tapi malah ditinggal ke luar kota ?. Dia jawab lagi ” ya masa saya harus batalkan keberangkatan saya ke Jakarta hanya demi menunggu paket COD saya datang sih “. Langsung saya terdiam, gak bisa berkata kata. Saya berpikir andai saya berada di hadapan pembeli yang seperti itu, akan saya apakan dia ya.

      • 17 September 2022 - (22:35 WIB)
        Permalink

        Saya gak tahu apa dia benar benar di luar kota atau bohong karena saat saya mengecek di status pengiriman dinyatakan bahwa pembeli menolak menerima paket COD tersebut.

      • 18 September 2022 - (05:03 WIB)
        Permalink

        Itu pembeli yg tidak bertanggung jawab atas pesanannya, harusnya ada undang undang nya agar tidak sembarangan pesan paket.

        3
        1
  • 17 September 2022 - (15:29 WIB)
    Permalink

    Sama kasus dengan resi JP5335802896 , paket COD batal di kembalikan tanggal 24 /07/ 2022 , sampai sekarang belum di terima paketnya, di telp customer service jnt Pusat maupun ke agen pengiriman hasil nihil, dah lapor di suruh 3 x 24 jam. dah 3 kali lapor, jawaban sama di suruh tunggu 3*24 jam . kasus dari bulan 7 sampai bulan 9 kasus pun belum selesai, NI senin mau follow lagi ke customer service, kalau ga ada solusi lagi, mau lampirkan juga lagi MK juga.

    1
    1
  • 17 September 2022 - (21:58 WIB)
    Permalink

    komplain dan surat terbuka diajukan ke marketplace yang bersangkutan. karena transaksi ada di platform mereka jadi mereka harus bertanggung jawab. jika paket tersebut hilang maka marketplace yang harus menggantinya

    2
    1
    • 17 September 2022 - (22:25 WIB)
      Permalink

      Sudah gan, komplain tentang paket COD yang diretur balik sudah bahkan komplain tentang pembeli yang menolak menerima juga sudah.
      Tanggapan yang diterima adalah TIDAK ADA RESPON SAMA SEKALI. Saya minta ke pihak marketplace untuk memberikan sanksi atau apalah yang bisa memberikan efek jera ke pembeli sejenis yang seenaknya menolak paket COD yang dia pesan, malah pesanannya dibatalakan secara sepihak oleh pihak marketplace.

      • 18 September 2022 - (12:44 WIB)
        Permalink

        Saran mas Soni di atas sudah benar. Langkah pertama adalah menghubungi marketplace ybs. Bukan utk menghukum tapi melakukan koordinasi dgn pihak2 terkait supaya barang COD tsb bisa dicari tahu status keberadaannya. Jika barang tsb masih ada hrs dikejar komitmen kurir kapan barang tsb akan kembali ke tangan penjual. Jika barang itu hilang harus dikejar penggantian kerugian yg ada. Di saat yg sama buka surat terbuka di media konsumen ditujukan ke marketplace dan kurir ybs dgn melampirkan bukti2. Mudah2an barangnya bisa kembali.

        • 18 September 2022 - (13:41 WIB)
          Permalink

          Sudah saya lakukan, tapi dari pihak marketplace langsung saja saya sebut SHOPEE kayak mau lepas tangan tidak mau tahu. Mereka cuma mengecek status yang diberikan dari pihak J&T saja kalau paket sudah selesai diretur. Setelah itu saya yang usaha nanya ke pihak J&T sendiri.

          • 18 September 2022 - (14:03 WIB)
            Permalink

            Dalam surat ini tidak ada hashtag / link nama marketplace ybs. Jadi kemungkinan besar tidak akan ada tanggapan. Apa laporan ini bisa diedit / buat baru?

            Saya pernah membaca. Shopee memiliki kebijakan untuk mengganti barang COD yg rusak/ hilang. Coba cari di websitenya. Kalau laporan sebelumnya sudah ditutup, saran saya buka lagi laporan baru di shopee untuk menanyakan status keberadaan barang dan terus follow up sampai jelas apakah benar barang sedang perjalanan atau hilang. Perlu sedikit bersabar dan pantang menyerah. Memang sudah jadi budaya penjual yg kena musibah harus repot kejar kejaran seperti ini.

      • 18 September 2022 - (15:53 WIB)
        Permalink

        Ga Ada efek sangsi dari marketplace khususnya shopee. Saya dah uji coba. Kalo 1 x Blum..mestinya lgs banned permanent ya

  • 18 September 2022 - (01:50 WIB)
    Permalink

    Jnt biasanya suruh dateng ke tempat kk nyerahin paket, misalnya nyerahin paket ke jnt b, pasti datang ke jnt b, tpi saya jg pernah posisi gini, sya minta cek dijnt mana paketnya, biasanya diksih tau, di jnt c ini pengembaliannya.

    Coba ke kantor jntnya minta cek posisi paket itu jnt mana

    • 18 September 2022 - (11:17 WIB)
      Permalink

      Klo saya selaku pembeli dg COD, barang sudah saya Terima tapi status masih dalam pengiriman. Ini terjadi krna Pengiriman dari Sicepat di diteruskan oleh JNE. Kasihan saya dengan penjualnya. Karena ini COD tidak ada menu Terima barang. Cs tokped sudah saya hubungi tp masih tunggu konfirmasi dari kurir. Ini udah 1 minggu.

  • 18 September 2022 - (01:52 WIB)
    Permalink

    Saya saranin mending pake si oren/biru sih buat cod, si biru klo cod paket hilang diganti full, hitungannya dibeli sama sibiru

    Syaa jualan di fb tembakin ke sibiru/si oren cod takutnya kyk gini gk ada kejelasan

  • 18 September 2022 - (05:09 WIB)
    Permalink

    Sy jg pernah cod dikembalikan tp sy sebelum menghubungi agen tempat sy menyerahkan paket sy hubungi dahulu cs dan marketing melalui email , setelah ada jawaban baru sy hubungi agennya dan beberapa hari kemudian sy disuruh datang lg untuk ambil paketnya.

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Paket Retur COD yang Tidak Saya Terima

oleh JONI Cris dibaca dalam: 1 menit
24