Uang yang Masuk ATM 69 Lembar, tapi di Layar Hanya 67 Lembar

Pada tanggal 14 September 2022, saya setor tunai melalui mesin ATM BCA Alfamart Metland Cibitung. Pada 2 setoran sebelumnya, transaksi normal saja dan uang yang tersetor sesuai dengan uang yang dibawa. Namun pada setoran yang ke-3, transaksi bermasalah.

Saya membawa uang pecahan Rp100 ribu sebanyak 100 lembar. Sebelum saya bawa, uang sudah dihitung oleh karyawan saya dan saat diserahkan saya hitung kembali dan sudah sesuai. Kemudian saat setoran tersebut, saya masukkan seluruhnya (100 lembar pecahan Rp100 ribu), tapi ada uang yang tidak bisa tersetor dan keluar 31 lembar. Namun pada layar ATM muncul keterangan 67 lembar, padahal seharusnya 69 lembar. Sontak saya kaget dan saya tekan batal, kemudian uang keluar, tapi tetap kurang 2 lembar. Artinya uang saya ada 2 lembar yang hilang di mesin ATM BCA tersebut.

Kemudian saya lapor ke CS BCA dan dibuatkan pelaporan, dengan nomor pelaporan: 2061664326.

Beberapa waktu yang lalu kejadian serupa pernah terjadi juga, tapi karena saya tidak pastikan kembali uang yang saya setor, ya di ikhlaskan. Namun kejadian seperti ini terulang kembali, padahal sudah lama banget saya pakai BCA. Saya jadi kecewa kalau seperti ini.

Tolong BCA kembalikan uang saya yang tidak tersetor dan jangan kirimkan jawaban uang di mesin ATM sudah sesuai. Karena benar-benar sebelum saya setor untuk uangnya sudah saya pastikan dan saya ikat karet dari rumah.

Haryo Bagus Suharjo
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Mesin Setor Tunai BCA:
[Total:81    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

31 komentar untuk “Uang yang Masuk ATM 69 Lembar, tapi di Layar Hanya 67 Lembar

    • 19 September 2022 - (01:10 WIB)
      Permalink

      Silakan hubungi saya, meskipun gratis karena sebelumnya sudah laporan dan hasilnya tidak memuaskan maka saya tulis disini

      1
      2
      • 19 September 2022 - (10:23 WIB)
        Permalink

        Kenapa enggak setor tunai melalui shopeepay aja nanti kan bisa di transfer langsung ke bank bca gratis lagi gk perlu setor tunai melalui atm

      • 23 September 2022 - (04:37 WIB)
        Permalink

        Ternyata ada juga yg seperti sy y. Sy kira sy sendiri yg mengalami kejadian seperti ini. Dulu pernah laporan sekali tp dinyatakan pas jumlah uang di mesin ATM tsb. Jd, Setiap kali uang kurang begitu masuk mesin atm, sy menjadi beranggapan…sy yg salah hitung / uangnya mungkin ketarik untuk membeli sesuatu sebelum setor tunai ke ATM… Walau sy merasa yakin klo sudah sy hitung dr rumah/toko dan sy ikat karet juga.

    • 19 September 2022 - (08:23 WIB)
      Permalink

      Biasanya nanti akan ada audit tiap 2pekan/1 bulan dimesin yg ada kendala tsb.Perbandingan Uang real dengan nilai hasil transaksi mesin,nah kalo ada kelibihan uang real dari nominal transaksi mesin berarti uang anda.Biasanya suruh nungggu max 1 bulan.

      • 19 September 2022 - (13:29 WIB)
        Permalink

        Nunggu 1bulan? Gubrakkk lama juga ya… Terus kalau setelah audit ada kelebihan uang di ATM tapi gak ada yg klaim (COMPLAINT) gimana? Karena penyetor juga merasa gak yakin seperti kejadian mas Haryo yg ke-1… apakah Bank akan diem? Dan menjadi pemasukan lain-lain bank tsb? Waduuh

        1
        1
      • 19 September 2022 - (14:36 WIB)
        Permalink

        untuk 2 kejadian awal sih ga balik mas walau saya sudah buat laporan

  • 18 September 2022 - (23:24 WIB)
    Permalink

    Memang agak sukar dibuktikan sih ya kasus seperti ini, kecuali anda punya rekaman video saat uang dihitung sebelum menjelang masuk mesin ATM sampai tampilan layar jumlah uang yang ditolak. Semoga pihak bank bisa menangani kendalanya dengan cepat dan bersedia mengembalikan uang anda.

    Saya tidak bermaksud berprasangka buruk dan menyarankan hal buruk, tetapi ke depannya jika harus didelegasikan kepada karyawan anda (atau pihak selain anda), ada baiknya minta dibuatkan rekaman video selama proses transaksi di depan mesin ATM. Dengan demikian memudahkan anda jika terjadi masalah seperti ini, sekaligus menghilangkan kecurigaan dan keragu-raguan kepada pihak yang dikuasakan.

    • 19 September 2022 - (01:12 WIB)
      Permalink

      Saya rutin setor tunai sih mas sebenernya BCA bisa cek trafik saya setor tunai karena uang dari toko, ini kejadian ke 3 seperti ini 2 kejadian awal saya anggap lalai karena percaya sama karyawan di toko namun setelah 2 kejadian serupa saya sangat teliti dan dobel cek.

      • 19 September 2022 - (01:20 WIB)
        Permalink

        Saya juga pernah seperti ini
        Duitnya sebenrnya ga hilang, tapi nyangkut di sela sela bagian ujung mesinnya itu, saya sendiri tiap stor tunai dan jika mesinnya kebuka. Saya langsung rogoh itu mesin sampe ke bagian ujungnya. Krn bbrp x duit saya sangkut kebagian itu berlipat dan ga kelihatan kcuali dirogoh langsung

        • 19 September 2022 - (01:26 WIB)
          Permalink

          Tapi pas saya klik batal uang yang keluar tetep 67 mas yg 2 itu ga keluar. Jadi karena yg muncul di layar ga sesuai makanya saya klik batal dan tidak setor. Apakah ada kemungkinan masih nyangkut ya?

          1
          1
          • 19 September 2022 - (01:30 WIB)
            Permalink

            Besar kemungkinan waktu uang nya mau turun ke mesin bagian bawah untuk penghitungan. Berlipat dibagian ujung itu gan, ada sempat ngerogoh ga ? Biasanya itu paling ujung hanya muat 1 jari saja ukurannya. Nah disitu kadang terlipat ga kesetor. Klo hilang gtu aja ga mungkin. Tp kalo berlipat di mesin bagian ujung ketika mau masuk ke bagian bawah nya itu besar kemungkinan

  • 19 September 2022 - (04:07 WIB)
    Permalink

    Awas bahaya. Komentar pertama itu penipu. Sy pernah komplen di twitter di dm mirip. Tapi dr bank br*. Sy juga punya masalah serupa tp dengan bank bni. Sy masih menunggu dalam penyelesaian. Sudah lewat 2 minggu lebih. Jadi takut trx di atm setor tunai.

    • 19 September 2022 - (06:51 WIB)
      Permalink

      Saya pernah ngalami sekali setor tunai kayak gini, jauh sebelumnya ngambil uang 50 ribuan yang keluar 2 ribuan , yg uang 2 ribuan sudah komplain ke kantor bca nelpon cal center lama sekali tidak ada hasil

  • 19 September 2022 - (07:19 WIB)
    Permalink

    Kecurigaan ane ternyata bener, beberapa kali setor koq rasanya aneh. kecerobohan ane ga pernah hitung ulang sebelum setor karena merasa percaya sama bank ini. Setelah ini akan hitung baik setor maupun tarik tunai.

  • 19 September 2022 - (09:14 WIB)
    Permalink

    Kejadian yang sama dengan saya, saya sudah 3x mengalami ini. Ada yang sekali setor hilang 200rb, ada yang 100rb

    Ini kalau setor di atas 40 lembar, kalau d bawah ini aman2 aja, jadi saya akal sekarang kalau setor dikit2

    • 19 September 2022 - (11:56 WIB)
      Permalink

      Lain kali kalo setor tunai uang yg 100 lembar jgn disekaliguskan semuanya di masukkan ke mesin atm,tapi di cicil max 20 lembar aja dulu,kalo ga ada yg ditolak lembaran uangnya maka lanjut setor lagi

        • 19 September 2022 - (20:28 WIB)
          Permalink

          Buat masukan aja kenapa ga setor ke teller bank aja. Kan punya karyawan suruh aja setoran. Kalau bisa yang dipercaya aja. Kan ada bukti nanti.
          Saya aja disuruh perusahaan saya setor ke bank. Walaupun antri yang penting aman. Padahal setoran cuma dibawah 10 juta . Waktu kerja di mini market biru

  • 19 September 2022 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Loh kok bisa begitu. Sdh bertahun tahun tidak pernah saya alami kayak gitu. Biasanya klo uang kelipat dan uang lengket dua lembar tdk dapat masuk mesin. Pasti di kembalikan lagi. Tinggal ambil uangnya.
    Mungkin mesinnya di lokasi tsb eror atau semi rusak. Klo kejadian uang yang di setor tdk sesuai jumlahnya.

  • 19 September 2022 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Itu uang nya ke lipet itu dalam mesin pakai jari kelingking, ane pernah nyetor 1 jt, terus yg 1 ga kebaca, tapi malah ada uang 3 lembar 100 ribuan lecek, malah untung 200 ribu

    • 21 September 2022 - (04:38 WIB)
      Permalink

      Parah, gw sering setor tebel tp ga gw itung, menang banyak nih BCA, klo setor dikit2 kasian yg ngantri

  • 22 September 2022 - (05:19 WIB)
    Permalink

    Aneh ya.. jumlah tidak sesuai tapi di lanjut. Sebelum di lanjut setelah di hitung mesin tertera jumlah nominal nya. Jika ga sesuai tinggal cancel. Kemudiqn hitung lag jmlah uang nya.

  • 27 September 2022 - (18:17 WIB)
    Permalink

    Update laporan terakhir uang tidak kembali ya.
    Saran sih temen temen kalo sering setor tunai langsung ke teller aja ya.

    Terima kasih media konsumen sudah menayangkan laporan saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Mesin Setor Tunai BCA?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Uang yang Masuk ATM 69 Lembar, tapi di Layar Hanya 67 Lembar

oleh haryogus dibaca dalam: 1 menit
31