Surat Pembaca

QRIS Bermasalah, Pengemballian Dana dari BCA sangat lama

Dear BCA,

Pada tanggal 20 September 2022, saya dan istri melakukan pembayaran transaksi dengan menggunakan BCA QRIS senilai 98,000 akan tetapi  dinyatakan ‘signal gangguan dicoba lagi’ sehingga kami mencoba lagi sampai 3 kali.

Akhirnya karena gagal terus kami menyelesaikan transaksi dengan menggunakan kartu debit BCA. Dan setelah pulang kami mengecek mutasi ternyata transaksi yang gagal tadi sudah terpotong di akun BCA kami.

 

Untuk memastikan transaksi ini kami keesokan harinya kami menghubungi merchant untuk mengecek mutasi mereka. Setelah dicek transaksi ini hanya masuk pada transaksi menggunakan debit card. Sedangkan yang mengunakan QRIS tidak masuk ke akun merchant.

Kemudian kami menelpon @HALOBCA untuk didouble cek dan kami disuruh mengunggu satu hari lagi, dan cek mutasi lagi. Dan keesokan harinya dengan hasil yang sama kami menghubungi halo BCA untuk dibuatkan pelaporannya. Dengan nomer ID Case : 2061328789, dan 20 hari kerja untuk proses laporannya.

Dear BCA, untuk proses pelaporannya aja butuh 1 bulan hari biasa / 20 hari kerja, sampai 20 Oktober 2022. Apakah selama itu untuk mengurus transaksi yang gagal dengan mutasi yang jelas diantara kedua belah pihak antara saya dan merchant?

Regards,

Julhendra
Tanjungpinang, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ini kelemahan transaksi digital dibanding tunai. Proses refund itu akan makan waktu lama.
    Apalagi klo ternyata uang puluhan ratusan ribu itu akan segera terpakai untuk yang lain.
    FYI transaksi QRIS saya di blu bca digital perlu sekitar 3 minggu, untuk kembali. Untungnya nilainya tidak besar 60ribu dan saya masih bisa gunakan cadangan uang.

  • emang lama, pasti balik tunggu aja, kan sabtu minggu ga ada yang pencocokan data. dulu sih saya kalo ga salah 3-7 harian kayanya. tapi dibalikin intinya. cek berkalanya ga usah tiap hari.

    • Iya .. memang terbukti lama.. jawabannya di sarankan menunggu padahal tak disarankan juga tetap harus nunggu.. sayang dengan system yg udah canggih kalo nge bug, konsumen jadi korban.

  • Ini gimana dengan kinerja BCA, setiap nasabah mengadukan musibah / Kejadian melalui halo BCA kita ini seperti dipermainkan, bicara ber jam jam menjelaskan disuruh bikin surat pernyataan diatas materai 10 ribu dan disuruh buat laporan polisi terus disuruh menunggu 10 hari kerja, yang akhirnya uang juga tidak bisa ditarik kembali, dgn satu bahasa normatif, yaitu mohon maaf ketidaknyamanan nya, aduh aduh BCA semakin parah, parah, padahal laporan itu bisa diselesaikan sekian menit, kita sebagai nasabah disuruh jadi orang bego nungguin 2 Minggu hanya masalah sepele aja, toh akhirnya uang juga tidak bisa dikembalikan, mohon jadi perhatian yang serius dari pihak bank, jangan mentang mentang bank besar, bank bisa besar karena nasabah, tanpa nasabah bank anda tidak bisa besar, ingat itu, terima kasih

  • Ada kejadian yang menimpah diri saya, terkena hypnotis dan uang sekitaran 26 jutaan habis dikuras, setelah melaporkan ke halo BCA disuruh buat surat pernyataan diatas materai 10 ribu dan disuruh bikin laporan polisi, setelah itu disuruh tunggu 10 hari kerja, setelah 2 Minggu saya tunggu, pihak bank hanya menjelaskan bahwa memang ada transaksi dan dikirim juga rekening koran, aduh aduh gimana ini BCA, ya jelas ada transaksi, tapi itu penipuan, kalau setelah tunggu 2 Minggu hanya dikirim rekening koran, parah, kalau saya butuh rekening koran urusan 10 menit juga beres saya bisa minta ke kantor cabang manapun juga, parah, tidak profesional, yang saya butuhkan itu pihak bank blokir rekening penipu dan dikembalikan dananya ke nasabah, ternyata kualitas BCA hanya manis dibibir saja, realitanya NOL BESAR,
    Saya sangat kecewa sekali.

  • dear Cs BCA,
    dan teman teman media konsumen,

    Semalem uang kami sudah balik ke rekening kami dan sudah di hubungi oleh pihak @halobca.
    terimakasih kepada Tim terkait BCA yang sudah bergerak cepat menangani komplen kami dengan pengmbalian dana kurang dari masa tunggu yang 20 hari kerja ( 7 Hari kerja saja ). dan kepada tim Media Konsumen kami ucapkan terima kasih ya, sudah memuat komplen kami.
    Semoga kita semua di mudahkan dalam segala urusan.

    regards,

    kami yang selalu maenjadi bagian keluarga besar BCA