Tarik Tunai BRI di ATM Link, Saldo Terpotong Uang Tidak Keluar

Pada tanggal 05-09-2022, pukul 07:28 saya melakukan tarik tunai di mesin ATM Link Cirrus Alfamart Talagasari, Balaraja karena di dekat tempat saya tinggal agak jauh ke ATM BRI (saya nasabah BRI).

Saya melakukan tarik tunai sebesar 2.500.000. Setelah saya tunggu mesin ATM tidak mengeluarkan uang dan juga struk tidak ada. Saya terus saya melakukan cek saldo dan saldo sudah terpotong. Saya penasaran setelah beberapa menit menunggu uang keluar.

Saya mencoba kembali tarik tunai lagi sebesar 200.000, tapi di layar ATM keluar tulisan “mesin ATM tidak dapat mengeluarkan uang”. Saya panik dan langsung menghubungi cs BRI untuk membuat laporan dan disuruh menunggu 14 hari kerja.

Setelah saya menunggu, BRI mengirim sms yang isinya “Yth. Nasabah BRI kami informasikan pengaduan Bpk/ibu no 41813264, berdasarkan penelitian kami, transaksi tsb normal atau sukses. terima kasih”.

Saya kaget kenapa bisa sukses sedangkan saya sama sekali tidak menerima uang tersebut. Lalu saya menghubungi cs BRI lagi dan menyampaikan kepada cs bahwa saya menerima sms begitu dari BRI. Mereka mengatakan saya harus mendatangi kantor cabang terdekat untuk melihat rekaman cctv.

Akhirnya saya mendatangi kantor cabang Balaraja. Setelah antre 4 jam lamanya akhirnya saya bisa menemui CS-nya. Dan saya sampaikan laporan saya dan mengatakan ingin melihat rekaman cctv itu. Mereka menjawab “Susah bu kalau mau lihat rekaman CCTV karena mesin ATM-nya bukan mesin ATM BRI. Dan kalau bisa juga harus dengan kepolisian”.

Saya terkejut kenapa pihak BRI tidak bisa menyelesaikan masalah CCTV ini untuk bukti. Akhirnya cs BRI Kantor cabang Balaraja membuatkan laporan tertulis lagi dan saya diminta menunggu 14 hari kerja lagi.

Sampai kapan lagi harus menunggu? Untuk BANK BRI jangan mempersulit nasabah. kalian selalu menghimbau kami agar tetap hati-hati dan waspada terhadap penipuan  dan kami pun menuruti meningkatkan kewaspadaan itu, tapi kalau seperti ini waspada itu hanya sia-sia belaka.

Terima kasih.

Ruskini
Kuningan, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Ibu Ruskini

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Hai Sobat BRI, terima kasih atas informasi yang diberikan. Laporan tersebut akan segera kami tindak lanjuti. Tks~Sammy

    • Saya jg tadi pagi mengalami hal yang sama dengan nominal Rp 1.250.000 dengan id laporan 42772240,tolong dibantu Pak Sammy.terima kasih

      • Terima kasih buat Bank BRI yang dengan cepat memproses pengembalian dana ke saldo rekening saya. Pada hari ini jam 18.43 dana sudah kembali ke rekening saya. Terima kasih juga kepada Media Konsumen.

    • Tolong di bantu juga punya saya pak/buk, saya sudah melapor pada tanggal 09 NOV 22, dengan id laporan 42968014 terimakasih.

    • Saya juga mengalami hal yang sama min pagi ini, Penarikan melalui ATM mandiri link. Status di ATM transaksi tidak dapat diproses , tapi saldo tabungan saya terpotong.
      Saya sudah membuat laporan pengaduan melalui aplikasi Brimo. Mohon di follow up min

    • Saya jadi trauma tarik tunai setelah kejadian ini.tadinya saya percaya kepada Bank plat merah ini

  • Hari Gini, masih ketinggalan kecanggihan. Bank Lain ketika tarik tunai gagal... Saldo tetap terpotong tapi tak lama kemudian ada pengembalian... Bahkan tanpa harus tlp CS.
    Bank Lain bisa...
    Kenapa BRI gak bisa ?
    Masa setiap kita mah tarik Tunai kita bikin video untuk jaga2 error ?
    Kyk UnBoxing paket aja.

    • Bank sebesar BRI bisa seperti itu.
      Harusnya begitu kak iya bener harus di videokan saat ambil tunai kaya buka paket belanja online.buat bukti kalau gagal ya..

  • Saya juga pernah d tahun 2017 lalu.. tarik tunai 5jt. Tarik tunai per 1 jt. Yang transaksi terakhir tidak keluar 1 jt tapi saldo kepotong.. telpn cs katanya normal tidak terjadi apa apa... dulu blm marak media konsumen.. jadi ya tinggal keselnya aja yang tersisa

  • Alhamdulillah...hari ini tgl 26 september 2022 pukul 10.30 uang saya sudah dikembalikan oleh pihak BRI ke saldo rekening
    Terima kasih semuanya khususnya media konsumen yang telah memuat surat saya

    • Caranya gmn ya kak? Saya tadi pagi jam 7 juga mengalami hal yang sama Rp 1.250.000, biar bisa segera kembali ke saldo,terima kasih

  • Saya juga kejadian tapi Jenius tarik tunai di ATM CIMB Niaga. Uang tidak keluar sudah lapor ke CS diminta menunggu s/d tgl 28 Sep 2022. Sampai sekarang belum ada informasi lebih lanjut dari Jenius.

  • Nama saya muhaisya. Pengguna kartu BCA. Sewaktu tgl 28 agustus 2022. Saya menarik uang di atm bri pajak klumpang hamparan perak. Sebanyak 200 rb. Uang sdh terpotong juga. Tp uang nga da keluar dari mesin atm. Sy lapor ke bri. Katanya lapor dulu ke bca. Sy lapor ke bca. Katanya transaksi normal2 ja. Kok bisa gt ya. Baru uang segitu yg diambil. Gimana klu bnyk. S

  • Sama ni kaya saya,gak terima uang tapi saldo uadh berkurang,udah laporan juga ke bri tpi gak di balikin,sunghuh jelek sekali bri,kurang tanggung jawab nya,kalo yg uang nya banyak si gak masalah,kalo saya uang cuma dikit,pas butuh mau d pake malah ilang semua

  • sya jg prnh mngalami hal yg sama. biasanya itu krn uang dimesin atm sdh hbs. stlh buat laporan ke cs, biasanya emng disrh nunggu smpe 15hr krja.
    utk kjdian yg sya alami uang kembali ke rekening stlh 3hr

  • Sy mengalami gagal tarik tgl 31 Oktober 2022 di atm BRI Pandanaran Semarang Rp. 1.000.000 dan sudah membuat pengajuan lewat brimo. Saya juga lapor ke cs, dan diminta untuk menunggu. Tadi dapat SMS dr Bri-notif bahwa transaksi normal dan sukses. Pdhl uang tidak keluar resi juga ga ada. Pdhl kemarin niatnya ambil lewat teller, sama tellernya disuruh lwt atm. Malah jadinya begini.