Setor Tunai di ATM BRI, tapi Saldo Tidak Masuk Semua ke Rekening

Pada tanggal 13 September 2022 pukul 19: 54, saya melakukan setor tunai uang 3 kali melalui mesin ATM BRI KCP Darmo Satelit, dengan nomor mesin: TID 986530. Namun pada transaksi ke-3, ketika uang tersebut dimasukkan ke mesin setor tunai tersebut, mesinnya error dan keluar setruk hanya Rp4.100.000 seperti gambar di bawah. Padahal saya tahu, bahwa uang yang saya masukan ada lebih dari itu dan ada pecahan 50 ribuannya juga.

Saat saya cek isi saldo rekening saya, ternyata tidak ada bertambah satu rupiah pun. Kemudian saya minta bantuan kepada security, dia bilang bahwa biasanya ATM-nya penuh dan saya disuruh buat laporan ke Bank BRI tersebut besok.

Besoknya saya datang ke CS BRI KCP Darmo Satelit pada tanggal 14 September 2022, membuat laporan mengenai hal tersebut. CS juga membenarkan bahwa tidak semua uang yang saya masukkan tertulis sesuai dengan emergency receipt-nya. CS tersebut juga bilang “Ini saya cek juga ada pecahan 50 ribuannya, pak. Kemungkinan ikut tertelan karena uangnya lecek, jadi mesin tidak bisa membaca”. Kemudian dibuatkanlah laporan.

Saya tunggu sampai 14 hari kerja, lalu saya cek di internet banking, ternyata hanya sejumlah Rp4.100.000 yang dimasukkan pada rekening saya.

Pada tanggal 29 September lalu saya datang ke CS BRI KCP Darmo Satelit untuk menanyakan uang sisa yang tertelan, kok tidak ada yang masuk ke rekening saya? Kemudian CS mengatakan bahwa uang kemarin sudah dikembalikan sejumlah Rp4.100.000 sesuai emergency receipt. Saya tanyakan, saat laporan pertama saya sudah bilang bahwa uangnya lebih dari itu dan saya juga bilang “Mbak CS kan juga tahu dan pernah bilang bahwa masih ada uang yang tertelan dan sempat mengatakan ini saya cek di komputer betul ada pecahan 50 ribuannya juga pak, tapi di setruk tidak tertulis”.

Kemudian CS bilang akan dibuatkan laporan baru seperti gambar di bawah ini. Saya juga meminta untuk mengecek CCTV pada tanggal tersebut. Namun pihak CS bilang tidak perlu untuk mengecek CCTV. Saya tegaskan lagi, apakah pihak CS tidak bisa membuka CCTV pada ATM tersebut? Mereka menjawab untuk CCTV hanya wewenang pusat yang bisa mengeceknya.

Saya sangat dirugikan, baik waktu maupun uang. Dari tanggal 13 September sampai sekarang urusan setor tunai ini juga belum selesai-selesai.

Melalui surat pembaca ini, saya mohon bantuan kepada pihak yang berkompeten dan berwenang untuk menindaklanjuti permasalahan yang saya alami di BRI KCP Darmo Satelit Kota Surabaya, yang tidak profesional baik SDM (pelayanan CS) maupun perangkatnya (mesin ATM yang merugikan nasabah). Karena pihak BRI cukup mengatakan dengan senyum “Maaf”, tanpa menanggung kerugian nasabah atas kesalahan yang dilakukan oleh pihak BRI.

Agung Suhartanto
Kota Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BRI:
[Total:234    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Bapak Agung Suhartanto

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Setor Tunai di ATM BRI, tapi Saldo Tidak Masuk Semua ke Rekening

  • 6 Oktober 2022 - (09:22 WIB)
    Permalink

    Waduh emang bs ya check CCTV????

    ah ane juga share pengalaman lapor ke callcenter BRI, pada saat ditanyakan detil transaksi malah di tanya ID ATM tempat ambil uang, tidak cukup dengan ane infokan lokasi transaksi. ANEH bin AJAIB itu wajib jika tidak ada maka laporan akan di tolak

    1
    5
    • 6 Oktober 2022 - (15:25 WIB)
      Permalink

      Bisa , karena saya juga sudah pernah menelpon call center mereka bilang untuk datang ke bank untuk pengecekan cctv di atm tersebut.

      • 10 Oktober 2022 - (16:13 WIB)
        Permalink

        Saya sering setor tunai juga dan Saya pernah mengalami hal serupa, saya buat laporan yg perlu diperhatikan nomor mesin atm nya, nominal anda harus tau pasti misal setor 5jt pecahan 50rb berapa dan 100rb berapa jumlahnya kalau anda hanya mengira ngira jumlahnya pasti laporan tidak akan ditindaklanjuti sesuai keinginan anda. Intinya laporan harus akurat. Jangan mengira ngira… pada saat itu laporan saya ditindak lanjuti dan tepat dihari ke 14 selisih uang yg saya setor ditransfer kerekening saya…

    • 6 Oktober 2022 - (15:23 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah terima kasih untuk bank BRI Pusat, Sore ini saya di telpon pihak bank dan menyatakan uang yang belum masuk sudah di kreditkan ke rekening saya. dan saya cek memang betul baru masuk per sore ini.

      Semoga kedepan Pihak Bank BRI Pusat memberikan arahan lebih ke KCP BRI Seluruh Indonesia khusus nya area surabaya untuk lebih tanggap mengatasi Masalah Transaksi gagal. Karena masalah ini sudah terjadi Tanggal 9 September.

      Karena dengan adanya surat pembaca ini masalah saya bisa di atasi hanya hitungan jam oleh Kantor Bank BRI Pusat.

      Terima kasih kepada Bank BRI Pusat telah tanggap mengatasi masalah yang saya hadapi.

      10
      • 9 Oktober 2022 - (00:44 WIB)
        Permalink

        Kenapa harus di UP DULU BARU DIPROSES ???
        KALAU TIDAK DIUP DI MK APAKAH TETAP DIPROSES ???

    • 7 Oktober 2022 - (11:07 WIB)
      Permalink

      Bank BRI mah sudah pada tahap mengesalkan. Entah kapan membusuk nya bank ini. Komplain viral di medsos baru ditanggapi. Heran emang sama bank plat merah satu ini.

      5
      1
  • 6 Oktober 2022 - (09:32 WIB)
    Permalink

    mohon ditelusuri rekening rekening penipu / penjual online donk Bank BRI
    mungkin saya yang bodoh bisa kena tipu bella shafira balerina 0416010043085**
    memang uangnya ga seberapa tapi caranya hiksss no wa nya 0819976061**

  • 6 Oktober 2022 - (18:25 WIB)
    Permalink

    Setor tunai di mesin atm bri memang agak menghawatirkan, krn sy punya pengalamn setor bermasalah sebanyak 2 kejadian. Yg I saat akan melakukan pembayaran tiket traveloka, sy setor 4jt lebih… Saat mesin sedang hitung, tiba² listrik seperti down,,dn off power. , lalu layar hidup kmbali ke menu awal.. Dan hitungan tdk lanjut.. Scr otomatis uang sy ada dlm mesin.. Tp tdk ada kejelasan transaksi diam begitu sj, sm seperti menu awal. Sy tunggu bbrp saat, tdk jg uang nya kmbli
    Lalau sy laporan satpam saat itu sdh pukul 19.00..
    Satpam memyampaikan utk laporan besok pagi. Tp sy keberatan, krn uang ini utk byr tiket pesawat utk pulang kampung.. Dgn sy mendesak satpam masuk ke dlm gedung BRI, krn atm ini berada di area bank. Lalu satpam kmbali ke atm dan bw bbrp kunci dgn di temani satpam lain lalu buka mesin, dan benar sj, uang saya ada dlm mesin td tdk masuk securitu box..uang lalu diserahkan ke saya dan sy hitung dgn jumlh yg masih sama. Transaksi sy lanjut.
    2.kejadian berikutnya bbr bulan lalu, dilokasi atm bri yg berbeda sy setor tunai 5,250 jt.. Saat mesin menghitung terjadi disconnect. Jaringan terputus, mesin berhnti sblm hitungan dan transaksi selesai, , hingga bbrp mesin diam… Sy tunggu bbrp lm kemudian layar kmbli awal
    Dan kotak uang terbuka,, seketika uang sy ambil kmbli. Dgn tdk ada niat hitung lg, krn sy melihat nya msh segepok seperti awal setor, lalu connection jaringan kmbli normal, kartu atm blm Jg keluar,sy tunggu bbrp saat lg lalu kartu keluar.. Transaksi sy lanjut dn berhasil, tp sy sadari… Sy keluar dr atm sambil bc jumlah tulisan di struk,, trnyata hny 4.600jt..
    Trnyata uang sy telah berkurang jumlahnya 650rb.
    Sy langsung komplain, tp hingga surat konsumen ini sy tulis sdh berjalan hampir 3 bln.. Bri tdk pernah mengembalikan uang saya.

  • 6 Oktober 2022 - (23:20 WIB)
    Permalink

    Saya bbrp kali komplain Bri tapi beres tuh.
    1 ambil uang sekali di atm indomart di catat 2 kali, cepet diselesaikan dg mengadu ke Bri cabang pbt stmpat.
    2 ambil di atm yg sama uang tdk keluar, dg pengaduan dpt diselesaikan
    3 beli token 2 nomer berbeda yg satu gak muncul nomer nya, dg mengadu ke Bri, akhirnya diberi kan nomer meskipun terpaksa ngisi token lagi sambil menunggu.
    Memang penyelesaiannya kira kira 2 minggu.
    Dengan brimo, semakin mudah, meski tetap harus waspada ketika bertransaksi. Minimal sebulan sekali print out, kecuali ada masalah. Tks bri

    3
    2
  • 7 Oktober 2022 - (06:32 WIB)
    Permalink

    Dan terjadi lagi, apa yang saya alami persis spt itu, setor tunai dan uang tidak masuk ke rekening, sepertinya ada yg salah dg bank plat merah satu ini baik SDM, dan perangkat nya, gak usah berharap ada perubahan perbaikan sistem, SDM, dan perangkatnya krn saya sudah pernah keluhkan dan adukan pada pejabat sekelas bapak mentri BUMN pun sekalipun tak ada gubrisan dan tanggapan mungkin beliau lebih tertarik wara wiri pencitraan diri dan bola, sepertinya pak jokowi salah pilih pembantunya, berharap Bank bumn bisa jadi lebih baik mungkin mimpi

  • 7 Oktober 2022 - (07:30 WIB)
    Permalink

    Kalau pengalaman terburuk saya menggunakan Bank BRI saat perjalanan menuju tempat bencana alam Letusan Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur. Saat saya berangkat sama rekan-rekan 2 mobil lewat tol, saya topup Etoll Brizzi pakai BRImo. 1 Etoll saya isi 850, tentu harus 3 kali transaksi 500rb + 300rb + 50.000, nah kebetulan pas isi yang 500rb keterangan gagal, terus saya ulangi berhasil. Dan ternyata status transaksi yang gagal itu sudah memotong saldo rekening saya, tp transaksi 500rb yang gagal tersebut tidak masuk ke saldo Brizzi saya. Setelah sampai Lumajang saya adukan ke KCP Lumajang, disana hanya dibuatkan laporan dan diminta telp call center bri. Setelah saya telp diminta menunggu 2 minggu kerja, tp sampai sekarang saldo tersebut tdk juga kembali, dan tidak juga masuk ke saldo brizzi saya. Saya pribadi sangat dirugikan baik waktu dan uang. Kalian luar biasa BRI.. luar biasa merugikan saya..!

    • 7 Oktober 2022 - (11:14 WIB)
      Permalink

      Iya. Teller pake istirahat nggak gantian. Alias kalo jam istirahat loket tutup. Emang dh nggak guna bank BRI ini.

  • 10 Oktober 2022 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Hal penting yg harus dilakukan adalah catat nomor mesin/TID & simpan struk yg keluar, lalu hubungi call center BRI (harus berkorban pulsa yg lumayan) dan jelaskan kronologi kejadiannya, lalu CS akan menanyakan TID tersebut dan selanjutnya akan dibuatkan nomor pelaporan. Note: jika sudah membuat laporan kepada call center, jangan melakukan pelaporan lg ke kantor BRI, karena hal tsb akan membuat pelaporan sebelumnya kepada call center ditutup dan akan dibuatkan nomor pelaporan yg baru dan tentunya itu akan memakan waktu yg lebih lama lg. Pengalaman saya dulu waktu setor tunai BRI dmn sedang terjadi gangguan sekitar pukul 19:30 WIB dan transaksi gagal sedangkan uang sebesar hampir 4jt an tidak keluar lg dari mesin setor tunai, tp kurang lebih 1×24 jam setelah membuat laporan uang tsb sudah masuk ke rekening. Note: jika sedang terjadi gangguan lebih baik jangan melakukan setor tunai dulu dan hindari melakukan setor tunai pada malam hari

  • 13 Oktober 2022 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Iya nih bri, mengesalkan, di kcp manapun, nasabah berjibun, kcp kecil banget, teller cm sebiji, astagah apa begini ya kualitas bank plat merah, kalo ga penting² amat males jg urusan sm bank ini, kecuali mandiri dan bni ya msh lmyn lah pelayanannya

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Setor Tunai di ATM BRI, tapi Saldo Tidak Masuk Semua ke Rekening

oleh Agung Suhartanto dibaca dalam: 2 menit
16