Data Pribadi Saya Dijadikan Kontak Darurat dan Terus Ditagih SPaylater Orang Lain. Komplain ke CS Malah Diminta Foto Selfie KTP

Kkronologi, sejak sebulan terakhir ini nomor telepon saya kerap mendapatkan telepon dari pihak Shopee. Awalnya menelpon saya untuk menagih hutang user lain yang menggunakan nomor hp saya sebagai nomor kerabat di SPayLater.

Telepon tersebut sangatlah mengganggu, sering kali berupa missed call. Namun ada suatu waktu saya mengangkat telepon, dan agen tersebut bernama C**dy, menagih hutang user bernama D**d* W*h*ud* domisili Jawa Barat, di mana nama tersebut saya tidak pernah kenal dan domisili saya tidak di Jawa Barat.

Terakhir karena saya kesal kerap mendapatkan missed call setiap kali, saya hubungi customer care Shopee dan menyatakan kalau dari pihak Shopee, ada penggunanya yang menggunakan data pribadi saya untuk keperluan yang tidak baik.

Anehnya, dan di sini saya merasa terganggu karena email dari agent Commerce Finance malah meminta data pribadi saya berupa KTP dan foto selfie saya. Padahal saya tidak pernah mendaftarkan diri pada platform SPayLater. Jadi untuk apa data pribadi saya? Apa mau buat dijual ke orang lain? Sedangkan saya pribadi tidak pernah mendaftarkan diri di SPayLater dan menggunakan jasa platform tersebut.

Saya tulis surat ini di media konsumen agar dari terlapor punya itikad baik menyelesaikan ini tanpa mencemarkan nama orang lain, dan tidak menggunakan data orang lain untuk sesuatu yang tidak baik. Karena melalui email yang saya kirimkan ke pihak Commerce Finance, terlapor tidak mempunyai itikad baik untuk menyelesaikan hal ini.

Terima kasih.

Salam.

Alim Gunawan
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:66    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Data Pribadi Saya Dijadikan Kontak Darurat dan Terus Ditagih SPaylater Orang Lain. Komplain ke CS Malah Diminta Foto Selfie KTP

  • 10 Oktober 2022 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Jangan mau kasih foto selfie pegang KTP, nanti malah disalah gunakan, dijadikan sandera/bukti palsu seolah-olah anda yg pinjam.
    Lebih baik buat laporan Polisi, lalu kirim copy nya ke mereka. Ancam balik kalau masih terus mengganggu akan dibawa ke ranah hukum.

    24
    1
    • 22 November 2022 - (20:17 WIB)
      Permalink

      Yg bapak bilang ini mirip dg yg sy alami baru2 ini. Sy mau mengajukan hapus akun di apk uangme dmn pengajuan prtm sy ditolak. Jd sm skali blm menerima dana. Hny utk hapus akun aja hrs ada materai 10rb dan ttd sy kemudian difoto, fto ktp dan wajah dlm 1 frame.
      Bilangnya aja sdh aturan hapusnakun tp kn Mencurigakan banget jd sy gak mau. Hal spt syarat2itu kan buat pengajuan dana. Aneh.

  • 10 Oktober 2022 - (21:17 WIB)
    Permalink

    Jangan, itu mah modus oknum shopee supaya anda memberikan data-data anda secara gratis!
    Abaikan aja, block incoming call. Bila perlu pasang TrueCaller, nanti blok aja nomer2nya si shopee ini biar nanti pengguna Truecaller yg lain juga ternotifikasi.

    14
    1
    • 11 Oktober 2022 - (22:33 WIB)
      Permalink

      Parahhh lu karyawan shoppe udah pada di PHK minta KTP foto selfie Lu yang utang orang suruh bayar PT oren gatau diri Gudang masalah tanggungjawab woyyyy.

  • 11 Oktober 2022 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Bilang saja nggak kenal dan nggak ada hubungan dengan pihak yang berhutang.
    Install aplikasi truecaller biar bisa blok, penelepon dan mengetahui nomor yang kita tidak kenal/tidak ada didaftar kontak kita.
    Selfie dengan KTP modus biar kita terdaftar paylater.

  • 11 Oktober 2022 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Shopee lama2 jadi pinjol berkedok marketplace, lebih kocak lagi dulu ada kasus akun shopee diblokir krn nomor kontak dia ada di pengguna yg lagi nunggak spaylater, yg ngutang siapa yg kena getahnya siapa, kocak bener emang aplikasi satu ini 😂

  • 11 Oktober 2022 - (13:07 WIB)
    Permalink

    Makin meresahkan nih pinjol baik ilegal ataupun legal.. Mending pemerintah hilangin deh pinjol2 termasuk paylater… Masa data pribadi gw jg bocor di luar, ditagih pinjol ada pinjaman tgl 4 dan pas gw cek di mutasi rekening ga ada duit yg masuk sama sekali..

    Pemerintah emang parah nih, hal kayak gini dibiarin mulu

    10
    1
  • 11 Oktober 2022 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Mungkin buat cross check pihak finance bnr gak yg ngutang sama no anda di sensor saja foto wajah mas nya, sama sensor KTP nya seperti no nik, nama dll

    1
    1
  • 11 Oktober 2022 - (14:56 WIB)
    Permalink

    kalau merasa tidak pnya utang jangan kasih data apalahi poto selfi, cukup abaikan bilang tidak tahu. jangan takut collector datang karena kita tidak bersalah dan tak punya utng ke merek.

  • 11 Oktober 2022 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Percuma lapor ke cs,bahasa cs baku banget kaya copy paste doang…mending viralin aja biar cepat respon

  • 11 Oktober 2022 - (17:39 WIB)
    Permalink

    Pinjol banyak mudaratnya, sama kaya alkohol, haram, harusnya diperketat regulasi ya, ini kok kaya seolah warteg boleh jualan bir dan babi.

    MUI kemana ini

    4
    1
  • 11 Oktober 2022 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Nah masalah gini masih terjadi lagi ya. Meresahkan bgt spayletter shopee…. Yg ga daftar pun ikut dikejer kejer utang dari user lain yg pake data hp Kita 😅. Ga jelas ini shopee. Sistem mereka gimana sih….. Gue aja suka dapet tell rumah trus operator cw yg angkat bilang no tell anda akan di blokir tekan 9 utk lanjut. 😂😂😂 Pas gue pencet malah nanya nama… Telkom Harus nya Tau no telp gue . Gue matiin aja 🤣

    1
    1
  • 12 Oktober 2022 - (15:01 WIB)
    Permalink

    Jangan mau mas, viralkan aja!!

    Nanti data bocor pihak shopee juga pasti gak mau tanggung jawab, ruginya dobel
    Ini kelemahan pinjol sekarang sih l, nomor orang lain yang dijadikan kontak darurat tidak dikonfirmasi.

    Padahal kan tinggal di konfirmasi 1 menit waktu pengajuan, segitu susahnya ya.

  • 17 Oktober 2022 - (20:46 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah gitu, yang dipake nomer kontak Toko Saya. Tiap hari di WA dan di telepon. Rupanya ada pernah team oranglain tugas di toko saya waktu GO, ngajuin PINJOL pake nomer darurat toko saya.
    Saya tantangin, dateng kamu ke toko saya skarang, saya bikin hancur muka Lo.

    Indonesia Darurat RIBA.
    Pemerintah (yng punya wewenang dalam hal ini) diam saja.

 Apa Komentar Anda?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Data Pribadi Saya Dijadikan Kontak Darurat dan Terus Ditagih SPaylater…

oleh Alim dibaca dalam: 1 menit
17