Penipuan Mengatasnamakan Karyawan Kredivo di Facebook

Pada tanggal 6 Oktober 2022, saya melihat postingan orang di FB, yang mengaku sebagai karyawan Kredivo, yang bisa membantu untuk upgrade dan kenaikan limit. Lalu saya menghubungi orang tersebut untuk meminta bantuan upgrade akun ke Kredivo Premium agar bisa digunakan lagi akun Kredivo saya, karena sebelumnya akun saya tidak bisa untuk meminjam lagi.

Setelah ditanya sudah punya akun dan sudah ada limit apa belum, saya dikasih link untuk prosesnya. Saya klik link tersebut (ada dalam gambar) dan saya isi semuanya. Setelah selesai, saya dikasih link lagi yang kedua (ada dalam gambar).

Nah terus saya isi setelah dapat kode OTP dari Kredivo dan langsung tuh dapat tagihan di aplikasi Kredivo sebesar Rp500 ribu untuk pembelian pulsa XL di Lazada. Saya baru sadar kalai saya kena tipu. Saya langsung hubungi CS Kredivo lewat aplikasi dan lewat email, tapi tidak mendapatkan solusi.

Saya disuruh menghubungi merchant-nya untuk pembatalan transaksi, sedangkan kalau pembelian pulsa gakย  bisa dibatalkan. Jarak waktu antara isi form sama muncul tagihan di Kredivo itu gak ada semenit. Padahal kalau saya transaksi sendiri susahnya minta ampun buat mendapatkan persetujuan.

Tolong dong sampaikan kepada pihak Kredivo untuk dibantu masalah saya. Kan sudah banyak korbannya, lalu solusinya apa? Nomor telepon CS Kredivo yang tercantum tidak bisa dihubungi.

Hanifah Isnaeni
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:41    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Hanifah Isnaeni

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo sampai saat ini. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh...
Baca Selengkapnya

56 komentar untuk “Penipuan Mengatasnamakan Karyawan Kredivo di Facebook

  • 11 Oktober 2022 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya sudah ketauan itu ga beres kak, dari mulai link sampai cara chatt nya juga
    Mungkin kakak masih awam, klo yg sudah paham dunia digital pasti bisa kecium atau tau ada yg ganjal.

    Belajar dari kesalahan aja ya

    23
    1
        • 12 Oktober 2022 - (21:14 WIB)
          Permalink

          Lah bu… Sudah jelas info mengenai upgrade di apk nya… Hmmmmm…. Ibu kan udah berumur… Ngerti apk kredivo sampai tau playstore…. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿคฆโ€โ™‚๏ธ… Napa juga gak gunakan pikiran ibu…
          Hmmmmmm… Pusing dah.. Ada korban kaya gini…. … Korban nya usia dewasa…

        • 18 Oktober 2022 - (08:25 WIB)
          Permalink

          Mbak ny awam bgt hihii… Saya jg pengguna kredivo , sudah premium , limit sudh besar , pernah sekali pinjam lunasin cepat malah jdi tdk bisa pinjam lagi .. Udh mau 3bulan limit dianggurin krna gk bisa pinjam . Sdh tlp cs berkali2 pun jawaban di coba lgi lain waktu , saya coba iseng komen di IG resmi kredivo nya .. Muncul lah DM dan komen oknum oknum penipuan kredivo persis kya di gambar … ๐Ÿ˜‚ maka nya bgtu baca WA mba d atas udh BASI bgt sebnr ny cara kerja mereka . Sing sabar Mbak… Mungkin ada untung nya limit saya tdk bsa di gunakan agar tdk terjerat pinjol2 lg …

  • 11 Oktober 2022 - (13:55 WIB)
    Permalink

    bukan cuma di fb, tp di instagram juga buanyaakkkk iklan penipuan. Mereka selaku platform mana mau tau, yg penting mereka dpt duit dgn memasang iklan. Next lebih berhati2 aja, ada pertanyaan lebih baik telpon ke call center yg resmi. bukan nomor hape. lagian kalo udah minta kode OTP 10000000000000000% penipuan. karyawan kredivo pun tak berhak OTP

    10
    1
  • 11 Oktober 2022 - (14:10 WIB)
    Permalink

    Ampun dah semudah itu mereka mendapatkan uang hasil nipu.. kasian juga yang awam niatnya pengen dapat limit yang besar tapi malah apes kena tipu.

    Padahal kalo seandainya user kredivo gak malas membaca atau mau membaca isi tata cara menaikan limit kredit yang ada di aplikasi Kredivonya, disitu sudah dijelaskan tata cara buat menaikan limit kredit.

    Ya begini lah kalo kita malas membaca, dan malas memahami.. maunya instan tapi gak logis..

    Jadikan pelajaran saja. Usahakan membaca isi S&K yang ada di aplikasi pinjaman manapun biar gak ada pengalaman yang tidak menyenangkan.

    12
    • 11 Oktober 2022 - (14:19 WIB)
      Permalink

      Saya sudah membaca persyaratannya dan sudah mengajukan lewat aplikasi,tapi tidak bisa.. jadi setelah liat2 difb ada iklan seperti itu saya coba hubungin kontakny.. berhubung saya sangat awam dalam hal itu jadi ya saya percaya2 saja.. tapi sekarang sudah saya ikhlaskan,memang kesalahan ada pada saya juga..

      2
      14
      • 13 Oktober 2022 - (00:11 WIB)
        Permalink

        hallo ibu , saya dengan Vitha PT Cikal Gemilang Abadi .. kami sedang ada pembahasan riset mengenai penipuan dari WA.. jika ibu berkenan utk diskusi bersama client kami ttg masalah ini boleh hubungi saya yaa bu .. bisa email ke saya utk lanjut japri dengan saya (iniapuspita@gmail.com)

  • 11 Oktober 2022 - (14:11 WIB)
    Permalink

    padahal itu jelas penipuan dari cara chat nya,dari jawaban nya,dari ngaku ngaku karyawan tapi ko masih tetep ketipu

    • 11 Oktober 2022 - (14:16 WIB)
      Permalink

      Maaf ya kakak yg pintar.. saya hanya ibu rumah tangga yg gaptek.. saya tidak tau yg mana chat penipuan atau bukan.. memang salah saya juga percaya,tapi setidaknya pihak yg bersangkutan memberikan solusi agar saya tidak terlalu rugi.. tapi sekarang saya sudah ikhlas dan pastinya akan saya bayar juga

      1
      19
      • 11 Oktober 2022 - (18:31 WIB)
        Permalink

        Jangan percaya 100% sama yang diiklankan di media sosial. Selalu cek aplikasi resmi di google play store. Di play store pasti ada call center resmi. Dan CS resmi itu ada centang hijau di profile-nya. Bukan di profile picture ya.

      • 18 Oktober 2022 - (08:34 WIB)
        Permalink

        Saya jg ibu rmh tangga , mbak sbnr ny gk gaptek kok buktinya paham dg aplkasi2 pinjaman online spti kredivo , fb , dll … Hanya saja krg ati2…
        Saran saya ya sesama emak2….
        Klo mau telpon usahain nomor resmi dari kredivo nya, kontak CS resmi bisa cari di aplkasi nya ato akun resmi IG nya , selalu cari tau info2 di yutub ato gugel.

    • 11 Oktober 2022 - (14:22 WIB)
      Permalink

      Disini saya hanya mau berbagi pengalaman saya saja,agar tidak ada korban2 selanjutnya.. kalaupun nantinya ditempat ini saya mendapatkan solusinya saya akan bersyukur,kalaupun tidak ya sudah saya ikhlaskan.. trimakasih yg sudah sudi membaca keluh kesah saya..

      1
      15
      • 11 Oktober 2022 - (18:00 WIB)
        Permalink

        Seharusnya ibu hanifah telisik dulu cermati itu akun kredivo palsu..apa asli kalau yang asli cuma hanya tercantum centang warna biru..kalau toh mmg mau upgred langsung di kredivo mmg lama ..sama saya juga lama dan pada akhirnya bisa saya ke upgred..dan sekali mbk hanifah telisik dulu cermati karna setiap yang menawarkan jasa upgred ataupun yang lainnya lewat media sosial .itu blm tentu akunnya rill.kebanyakan yang palsu..karna mungkin mbknya maap blm faham bener soal digital..dan intinya mbk kedepannya jangan sampai tergoda..saya juga hampir 6 tahun megang akun kredipo saya baru baru upgred tahun kemarin 2021 mbk gitu mbk penjelasannya

      • 15 Oktober 2022 - (22:04 WIB)
        Permalink

        Iya Bu lain x berhati2 , saya juga punya apk kredivo saya juga masih awam, tapi kredivo menegaskan tidak boleh memberikan kode otp pada pihak mnapun termasuk cs kredivo, pada saat kita buka apk nya kan ada tuh peringatan “hati hati penipuan” klo ada yg seperti itu lagi di abaikan aja jngan cuma di kredivo di apk mna pun juga klo minta kode otp jngan di kasih ya Bu, pokonya abaikan aja lah yg kaya gitu mh mengiming2 kan apa aja juga jngan di hiraukan.

    • 11 Oktober 2022 - (18:16 WIB)
      Permalink

      Lagian masih ada aja yg percaya naikin limit kredivo, naik limit itu sdh sistem di apk sdh di info juga kan .๐Ÿ˜…

  • 11 Oktober 2022 - (14:26 WIB)
    Permalink

    Saya feeling kredivo pun tidak akan bisa membantu anda bu, karena itu murni kesalahan ibu memberikan data2 akun kredivo anda kepada penipu, apalagi kalo sampai isi link, udah itu data data ibu pun kedepannya bisa disalahgunakan sama penipu itu, saran saya nanti tagihannya dilunasin aja dan langsung tutup permanen kredivo nya, karena ini murni kesalahan pengguna, kredivo pun sudah sering me wanti wanti soal penipuan ini baik di aplikasi, email, maupun platform media sosial mereka, jadi ikhlaskan saja bu, semoga terganti dengan yang lebih baik. Kedepannya lebih bisa dalam aware lagi untuk hal pinjol, kalau ibu gaptek atau awam, saya rasa lebih baik googling dulu via google apapun yang bikin ibu penasaran, biar bisa lebih tau tentang ilmu2 nya, baik itu trik naikan limit kredivo misalnya, ataupun menghindari penipuan.

    • 11 Oktober 2022 - (18:04 WIB)
      Permalink

      Kalau diaflikasinya langsung kayaknya nggk mungkin mas.karna itu kan akun dan aflikasinya apalagi sudah tercentang warna biru.berarti itu akun yang reel.

    • 12 Oktober 2022 - (11:49 WIB)
      Permalink

      Ya Allah…..sy juga korban pinjol, kok byk sekali drama2 terkait pinjol dan sejenisnya ya. Sampe segitunya, buat naik kan limit pake joki2….Semoga semua ada solusinya

  • 11 Oktober 2022 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Trimakasih sarannya pak.. sudah saya ikhlaskan.. dan akun kredivo saya saat ini sudah terblokir

    • 12 Oktober 2022 - (10:23 WIB)
      Permalink

      Jangan lupa dibayar ya bu. Jangan banyak cari alasan dan jangan puraยฒ hp ilang trus ganti nomer

      1
      3
        • 12 Oktober 2022 - (10:31 WIB)
          Permalink

          Ngga semua yang ngingetin buat bayar angsuran itu dc. Tapi dari pertanyaan demikian, sudah terlihat anda berancang-ancang untuk menghilang ๐Ÿ˜‚

          1
          3
          • 12 Oktober 2022 - (10:35 WIB)
            Permalink

            Kata2 anda mirip bgt kaya dc2 yg ngingetin buat bayar tagihan pak,maaf ya klo salah..Insyaallah saya masih sanggup bayar pak dan ga kepengin ngilang.. saya juga sudah dpt notif dari kredivonya.. cuma setelah dpt notif dari kredivonya,akun kredivo saya ga bisa masuk.. ini saya bukan bikin alesan ya

          • 12 Oktober 2022 - (10:39 WIB)
            Permalink

            Alhamdulillah, semoga dilancarkan ya ibu pembayarannya dan sehat selalu.

            1
            2
      • 12 Oktober 2022 - (18:20 WIB)
        Permalink

        Asik komennya… Padahal kl yg dituduh ga terima… Bisa masuk delik aduan tuh… Berat lagi Undang Undang Transaksi Elektronik

        • 12 Oktober 2022 - (18:59 WIB)
          Permalink

          Disitu saya juga dituduh mau kabur pak.. apa itu bukan tuduhan.. maaf klo salah

  • 11 Oktober 2022 - (16:54 WIB)
    Permalink

    Bukaan mau menjelekan ato apa emang adanya gitu kadang para penipu itu orang dalamnya sendiri,,, Tau kenapa? Contoh saja akun Akulaku punya limit 9jt sisa 7 juta sekian,giliran mau di pake susah nya minta ampun alasanya RESIKO KREDIT/AKUN MITIGASI,, giliran kena curi sama mereka,kok bisa tuh limit drop tinggal sisa 900k lagi..dan kadang2 ga ada hujan dan angin tiba2 dapat WA yg mengatasnamakan Fintech tersebut dan mereka Tau lengkap data diri kita

  • 11 Oktober 2022 - (17:41 WIB)
    Permalink

    Itu di WA status nya ada tulisan KEUANGAN.
    Penipu ini ciri2 nya ada dua. kalo gak BENDAHARA ya KEUANGAN.
    macam koperasi unit desa aja ๐Ÿ˜‚

    Kacau-balau makin lama ni negeri banyak penipu online. 11-12 sama India ๐Ÿ˜‘

  • 11 Oktober 2022 - (18:32 WIB)
    Permalink

    Kenapa modus seperti itu masih aja merajalela bahkan sampai bertahun- tahun sampai 2022 pun masih banyak , kenapa??
    Karena masih aja banyak yg ketipu … udah itu aja sih pendapat saya

    • 12 Oktober 2022 - (00:47 WIB)
      Permalink

      Tidak bisa berkata apa apa, udah ketipu eh minta bantuan ke CS kredivo. ketipu kesalahan sendiri lagi. Ampun.

      1
      2
      • 12 Oktober 2022 - (05:42 WIB)
        Permalink

        Maaf ya pak/ibu itu memang kesalahan saya sendiri,dimana2 yg namanya penipuan ya kesalahan korban yg percaya sama penipu.. tapi apa salahnya saya berusaha untuk minta bantuan ke cs kredivo.. karna klo saya pengajuan sendiri kekredivo pas ambil buat beli atau ambil barang di merchantny,biasanya itu nunggu konfirmasi dr kredivonya,disetujuin atau ga,tapi ini ga langsung dapet tagihan.. jdi apa masalahnya klo saya minta solusi ke kredivonya.. walaupun ga dapet solusi,setidaknya saya ga diem aja setelah ditipu.. dan saya menulis artikel ini juga untuk pelajaran semua orang yg awam seperti saya agar tidak tertipu juga..

        2
        1
  • 12 Oktober 2022 - (07:14 WIB)
    Permalink

    YANG HARUS DIGARISBAWAHI ADALAH… KENAPA PENIPU MUDAH SEKALI MELAKUKAN TRANSAKSI, BAHKAN HANYA DALAM HITUNGAN MENIT. Sedangkan si pemilik akun dalam bertransaksi ada beberapa step/tahapan yg harus dilalui. Ini bukan hanya untuk KREDIVO saja, AKULAKU, S-PINJAM dan yg sejenisnya.

    • 12 Oktober 2022 - (08:52 WIB)
      Permalink

      aku punya kredivo, pernah telat tp skrg semua tagihan udah lunas, untuk belanja di merchant memang ditolak semua dengan alasan menjaga keamanan, tp untuk pembayaran langsung di aplikasi seperti tagihan internet dan pulsa langsung (tidak belanja di pihak ke3) di approve jadi kemungkinan akun ts kasusnya sama seperti saya.

  • 12 Oktober 2022 - (09:42 WIB)
    Permalink

    Klo ngaku gaptek jangan pake paylater buk, ngutang diwarung aja..

    kredivo jg ga bakal nolongin, kelalaian situ ngeshare data pribadi. Selamat ya tunggakan nya bertambah ๐Ÿ˜

    1
    5
    • 12 Oktober 2022 - (10:24 WIB)
      Permalink

      Apa salahnya saya pake pay later,orang diiklan2kan kok,tinggal klik download bisa langsung pake waktu itu.. saya hanya gaptek tapi ga bodoh mba. Mba kayaknya kok komennya kasar bgt ya,ada masalah apa sama saya,kenal juga ga,ngebantu juga ga,tapi seenaknya aja komen

      • 12 Oktober 2022 - (13:14 WIB)
        Permalink

        saya ga ngetik bodoh padahal, si ibuk pinter banget malahan kata saya mah. Drpd balesin chat mending bebenah bia ga ketipu lagi

        1
        3
        • 15 Oktober 2022 - (22:21 WIB)
          Permalink

          Heeehh elu klo berkomentar tuh yg ngenakin hati org coba klo elu yg di komentari pedas sama org lain mau lu, kalo komentar lu cuman nyakitin hati org mending tutup tu mulut Kya gk di adanin Luh, sama jari lu juga tuh jaga biar gk ke mna2 tuh ngetik nya.

      • 12 Oktober 2022 - (21:21 WIB)
        Permalink

        Gak bodoh cuma kepinteran dikit.. Sampe link kaya gini gak tanya orang terdekat… Kan ibu ada suami atau saudara๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”

  • 12 Oktober 2022 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Maaf ya buat semua yg komennya membodoh2kan saya,saya emang bodoh mudah tertipu,tapi dengan ini saya jdi belajar untuk lebih berhati2,dan juga bisa dijadikan pengetahuan buat yg lain..

    1
    2
    • 12 Oktober 2022 - (21:17 WIB)
      Permalink

      Intinya apapun alasannya jangan pernah memberikan kode otp kesiapapun ataupun data kesembarang orang dengan alasan apapun.

  • 12 Oktober 2022 - (12:41 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya tutup permanen akun kredivo nya, karena data diri sudah terlanjur diberikan ke penipu. Kemungkinan kedepannya akun masih bisa dipakai oleh penipu.

    • 12 Oktober 2022 - (13:17 WIB)
      Permalink

      tanya makanya, dapet chat wa ga konfirmasi ke cs kredivo, pas saldo ilang baru teriak2.

      1
      1
  • 12 Oktober 2022 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Salah sendiri percaya sama Facebook terus minta solusi ke Kredivo? Tentu, Kredivo pasti kasih solusi, BAYAR! Jika gak bayar siap -siap diteror Sam DC.

    Kebanyakan para penipu bersarang di Facebook, Instagram dan media sosial lainnya. Para penipu mencari mangsa di media sosial untuk “dimakan”, seperti penulis diatas. Parahnya lagi, justru penulis yang menghubungi penipu. Itu benar-benar santapan empuk bagi penipu.

    Semoga Anda bisa ambil pelajaran dari kesalahan Anda sendiri. Jangan sampai terulang dan jadi menu breakfast bagi para penipu yang bergentayangan di medsos.

    1
    1
  • 12 Oktober 2022 - (22:13 WIB)
    Permalink

    Ya buat pelajaran aja bu. Lain kali jangan isi form sembarangan. Apalagi itu OTP kan sdh ada peringatannya jangan dikasih ke siapapun termasuk karyawan perusahaan providernya

  • 12 Oktober 2022 - (23:15 WIB)
    Permalink

    Bujugbusrakk, ini penulisnya yg Bahlul apa penipunya yg pintar yaa.. hp smart yg punya hpnya gak smart wkwkwk

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 56 komentar sampai saat ini..

Penipuan Mengatasnamakan Karyawan Kredivo di Facebook

oleh Hanifah dibaca dalam: 1 menit
56