Beli Mesin Cuci di Shopee, Barang Tidak Diterima Tapi Tetap Harus Bayar SPaylater

Halo semua. Maaf saya baru diberi info dari salah satu teman saya, untuk sekiranya bisa melaporkan kejadian yang saya alami di salah satu e-commerce. Sebelumnya perkenalkan nama saya Siti Dwi. Saya pengguna Shopee sudah lama. Namun ada 1 hal yang membuat saya kecewa sebegitunya. Karena saya harus tetap membayar tagihan SPayLatter dengan barang yang tidak saya terima.

Kejadiannya bermula pada tanggal 3 April 2022 saya memesan mesin cuci di Shopee dengan nomor pesanan : 220403KB74APHS. Dan saya pesan di toko: Kunjungi toko ini di Shopee! agustiana2727: https://Shopee.co.id/agustiana2727?smtt=0.5093678-1665589486.8

Semula berjalan mulus seperti biasanya, saya terus aktif komunikasi dengan pihak toko. Sampai pada tanggal 6 April 2022, saya hanya menerima resi pengiriman dari pihak ekspedisi yang di pilih melalui Shopee, namun barang pesanan saya tidak juga datang.

Lalu saya konfirmasi pada pihak toko dan pihak toko tsb menjawab bahwa barang memang akan di kirim melalui tim toko sendiri, ekspedisi dari Shopee hanya formalitas dari akun Shopee. Saya terus konfirmasi bahwa masa garansi akan berakhir namun tim toko menyatakan akan dikirim segera, jadi saya tetap menunggu dan tidak konfirmasi bahwa barang belum diterima.

Karena pengalaman saya sebelumnya pernah komplain barang tidak diterima, namun pihak Shopee menyatakan untuk konfirmasi ke tim toko terlebih dahulu jangan langsung komplain barang tidak diterima. Saya sangat menghargai itu dan menjadi pelajaran buat saya, namun yang terjadi disini sampai pada saat aplikasi sudah otomatis menerima barang pesanan/masa garansi telah habis (yang padahal belum saya terima) jadi saya tidak bisa komplain atau mengklik lagi barang tidak diterima.

Saya langsung komplain by cs live Shopee, by email bahkan saya telpon langsung juga, yang terkesan lebih menyalahkan saya Karena tidak konfirmasi. Dan saya harus terus chat ke tim toko untuk mengirimkan barang pesanan saya, yang sampai saat ini tanggal 14 Oktober 2022 saya terus chat spam ke tim toko. Namun tidak ada tanggapan sama sekali. Dan saya harus tetap membayar SpayLatter dengan semua bunga tunggakan yang sudah berjalan selama ini, yang padahal barang tidak saya terima sama sekali.

Selama kurang lebihnya 6 bulan berlalu ini, berkali kali juga saya terus komplain ke cs Shopee by chat live, email, atau telpon langsung. Namun tanggapan yang harus saya terima masih terus dengan kata kata yang sama, bahwa saya harus terus menghubungi tim toko.

Dengan data terlampir sudah saya lampirkan disetiap laporan saya, bahwa chat saya tidak pernah dibalas lagi dengan tim toko. Yang saya sayangkan di sini, kenapa tidak ada tindak lanjut yang adil buat para konsumen. Tidak bisakah tim Shopee membantu push ke toko untuk mengirimkan kewajibannya? Tidak bisakah dihapus total tagihan dengan nominal barang yang tidak saya terima? Atau setidaknya memblokir toko toko penipu yang ada di Shopee. Karena saya lihat si toko masih terus eksis berjualan. Yang padahal setelah saya telusuri lagi, ada beberapa konsumen yang mendapat perlakuan sama seperti yang saya terima pada toko tersebut. Mau sampai berapa korban lagi kah?

Saya mohon maaf kepada teman teman sekalian, mungkin ada yang mendapati hal serupa seperti ini? Saya sudah tidak tau lagi harus bagaimana mohon saran, Karena nama saya juga sudah kotor di BI Checking. Dengan bunga tunggakan yang terus bertambah Karena adanya masalah ini.

Siti Dwi
Kota Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

79 komentar untuk “Beli Mesin Cuci di Shopee, Barang Tidak Diterima Tapi Tetap Harus Bayar SPaylater

  • 14 Oktober 2022 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Saya 2 kali beli kulkas 2 pintu di si hijau Alhamdulillah tokonya amanah.
    Biasanya memang untuk barang besar, Barang memang dikirim oleh armada dari tokonya (lebih murah dan aman dibandingkan menggunakan kargo), malahan lebih cepat sampai barangnya (langsung bisa minta dipasang untuk di test), dibandingkan invoicenya.
    Sebelum beli saya komunikasi dulu dengan admin toko untuk jadwal pengirimannya + biaya tambahan untuk pengirimannya (transfer langsung ke pihak toko).
    Kalau sampai 6 bulan nggak dikirim sudah nggak bener tokonya.
    Semoga masalahnya segera terselesaikan.

    19
    5
    • 14 Oktober 2022 - (19:35 WIB)
      Permalink

      Iyaa ka,, awal saya pilih toko tbs karna kan review nya banyak yg bagus ya juga awalnya komunikasi saya dengan toko juga lancar lancar saja. Dia juga konfirmasi akan mengirimkan barangnya dengan timnya sendiri. Dan di infoin utk ongkirnya, dan saya sudah sepakat.
      Saya pikir terus aman kan makanya saya gak klik barang belum diterima.

      Ternyata tibanya garansi barang sudah abis, kan system shopee otomatis ngeklik barang diterima kan ya.
      Disitu saya mulai panik dan langsung komplain ke cs shopee. Juga terus spam chat ke toko tsb.

      Tapi engga ada jawaban ataupun solusi yg baik buat saya sampai saat ini. Malah makin buat nama saya jadi jelek di bi checking.

      Pas saya cek lebih dalam lagi, ternyata juga ada beberapa konsumen yg barangnya juga gak dikirim dari toko tsb.
      Anehnya masih terus eksis aja itu toko jualannya. Kan makin kesel saya juga ??

      8
      6
      • 14 Oktober 2022 - (20:07 WIB)
        Permalink

        Saya check tokonya sudah 20 hari nggak aktif.
        Check reviewnya juga ada beberapa yang komplain barang nggak dikirim dan nggak sesuai.
        Kalau toko yang saya beli kemarin dia memang ada toko aslinya (bukan cuma online). Jadi lebih bisa dipercaya.
        Kalau Paylater (saya definisikan sama dengan pinjol) itu biasanya pihak ketiga yang kerjasama dengan shoope.

        8
        1
        • 14 Oktober 2022 - (20:37 WIB)
          Permalink

          Iya ya kaa.. tapi untuk liat ada toko aslinya juga atau tidak gimana ya? Biar ada info tambahan buat saya agar lebih cermat lagi dalam pesan secara online.

          Semoga ini menjadi pelajaran buat saya juga untuk kedepannya.
          Saya juga bukan orang yg kelebihan duit kan, jadi kaya bener bener sakit hati dengan adanya masalah ini?

          5
          2
      • 15 Oktober 2022 - (05:41 WIB)
        Permalink

        Makanya jauhin namanya paylater, teman teman gw udah gak mau pakai paylater, karena kalau gak kena hacker, kena denda dan sebagainya, mending nabung walaupun sedikit tapi halal dan barokah, kalau masih ngeyel tetap pakai tiba, maka hidup anda tidak akan pernah tenang lagi, percayalah yg namanya azab dunia

        20
        13
        • 15 Oktober 2022 - (07:45 WIB)
          Permalink

          selama masih menggunakan uang kartal maka gak akan bisa lepas dari riba, (cari tau sendiri apa alasan nya) jadi gak usah sok suci menghindari riba kecuali kalo transaksi nya barter, barang tukar barang kaya jaman megantrophus.

          22
          16
          • 15 Oktober 2022 - (09:32 WIB)
            Permalink

            Bu Dialamat Surat Konfirmasi Ada Alamat Tokonya Kalo Bisa Samperin Sekalian Bawa Polisi Biar Tokonya Ga bisa Macem” Jatoh nya kaya gini Kena Pasal Loh Semoga Viral Jangan sampe Ada korban lagi di tokonya penipu

            14
          • 15 Oktober 2022 - (20:10 WIB)
            Permalink

            Mohon Tanggapan Shopee bisa membantu menyelesaikan Masalah tersebut… kasian dia korban penipuan

        • 17 Oktober 2022 - (05:44 WIB)
          Permalink

          Kalo menurut q paylater sangat membantu y dengan bunga sedikit kita bisa beli barang untuk di jual kembali. Kalo menurut q yg salah bukan spylater . Pengalaman klo beli barang yg lumayan ada harga kita harus selalu pantau pengiriman nya jangan sampai barang tdk datang tapi konfiy SDH di terima,klo pengalaman sy kita cheat dulu ke si toko tapi kalo si toko ngomong bla BLA BLA… langsung dech klik ke pihak shoppe barang tdk di terima ,foto semua bukti..beres dah..

      • 15 Oktober 2022 - (14:50 WIB)
        Permalink

        Sy prnh beli lemari di shoope dan memang sampai mau sehari menuju batas waktu penerimaan barang juga belum sy terima, karna jadwal kirim sopir nya Selasa dan waktu Selasa tiba teryt jam 8 mlm masih di tmpt cust lain yg jarak nya jauh dari area sy. Untung nya ada pilihan perpanjang waktu jadi sy klik perpanjang waktu dan ketemu penjual yg memang jujur, atur jadwal ulang lagi utk pengiriman mendesak dan akhir nya dikirim sampe rumah juga dengan kondisi sudah di atas jam 10 malam saking padat nya pengiriman mereka. Tapi kalo seller nya penipu dan tidak jujur seperti ini ya seharus nya pihak shoope sebagai wadah penjual segera mengambil tindakan terhadap seller tersebut. Dengan membiarkan seller penipu tetap bebas jualan malah terkesan membiarkan dan memberikan kesempatan, wadah bagi para penipu, itu sudah termasuk melanggar hukum

      • 15 Oktober 2022 - (23:02 WIB)
        Permalink

        Saran saya sih buat kedepannya jangan pernah beli lewat shopee untuk nominal gede. Saya sendiri pernah ditipu melalui shopee dan banyak kasus penipuan yang meminta pembayaran melalui Shopeepay, terus setelah dibayar barangnya ga pernah dikirim. Response dari CSnya jg sangat buruk, malah saat saya melaporkan kejadian tersebut, akun saya yg diblock. Jadi ga heran klo bnyk customer yg beralih ke app ijo.

        9
        3
        • 17 Oktober 2022 - (19:02 WIB)
          Permalink

          @Edwin dimanapun jika barang tidak dikirim ya uang balik dengan sendirinya, gimana to? Anda transaksi diluar shopee?

          • 17 Oktober 2022 - (19:39 WIB)
            Permalink

            Klo uangnya balik ga mgkn saya complaint, ud saya complaint dulu ke shopee tp duitnya ga balik. Klo pakai apps ijo, uda pasti balik. Shopeepay masih pny banyak kelemahan di sistemnya saat itu. Sampai saat ini, saya sudah ga memberanikan diri untuk blnja lg di shopee, ud terlanjur trauma dgn apps orange. Bnyk bug di sistemnya dan CS nya jg ga gt ramah.

            1
            3
      • 16 Oktober 2022 - (05:10 WIB)
        Permalink

        Halo siti, sudah pernah lapor ke BPKB RI? Download di play store namanya BPKN RI, buat laporan dulu disana

      • 16 Oktober 2022 - (09:03 WIB)
        Permalink

        Halo bu. Saya pernah beli di toko itu. Saya ada informasi yang mungkin penting buat ibunya tentang toko itu. Tolong balas saya ya bu, atau kasih ig ibu nanti saya dm untuk informasinya. Semoga aja bisa membantu

      • 16 Oktober 2022 - (10:03 WIB)
        Permalink

        Nasib pelaku riba…. Gak punya uang tapi ngutang… Pakai spaylater lagi… Padahal tahu spaylater bunganya sangat tinggi… Artinya anda sebenarnya sudah siap dengan tagihan tersebut…

        Nasibnya lagi, ternyata tokonya fake… Alias tokonya penipu….. Seperti sudah jatuh ketimpa tangga.

        Saran saya: tetap bayar utang tsb, karena dalam Islam utang hrs dibayar. Jadikan ini sebagai pelajaran agar ke depan menjauhi riba

        2
        16
        • 17 Oktober 2022 - (05:53 WIB)
          Permalink

          Semua yg menggunakan spylater pasti itung itung dulu. Klo menurut q spylater bunga kecil y . Klo spinjam y lumayan bunganya besar makanya klo ngk kepepet banget jangan pinjam duit.
          Alhamdulillah usaha dari paylater kita beli barang di Shoppe pakai paylater dan kita jual lagi..

      • 17 Oktober 2022 - (09:56 WIB)
        Permalink

        beLi di toko official store’nya ga .. ?klu beLi di office store biasa’nya pengiriman dipegang oleh shopee Jd Lebih aman menurut pengaLaman sy

    • 15 Oktober 2022 - (05:58 WIB)
      Permalink

      Naaah…bener tuh,saya kalau beli barang yg nominal nya gede” pasti ke si ijo,amanah banget soalnya, kemarin juga saya baru order mesin cuci,3 hari langsung sampai.
      Shopee kebanyakan kasus penipuan nya kayaknya y,apa sama pihak shopee gk di seleksi dulu tuh penjual.

      15
      2
      • 15 Oktober 2022 - (19:57 WIB)
        Permalink

        Iya betul kalo mau beli elektronik harga mahal, jelas mending ke ijo, dan cari yg “official store”. Dan pake kurir toko resmi. Dijamin barang aman, garansi,.
        Di shoope mah beli pakaian aja, jgn elektronik,

        2
        2
      • 16 Oktober 2022 - (10:06 WIB)
        Permalink

        Saran buat shopee: untuk melindungi konsumen, harusnya spaylater hanya berlaku utk toko-toko tertentu, misal shopee premium, shopee mall atau toko yg sudah verified kualitasnya

    • 14 Oktober 2022 - (22:37 WIB)
      Permalink

      Melihat kasus yang di alami sdri. Siti Dwi, dengan berat hati saya harus mengatakan bahwa Shopee masih belum maksimal dalam penanganan keamanan transaksi berbelanja.
      Kasus ini harus di anggap serius, karena bisa sangat merugikan konsumen, yang tentunya juga akan berdampak kepada kepuasan konsumen terhadap Shopee. Pihak Shopee harus ber evaluasi kembali dalam sistem keamanan.

      14
      3
  • 14 Oktober 2022 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Selamat malam
    Kalau menurut pendapat saya ini bisa di kategorikan “PENIPUAN” .
    Jadi saran saya untuk dilaporkan saja ke pihak yang berwajib ( Kepolisian ) .
    Supaya kedepan tidak terjadi kasus seperti ini lagi dan “Mereka” menjadi jera .
    Terima kasih .

    • 14 Oktober 2022 - (20:45 WIB)
      Permalink

      Iyaa bener Pak. Jatuhnya sudah penipuan.
      Tapi kalaupun harus melaporkan masalah ini ke yg berwajib, saya bukan orang yg berlebihan duit juga pak. Takutnya juga akan keluar uang untuk ongkos sana sini nya dengan sia sia.
      Karna sebelumnya saya juga pernah melapor untuk hal yg sama (tapi beli dari ig).
      Beli barang, duit sudah dikirim tapi barang tidak di kirim. Saya laporin ke polisi tapi tidak ada tindakan lanjutan. Mungkin menurutnya hanya nominal kecil. Tapikan berharga bgt buat saya??

      Maka dari itu, saya ikhlasin dan coba beralih utk pesan secara online ke shopee saja. Begitu, tapi ternyata kena juga seperti ini???

      Saya berharap kedepannya saya dan teman teman sekalian bisa lebih cermat lagi kalau beli barang melalui e-commers. Case saya ini bisa jadi pelajaran buat kita bersama. ??

      • 15 Oktober 2022 - (07:55 WIB)
        Permalink

        Kalau sudah lapor ke polisi tidak ada tindak lanjut…laporin saja ke Provos setempat dengan membawa bukti laporan polisi.

        • 15 Oktober 2022 - (10:04 WIB)
          Permalink

          Iyaa Pak. Kemarin saya tidak kepikiran seperti itu ??
          Terima kasih untuk sarannya Pak

    • 15 Oktober 2022 - (07:32 WIB)
      Permalink

      Pelajaran buat semuanya…kalo masa garansi shopee mau berakhir ..apapun alasan pihak toko tolong diabaikan…segera ajukan pengembalian barang atau bisa juga perpanjang masa garansi… Nanti kalo barang udah bener2 diterima, pengajuan pengembalian barang tadi bisa dicancel…

      13
      • 15 Oktober 2022 - (08:07 WIB)
        Permalink

        Betul, itulah gunanya fitur pengembalian barang dan dana. Jika sehari sebelum masa garansi shopee habis tapi barang belum di terima, segera klik perpanjang masa garansi Shopee. Jika dalam masa perpanjangan garansi barang belum juga di terima, segera klik ajukan pengembalian barang/dana sehari sebelum masa perpanjangan garansi shopee berakhir.

        Jika selama proses “ajukan pengembalian barang/dana” ternyata barang pesanan datang, kita bisa klik “batalkan pengajuan pengembalian barang/dana”

        Kalo kejadian yang saya alami beberapa kali saya beli barang elektronik di shopee dapat barang rusak, Alhamdulillah kompline pengajuan pengembalian barang dan dana di acc, yang penting sertakan video unboxing tanpa jeda. Dan barang memang benar² rusak.

      • 15 Oktober 2022 - (09:56 WIB)
        Permalink

        Iyaa bener ka. Pelajaran juga buat semuanya. Agar engga gampang percaya dengan toko apapun alasannya kalau barang belum sampai. Terima kasih ya ka

    • 15 Oktober 2022 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Next nya klo mau beli barang besar selalu di oficial mall, atau paling tdk langsung cek bintang 1 nya ,liat rata2 knpa orang kasih bintang 1, kalau saja ada 1 case yg bilang tdk dikirim ,fix jgn beli di situ..jgn tergiur krena harga lbh murah.

  • 14 Oktober 2022 - (22:31 WIB)
    Permalink

    Tokonya sepertinya sudah di takedown sama shopee soalnya saya cek udah pada kosong etalasenya.

    Emang kalo shopee itu musti ‘teriak’ dulu ke publik, baru mau dikerjain kalau ada merchant nya nakal. Kalau teriak di chatnya paling banter dapet pesan ‘nanti diteruskan ke tim terkait’. Dijamin deh ga bakalan diproses.

    10
  • 14 Oktober 2022 - (22:48 WIB)
    Permalink

    Kamu kok percaya aja sama tokonya?
    Kalau saya yang jadi kamu, saya akan ajukan komplain sebelum garansi Shopee berakhir, terserah mau alasannya dikirim pakai kurir toko, mau konfirmasi ke penjual dulu, atau apa deh. Yang penting duit saya aman.

    Oh ya, next time.
    Kalau mau belanja elektronik rumah yang besar macam AC, Kulkas, TV dll mending ke Blibli / JD.id.

    Pilih toko yang disediakan mereka.
    Kelebihannya:
    1. Mereka punya kurir internal yang handling pengiriman sendiri
    2. Mereka punya toko yang stoknya dikelola sama gudang mereka sendiri.

    Saya sih ga pernah percaya belanja barang mahal di Shopee. Karena toh, marketplace satu itu menurut saya tingkat “keamanannya” paling rendah daripada yang lain.
    1. Kualitas cs yang berasa bot ampas
    2. Gak ada asuransi pengiriman, jadi kalau ada rusak / hilang / salah kirim / kena tipu resiko ditanggung sendiri. Shopee paling cuma bisa “mohon maaf atas ketidaknyamanannya ya Kak” blablablah.

    9
    3
    • 15 Oktober 2022 - (22:06 WIB)
      Permalink

      Pahami dulu kinerja SPaylater kak.
      Ketika anda klik terima barang (melibihi batas waktu konfirmasi) artinya uang SPaylater akan diteruskan ke penjual.

      Shopee dan SPaylater tidak bersalah karena mereka sudah mengeluarkan uang ke Penjual atas permintaan anda secara tidak langsung.

      Dilihat dari kronologi nya ini murni kelalaian anda sebagai pembeli, dan anda telah tertipu oleh penjual,

      dan sudah menjadi kewajiban anda untuk mengembalikan uang yang sudah anda pinjam. harap bersabar yah kak mudah2an rejeki kakak semakin lancar setelah apes

      2
      1
      • 16 Oktober 2022 - (10:58 WIB)
        Permalink

        Nah ini. Saya sudah terlanjur kesel sama customer satu ini, kenapa bisa lalai dan percaya sama omongan pihak penjual dan e-commerce nya? Sampai lupa “KARTU AS” andalan customer adalah Masa Garansi yg harusnya MUTLAK hak konsumen tdk peduli apapun alasan keterlambatan pengiriman.
        Ketika diminta konfirmasi ke penjual tapi tdk ada tanggapan, jangan harap nunggu kepastian sama penjual. Masa garansi adalah MUTLAK keputusan konsumen sendiri dan jaminan barang tdk diterima baru didapat setelah dikonfirmasi oleh konsumen tsb.

        Mentang² lu kira semua manusia baik dan tdk melakukan kejahatan, giliran ditipu sesama manusia baru tau rasa. Makanya Garansi itu hadir untuk melindungi konsumen

        3
        3
        • 19 Oktober 2022 - (13:57 WIB)
          Permalink

          Betull, buyer no smart + pake pinjaman lg, kl mmg kurang faham aturan ecom mending gak usah coba2 deh!.. jd pengingat untuk pembeli lainnya…

  • 15 Oktober 2022 - (03:04 WIB)
    Permalink

    Banyak toko penuh dengan unsur penipuan du shopee,tapi shopee terlalu gampang mempasilitasi toko2 penipu tersebut..giliran ada masalah shopee tidak bisa menyelesaikan masalah tsb..malah merugikan konsumen…punya tim investigasi ga dari pihak shopee selaku penyedia jasa??

  • 15 Oktober 2022 - (04:46 WIB)
    Permalink

    Pengalaman ane beli mesin cuci juga di shopee tapi ane cari juga toko offlinenya di maps, di deskripsikan maps kan ada no teleponnya ane kirimin ss dari toko online mereka
    tanya2 ini toko mereka bukan produk model ini masih ada kaga
    Ada tapi mereka bilang harga yang online itu promo
    Jadi balik ke aplikasi lagi buat pesen 2 hari kemudian sampai karena satu kota

  • 15 Oktober 2022 - (08:26 WIB)
    Permalink

    Prinsip belanja online adalah, jika status barang sudah terkirim tapi kamu belum menerimanya, maka kamu harus melaporkannya pada saat itu juga. Tidak perlu menunggu berhari-hari terlebih dahulu.

    Mengenai paylater, jika ada masalah dalam pengiriman barang, bahkan jika transaksi dibatalkan sekalipun kamu tetap harus membayar cicilannya. Jika transaksi dibatalkan, uang kamu akan dikembalikan sesuai nominal barang, tapi tetap cicilannya akan terus berjalan.

  • 15 Oktober 2022 - (09:12 WIB)
    Permalink

    Shopee memang begini, ga cocok buat barang mahal.. sy belanja di shopee kalo beli casing hp aja yg transparan tuh.. harga 10rb dan gratis ongkir dengan min belanja Rp 0.. klo beli laptop/hp/tv dll selalu si ijo..

    9
    1
  • 15 Oktober 2022 - (09:38 WIB)
    Permalink

    Diresi ada alamt toko kaga bun
    Kmrn2 q jga was2 beli showcase + flizer, ada rasa takut jga soalnya ketika resi dikirm trlbih dahulu takut barang tdk dikrm, sy nyari toko yg deket2 tempat sy… Almdlh order pagi siang kirm langsung dan siang dikirm barangnya oleh pihak toko, brpa hari resi baru sampe

    • 15 Oktober 2022 - (10:02 WIB)
      Permalink

      Itu juga tidak ada Pak. Saya coba minta ke tim shopee utk alamat toko tsb. Juga tidak di perbolehkan.

      1
      1
      • 15 Oktober 2022 - (10:43 WIB)
        Permalink

        Kalau di kasus ini mungkin pihak Shopee bisa mengatakan bahwa letak kesalahan ada di pihak konsumen (karena tidak mengikuti anjuran proses penerimaan barang). Namun ketika pihak konsumen sudah melapor ke pihak Shopee yang tentunya “wadah melapor” itu sendiri sudah merupakan “fasilitas dr Shopee” apakah Shopee tidak mau bertanggungjawab?
        Karena jika penanganan (jawaban dr Shopee) mengenai kasus ini bisa lebih cepat, tentunya konsumen tidak akan menunggu selama 6 bulan yg menyebabkan denda bertumpuk.

        4
        1
        • 15 Oktober 2022 - (12:23 WIB)
          Permalink

          Iyaa bener seharusnya begitu ka.
          Ini sudah berjalan jauh sekali. Dan bunga terus berjalan juga

  • 15 Oktober 2022 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Kalau saya lebih suka klik komplain.. kadang tanpa obrolan.. sampai barang datang dan sesuai.. kalau saya mikirnya pengen aman sendiri sih.. toh saya membeli.. jika pihak e-commerce ngomong ini itu juga paling saya cuma iya2in aja.. tapi tetep prosesdur saya jalankan sesuai fungsi aplikasi. Saran saya berprasangka buruk jauh lebih baik.. selama kita juga fair saat barang datang dan sesuai ya langsung selesaikan dan beri ulasan baik.

    • 15 Oktober 2022 - (12:25 WIB)
      Permalink

      Iyaa seharusnya hal seperti itu juga yg harus saya tanamkan ka.
      Karna sebelumnya saya selalu percaya. Trrima kasih sarannya ya ka

  • 15 Oktober 2022 - (11:24 WIB)
    Permalink

    Ada aja manusia yang sok-sokan bilang jangan ambil paylater krn RIBA.. Klu tuan dan puan tidak ingin melihat orang lain melakukan riba, maka bantulah mereka. Brikan pinjaman uang kemereka tanpa bunga…

    8
    1
  • 15 Oktober 2022 - (12:00 WIB)
    Permalink

    1. Jika anda merasa tdk mendptkan hak keadilan atas sesungguhnya sesuatu yg dituduhkan dan dimintakan kepada anda secara finansial, saya sarankan anda buat laporan resmi ke BPKN anda bisa download app BPKN 135 di playstore atau kirim laporan via website resmi di https://bpkn-apps.com krn ini layanan pemerintah dan menerima laporan selama itu kejadian blm lewat dari masa tentang 2thn. Sertakan bukti penyerta.

    Jika anda merasa ditipu, dirugikan dan tidak digubris permintaan hak anda utk sesuatu yg tdk anda terima dan atau tidak anda lakukan dan mendapatkan kerugian atas oleh karena hal tsb, maka itu bisa masuk ranah kriminal, anda saya sarankan buat laporan ke polres atas perbuatan penipuan dari seller tsb,polres akan sangat senang menerima kasus gituan, ini mempercepat point’ polres jg.

    Nalarnya kan begini, barang segede itu dikirim kurir yg dsediakan mrk,pasti donk ada bukti serah terima barang di tempat tujuan? Nah coba minta mrk buktikan bahwa itu barang memang telah diserahkan ke alamat anda atau minta toko berikan mana salinan bukti foto atau sejenisnya yg valid menunjukkan barang tsb sampai di lokasi alamat penerima dan siapa yg menerima, mrk yang melakukan tindakan penipuan bisa kena pasal 378. Itu saja kalo bukti tdk ada anda bisa acuhkan tdk perlu bayar tagihan paylater tsb kalo diminta bayar, lanjut langkah hukum buat laporan ke polres buktikan di pengadilan. Shopee pun bisa dijerat OJK karena melanggar hak konsumen dng terus meminta tagihan atas sesuatu yang tidak pernah konsumen terima hak atas dirinya.

    Jangan bayar jika anda memang tidak pernah mendapatkan hak anda! Berani dan paham hukum itu perlu!

    • 15 Oktober 2022 - (12:42 WIB)
      Permalink

      Iyaa Pak. Terimakasih sebelumnya atas saraannya. Maaf ada sedikit yg ingin saya tanyakan.
      1. Saya sadar kesalahan disini juga ada unsur keteledoran saya karna tidak langsung ajukan pengembalian dana sebelum masa garansi habis di aplikasi shopee. Jika untuk melapor lanjutan apakah bisa ya Pak? Karna jugakan di aplikasi pasti ada bukti yg menuju pada kesalahan saya juga. Sedangkan system pengembalian dana tsb memang sudah di sediakan tim shopee untuk mencegah hal seperti ini terjadi.
      Jadi saya berfikir, bagaimanapun kesalahan juga ada di diri saya.
      2. Saya ingin melunasi semua tunggakan saya di barang lainnya, karna sempat terhalang saya bayar dikarenakan langsung tergulung dengan nominal si mesin cuci ini. Tapi apakah bisa Pak jika saya tidak ingin membayar tunggakan atas barang yg tidak saya terima? Karna sebelumnya saya tanya ke tim shopee, kalau tunggakan yg ada tidak bisa di pisahkan dengan nominal si mesin cuci (barang yg tdk saya terima) ini. Jadi semua tergabung. Dan semua itulah yg harus saya lunasi (menurut tim shopee).

      Inginnya saya hanya membayar tunggakan saya di barang lainnya. Dan tidak membayar untuk barang yg tidak saya terima, berikut dengan bunga keterlambatan. Karena juga sudah lama sekali. Jadi sudah menumpuk sebegitu banyaknya juga bunga tunggakannya. Namun sebelumnya tim shopee bilang kalau tidak bisa juga.
      Karna juga jelas bahwa pihak toko juga tidak mengirimkan barang, apalagi harus menyerahkan bukti pengiriman barang dari pihak mereka. Itu sama sekali tidak ada Pak. Jangankan mengirimkan barang, chat saya juga tidak di gubris selama itu sedari masa garansi habis.

      • 15 Oktober 2022 - (12:56 WIB)
        Permalink

        Saya respons nomor 2. Itu shoper salah! Saya berani jamin itu tuduhan atau tuntutan itu bisa dipatahkan di pengadilan dan anda bebas dr tuntutan bayar sesuatu yg tidak anda terima.

        Sederhana saja, anda lapor polres, berikan bukti transaksi shopee tsb nomor invoice atau transaksi, dr situ polisi punya kekuatan meminta data asli rekam data digital si penjual, karena shopee dan mitra paylater kan posisinya menerima orderan anda dan diteruskan penjualan tsb uangnya dberikan ke penjual jg. Jadi shopee bisa dipaksa utk menyerahkan data di penjual atas nama hukum! Nanti dr situ polisi akan memanggil si penjual dng menelusuri alamatnya, nomor rekening, sampai record hapenya pun bisa. Dr situ dipertemukan dan silahkan saling sanggah dan tunjukkan bukti. Anda bisa tuntut si penjual dng mana bukti barang A yg tidak saya terima tapi versi anda telah diterima mana bukti validnya, anda jangan kawatir, polisi punya cara deteksi bukti digital palsu. Jika penjual beralasan bukti sudah dihapus lah ga ada lagi lah Krn ga penting utk disimpan LG lah, anda jng kawatir, porli mampu ambil data digital dr device apapun apalagi cuma smartphone atau micro-sd Krn polri punya alat forensik digital. Kalo msh berkelit, minta siapa yg hantarkan barang tunjukkan siapa yg menerima. Jadi tugas Anda adalah membuktikan penjual tsb melakukan unsur pasal 378 yaitu penipuan anda bisa gugat pasal pidana Krn merugikan anda tidak hanya dr sisi materi, dr situ nanti hasilnya bisa anda pakai untuk menuntut spaylater membatalkan sebagian tagihan atas hak yang terbukti tidak pernah anda terima. Tak perduli apakah anda sudah klik terima barang duluan dan itu dianggap sah, Krn tidak ada aturan marketplace manapun lebih tinggi dari undang undang di negara ini. Saran saya, anda konsultasikan dng lembaga bantuan hukum, setau saya bahkan Hotman Paris pun membuka media publik utk menerima laporan hukum. Dan ada layanan pemerintah yg menyediakan bantuan hukum gratis jg (lupa saya nama lembaganya). Tujuan Anda adalah melacak si penjual itu! Lapor ke polisi!

      • 15 Oktober 2022 - (13:13 WIB)
        Permalink

        Mbak susun dulu kronologi nya bikin di word, data² bukti softcopy pendamping berupa screenshot transaksi, percakapan baik di market place sampai dluar itu dng shopee n penjual anda ss dan jadikan 1 folder di flashdisk, buat jaga² data tsb anda salin dan upload ke cloud servis spt google drive yg berbeda dr akun google utama anda. Polres akan meminta data laporan dan bukti² anda bisa serahkan flashdisk isi data tsb jika polres menghendaki, laporan anda tidak dipungut biaya!! Pastikan anda mendapat surat pelaporan yg diterbitkan polres setelah melapor! Tujuan Anda adalah melaporkan penjual tsb! Tugas polri menciduk penjual tsb utk dmintai keterangan dan hingga jika terbukti melakukan kejahatannya ia dpt disanksi hukum dan anda bisa dpt hak anda kembali. Biasanya blm sampe berkas lengkap dibawa sidang kasus anda sudah kelar kalo si penjualnya mau tggjwb, kalo ga ya lanjut sampe sidang!

    • 15 Oktober 2022 - (13:13 WIB)
      Permalink

      Jadi begini pak, saya lihat anda lumayan paham. Namun kasusnya itu kurang lebih seperti ini :
      1. Konsumen memesan barang, toko memproses pesanan di aplikasi Shopee milik toko tsb sesuai prosedur. Tentunya proses yang di terima di aplikasi konsumen, sudah sesuai prosedur pula.

      2. Beberapa hr kemudian, ternyata barang yang sampai hanya resi saja. Kenapa? Karena biasanya barang2 besar yang di jual di olshop biaya ongkirnya sangat mahal (walaupun di bebankan kepada pembeli, tapi bisa membuat pembeli berfikir 2 kali untuk membeli online) , jadi toko memilih mengantarnya dengan ekspedisi pribadi.

      3. Resi tadi buat apa? Di dapat dr mana?
      Toko bisa mendapatkan resi dengan mudah, ekspedisi2 manapun pasti sudah paham.
      Resi yang di dapat tadi bukan resi pengiriman barang, bisa saja hanya secarik kertas. Tujuannya adalah untuk memenuhi proses pengiriman barang di pihak toko, tentunya harus menggunakan resi.

      4. Ketika barang yg berupa resi tadi sudah sampai ke perima, otomatis akan muncul pilihan “Pesanan di terima” “Pesanan belum di terima” .
      Di karenakan pihak toko yang terus berkomunikasi dengan konsumen, berdalih “barang sudah dikirim, tunggu saja” akhirnya konsumen tetap menunggu, konsumen percaya karna rating toko cukup bagus dan sudah banyak sekali pembeli di toko tsb.
      Sialnya, konsumen tidak meng-klik “pesanan blm di terima” sampai masa garansi habis, dan “barang pun tidak datang”.

      5. Lalu konsumen melapor ke pihak Shopee karna mengalami penipuan.
      Tagihan pun sudah muncul, namun konsumen enggan membayar (karena menunggu kejalasan dari pihak Shopee).
      Namun hingga mencapai 6 bulan, pihak Shopee belum memberikan kejelasan mengenai kasus yg di alami konsumen.
      Denda pun terus berjalan selama 6 bulan, dan semua tagihan di bebankan kepada konsumen.

      Inilah kronologi yang saya tangkap. Kira2 konsumen harus berbuat apa?

      • 15 Oktober 2022 - (16:29 WIB)
        Permalink

        1. Jd begini, dlm hukum positif itu nanti dilihat pembuktiannya. Jika bicara sistem by shopee yg otomatis deteksi brg diterima walau sudah end of date nya scr hukum itu bisa dipatahkan dengan dalil dan bukti dari pembeli jika pembeli bisa membuktikan diri bahwa memang ia ditipu dengan mulai mengumpulkan bukti bahwa tidak pernah ada barang datang atau ia terima kepada dirinya atau org yg ditujukan terdapat pada alamat penerima di hari dimana sistem shopee telah memutuskan “barang diterima”. Pembeli dapat mengajukan gugatan hukum kepada shopee atas kelalaian shopee dengan tidak mempertimbangkan argumentasi dari pembeli tentang ia memang tidak menerima barang yang ia beli namun argumentasi ini ga bisa sekedar di dlm sistem shopee sendiri itu harus dbawa ke ranah luar yaitu hukum positif dengan demikian pihak² terkait akan dipanggil dan dimintakan pembuktiannya baik dr pihak shopee, pembeli, penjual. Polisi paham cara kerja beginian, cuma laporannya blm diterima aja dr si pembeli.

        2. Dalam kasus ini, shopee biasanya di urutan setelah polisi menyelidiki si penjual, karena secara langsung apapun alasannya nomor resi yang tidak dapat dibuktikan keabsahan bahwa memang terjadi transaksi pengangkutan dan pengiriman barang dapat dikategorikan penipuan bisa dipidana atau perdata jg bisa. Polisi punya hak memaksa shopee memberikan data si penjual atas dasar hukum. Jika shopee menolak memberikan data si penjual jelas akan ada sanksi hukum.

        3. Jika pembeli memiliki cctv di rumah pada alamat penerima, pada saat sistem shopee telah “menyelesaikan” pengiriman itu cctv bisa dijadikan alat bukti langsung yang mematahkan argumen penjual (jika barang memang tidak pernah datang dan tidak diterima) bahwa barang telah ia kirimkan dan ia akui telah diterima pembeli.

        Pada dasarnya pembeli cukup memulai dng membuat laporan penipuan pasal 378 di polres dulu aja, berikan bukti kronologi nya, ga masalah soal urusan sistem shopee sudah by default membuat keputusan sendiri karena yang dinilai adalah asal pelanggaran dan kemungkinan tindakan penipuan yg terjadi oleh penjual memanfaatkan celah sistem shoppee.

        • 15 Oktober 2022 - (18:23 WIB)
          Permalink

          Setuju pak pihak shoppe juga lebih pro ke penjual jelas” Si mbak belom klik Terima barang harusnya ada konfirmasi Dulu dari CS udah Sampe atau belum Tiba” Bunga tagihan terus berjalan Bisa dibilang shoppe wadahnya penjual maling Rata” Keamanannya ga bagus Lemah , kalah sama tokopedia Lazada Saya Alhamdulillah Belanja barang elektronik TV Kasur sofa 5jt lebih bayar tf dateng satu persatu karena saya yakin Lazada takut hukum ga kaya shoppe Bener” Lintah darat dan sengaja shoppe bayar artis mahal promoin tokonya padahal harusnya shoppe hapus dari e-commerce penjualan online aplikasi buruk

  • 15 Oktober 2022 - (12:06 WIB)
    Permalink

    sabar ya kak semoga kerugiannya digantikan dengan yang lebih baik dari yang di atas.
    Terima kasih juga sudah share masalah kakak, ini jadi pelajaran penting bagi kita semua konsumen Shopee utk lebih tegas dalam hal status barang diterima/ belum. Sebagai konsumen kita sudah bayar, dan selama barang belum ada JANGAN PERNAH KLIK PESANAN DITERIMA/ MEMBIARKAN MASA GARANSI SHOPEE HABIS. Karena begitu hal tsb dilanggar dengan janji tipu rayu penjual, maka pembeli sama saja sudah memberikan uangnya ke penjual TANPA MENERIMA BARANG.

    semoga penipu di Shopee bisa diberantas oleh Shopee sampai ke akar2nya agar kita merasa aman berbelanja.

    • 15 Oktober 2022 - (12:27 WIB)
      Permalink

      Iyaa ka. Terimakasih ya ka sebelumnya untuk sarannya. Semoga kedepannya jadi pelajaran juga buat kita bersama.

  • 15 Oktober 2022 - (12:56 WIB)
    Permalink

    Duh, padahal belanja selalu di shopee saya ga pernah kena kasus tipu2 gini, tp emg ga pernah sih beli barang elektronik ke shopee. Semoga cepat diatasi oleh pihak shopee dan tidak merugikan mba sebagai pembeli.
    Jadi pelajaran buat kita semua, kalau mau beli barang mahal 300 an ke atas, pastikan:

    1. Beli di ShopeeMall(prioritas pertama), lalu Star, atau toko lain yg punya peringkat bagus
    2. Meski ratingnya 4,8 atau 4,9 bintang dan yg ngasih rating ada ratusan bahkan ribuan org, tetap liat komentar di bintang 1-3 nya apa, sehingga kita tau resiko kalau beli barang di toko tersebut
    3. Kalau barang belum juga diterima dihari terakhir garansi shopee, segera klik barang belum diterima.

    Cara 1 dan 2 selalu saya lakukan krna was2, sebab kenalan pernah kena tipu juga beli barang online.
    Jujur, melihat dari keluh kesah pengguna shopee, saya sangat menyayangkan cara pihak shopee menyelesaikan masalah. Tidak jarang mereka memenangkan pihak yang salah dan merugikan pihak lain baik itu pembeli ataupun penjual. Semoga pihak shopee segera meningkatkan kualitas SDM nya ataupun S.O.P mereka dalam penyelesaian masalah seperti ini

  • 15 Oktober 2022 - (15:44 WIB)
    Permalink

    Mau komen sudah banyak yg kasih pendapat dan saran. Saya gak bisa baca semua. Cuma saran saya kalo belanja di online/e-commerce sebaiknya cari yang official store. Dan kita bisa cek official store di wilayah kita. Jadi jika ada masalah. Kita bisa datang langsung ke tokonya dan resmi lagi.. semoga masalahnya segera selesai. Tks

  • 15 Oktober 2022 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Ya tetap harus dibayar. Mau bentuk apapun pembayaran anda sejak awal: shopeepay, transfer bank, kartu kredit, dan lain sebagainya… Intinya kan anda tertipu. Kalo dengan alasan barang ngga terima (tapi status pesanan anda biarkan selesai sendirinya) lalu ngga mau bayar, ya itu sama aja yg musibah anda, tapi minta pihak lain yang nanggung/cover kerugian tsb.

  • 15 Oktober 2022 - (16:35 WIB)
    Permalink

    Pihak shopee pasti punya data toko…nomor dan nama rekening bank, bisa dilaporkan ke polisi atas kasus penipua ini.
    Lagian pihak shopee ini ko bisa²nya kasus merugikan konsumen seperti ini tapi lambat penyelesaiannya…shopee niat ga sih?
    Saya ga akan pernah belanja lagi di shopee…titik

    • 15 Oktober 2022 - (18:27 WIB)
      Permalink

      Jangan pernah belanja di shoppe barang mahal mending barang receh di Shopee kalopun ilang ga nyesek kalo juta jutaan bikin kaya maling doangg

    • 17 Oktober 2022 - (06:55 WIB)
      Permalink

      Hapus saja akunnya. Di iphone ada fitur itu, ga tau di android ya. Saya dah ga yakin aman untuk topup shopeepay, entah kenapa

  • 16 Oktober 2022 - (01:48 WIB)
    Permalink

    Mudah2an team shopee bisa bergerak cepat, hanya karna maslaah 1.3jt sampe gak selesai, hal ini akan berefek customer jadi berfikir ulang jika beli elektronik di shopee.

    Dengan adanya kasus seperti ini, buat pelajaran juga kepada saya, jika resi sudah status delivered tapi barang gak dateng, mending klik komplain aja dah, biar aman.

  • 17 Oktober 2022 - (06:54 WIB)
    Permalink

    Sekarang alhamdulillah akun Shopee saya dah saya hapus total karena lebih merasa aman pakai si hijau.

    Yang namanya Paylater jangan pernah dipakai untuk beli sesuatu yang bisa pakai cash atau nabung dulu. Mending pinjam uang teman aja dulu, kecuali sudah tidak ada opsi dan kondisi darurat.

  • 17 Oktober 2022 - (09:06 WIB)
    Permalink

    Untuk semuanya, besok lagi lebih teliti dalam membeli barang di toko online. Pertama, liat rating B1 dahulu, apakah pernah ada penipuan yang dikirim hanya resinya saja. Yang kedua, kalo sudah membeli barang tersebut sebaiknya rutin untuk mengechek status resi paketnya, Karena saat status sudah terkirim sistem akan otomatis menerima paling lama 2x24jam. Dan terakhir kalo bisa jangan menggunakan Spaylater.
    (Sekarang banyak seller yang mengirim resinya saja, jadi harus ekstra hati-hati)

  • 17 Oktober 2022 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Udh jelas2 ada beberapa org yg menyatakan barangnya tdk dikirimkan di ulasan2nya tp msh tetep order disitu jg, TS uji nyali kah?? ?

  • 17 Oktober 2022 - (12:32 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah pernah sekali belikan sofa untuk abang ku di toko oren ini, toko nya amanah, bahkan barang sampai lebih dulu daripada invoice dan kartu garansi (karena sofa nya Aku garansi kan). Tips untuk customer, kalau bisa, sebelum masa perpanjangan penerimaan habis, sebaiknya klik tombol return or refund dengan alasan barang tidak diterima, kemudian nanti tim oren akan menyelidiki kebenarannya, setidaknya kita sudah berusaha untuk hold pembayaran ke seller, sampai seller menunjukkan proof of delivery Kepada Tim oren,kalau tidak ada, maka pesanan akan dibatalkan.

 Apa Komentar Anda?

Ada 79 komentar sampai saat ini..

Beli Mesin Cuci di Shopee, Barang Tidak Diterima Tapi Tetap Harus Baya…

oleh Siti Dwi Sartika dibaca dalam: 2 menit
79