Kartu Kredit Bukopin Sudah Lunas, Tapi Statusnya di BI Checking Dilaporkan Write Off

Saya mantan pemegang kartu kredit Bukopin 4211 67** **** 5893. Saya dulu di tahun 2019 ada tunggakan sebesar 2 juta rupiah di kartu kredit Bukopin di atas dengan status Col 5, akan tetapi saya sudah melakukan pelunasan terhadap tunggakan tersebut di bulan November 2019. Dan saya sudah mendapatkan surat lunas dari pihak Bank tertanggal 20 Januari 2022.

Yang ingin saya permasalahkan adalah, bulan September lalu saya mengajukan KPR di salah satu bank, dan saya mendapat informasi bahwa BI checking saya bermasalah di Bank Bukopin karena kartu kredit saya di atas ditutup lunas dengan status write off. Yang menurut pihak marketing salah satu bank, status write off ini adalah status yang sangat jelek.

Kepada Bank Bukopin, kenapa status kartu kredit saya di atas yang sudah lunas dan saya juga sudah terima surat lunasnya, tetapi statusnya di BI Checking dibuat bahwa status kreditnya menjadi write off? Dan melalui media ini saya ingin mengajukan pemutihan terhadap status BI Cheking saya.

Saya sudah mencoba menghubungi call center Bukopin di 14005 dan diarahkan untuk menghubungi bagian collection di 021 29517500 ext 8007. Tapi saya telepon berkali kali untuk meminta konfirmasi tidak pernah diangkat telepon saya. Sehingga saya putuskan untuk membuat surat terbuka di media konsumen ini.

Terima kasih.

Budi Santoso
Cilegon, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank KB Bukopin atas Keluhan Bapak Budi Santoso

Menanggapi keluhan Bapak Budi Santoso melalui rubrik Surat Pembaca di Media Konsumen pada tanggal 14 Oktober 2022, dengan judul “Kartu...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Kartu Kredit Bukopin Sudah Lunas, Tapi Statusnya di BI Checking Dilaporkan Write Off

  • 14 Oktober 2022 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Walaupun uda lunas tunggakan..butuh waktu 2 sampai 5 tahun baru hilang historiny jejak kualitas kreditny..

    2
    4
  • 15 Oktober 2022 - (09:19 WIB)
    Permalink

    history ya bakal melekat, masalah bank mau ngasih atau enggak itu kebijakan bank yang mau kasih kpr

    tapi analis juga manusia, cuma bisa bekerja berdasarkan record

    coba dimaksimalkan dokumen pendapatanya atau naik DP nya buat meyakinkan Bank

    1
    4
    • 17 Oktober 2022 - (22:16 WIB)
      Permalink

      Harusnya dari sejak pelunasan pokok bunga dan denda dibayarkan maka status slik OJK Lunas bukan lunas write off dan kolektibilitas menjadi 1 kembali sejak pelaporan slik OJK pada bulan Januari 2020, jika demikian maka anda bisa menuntut bank tersebut ke meja hijau atau menuntut di bersihkan data anda sejak bulan lunas, memang bank akan menderita denda pada OJK karena mengkoreksi laporan yang salah pada slik anda tapi itu menjadi resiko bank.

  • 15 Oktober 2022 - (14:46 WIB)
    Permalink

    Itu nomor telpon bukopin card centre pasarminggu, coba ext ini pak 7020 atau 7025. Kalo ext sibuk, minta operator sambung ke contact person nya pak olin auty aruan kalo gak pak rizal julio supervisor dunning. Lebih cepet kelar kalo dateng langsung sih,

  • 16 Oktober 2022 - (12:18 WIB)
    Permalink

    Sudah berapa bulan sejak tunggakan dilunasi? Jika sudah 6 bulan harusnya sudah ada pemutihan skor kreditnya.

    Jika belum minta surat klarifikasi dari banknya perihal pelunasan kewajiban kreditnya trus serahkan ke OJK untuk pemutihan skornya.

    • 17 Oktober 2022 - (22:00 WIB)
      Permalink

      Ini yang sedang sy ajukan. Sudah lunas dari bulan januari 2020. Karena statusnya saat ini adalah write off

  • 17 Oktober 2022 - (12:37 WIB)
    Permalink

    walah saya turut prihatin pak, tpi coba aja langsung datang ke Bank KB Bukopin perihal hal tersebut pak, soalnya pengalaman dari kakak saya pakai kredit kb bukopin itu aman aman aja sih, bisa ambil kpr juga di bank lain, semoga masalahnya cepat selesai

  • 17 Oktober 2022 - (12:38 WIB)
    Permalink

    betul coba aja bawa suratnya aja ke Bank KB Bukopin, supaya bisa diproses secepatnya dan konfirmasi atas BI Checkingnya, semoga cepat selesai urusannya

  • 17 Oktober 2022 - (12:45 WIB)
    Permalink

    bener coba aja datang langsung saja pak, biar lebih jelas dan terarah, semoga BI Checking kembali normal lagi

  • 17 Oktober 2022 - (12:48 WIB)
    Permalink

    sepengalaman saya pake kartu kredit kb bukopin sih gk ada masalah, ambil kpr dimanapun bisa, bi checking aman, coba lngsng aja diskusi dengan pihak bank kb bukopin pak semoga cpet selasai ya

  • 17 Oktober 2022 - (13:23 WIB)
    Permalink

    Setau saya kalo sebelumnya ada masalah sama pembayaran tagihan misal pernah nunggak apa lagi sampe berbulan bulan tuh datanya bakal terekam di BI checking. Terus buat pemutihan butuh waktu kurang lebih 5 tahun meski sudah melakukan pelunasan, tapi mungkin bisa dicari jalan keluarnya dgn dateng langsung ke bank tempat buka kartu kredit sebelumnya. Semoga cepat selesai ya masalahnya.

  • 17 Oktober 2022 - (13:23 WIB)
    Permalink

    Klo pemutihan skor memang butuh waktu meski sudah melakukan pelunasan, baiknya sih dteng langsung ke banknya biar cepet beres.

  • 18 Oktober 2022 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Status write off itu sudah ada saat anda melakukan pelunasan. Bank melakukan write off pinjaman2 yang sudah macet untuk umur tunggakan tertentu, artinya pinjaman2 macet dari nasabah2 nakal itu dihapus buku dari neraca bank.
    Ada nasabah yang saat lunas pinjaman statusnya lancar. Sebagian lagi nasabah melakukan pelunasan pinjaman dalam status macet tapi belum write off, sebagian lainnya dengan status macet sudah write off.
    Semua kebijakan write off yang dilakukan perbankan sudah diatur OJK.

    Semua histori pinjaman (lancar, dalam perhatian khusus, macet, write off) di data SLIK OJK adalah nasabah sendiri yang “menciptakan”.
    Anda tidak dapat menghapus “sejarah” pinjaman yang anda sendiri ciptakan, kecuali sudah melewati catatan SLIK OJK yaitu > 2 tahun.

    • 21 Oktober 2022 - (23:32 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas perhatiannya, sayangnya analisa anda salah, karena status write off baru di update di SLIK di bulan Februari 2020, dimana 3 bulan setelah saya melakukan pelunasan.

  • 18 Oktober 2022 - (23:14 WIB)
    Permalink

    Biasanya Bank akan mengajukan status WO untuk pinjaman yang tidak ada pembayaran sama skali selama lebih dari setahun, jd mungkin ketika anda melakukan pelunasan pun status kredit anda sudah diajukan oleh bank sebagai kredit macet (WO) apalagi ini sdh kol 5 dalam artian sudah masuk blacklist BI biasanya butjh waktu 2 – 5 tahun agar namanya bersih kembali

  • 7 Mei 2023 - (14:02 WIB)
    Permalink

    klo status BI checking col 5 tapi dr history kartu kredit tdk ada tunggakan dan denda alias ”nol” itu kenapa yaa… kartu kredit sy awalnya jarang dpki tiap bulan hy tagihan materai saja 6rb lalu sy ajukan penutupan dan sdh berjalan bbrp bulan tdk ada lg tagihan ke sy.. penutupan juli 2019 tp saat ini d BI checking kok statusnya spt itu ya (col 5, denda-tunggakan nol)

 Apa Komentar Anda mengenai Bank KB Bukopin?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Kartu Kredit Bukopin Sudah Lunas, Tapi Statusnya di BI Checking Dilapo…

oleh budi santoso68 dibaca dalam: 1 menit
17