Ditagih Terus oleh Debt Collector Atas Hutang Orang Lain

Terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah memuat keluhan saya. Sudah 2 bulan ini saya dihubungi oleh DC Akulaku, mereka menagih tagihan atas nama Sutinah. Awalnya saya selalu merespons, baik telepon maupun chat WA.

Kata mereka nomor hp saya dijadikan kontak darurat oleh Ibu Sutinah. Saya tidak pernah dihubungi oleh pihak Akulaku maupun Ibu Sutinah di awal, apakah saya setuju atau tidak jadi kontak darurat. Saya memang mengenal beliau, dulu saat saya masih aktif di Jakarta, kebetulan memang tetangga saya.

Namun sekarang saya sudah ada di kampung halaman, jadi saya sudah tidak ada kontak dengan beliau lagi. Saya minta kepada pihak Akulaku untuk memblokir nomor hp saya dari kontak darurat Ibu Sutinah. Saya sudah capek tiap hari ada saja yang menghubungi saya untuk menagih beliau.

Kodiron
Banyumas, Jawa Tengah


Update (24 Oktober 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Akulaku sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:431    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

25 komentar untuk “Ditagih Terus oleh Debt Collector Atas Hutang Orang Lain

    • 23 Oktober 2022 - (09:00 WIB)
      Permalink

      Buat semua, jangan pernah respon DC kalau memang itu bukan tanggungan kita. Sekali di respon kita akan di teror terus, pernah ngalamin soalnya.
      Mereka semua itu orang Goblok gak mau ngerti penjelasan kita, kita sudah ngomong baik2 malah di kata2in, bukan kita yang utang kita yang dikejar2, memang Anjing Goblok mereka itu.

      131
      1
      • 23 Oktober 2022 - (17:55 WIB)
        Permalink

        Betul skali kak mas… dc2 bgtu mah sama aja ****** mw dr pinjol atwpun dc krtukredit mw bank apapun jga terutama DBS tuuh…. udh salah sambung k nmr kita nyari org tidak dikenal.. tetep ngotot ngeyel… kan jengkel jdinya.. pernah kumaki2 . Masih aja bbrpa kali telp… Capek dweeh… heheee

        18
  • 22 Oktober 2022 - (21:03 WIB)
    Permalink

    Kesalahan besar Akulaku, atau pinjol legal lainnya.
    Tidak pernah verifikasi nomor kontak darurat!.

    Nah sekarang ada yg declare, resiko harus ditanggung semua karyawan Akulaku yang terlibat bagian pendaftaran pengguna pada aplikasi tsb.

    34
    1
    • 23 Oktober 2022 - (23:58 WIB)
      Permalink

      Itu bukan soalnya nomor penjamin. Mereka menagih secara random karena sekali seseorang mengaktifkan pinjol data kontak di handphone akan tersedot. Dan data itu mereka gunakan sebagai data penjamin.
      Jangan pernah menjawab nomor tak dikenal baik di panggilan langsung maupun chat wa, sekali diladeni maka mereka akan kejar terus

  • 23 Oktober 2022 - (09:17 WIB)
    Permalink

    Pinjol ceroboh, makanya sblm acc di konfirmasi dulu kontak daruratnya jgn asal acc aja, klo ga konfirmasi kontak siapa aja bs dijadiin kontak darurat dong, cm gegara kenal doang, hadeuh bodoh bener

    19
    • 23 Oktober 2022 - (18:26 WIB)
      Permalink

      Biasanya di hp ada pengaturan blokir no yang tidak dikenal aktifkan saja jadi yg bisa menghubungi hanya no yg ada dikontak telepon saja yang tidak ada dikontak tidak bisa menghubungi sms dari no yg tidak dikenal juga bisa di blokir

      11
      • 24 Oktober 2022 - (11:09 WIB)
        Permalink

        Masalahnya kalau kita menang undian gimana??? Hadiah bisa hangus karena nomer tidak bisa dihubungi. Kemarin saya pernah dapat hadiah dan yg menghubungi saya pake nomer Umum.

        1
        2
        • 24 Oktober 2022 - (11:16 WIB)
          Permalink

          Pake aplikasi truecaller, yng ditandai spam langsung ke blokir, murah cuma 100rban pertahun, saya pake no hp kartuhalo bekas pengutang yng kabur , aman ke block smua , yang aman lagi no hp cuma buat gayaan Krena 10digit, jangan dijadiin no hp utama

  • 23 Oktober 2022 - (09:52 WIB)
    Permalink

    diabaikan saja mbak klo mmg tidak bersalah langsung blokir saja. skrg ini ada modus yang mau menekan seakan kita berutang atau memakai nama org lain bahwa mereka menggunakan a kita sng kontak darurat. padahal bisa jadi gak benar. krn sy baru saja mengalami data sy dikirim ke bbrp teman dan lucunya setiap tan itu diberi tahu bhw saya menggunakan mereka sbg kontak darurat jelas sgt merusak nama baik saya karena saya tidak pernah berhutang maka saya laporkan kepolisi dan memblok semua yang masuk. syukurlah selesai setelah saya mendapat surat bukti pelaporan. sebaiknya hati hati mbak dn jgn di respon sekali mbak merespon blg apapun malah terus aja mepressur atau teror jdi abaikan dn blokit klo mmg tdk merasa berutang ok salam damai dn sukses selalu ya

    17
  • 23 Oktober 2022 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Ada yg bilang kontak darurat hanyalah alasan dari DC. Sebenarnya DC akan menghubungi semua kontak yg ada di Hp si Peminjam dg alasan nomernya di jadikan nomer Darurat.
    Sebenarnya bisa nggak sih para DC ini di tuntut secara hukum karena menggangu kenyamanan orang lain???

    28
    2
    • 23 Oktober 2022 - (12:41 WIB)
      Permalink

      Iyap betul , semua nomor hp kadang dihubungi , bukan alasan kondar tapi ada beberapa yg alasannya sebagai penjamin , kalau dicuekin, mereka spam dengan bnyak nmr.,
      Kalau dibales., anda yg membalas yg akan mendapat tekanan.,.

      11
    • 23 Oktober 2022 - (15:03 WIB)
      Permalink

      Bisa pak, selama tidak ada bukti pihak kreditor melakukan konfirmasi kepada emergency contact. Dan Anda merasa terganggu.. karena itu sudah ada pasalnya UU ITE. (Bisa search google : self help pinjol, cari versi PDF LBH). Semakin banyak yang lapor semakin bagus.. untuk kedepannya agar kreditur juga berbenah dan menjalankan KYC sesuai aturan OJK

  • 23 Oktober 2022 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Sma sya jg bgtu mba, , di telponin smpai ada 50 an kali. . Sampe pusing sekali direspon malah jd di telponin trus, pdahal bkn sya yg punya utang. . Klo sya DC home credit. . No sya di jadiin no darurat pdahal sya gak tau apa2. . Bangke emang bikin resah org mao ngpa2in. . Akhir nya sya blok semua. . Biar dia pegel nelponin nya 🤣🤣🤣

  • 23 Oktober 2022 - (15:15 WIB)
    Permalink

    Langkah saat mendapatkan pesan WA macam itu.
    Dibaca dulu, saat merasa tidak pernah memakai pinjol atau apapun itu biarkan saja. Tapi kalau terasa mengganggu, chatnya masukkan ke fitur archive chat di wa-nya aj. Nanti, ga bakal menerima pesan atau panggilan dari nomor tersebut.

    Itu menurutku, kalo salah silahkan koreksi.

    7
    2
  • 23 Oktober 2022 - (16:47 WIB)
    Permalink

    Kalau bukan urusan kita baiknya di abaikan atau blok saja. Tdk usah direspon. Karena DC begitu akan menagih ke semua nomor kontak hp bkn cm 1 atau 2 kontak dg alasan dojadikan kontak darurat pdhal blm tentu benar.
    Paling bener di blok ga ush direspon.

    • 24 Oktober 2022 - (00:10 WIB)
      Permalink

      Itulah susah nya, WA. kita tidak ada privasinya. Kalau bbm dulu kita saling konfirmasi pin satu sama lain.Jadi yang nggak di konfirm ya nggak bisa dichat/ditelp

      • 24 Oktober 2022 - (09:50 WIB)
        Permalink

        Nah ini..masa marketplace sebesar akulaku kok bgtu caranya?mestinya pihak akulaku,sblm meloloskan pinjaman,no.kontak daruratnya jg dihubungi lah.jd g kaget kl tiba2 ditagih!

  • 24 Oktober 2022 - (08:09 WIB)
    Permalink

    Selama itu bukan hutang kita maka solusinya sebenernya hanya 1… Abaikan.. mereka ini percuma kok diajak bicara, buang waktu dan tenaga. Lebih baik lgs abaikan saja. Klo berani nagih hutang yg bukan hutang kita.. lgs telp polsek aja.. gangguan keamanan dan ketertiban. Beres…

  • 24 Oktober 2022 - (13:37 WIB)
    Permalink

    abaikan saja,mereka itu hewan yg bakalan ngerti diberi penjelasan,tinggal blokir2 aja semua nomor yg masuk

  • 25 Oktober 2022 - (07:15 WIB)
    Permalink

    Mas/mbak, mohon ijin saya hanya sekedar komentar saja silahkan mau diterima atau tidak. Kalau anda tidak terima dengan penagihan jgn di respons atau chat diarsipkan saja. Dan semisal anda tidak terima dan melapor ke bu sutinah supaya segera bayarkan hutangnya sama dengan anda menjadi debt colector dadakan yang dibayar cuman modal dengkul aja. Kalau anda lapor polisi juga hal percuma karena ranah hutangbtermasuk perdata. Menurut saya selama anda tidak didatangi oleh debt colector ke rumah ya sudah anda diam saja dan sudah menjadi urusan debitur sendiri.. Jangan terlalu fokus sama handphone coba kita lebih banyak bersosialisasi dengan orang sekitar yang baik.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Ditagih Terus oleh Debt Collector Atas Hutang Orang Lain

oleh kodiron dibaca dalam: 1 menit
25