Masih Disuruh Bayar Cicilan Padahal Pesanan Sudah Dibatalkan Traveloka Paylater

Pada tanggal 22 Oktober 2022, saya menerima tawaran dari aplikasi Traveloka berupa promo hotel hingga 70%. Tentu saja saya tertarik, kemudian saya mencoba memesan hotel dengan promo tersebut menggunakan limit Paylater yg memang diberikan oleh Traveloka. Dan benar saja, harga hotelnya jauh lebih murah daripada biasanya.

Ketika saya sudah berhasil memesan hotel yg saya inginkan (kamar standar belum termasuk sarapan) ternyata harganya berubah lagi menjadi lebih murah daripada yang saya pesan sebelumnya, kali ini sudah termasuk sarapan dan kamarnya juga jauh lebih bagus. Otomatis saya berubah pikiran lagi dan saya langsung membatalkan pesanan saya yang sebelumnya.

  • Ini nomor pesanan terakhir saya: 868396151
  • Maison Teras Kita Bandung

Tapi tidak disangka, saya terkejut melihat limit Paylater saya tidak kembali 100%, padahal di ketentuan refund dinyatakan dana akan kembali 100%. Lucunya lagi, saya diwajibkan membayar biaya cicilan atas pesanan yang sudah saya batalkan dan pembatalan ini pun sudah disetujui oleh pihak Traveloka.

Saya sudah coba menghubungi pihak Traveloka melalui Instagram dan menyampaikan keluhan saya, sayangnya respon dari mereka samasekali tidak membantu saya, saya pikir kalau sudah berhasil dibatalkan, limit saya akan kembali dan tidak ada tagihan sama sekali. Tapi kata mereka, proses refund tidak akan membatalkan cicilan, karena untuk pembayaran Paylater akan dikenakan biaya cicilan.

Memang betul pembayaran dengan Paylater akan dikenakan biaya cicilan, tapi jika pesanan yang saya bayar pakai Paylater tersebut sudah dibatalkan dan disetujui pembatalannya, apakah wajar saya masih dikenakan biaya cicilan? Dan kenapa ada tulisan pembatalan gratis di aplikasi tapi saya masih dikenakan biaya cicilan setelah saya batalkan?

Dan mereka bilang biaya cicilan tersebut wajib saya bayar. Kewajiban saya hanya membayar yang saya pesan aja, yang sudah saya batalkan dan disetujui pembatalannya tidak wajib saya bayar. Kecuali ada biaya tambahan dari pihak hotelnya. tapi ini kan tidak ada.

Ketika saya bilang saya tidak sanggup membayar cicilan yang mereka bebankan dan berharap solusi, mereka hanya merespon dengan template saja, seolah tidak serius menanggapi masalah saya.

Saya kecewa sekali dengan Traveloka. Ini terakhir kali saya menggunakan Traveloka. Saya harap traveloka bisa lebih mengevaluasi karena yang namanya pesan online pasti dihadapi dengan berbagai situasi.

Uly Syafitri Nasution
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:21    Rata-Rata: 2.2/5]
Surat Tanggapan Traveloka untuk Bapak/Ibu Uly Syafitri

Kepada Yth., Bapak/Ibu Uly Syafitri Nasution, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak/Ibu Uly Syafitri...
Baca Selengkapnya

25 komentar untuk “Masih Disuruh Bayar Cicilan Padahal Pesanan Sudah Dibatalkan Traveloka Paylater

  • 22 Oktober 2022 - (20:10 WIB)
    Permalink

    Sudah baca syarat ketentuan traveloka paylater? Disana sudah tertulis meski batal tetap kena biaya cicilan, lain kali sebelum pakai dibaca dulu ketentuannya.

    https://www.traveloka.com/id-id/help/travelokapay-product/paylater/refund-reschedule/will-i-be-able-to-refund-my-flight-if-i-pay-it-with-paylater
    Saya kutip sebagian “Mohon diingat bahwa Anda tetap harus membayar biaya-biaya lainnya, seperti biaya cicilan dan biaya keterlambatan (jika ada). “

    16
    • 22 Oktober 2022 - (21:31 WIB)
      Permalink

      Ya kalau udah tahu kelemahan produk jasa akan ada pembatalan sebaiknya jangan paylater. Karena kalau kita yang batalin tidak mengembalikan limit kredit tapi uang pembatalan dijadikan pembayaran. admin dan cicilan jalan terusss…

      Jadi sebaiknya beli produk jasa jangan pake paylater udah pasti rugi. Coba alihkan ke paylater card, lebih fair itung2an batalanya daripada paylater biasa.

      Hindari pake paylater kalau ada rencana batal2, pakelah kartu debit, kredit, atau transfer. tanpa cicilan.

      Kalau udah yakin ga akan batal bisa konversi cicilan kartu kredit sebelum 7 hari cetak tagihan, bank permata atau bri bisa 0% setelah transaksi,

      Paylater? Gak bisa diginiin

      • 31 Oktober 2022 - (03:14 WIB)
        Permalink

        Bisa kok, Shopeepaylater bisa dibatalkan dan limit kembali full. Tidak ada biaya ini itu yang harus dibayar.
        Dan terkait artikel ini, Bunga saya sudah berhasil dihapuskan oleh pihak Traveloka dan sudah tidak ada tagihan.

    • 31 Oktober 2022 - (03:05 WIB)
      Permalink

      Terimkasih atas koment dan sarannya, tapi Bunga saya sudah berhasil dihapuskan oleh Pihak Traveloka dan sudah tidak ada tagihan.

    • 31 Oktober 2022 - (03:12 WIB)
      Permalink

      Hallo…
      Terimakasih atas koment dan sarannya.
      Tapi bunga saya sudah berhasil dihapuskan oleh pihak Traveloka dan sudah tidak ada tagihan.

  • 22 Oktober 2022 - (20:56 WIB)
    Permalink

    Anda kena trik traveloka!

    Cara marketingnya paylater emang bgt .

    Si A dpt promo, si B dpt promo.
    Si A checkout order hrg 1jt, si B nunggu.
    Setelah bbrp menit harga turun jd 500rb, si B checkout. Begitu juga seterusnya.
    Si A cancel, tp krn paylater ga bisa. Tetep hrs bayar segitu.

    Coba anda bayar pake cash debit. Pasti hrgnya lebih mahal.

    • 22 Oktober 2022 - (21:21 WIB)
      Permalink

      Perhitungan Paylater Traveloka tidak seperti itu Ferguso.

      Makanya saya ga pake Traveloka lagi, yang sebelah lebih menggoda.

  • 22 Oktober 2022 - (22:18 WIB)
    Permalink

    – sebaiknya pahami dulu fitur dan S&K produk/layanan sebelum memutuskan memakai
    – setelah transaksi paylater dilakukan, anda terikat dengan S&K perjanjian pihak penyedia jasa paylater.
    – jangan gampang berubah pikiran setelah keputusan diambil. Kalau ada harga lebih murah, angggap saja itu bukan rejeki anda.
    – yakin gak akan pernah pakai traveloka lagi? Banyak keuntungan & promo2 lho, yang bisa mengubah pikiran seseorang 😉

    • 24 Oktober 2022 - (02:38 WIB)
      Permalink

      Kan masih ada tiket.com, jangan fanatik sekali sama sesuatu, saya pakai kedua duanya

  • 23 Oktober 2022 - (10:04 WIB)
    Permalink

    Promo paylater memang besar dan sangat menggiurkan.
    Tapi ingat ada printilan tertentu dalam kontraknya, kalau dihitung ulang akhirnya gak jauh beda dengan yang lain.
    Jangan tertipu dengan promo besar kalau kalian malas baca T&C nya…

  • 23 Oktober 2022 - (10:56 WIB)
    Permalink

    Akibat terlalu serakah liat harga yg lebih murah, mau untung malah buntung, udah ga hatu2 baca S&K malah dia marah2 ga jelas🤪🤪

    • 23 Oktober 2022 - (11:52 WIB)
      Permalink

      Membatalkan pesanan karena dapat harga yang lebih murah serta fasilitas yang lebih baik dari sebelumnya saya rasa wajar ya.
      Kalau dibilang Buntung sih enggak, karena pihak Traveloka saat ini sedang memproses penghapusan cicilan saya. Doain lancar ya

      1
      2
    • 23 Oktober 2022 - (11:59 WIB)
      Permalink

      Membatalkan pesanan karena dapat harga yang lebih murah serta fasilitas yang lebih baik saya rasa wajar ya.
      Kalau dibilang Buntung enggak juga, karena saat ini Pihak Traveloka Paylater sedang memproses penghapusan cicilan saya.
      Dan perlu di ingat, saya tidak marah-marah, saya hanya berbagi pengalaman saja, dan untung di saya karena setelah saya berbagi pengalaman disini, pihak Traveloka mau membantu proses penghapusan cicilan saya, padahal awalnya tidak bisa. Doain lancar ya hehehe

      1
      2
    • 31 Oktober 2022 - (03:16 WIB)
      Permalink

      Dan Alhamdulillah, bunga saya sudah berhasil dihapuskan oleh pihak traveloka dan sudah tidam ada tagihan.

  • 23 Oktober 2022 - (15:02 WIB)
    Permalink

    Resiko pakai paylater seperti itu.
    Karena Paylater itu sama dengan pinjol yang kerjasama dengan pihak penyedia layanan.

  • 23 Oktober 2022 - (21:57 WIB)
    Permalink

    kalo gk paham dg S&K paylater mending jangan make. bikin malu aja, giliran ada problem nyalahin si pemberi pinjaman padahal situ yg salah MALES BACAAAA.

    tp gpp sih emang kebiasaan org Indonesia malas baca sudah mendarah daging. contohnya anda

    • 31 Oktober 2022 - (03:07 WIB)
      Permalink

      Hallo…
      Terimakasih atas koment dan sarannya. Tapi bunga saya sudah berhasil dihapuskan oleh Pihak Traveloka dan sudah tidak ada tagihan.

  • 24 Oktober 2022 - (03:37 WIB)
    Permalink

    Indonesia Darurat Membaca

    Anda bayar dulu cicilannya, nanti refundnya dikirim ke rekening anda.

    Silahkan di baca di paling bawah: https://www.traveloka.com/id-id/help/travelokapay-product/paylater/refund-reschedule/will-i-be-able-to-refund-my-flight-if-i-pay-it-with-paylater

    Jika Anda telah membayar penuh cicilan PayLater Anda, jumlah refund akan ditransfer ke rekening bank Anda.

    Sebelum memproses dana refund ke rekening bank Anda, kami akan mengirim email untuk meminta info rekening Anda. Silakan membalas email tersebut dengan info yang diperlukan.

    • 31 Oktober 2022 - (03:17 WIB)
      Permalink

      Hallo, terimakasih atas koment dan sarannya. Tapi bunga saya sudah berhasil dihapuskan oleh pihak Traveloka dan sudah tidak ada tagihan.

    • 31 Oktober 2022 - (03:09 WIB)
      Permalink

      Lawaknya saya bermanfaat Pak. Bunga saya sudah berhasil dihapuskan oleh pihak Traveloka dan sudah tidak ada tagihan.

  • 30 Oktober 2022 - (17:44 WIB)
    Permalink

    Kalau cuma sarapan belum tentu enak. Paling cuma di kasih nasi dos…apalagi klw cuma hotel sekelas oyo…

    • 31 Oktober 2022 - (03:02 WIB)
      Permalink

      Wkwkwkwk Apakah Maison Teras Kita Bandung sekelas Oyo? Baca baik baik artikelnya sebelum koment. Dan mohon maaf ya, bunga saya sudah dihapuskan oleh pihak Traveloka dan sudah tidak ada tagihan.

 Apa Komentar Anda?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Masih Disuruh Bayar Cicilan Padahal Pesanan Sudah Dibatalkan Traveloka…

oleh Uly dibaca dalam: 1 menit
25