Pengemudi Maxim Sengaja Berlama-lama untuk Menaikkan Tarif Tunggu

Pada tanggal 25 Oktober 2022 sekitar pukul 13.00, saya menggunakan jasa taksi online Maxim dari IGD RSUP Kariadi ke rumah di daerah Jatingaleh. Order saya dipenuhi oleh DJ, dengan kendaraan Suzuki Ertiga Nopol B2***S*P. Biaya order awal sebenarnya Rp27.800, tapi karena hujan, saya menggunakan fitur peningkatan biaya awal menjadi Rp29.800.

Pada layar peta terlihat pergerakan pengemudi sejak ybs mengambil order tersebut. Yang aneh adalah ketika posisi Sdr. DJ sudah berada di dalam lingkungan RS dan notifikasi di ponsel saya sudah berbunyi (menandakan ybs sudah tiba), tapi ybs belum muncul hingga lebih dari 15 menit. Padahal waktu tunggu gratis hanya 4 menit.

Saat saya bertanya lewat chat di mana posisinya, ybs menjawab “Bentar ya”. Saya pikir ybs tersesat, tapi posisinya sudah ada di titik jemput (IGD RSUP Dr Kariadi). Saya tidak punya prasangka apa pun ketika ybs akhirnya muncul setelah sekitar 20 menit saya menunggu.

Saat tiba di rumah, ternyata biaya yang harus saya bayar menjadi Rp41.500, sepuluh ribu lebih mahal daripada biaya awal. Ditambah biaya parkir Rp3.500, total yang harus saya bayar menjadi Rp44.500. Mulanya saya merasa biasa karena saya pikir ini disebabkan biaya tunggu yang lebih lama.

Setelah saya pikir-pikir dan menimbang fakta yang ada, saya curiga bahwa ybs sengaja berputar di titik penjemputan dan menunggu customer memencet “Oke” (tombol kuning) untuk memulai waktu tunggu (yang hanya gratis untuk 4 menit). Sesudah waktu tunggu gratis terlewati dan waktu tunggu berbayar dimulai dan dirasa cukup (untuk mendulang keuntungan), barulah ybs muncul. Alasan ybs bukanlah waktu tunggu berbayar yang membuat tarif naik, tapi kesalahan server.

Beberapa bulan sebelumnya, saya pernah mengalami hal yang serupa dengan pengemudi Maxim yang lain, tapi waktu itu saya belum memperhatikan keanehan itu hingga sekarang. Jadi saya menghimbau Maxim untuk membuat kisi-kisi dalam aplikasinya yang memperkecil peluang bagi para mitra untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang licik.

Debora Julia Ester
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Maxim Indonesia Perihal Laporan Konsumen Ibu Debora

Kepada Yth. Media Konsumen dan Ibu Debora Julia Ester di Tempat. Sehubungan dengan keluhan konsumen atas nama Debora Julia Ester...
Baca Selengkapnya

102 komentar untuk “Pengemudi Maxim Sengaja Berlama-lama untuk Menaikkan Tarif Tunggu

  • 29 Oktober 2022 - (08:37 WIB)
    Permalink

    Pernah saya ± 4 tahun jadi driver taksi online Uber, Gocar dan Grab, seru juga sih, perilaku penumpang berbeda beda ke driver, tp perilaku saya tetap sama ke semua penumpang.
    Sekarang saya jadi penumpang taksi online, perilaku driver berbeda beda ke saya, tp perilaku saya tetap sama ke semua driver.
    Untuk aplikasi driver maupun penumpang pasti ada fitur kritik dan saran …
    Sebaiknya gunakan fitur tsb

    • 29 Oktober 2022 - (10:02 WIB)
      Permalink

      saya sering melihat orang naik ojol tapi berhenti dulu belanja,abangnya kadang nungguin dimotor kepanasan,kadang lama,saya melihatnya jadi emosi sendiri,itu yg mesen manusia apa binatang kok kayak nggak ada otak gitu

  • 29 Oktober 2022 - (11:20 WIB)
    Permalink

    Aku jg gitu waktu di KL malaysia ada fitur yg sama ketika order diawal dari KL ke airport KLIA tarif RM65 tapi sebelum driver sampe muncul notif ada biaya limit waktu tunggu padahal drivernya aja blom tiba.. selang 25 menit driver tiba.. tarif blom berubah lalu jalan ke tujuan tapi ketika sampai di airport tarif berubah jadi RM 115. Untungnya driver bilang sesuai dg tarif awal.. ketemu driver yg baik klo tidak pasti akan sama dg kisah mba.. begitulah pengalamanku disana.

  • 29 Oktober 2022 - (16:33 WIB)
    Permalink

    Kalo memang lama cancel aja Bu cari driver baru,Anda berhak mendapat pelayanan yg bagus

  • 30 Oktober 2022 - (11:04 WIB)
    Permalink

    Aplikasi ojol maxim ini versinya versi jaman purba, sangat banyak yang dibenahi, peta aja gak update, sebagai pelanggan, apabila menemukan kejanggalan segera hentikan layanan aplikasi

  • 2 November 2022 - (09:25 WIB)
    Permalink

    dilapangan sering terjadi ketika driver sudah sampai kadang2 costumer masih leha2 dirumahnya atau dititik jemputnya,terkadang salah ngasih titik lantas haruskah drivernya disalahkan menghidupakan waktu tunggu karena waktu tunggu itu digunakan utk itu,mengenai hal ini sudah sewajarnya aplikator membuat fitur waktu tunggu agar costumer tidak semena2 dg waktu,karena bagi driver waktu itu penting.. lagian ketika driver sengaja utk membuat costumer menunggu lebih lama maka meningkatkan jumlah saldo mereka akan dipotong lebih banyak jadi mereka rugi juga dong.. ini kasus karena sicostumernya aja pelit,17ribu aja dibikin seluruh indonesia jadi tau kan gila.. kita hidup berfikiran positif aja mngkin saja sidriver punya kendala berkaitan jaringan,sistem dan maps belum bisa bekerja maximal disini.. klo dipikir2 ongkos ojol tu gak masuk diakal gak sesuai dg nominal angka yg dibutuhkan oleh driver ojol,ongkosnya terlalu murah gak sesuai harga tenaga,bbm dan layanan yg telah diberikan ke costumer.. kadng dlm sehari tu cukup buat beli makan,bbm,rokok,dan saldo aja,lantas utk makan anak istri mereka dari mana?? menurutku ini gak adil bgt…

    • 2 November 2022 - (13:31 WIB)
      Permalink

      Benar sekali mas kadang kastamer ngak mau tau, bayar murah, kadang jarak ngk sesuai titik, muter jauh, kastamer nunggu di telpon baru balas, pelit chat, pelit pulsa, dan uang kadang 200 -500 rupiah ditagih, belum lagi diajak muter2 nyari ATM, bayangin aja maxim kadang jarak jemput 3,5 km belum pengantaran 6 km total 9,5 km saya cuman dibayar 7500, klau aplikator Lain Gojek – grab kastamer bayar 23-25 ribu, driver dapat 18-19 ribu.

  • 2 November 2022 - (14:16 WIB)
    Permalink

    Saya driver Maxim,dan saya bangga ketika berbincang dgn Pelanggan, mereka banyak yg beralasan sangat terbantu dgn adanya Maxim yg tarifnya ekonomis.
    Kalangan Pelajar, Karyawan, yg rutin memakai Maxim utk keperluan transportasi mereka semua merasa sangat terbantu oleh Maxim.
    Sejujurnya malah menurut saya fitur di Maxim sangat bagus karena banyak fitur yg tidak di miliki oleh aplikasi lain, tujuannya utk kebaikan driver dan pelanggan.

    Maxim itu canggih loh…

    Bisa merubah rute ketika pelanggan tiba² ingin merubah tujuannya, bahkan untuk ke beberapa tempat tujuanpun bisa. Tarif akan mengikuti sesuai perubahan tersebut dan tetap dlm hitungan ekonomis menurut saya.

    Pelanggan memang ‘raja’, tetapi ingat driver juga manusia yg tengah mencari rezeki dgn melayani pelanggannya. Oleh karena itu, utk dear pelanggan, mohon jangan memerintahkan utk cepat atau buru² sedangkan pelanggan sendiri yg kesiangan. Kasihan driver, pelanggan yg salah (kesiangan) tp driver juga kena imbas dr kesalahan pribadi anda. Demi keselamatan semuanya.

    Buat anda semua para pengguna aplikasi transportasi online, mohon bijaksana. Karena bagaimanapun juga, driver adalah manusia biasa, dan anda tidak akan pernah tahu bagaimana SULITNYA mencari nafkah dari menjadi driver ojol…

    Saya yakin Maxim bisa lebih unggul dari para kompetitornya dgn fitur yg ada didalamnya. Bertujuan sama² demi kebaikan driver dan pelanggannya.
    Semua aplikasi pasti ada oknumnya, jd jgn salahkan semua, jika hanya oknum yg berbuat salah.

    Untuk para kalian yg ‘merendahkan’ atau ‘semena-mena’ terhadap seorang driver transportasi online, jangan sombong atau menilai rendah, jika anda sendiri belum pernah menjalankan dan merasakan di posisi seorang driver transportasi online…

    Dear Pelanggan, kalau anda memang merasa anda itu benar, kaya, hebat, keren, silahkan anda membeli kendaraan pribadi saja, dan gunakan sendiri.

  • 3 November 2022 - (06:55 WIB)
    Permalink

    Pernah Download aplikasi Maxim tapi belom pernah saya gunakan karena cari titik Maps yg sesuai masih tempat tertentu saja drpd nanti bikin kesalah pahaman antara driver dengan customer akhirnya saya delete app nya dan masih tetap menggunakan duo ijo. Setelah saya baca2 komentar&pernyataan disini tentang biaya tarif menunggu klo dipikir2 harganya sama dong sama Ojol duo ijo selisih paling sedikit ? Semoga pihak Maxim bisa memperbaiki sistemnya juga biar tidak terjadi kesalahan pahaman antara driver dengan customer karena kadang jaringan di hape juga berpengaruh pada Maps ketika dipantau drivernya Masih jauh dari titik penjemputan nah klo tiba2 si customer kebelet BAK sebentar jadi customer masuk lagi padahal drivernya sudah dekat di lokasi ini kan jadi salah paham karena sepengalaman saya Tim memantau maps dan menunggu driver kadang suka ngaco maps nya tiba2 gambar driver nya stuck di tempat pertengahan titik penjemputan/pengantaran dan ternyataa drivernya sudah sampai saya pun kaget terus Tanya driver nya Kok cepet Pak/Bu di Maps saya Masih stuck drivernya bilang iyaa mbak memang suka error juga untung mbaknya sudah siap di titik penjemputan/pengantaran.

  • 3 November 2022 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Ketemukan dulu kedua belah pihak antara cs sama driver….apa kendalanya
    Habis itu buat keputusan…jangan lgsg main blokir sj…kalo drivernya yg salah gpp tp kalo miskom…bagaimana nantinya kalo pihak driver gk salah apa ada penggantian pendapatan….gak canggih blasss

 Apa Komentar Anda mengenai Maxim?

Ada 102 komentar sampai saat ini..

Pengemudi Maxim Sengaja Berlama-lama untuk Menaikkan Tarif Tunggu

oleh Jenny dibaca dalam: 1 menit
102