Lion Air Seenaknya Menggeser Jadwal Penerbangan Penumpang

Saya membeli tiket Lion Air pada tanggal 20 Oktober 2022, jurusan Surabaya – Makassar untuk keberangkatan hari Senin 31 Oktober 22 pukul 05.00. Kode booking: FWDOKT.

Namun yang menjadi kebiasaan Lion Air selama ini adalah, dengan seenaknya memindahkan waktu keberangkatan penumpang, menjadi JT708 pukul 06.00 WIB. Padahal flight yang seharusnya saya pilih beroperasi dengan normal (JT786).

Selama ini apabila ada perubahan di hari kerja, masih bisa saya datangi kantor fisik Lion Air untuk memindahkan kembali jadwal penerbangan ke waktu yang saya inginkan. Namun perpindahan yang terakhir adalah hari Minggu sore pukul 16.48, alias hari libur. Yang mana kantor Lion Air tutup dan layanan call center tidak pernah bisa di hubungi.

Komplain di CS bandara pun mereka hanya bisa mangut-mangut saja dan mengatakan bahwa pusat yang melakukan perubahan. Apakah saya menjadi korban penjualan tiket kepada orang-orang penting atau Lion Air menjual tiket melebihi kapasitas pesawat?

Masukan untuk Lion Air, apabila penerbangan yang sudah dibeli oleh customer beroperasi normal, jangan seenaknya diubah. Karena ada alasan tertentu penumpang memilih jam penerbangan tersebut. Semoga ke depannya hal ini tidak dilakukan lagi oleh Lion Air .

Yohanes Haryadi
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lion Air:
[Total:295    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

27 komentar untuk “Lion Air Seenaknya Menggeser Jadwal Penerbangan Penumpang

  • 2 November 2022 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Maklumlah maskapai wong cilik tapi tak berpihak pada wong cilik. Penerbangan JT786 yang lebih populer dan tak ada kendala malah disingkirkan, ngotot penerbangan JT708 yang harus dipilih. Keputusan pusat mutlak, wong cilik bisa apa. 👹

    Di ambil pelajaran saja pak, kalau booking penerbangan di hari libur akan ada resiko seperti ini. Mungkin harus ada alternatif maskapai lain untuk antisipasi perubahan jadwal sepihak macam begini.

    4
    3
    • 3 November 2022 - (05:42 WIB)
      Permalink

      Masalahnya saya sdh booking tiket ini dr tgl 20 okt unt keberangkatan 31 okt dan jadwal yg paling pas ya jadwal jqm 5 pagi ini untuk tipe seperti saya yg harus mengejar jam kantor

      • 3 November 2022 - (15:14 WIB)
        Permalink

        Giliran ari lasso..esekutifnya minta maaf lewat media kmren jdwlny batik airnya juga dipindahi…. Padahal mereka 1 menejenem ya ma lion air

    • 3 November 2022 - (15:21 WIB)
      Permalink

      Aku Duluth juga gitu penerbangan pukul 3.45 trus di was jadwal ganti jam 2 … karna gak cek was sk dtg jm 3 n pas check in di bering tahu Kalo pesawat sudah berangkat tapi yg jd tanda Tanya bagasi Saya udah di angkut di pesawat yg Sama.kalo pesawat udah berangkat jm 2 gimana bisa bagasi Saya yg dtg AK bareng AK bisa berangkat?kecewa bgt mama AK Kemarin 3 orang lagi

    • 4 November 2022 - (07:09 WIB)
      Permalink

      Pengalaman saya dari Merauke -Makassar konek ke Jogja dg LION dioper kayak omprengan, penerbangan ada tp pesawat dipakai rute lain lalu oper ke sorong, di hari Sabtu dan CS nya gak responsif.
      Ya seharusnya sdh waktunya LION membenahi perencanaan kerja yg baik

  • 2 November 2022 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Pak. Itu hanya punya bapak saja atau serentak dengan penumpang yg lain yg dpt pergeseran penerbangan?

  • 2 November 2022 - (15:56 WIB)
    Permalink

    biasanya sih krn ada yg berani beli mahal tiket yg sebelumnya, maka penumpang dipilih secara acak utk pindah jadwal. Nah bapak seperti dpt lucky draw, jackpot!! sabar2in aja deh

    • 2 November 2022 - (22:01 WIB)
      Permalink

      JT786 keberangkatan pk 05.00 adalah penerbangan rute Surabaya-Ambon dengan transit di Makassar sekitar 35 menit tanpa ganti pesawat.
      Sedangkan JT708 keberangkatan pk 06.00 adalah penerbangan langsung rute Surabaya-Makassar.

      Mungkin pengalihan penumpang JT786 dengan tujuan akhir Makassar ke JT708 karena pertimbangan waktu transit JT786 yang singkat untuk menghindari terjadinya delay yang disebabkan : proses unloading bagasi penumpang tujuan Makassar, loading bagasi dan boarding penumpang tujuan Ambon.

      • 3 November 2022 - (05:36 WIB)
        Permalink

        Betul JT786 adalah sby-amb transit makassar, tapi yg transitpun diharuskan turun dan lapor di transfer desk dan JT708 adalah tujuan SBY-KDI transit makassar dan semua penumpang nya pun diharuskan turin untuk lapor ke meja transfer desk.
        Saya pengguna rutin JT786 sebulan 2x jadi saya sdh hafal dengan kebiasaan mereka

        • 3 November 2022 - (06:18 WIB)
          Permalink

          JT708 rute Surabaya-Makassar, kemudian lanjut Makassar-Kendari sebagai JT992 berangkat pukul 11.10, jadi masih ada jeda transit sekitar 4 jam. Oleh karenanya penumpang yang transit diturunkan untuk lapor di transfer desk.

          • 3 November 2022 - (12:29 WIB)
            Permalink

            Jangan yg jeda 4 jam @yun, yg pakai pesawat sama saja dan jeda 35 menit harus turun semua lapor ke transfer desk tukar boarding pass baru..itu JT786 mks – ambon pakai pesawat yg sama loh dengan yg dr sby-mks…karena saya pernah 1 pesawat dengan teman dr sby tujuan ambon..

  • 2 November 2022 - (19:19 WIB)
    Permalink

    Yah jangan beli lion air lah kl mw tepat waktu. Uda rahasia umum jadwalnya random, kok masi ngotot kudu on time. Keluar duit lebih aja supaya tepat waktu. Lion mah dr dulu ga pernah bener waktunya, keangkut dan selamat aja uda bagus. Kasi spare waktu kalo emang ngirit duit, ga bs ngirit waktu. Ga bs dapet semua emang. This is still Indonesia.

    6
    2
    • 3 November 2022 - (05:40 WIB)
      Permalink

      Saya sih tidak berekspetasi banyak lionair kudu ontime mengingat track record mereka, tapi unt saat ini mereka sdh bagus dalam hal keberangkatqn, hy yg menjadi masalah adalah pergeseran jadwal pesawat saya dan untuk tujuan makassar dengan jadwal pagi yg ada hanya lionair saja, kalau ada penerbangan selain lionair yg berwarna hijau atau biru pasti saya ambil karena harga bukan menjadi masalah karena tiket dibayarkan oleh kantor.
      Saya 1 bulan 2x bolak balik sby-mks pp, dan memang harus berangkat di senin paginya

    • 3 November 2022 - (11:27 WIB)
      Permalink

      Emmm ente ngomong kek gtu blm pernah ngerasain di pindah jadwal dadakan kurang dri 24jam,, semua orang ada alsan nya milih jam udh d tentukan itu gaes

      • 3 November 2022 - (12:23 WIB)
        Permalink

        Keberangkatan saya tanggal 31 okt jam 05.00 dan diinfo dipindah di hari minggu tanggal 30 okt jam 17.28 alias 12 jam sebelum keberangkatan..apa ga kurang dr 24 jam itu…

    • 4 November 2022 - (09:39 WIB)
      Permalink

      Justru Keluhan seperti TS (Pak Yohanes Haryadi) ini harus di blow-up, dengan harapan dapat mengubah sebagian (banyak) image konsumen yang menggunakan maskapai tarif ekonomis.
      Paling tidak bisa mengoreksi maskapai untuk mengubah iklannya menjadi “terbang bersama Chicken Air. Tarif bersaing. Banyak surprises…. perubahan jadwal tiba2 dan surprise sampai dengan selamat ditujuan.” 🙂
      Dengan demikian, iklannya menjadi lebih jujur.

      Sebetulnya ini kan masalah management (bukan masalah harga tiket murah).
      Penentuan Harga murah sudah diperhitungkan melalui pengurangan fasilitas yang bersifat kenyamanan. Pos2 biaya yang memungkinkan untuk menekan harga jual tiket.
      Sedangkan masalah waktu dan keselamatan seharusnya tetap menjadi prioritas!!
      Ini hak konsumen yang paling mendasar.

      Sedangkan amburadulnya jadwal disebabkan masalah management antara lain kontrol penjualan tiket (termasuk kontrol SDM), pengaturan operasional, dll sebagianya.

      Semoga lebih banyak lagi para konsumen yang mengalami seperti TS untuk dimuat di Media konsumen.
      Tidak hanya memaklumi maskapai karena harga murah.

      Thanks buat TS, salam sehat selalu dan tetap semangat 🙏

  • 2 November 2022 - (20:55 WIB)
    Permalink

    Lion air kasusnya dah banyak…dah sampe di sindir lwt parodi,tp malah dilaporin ke pihak berwajib.hrsnya mikir,pelayanan ke konsumen lbh diutamakan.komplen2 lbh diperhatikan,jgn cuek2 bae.gmn manajemen nya sih?apa dah PD ngga akan bangkrut ke dpn nya?

  • 2 November 2022 - (22:12 WIB)
    Permalink

    Emang gitu Leon Er udh kayak Raja, Penerbangan saya lebih parah kasusnya dari Bandung – Makassar DIBATALKAN, Penumpang bisa pilih Refund atau diganti penerbangan Pengganti dari bandara terdekat yaitu SOETTA (halooo terdekat gundulmu) dan penerbangan dr JKT itu baru besoknya sementara orang sdh dikejar waktu.. Penumpang Rugi waktu, Rugi ongkos juga (naik travel lagi bdg – jkt) sementara Leon Er tetep CUAN..
    Mereka menganggap bahwa mau sebobrok apapun pelayanannya masyarakat akan tetap memilih Leon Er soalnya Paling Murah & Rutenya kemana – mana ada.. kadi jangan harap ada perubahan yg signifikan ke arah yg lebih baik.. disabarin aja..

  • 3 November 2022 - (03:34 WIB)
    Permalink

    Kita diperhadapkan dengan situasi mau gak mau dan suka gak suka. Krn fakta nya lion air yang tersedia semua rute penerbangan dan harga terjangkau masyarakat. Sementara pembandingnya adalah sriwijaya air dan citilink yang menurut saya kalah banyak dengan lion air. Ya mau bagaimana lagi. Buat saya, bisa tiba dengan selamat saja sudah sangat bersyukur. Dengan power full lion air di tanah air, pasti pemerintah juga tidak berkutik. Pemerintah sudah malu atas terpuruknya Garuda Indonesia. Jd berserah saja menunggu keajaiban ke arah yang lebih baik.

    • 3 November 2022 - (18:09 WIB)
      Permalink

      Sangat mengecewakan sihh mengenai pergeseran waktu, yg kacaunya lg yg hanya 1x penerbangan dlm sehari.. hrs bergeser besoknya. Seenaknya blg besok aja brangkatnya… Eehhh emang kami tidak punya jadwal meeting/seminar yg paten apa.. yg sdh dischedulekan dr bbrp bulan. Mau ubah jadwal acara.

      Terus klo kami mau batal/refund, prosesnya lama skali. Meski karna kesalahan dia 😢 merubah jadwal. Akhirnya kita mau cari maskapai lain yg sesuai jadwal kami. Tetap aja proses refund nya 1-3 bulan. 😭. Kok harus lama bgitu yahh ????????? Apa susahnya diproses segeraa sihh ??? KENAPA HARUS TAHAN DANA ORANG LAMA BEGITUUU…. SKARATTTT KITEEEE…. HUFFTT. Aturannya memaksakan sekali harus disetujui.

      3
      1
      • 3 November 2022 - (18:57 WIB)
        Permalink

        Kejadian lucu lagi unt penerbangan besok jumat tgl 4 nov tujuan mks-sby dengan tiket lion air JT3791 di alikan ke penerbangan SUPER JET IU549 pukul 16.15…hebat kan…seenak udelnya..padahal tiket msh terjual…

  • 3 November 2022 - (14:42 WIB)
    Permalink

    Berbagi pengalaman aja ya, ini praktik normal di dunia penerbangan. Di seluruh dunia semua pakai sistem macam ini, sistem overbooked. Khususnya untuk maskapai besar dan LCC. Tiket yang dijual melebihi kapasitas, dengan harapan penumpang ada yang no show. Saya pernah sekali dulu juga kena flight overbooked pas di Eropa.
    Lumrah walaupun merugikan penumpang, jadi ya hanya bisa menerima saja. Kalau untuk siapa yang digeser siapa yang tinggal sepertinya pakai kelas tiket.

  • 4 November 2022 - (08:27 WIB)
    Permalink

    Pak Yohanes, ijin memberikan saran sebagai pengguna rutin pesawat udara (kebanyakan Lion Group, Citilink, Sriwijaya, Air Asia – kecuali Garuda Indonesia karena umumnya kantor memberikan fasilitas pesawat non Garuda untuk staff), kejadian yang bapak alami juga sering saya alami di berbagai maskapai. Apabila load pesawat dalam suatu flight dianggap sangat kurang, maskapai terpaksa akan menggabungkan flight tersebut dengan flight lain untuk menjaga profitabilitas flight tersebut, tujuannya agar maskapai memperoleh untung dan tidak merugi. Kalau maskapai rugi terus bangkrut kita semua mau terbang pakai apa? 🤣

    Tapi menurut pengalaman saya, ketika flight kita direschedule/dicancel, kita mendapat PRIVILLEGE untuk mengganti penerbangan kita sesuka hati sesuai dengan jadwal yang ada, dan maskapai besar seperti Lion Group, Citilink, dan Air Asia (di mana saya pernah mendapatkan cancel flight/reschedule) menyediakan layanan rubah schedule secara online yang tinggal Bapak akses, lalu pilih jadwal yang diinginkan. Biasanya mereka juga memberikan fleksibilitas untuk merubah hari sejak hari flight dicancel/reschedule sampai rentang 4 hari setelah penerbangan tersebut (tergantung maskapai). Fleksibel bukan?

    Untuk pengalaman dengan Lion Group sendiri, saya pernah dicancel flight dengan Lion Air, lalu saya meminta flight pengganti dengan Batik Air, dan mereka menyetujui karena flight yang saya inginkan dioperasikan dengan Batik Air. Begitu juga ketika ada flight yang saya inginkan tetapi harus transit, Lion Group juga ok. Intinya penumpang yang terkena cancel flight/reschedule mendapat PRIVILLEGE untuk merubah jadwal. Kalau malas buka online saya biasanya kontak call center maskapai bersangkutan walaupun kadang agak lama tersambungnya.

    Intinya, manajemen armada bukanlah sesuatu yang mudah. Mari kita sebagai pembeli turut “bekerjasama” dengan penjual agar pembeli mendapatkan barang/jasa yang diinginkan, dan jangan egios juga memaksakan diri tanpa mempertimbangkan, karena penjual juga butuh modal untuk menyediakan layanan yang kita inginkan.

    Terima kasih dan semoga membantu

    1
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Lion Air?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Lion Air Seenaknya Menggeser Jadwal Penerbangan Penumpang

oleh yohanes haryadi dibaca dalam: 1 menit
27