Paket Laptop Lewat Expedisi JNE JTR Tidak Ada Kabar

Halo nama saya Jaka. Pada hari Jumat, tanggal 4 November saya memesan barang berupa laptop di tokopedia dengan no resi TLJC3DFD8CRPLTDF dan dikirim oleh seller pada hari Sabtu, 5 November 2022 lewat expedisi JNE JTR. Ini pertama kali saya membeli laptop lewat online dan pertama kali juga saya menggunakan expedisi JNE JTR.

Saya terpaksa memilih opsi JNE JTR karena tidak ada pilihan lain lagi untuk pengiriman via cargo dari sellernya. Laptop saya beratnya tak sampai 5 kg tapi karena saya packing kayu maka beratnya jadi di atas 10 kg.

Saat saya cek status pengiriman via tokopedia dan JNE, paket saya posisinya tidak berubah sejak tanggal 5 sampai sekarang posisi paket saya masih di gudang sortir Jakarta dan tidak ada update sama sekali paket akan dikirim dalam waktu dekat. Padahal ini sudah masuk estimasi barang sampai.

 

Saya sudah menghubungi pihak JNE yang ada di Jambi dan mereka menyarankan saya untuk segera komplain melalui tokopedia.

Saya ingin segera komplain lewat tokopedia tapi karena estimasi barang tiba masih 3 hari lagi dan saya belum bisa komplain. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat surat terbuka ini kepada pihak JNE terutama JNE yang ada di Jakarta kenapa paket saya sampai sekarang belum juga diberangkatkan.

Saya saat ini sangat khawatir karena saya sangat butuh sekali laptop ini untuk menunjang pekerjaan saya dan saya harus segera menggunakannya. Saya harap pihak JNE segera merespon dan menanggapi keluhan saya ini dan segera mengirimkan paket saya ke jambi. Saat ini waktu estimasi barang tiba hanya tinggal 3 hari lagi dan saya tidak yakin kalau barang saya ini akan sampai dengan tepat waktu.

Terima kasih.

Jaka Murinata
Telnaipura, Jambi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:45    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Jaka Murinata

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 10 November 2022 berjudul “Paket Laptop Lewat Expedisi JNE...
Baca Selengkapnya

51 komentar untuk “Paket Laptop Lewat Expedisi JNE JTR Tidak Ada Kabar

    • 10 November 2022 - (17:48 WIB)
      Permalink

      Bukan masalah estimasi waktunya masih ada mas, tapi status paket yang ga bergerak samasekali padahal waktu estimasi sudah dekat. Saya juga terkendala begini

      12
      3
      • 11 November 2022 - (09:20 WIB)
        Permalink

        Memang begitu kalau pakai JNE trucking, kan posisi barang masih di truk dan masih dalam perjalanan, jadi gak update update, saya sebagai seller juga sudah paham, nanti tiba laporan sudah sampai.

        • 11 November 2022 - (14:48 WIB)
          Permalink

          Emang udik dia..norak..estimasi belom habis udah komplain.. besok2 beli diwarung aja..pake kantong kresek minta karetnya yg banyak biar ga jatoh

          5
          3
          • 11 November 2022 - (15:36 WIB)
            Permalink

            Maaf kalau saya udik. Ini pertama kali saya mesan barang mahal pakai jtr jadi ga tau kalau sistemnya seperti ini. Paket sudah 5 hari ga ada kabar sejak dikirim seller dari jkt sedangkan sudah masuk waktu estimasi. Saya ga begitu mempermasalahkan kalau memang barangnya akan sampai lewat dari estimasi, yang jadi masalah ini karena paketnya tidak diupdate sampai estmasi tiba pun masih belum di update. Saya khawatir dong takut kenapa kenapa dengan paket saya apalagi kalau sampai hilang. Meskipun pakai asuransi tetap saja lebih baik mencegah kan dari pada saya diam saja dan tau tau dapat kabar buruk dari jne. Untungnya dengan saya komplain di sini pihak jne juga langsung konfirmasi ke saya tadi pagi. saya juga disarankan komplain sama jne jambi nya juga lewat tokoped cuman karena emang belum bisa komplain jadinya saya coba disini dan alhamdullilah langsung di respon sama jne nya.

            11
            1
          • 12 November 2022 - (09:13 WIB)
            Permalink

            Kasih saran yg baik ,ini MK jadi semua customer/ konsumen punya masalah dan kekhawatiran yg berbeda beda,kalau semua orang punya pemikiran yg sama pinter seperti saudara..untuk apa ada MK. Makanya sipenulis minta saran ,bukan olokan dan hinaan. Kalau bisa kasih saran yg baik,mengingatkan yg baik. Terima kasih.

          • 14 November 2022 - (08:56 WIB)
            Permalink

            Ini orang yang bilang udik, kayaknya orangnya sombong dan miskin, atau okb tapi nggak sekolahan, atau nggak pernah diajarin ortunya bicara yg baik.

            1
            1
      • 13 November 2022 - (19:09 WIB)
        Permalink

        Ini kayaknya kakak baru pesan lewat jtr perkenalkan saya dsri drop point JTR CARGO SICEPAT CARGO DAN JNT CARGO mempunyai harga ongkir yang berbeda kalo mau yang cepet say saranin pake reguler kalo masih mau pake cargo tapi sistem aga cept pake sicepat atau jnt harga menentukan kecepatan update dan estimasi jadi biasakan baca ketentuan estimasi biar ga salah paham kalo gini kita yang malu

    • 11 November 2022 - (12:42 WIB)
      Permalink

      Sama mas punya saya juga tanggal. 4 order sampai tanggal estimasi paket ngga kunjang datang, setelah habis masa estimasi paket dinyatakan hilang, paket saya 38kg

      • 11 November 2022 - (12:52 WIB)
        Permalink

        Wah jadi gimana mbak? Paketnya di ganti rugi sama pihak ekspedisinya?

        • 12 November 2022 - (19:55 WIB)
          Permalink

          Saya mengerti ke khawatiran mas jaka dimana beliau memberi barang mahal, jauh dan baru pertama kali. Memang terkadang sistem ekspedisi ga selalu update mas kalau pakai kargo atau kirim ke luar kota, tidak seperti pesen dr ojol, tp biasanya akan update jika barang sudah dekat kota tujuan atau sampai lokasi, saran saya tunggu sampai estimasi selesai, jika sampai jam 8-9 malam belum tiba, silakan hubungi seller, JNE atau pihak terkait untuk menanyakan status barang, komplain ataupun refund.

      • 11 November 2022 - (20:02 WIB)
        Permalink

        Klo pake truk emang gitu bang.. Sabar aja mudah2an aman paket sampai tujuan.. Saya sering kirim barang pake jne jtr aman kok..

        • 12 November 2022 - (01:20 WIB)
          Permalink

          Meskipun lama sekali?
          Paker saya dr tabggal 27 okt sampai sekarang ngga bergerak, tetep tangerang out banmas

        • 14 November 2022 - (09:00 WIB)
          Permalink

          Ini baru enak baca komen balasan, nggak kayak komen yg diatas, bilangin orang udik, norak, kreseklah, udah tau orang lagi bingung karena nggak paham malah dikata katain.

    • 14 November 2022 - (05:33 WIB)
      Permalink

      Wkwkwk.. sy aja yg di sulawesi nunggu 2 minggu baru sampai ngk pernah masuk mk.. ini baru 5 hari udah sampai ke mk

  • 10 November 2022 - (20:41 WIB)
    Permalink

    Mungkin paketnya hilang, jika pakai asuransi nanti akan diganti asurnasi full. Tunggu saja sampai tgl 13 lalu tekan komplain di tokopedia.

    • 11 November 2022 - (06:28 WIB)
      Permalink

      Dm kemana ya? Saya sudah email ke jne ga ada balasan. Sudah dm juga lewat instagram jne id juga ga ada balasan.

    • 11 November 2022 - (11:55 WIB)
      Permalink

      Pelayanan JNE memang sangat Buruk sekali. Seharusnya tidak ada jasa seperti ini di Indonesia.

      1
      5
    • 11 November 2022 - (12:55 WIB)
      Permalink

      Tadi pagi cs jne sudah tlp saya. Terima kasih atas komfirmasinya jne 🙏😊

      2
      1
  • 10 November 2022 - (23:20 WIB)
    Permalink

    punya saya juga terkendala seperti ini kak, udah coba hubungi pihak jne dan cs tokopedia tapi belum ada kejelasan

    • 11 November 2022 - (12:50 WIB)
      Permalink

      Saya tadi pagi barusan di hubungi cs nya kak lewat tlp. Paketnya masih di proses di jkt. Setidaknya saya bisa tenang sedikit karena paketnya masih ada dan ga hilang :”)

  • 11 November 2022 - (02:40 WIB)
    Permalink

    Ajukan komplain untuk investigasi pengiriman ke Tokopedia. Nanti dibantu oleh Tokopedia utk follow up ke kurir.

      • 13 November 2022 - (14:39 WIB)
        Permalink

        Saran saya kalau butuh cepat jangan pakai JTR kk. Soalnya JTR khusus barang berat dan lama pengirimannya. Lebih baik gunakan nextday saja. Ada beberapa kurir nextday bisa keluar antar kota seperti paxel. Lebih cepat dan aman. Apa lg barang rentan benturan seperti itu. Takutnya terbentur jadi masalah baru lg. Karena jasa kiriman yg di gunakan barang berat punya. Reguler saja mereka main lempar apa lg yg barang berat. Karena saya sendiri sering lihat di gudang semua jasa kiriman sewaktu kirim paket dari kantor. Kedepannya lebih cermat lah pilih kiriman. Apa lg barang yg rentan guncangan. Makin murah penanganannya makin asal.

    • 11 November 2022 - (12:48 WIB)
      Permalink

      Aduh semoga ga hilang ya kak. Selama ini pakai jne aman aman aja baru kali ini yang bikin was was karena update nya lama sekali.

  • 11 November 2022 - (06:46 WIB)
    Permalink

    Ditunggu saja sampai akhir estimasi 13 November, kalau misalkan sampai akhir tidak ada kabar baru ajukan komplain, soalnya saya juga kemaren seperti itu di JNE, memang agak lama dan perlu di push juga ke csnya, sama” laptop paketnya

  • 11 November 2022 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Baru pertama kali belanja online pake kargo jadi di maklum lah ngerasa ketakutan, padahal estimasi masih lama dan jualan di Tokopedia pasti asuransi di aktifkan jadi klo hilang pun dana 100℅ bakal balik, saya pernah kirim barang ke papua estimasi 30hari sampe bner aja status trahir di surabaya trusnya 20 hari lebih status ga berubah, tlp ke jne suruh tunggu sampe tgl estimasi, bner aja sehari sebelum tgl estimasi status berubah paket lagi di antar ke alamat penerima, jadi intinya klo pake kargo harus sabar selama paket di perjalanan laut status gx berubah, klo pake reguler bisa cpt karna biasanya lewat udara

    • 11 November 2022 - (12:45 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas infonya kak. Awalnya saya mau pakai reguler cuman karena biayanya terlampau jauh bedanya sedangkan di estimasi antara reguler dan cargo ga jauh beda waktunya jadinya saya milih kargo.
      Cuman saya ga tau ternyata pengiriman kargo ini sering lewat dari estimasi dan update nya lama sekali.

  • 11 November 2022 - (10:50 WIB)
    Permalink

    Gini tunggu saja sampai tgl 13 pkl 23.59 jika belum sampai juga dikomplain ke toped.

    Toped akan melakukan investigasi ke ekspedisinya nanti ada ketentuan berapa hari sesuai dengan SLA. Jika pihak ekspedisi dalam waktu SLA tidak dapat memberikan informasi atau tanggapan maka dianggap barang hilang.

    Selanjutnya akan diproses klaim asuransi untuk pengembalian dana.

  • 11 November 2022 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Maaf ka, saya sudah berkali kli pesen paket via jne cargo seperti laptop, mesin press, dll tp g pernah ada masalah kok,, memang kadang suka diam barangnya ya g keliatan bergerak tp insya Allah aman ka,, hanya kendalanya klo barang udh sampe g ada foto bukti pengirimannya,,, itu aja mungkin masukan dari saya.

      • 11 November 2022 - (17:49 WIB)
        Permalink

        Halo kak, ini pengiriman beda pulau kan? Setau sy JNE emang pelit update, jd kalau paket jalan dr kota asal, kadang suka gak ada update, dan JTR itu biasanya emang agak lama, tp kalau udh sampai di kota tujuan, biasanya akan ada update sih. Jd berhari2 gak ada kabar itu karna paket lg di perjalanan (jauh), beda kalo Jabodetabek, hitungan jam udh bs sampai di hub. Sabar dulu kak, semoga cepat diterima paketnya.

      • 12 November 2022 - (14:50 WIB)
        Permalink

        ….hihihi…gudang JNE meleduk!, …ga ada tv ya bray.

        …hhhaaahhh!!!!…kalo jadah ga kemana! (smile), …by the way, dah lebih dari 10x aku online, semuanya ku terima, walau ada satu yg dialihkan (beli lagi lain toko) …dan untuk nunggunya, ada yg Ampe sebulan lebih!. …MMM sekian.

    • 14 November 2022 - (05:37 WIB)
      Permalink

      Untuk bukti foto sepertinya dari marketplacenya om.. mau sediakan atau ngk.. soalnya pakai jne di blibli bukti foto selalu ada

  • 11 November 2022 - (11:51 WIB)
    Permalink

    Namanya estimasi bisa ceoat bisa lambat apalagi pakai pengiriman kargo harus sabar aja nunggunya, kalau butuh barang cepat mending beli offline aja atau pilih toko yang sama dengan alamat tujuan

    2
    1
    • 11 November 2022 - (12:40 WIB)
      Permalink

      Pengennya beli offline mas, tapi barang nya ga ready di kota saya jadinya saya mesan online

      • 11 November 2022 - (13:07 WIB)
        Permalink

        Berdasarkan info dari temen sy yg kurir jne, mereka sedang overload paket2 cargo, jd mgkn karena itu paket anda msh blm bergerak.

  • 12 November 2022 - (07:51 WIB)
    Permalink

    Pakai JNE trucking memang begitu kok. Barang tak gerak gerak dari kota asal. Tahu tahu sudah sampai 2 Minggu kemudian. Dan status di aplikasi belum berubah. Mungkin staf trucking kurang ada pegang hp atau laptop. Beda dengan staf reguler.

  • 13 November 2022 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Wajar itu mass kalau via cargo.. Karena itu melewati jalur laut mass.. Beda dengan via reguler/hemat lewat jalur udara.. (UNTUK AREA YANG BERBEDA PULAU) terkadang sttuz olshop tokped/shoppe kecepatan/sebaliknya telat untuk kargo..

    Saya daerah provinsi papua pegunungan.. Semua barang yg saya pesan luar pulau..

    Kalau reguler biasa nya 7 hari baru sampai.. Karena jalur udara..

    Kalau cargo biasa nya sampai 3 Mingguan lebih sedikit..

    Karena pelabuhan paling dekat cuma di Jayapura.. Dan saya di wamena tdk ada pelabuhan.. Jadi habis pelabuhan baru ke truck/pesawat barang.. . Terus di kirim ke JNE terdekat..

    Baru saya ambil.. Kadang di hubungi JNE nya…
    kadang saya lansung datang tnpa di hubungi..

    Buat cek barang nya kalau terlalu lewati estimasi.. Karena khusus daerah seperti saya karyawan JNE sedikit.. Dan daerah susah jaringan.. Rawan alamat salah.Rawan begal. Tidak ada rt/rw. Jadi kita harus mengambilnya lansung…..

    Pengalaman pribadi..

  • 17 November 2022 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Tadinya saya mau komplain juga masalah JTR ini, paket saya melalui toko merah, status tidak bergerak sama sekali dari tanggal 10 November dan hanya keterangan info paket sedang menunggu transportasi pada tanggal 12 November , update tersebut telah lima hari yang lalu. Selama itu saya melalukan DM, dan Telp ke pihak jne ataupun fitur bantuan dari marketplace, hasil dan jawabannya sama, ” Mohon Maaf dan harap menunggu” . Teknis marketplace untuk minta pengembalian dana sedang saya lakukan. Pihak penjual juga memberikan bukti barang sudah di kirimkan. Hanya saja dari pihak jne / jtr tidak ada update. Semoga kedepannya pihak jne bisa melakukan penambahan transportasinya, untuk bisa memperlancar pengiriman, khususnya daerah jabodetabek, paket saya dari jakarta menuju cikarang. Terima Kasih.

 Apa Komentar Anda?

Ada 51 komentar sampai saat ini..

Paket Laptop Lewat Expedisi JNE JTR Tidak Ada Kabar

oleh SATURE dibaca dalam: 1 menit
51