Saldo Sudah Terpotong, tapi Uang Tidak Keluar dari Mesin ATM

Yth. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk,

Pada tanggal 12 Desember 2022 pukul 08.39 WIB, saya melakukan penarikan tunai di ATM BNI di Indomaret Jl. Tombulu, Rerewokan, Kec. Tondano Bar., Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Saya melakukan penarikan dua kali. Pertama sebesar Rp1.250.000 dan uang berhasil keluar, lalu saya ambil. Penarikan kedua, sama Rp1.250.000. Hanya saja pada penarikan kedua ini, status penarikan tertulis sudah berhasil, tapi uang tidak keluar. Saya sudah tunggu sekitar 10 menit sampai mesin berhenti bunyi, tapi tak juga keluar.

Saya kemudian mengeluarkan kartu ATM kemudian memasukkannya lagi untuk mengecek saldo di ATM yang sama. Ternyata saldo sudah terpotong pada penarikan kedua. Padahal jelas uang tidak keluar. Saya langsung mengajukan pengaduan secara online langsung ke website resmi BNI dan sudah mendapatkan email balasan otomatis bahwa pengaduan sudah diterima.

Namun sampai saya mengirim surat pembaca di Media Konsumen ini, belum juga ada pemberitahuan kapan masalah ini bisa selesai dan uang dikembalikan. Saya mengecek melalui m-banking BNI, belum ada pengembalian.

Saya membuat surat pembaca ini supaya hal yang sama tidak terjadi pada nasabah lainnya. Semua bank, tak hanya BNI, wajib meningkatkan layanan dan perlindungan terhadap konsumen. Karena masalah yang terjadi di mesin ATM, cukup sering terjadi dan menampar dunia perbankan terkait. Sehingga merusak kepercayaan masyarakat terhadap bank.

Semua memiliki hak mendapatkan perlindungan dari perbankan, apalagi pada bank sekelas BNI. Nasabah akan merasa tidak nyaman menyimpan uangnya dan melakukan transaksi, penarikan tunai, di bank perusahaan negara ini tentunya.

Apabila sudah ada penyelesaian dari pihak BNI, maka saya akan langsung menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Rofni Lolaen
Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara


Update (16 Desember 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Saldo Sudah Terpotong, tapi Uang Tidak Keluar dari Mesin ATM

  • 14 Desember 2022 - (08:13 WIB)
    Permalink

    hal yg sama akan terjadi lg. gw jg pernah mengalami kejadian tarik uang di atm gagal, tp saldo terpotong. ujung2nya di refund. kalau terjadi lg tarik uang di atm gagal, tp saldo terpotong, protes lg aja.

  • 14 Desember 2022 - (09:34 WIB)
    Permalink

    RESPON BNI:

    12 Des 2022 pukul 20.29 WIB: Pihak BNI sudah merespon melalui email bnicall@bni.co.id dan meminta data saya.

    13 Des 2022 09.32 WIB: Saya langsung mengirim permintaan data tersebut.

    14 Des 2022 09.08 WIB: Pihak BNI merespon surat pembaca saya di Media Konsumen dengan menelepon bahwa masalah sementara dalam proses penyelesaian.

    Respon dari BNI cukup baik. Jika ada update, saya kirim lagi di kolom komentar.

  • 14 Desember 2022 - (12:29 WIB)
    Permalink

    bersabar dikit lah, baru jg tgl 12 des. Bank kan jg butuh proses investigasi. dan yg punya masalah bukan 1-2 orang aja. minimal tunggu 2 minggu, kalo ga ada kabar/progress baru masukin kesini

    • 14 Desember 2022 - (14:23 WIB)
      Permalink

      Justru kalau masalah dimuat di sini dan diselesaikan dengan baik oleh pihak bank dalam jangka waktu yang wajar, maka akan jadi bukti kualitas layanan dan responbility yang baik dari bank BNI.

      Jika ada nasabah mengalami masalah serupa, bisa menemukan surat pembaca di sini yang pasti membuatnya tenang. Karena bank terbukti bertanggung jawab mengembalikan uang nasabah.

      Jika kita searching di internet, ada juga bank lain kok yang terjadi sama tapi uang nasabah belum juga balik. Justru ini mengedukasi dan memperkaya literasi positif dunia perbankan di internet.

      Setelah tuntas, ini jadi testimoni bagus buat BNI; BNI pasti kembalikan uang nasabah dan memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah.

  • 14 Desember 2022 - (13:02 WIB)
    Permalink

    saya pernah punya pengalaman yg sama dengan nominal yg sama uang akan balik 14 hari kerja pas alias 3 minggu saya waktu itu ampe telat bayar kontrakan tapi ga tau dah kalo udah masuk di MK ini biasanya si akan dipercepat saldonya balik ??

  • 14 Desember 2022 - (13:16 WIB)
    Permalink

    saya juga pernah ngalamin di ATM Bank Mandiri kaya begitu, langsung aja lapor ke customer service di saat hari kerja, alhamdulillah uang kembali cuma lama memakan waktu 14 hari kerja.

  • 16 Desember 2022 - (09:09 WIB)
    Permalink

    UANG SUDAH KEMBALI

    BNI sudah mengembalikan uang penuh Rp1.250.000 pada 15 Desember pukul 16.35 WIB sesuai bukti ss BNI Mbanking. Artinya cuma 3 hari uang sudah kembali sejak uang tak keluar di ATM pada 12 Desember 2022.

    Masalah ini memang tak jarang terjadi juga di bank lain.

    Khusus di BNI pengalaman saya, jika ada nasabah mengalami hal serupa, maka jangan khawatir. BNI pasti kembalikan kok.
    Hubungi saja lewat email bnicall@bni.co.id atau BNI Call 1500046.

    3 hari termasuk sangat cepat, karena biasanya memang 14 hari. Bagi saya sebetulnya kalaupun menunggu 14 hari tak masalah.

    Pelayanan BNI memuaskan.

    Terima kasih kepada Customer Care Officer BNI, yang email saya, ada Bpk/Ibu Anjani. Yang menelepon Ibu Lily, dan lainnya juga.

    Sukses selalu.

  • 21 Juni 2023 - (04:05 WIB)
    Permalink

    saya juga sama bang, penarikan di atm link bersama, uang tidak keluar tapi saldo saya cek kepotong, ini saya baru laporan pihak bni juga baru di proses

  • 13 Juli 2023 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami kejadian tarik tunai dari mesin ATM BRI menggunakan kartu BNI tapi uang tidak keluar dan saldo terpotong dgn nominal 1000.000 saya sudah menghubungi call center BNI dan dapan belasan melalui email untuk menunggu 13 jam kerja

  • 31 Agustus 2023 - (23:36 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama pengalaman seperti ini
    Kurang saldo tapi tdk keluar uang.
    Saya melakukan transaksi itu di mesin ATM tarik tunai/setor
    Awal berhasil ambil 1jt .. Kedua kali gagal.. Hnya mesin ATM itu tidak langsung muncul saldo tersisa tampilan langsung ke tampilan layar menu. Aku kiraa uang kurang dlm mesinnya. Aku tarik uang saldo yg kecil.. Uang keluar lah..
    Dan juga tdk ada sisa saldo tersisa seperti biasa ny.
    Tidak dapat print struk di mesin ATM tersebut
    Hilang hangus sudah..hingga kini blm baik² uang 1 juta.. Lenyap..
    Mau laporan. Tdk ada bukti.. Struk tdk muncul.. Mau bukti dari pembukuan pasti dianggap udah keluar / diambil sendiri..
    Sedih saya😭
    Padahal itu mesin penarik didekat bank
    sendiri nya bukan di supermarket biasanya..
    Jadi pembelajaran aja jika ingin tarik lebih baik di bank saja.. Jgn di mesin atau nebeng transfer minta di tarik pke bank lain.. Lebih aman..

    • 29 September 2023 - (15:10 WIB)
      Permalink

      Apakah sudah ada penyelesaian kak ? Saya kmrn tanggal 24 september melakukan transaksi taril tunai sebesar 1jt , mesin atm terdengar sedang menghitung uang tetapi ditunggu tidak keluar2 uangnya setelah itu di layar tertulis “maaf transaksi anda tidak dapat di proses” , setelah itu saya cek saldo ternyata berkurang, saya coba tarik tunai lg 300rb , eh uang mau keluar , tetapi saldo tetap terpotong dg transaksi yg pertama , sudah lapor ke CS disuruh tunggu 10hr kerja , pegawainya bilanh biasanya 3hr sudah kembali , ternyata di tunggu sampai hari ini belum ada pengembalian

 Apa Komentar Anda mengenai ATM BNI?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Saldo Sudah Terpotong, tapi Uang Tidak Keluar dari Mesin ATM

oleh Rofni Lolaen dibaca dalam: 1 menit
16