Kecewa dengan Pelayanan Klaim Garansi STB Matrix Apple Merah

Selamat waktu setempat semuanya. Saya Bangun, ingin memberikan keluhan perihal respons Call Center Matrix Apple, yang cenderung mempersulit dalam proses claim garansi.

Kronologinya, pada tanggal 11 Juli 2022 saya membeli STB Matrix Apple Merah DVB-T2 untuk mengganti TV analog saya menjadi digital. Namun kemarin STB saya tidak bisa menampilkan gambar. Saya ganti TV, ternyata tampil menggunakan RCA, tapi HDMI-nya tidak tampil meski saya sudah ganti kabel HDMI. Bisa diambil kesimpulan port HDMI-nya rusak dan harus diservis.

Karena masih dalam masa garansi, saya kontak call center-nya untuk meminta prosedur pengajuannya seperti apa. Sudah disertakan juga buktinya (RCA cuman hitam putih, HDMI terkendala tidak tampil). Namun Call Center-nya tidak mau memberitahu prosedur pengajuan garansinya dan malah mengatakan “Pakai RCA saja”.

Lho, tidak bisa seperti itu dong. Karena di sini ada komponen yang rusak. Seandainya saya berbohong pun, kan barang tinggal dikembalikan lagi ke saya toh ongkos kirim dan terima dibayarkan penuh oleh saya. Namun mereka tetap tidak mau memberi tahu prosedur klaim garansi.

Maka dengan itu mohon maaf, surat ini dibuat karena kekecewaan saya kepada call center Matrix Apple, yang sama sekali tidak bertanggung jawab dan memiliki pelayanan yang buruk. Saya di sini pun penjual barang elektronik. Apabila ada keluhan pembeli, setelah mendapat video/foto ternyata memang benar, ya saya minta kirimkan barangnya supaya saya cek. Kok Matrix Apple after sales-nya seperti ini? Sangat disayangkan.

Semoga pihak manajemen dapat mengambil tindakan terbaik dan melakukan sertifikasi terkait pelayanan customer yang baik kepada karyawannya. Terima kasih.

Bangun Alam
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai STB Matrix Apple:
[Total:56    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

28 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Klaim Garansi STB Matrix Apple Merah

  • 20 Desember 2022 - (09:18 WIB)
    Permalink

    tinggal beli lagi kabel HDMI, harga cuma 20rb an, ga repot urus garansi, ga kesel, ga jd stress, ga penyakitan. Yg gampang dibuat gampang. kecuali kalo mesinnya yg rusak, baru klaim.

    2
    43
    • 20 Desember 2022 - (10:08 WIB)
      Permalink

      itu udah beli kan? cek chat bahkan dikirim videonya pake kabel hdmi baru.

      10
      2
    • 20 Desember 2022 - (13:58 WIB)
      Permalink

      D baca lg keluhan ts nya, kan udh jelas d blg udh gnti kabel hdmi, ts ny jg blg kan kemungkinan yg rusak port ny.

    • 20 Desember 2022 - (18:25 WIB)
      Permalink

      Balasan tertolol yg pernah saya lihat, baca dulu pake mata jangan pake lubang taik, kesel aing, itu dia udah beli kabel HDMI vention yg 40rb, jelas kualitas

      Tolol

      10
    • 20 Desember 2022 - (18:27 WIB)
      Permalink

      Dibaca badot, dia udah beli kabel HDMI vention yg lbh mahal, yg rusak port di STB nya, bukan kabel nya, badot oh badot

    • 21 Desember 2022 - (08:13 WIB)
      Permalink

      Bangun tidur itu cuci muka dulu minimal,trus ngopi…biar koneks.jangan langsung pegang HP,,,gitu kan jadinya.

  • 20 Desember 2022 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Saya beliin buat si emak Matrix Apple juga nyala normal bentar trus ngehang, layar biru doang trus di STB nya muncul tulisan boot. Umur setahun lebih sih, coba tanya tukang service hp katanya bisa dibenerin tapi mahal. Mending beli baru katanya. Sayang sih benernya.

    • 20 Desember 2022 - (11:34 WIB)
      Permalink

      iya kak, kalo disini gaada yg servicenya jadi ini stbnya juga akhirnya ga terpakai, tadinya niat saya claim garansi pun ya seengganya dicek terlebih dahulu, kalo pun ada biaya pas prosesnya ya gapapa toh yg penting dicek dulu karena kan dari matrix applenya sendiri pasti kejamin lah ya perbaikannya, tapi ya ini nggak ada. Skrg pun ini RCAnya malah nggak tampil ke TV, jadi RCA sama HDMInya bener rusak.

    • 20 Desember 2022 - (14:38 WIB)
      Permalink

      itu minta diflash ulang masuk grup fb “komunitas pengguna Set top box DVB-T2” ga mahal2 amat itu bahkan ada tutorialnya klo mau flash sendiri ada yg jual alatnya juga

      • 20 Desember 2022 - (15:01 WIB)
        Permalink

        bisa tbtb minta flash ulang gitu kenapa ya kak? awalnya normal normal aja karena setiap malem nonton pildun, pas masuk semi final tibatiba ga nyala, skrg rcanya dicolok tv cuman logo doang yg muncul. btw thanks sarannya saya belum berani coba sendiri paling mau minta tanggapan dari matrixnya dulu

        • 20 Desember 2022 - (21:55 WIB)
          Permalink

          Sudah coba di factory reset kak, nanti tinggal masukin pin yg biasananya tertera di manual book nya hbis itu tinggal di setting ulang. Biasanya kalo sering copot pasang port sering begitu.

          • 21 Desember 2022 - (03:06 WIB)
            Permalink

            gabisa masuk menu kak, skrg baik hdmi atau rca nggak tampil ke layar. di fisiknya pun gak ada lubang kecil buat reset pabrik jadi bingung ini mau diapain stbnya. akhirnya jadi ga terpakai.

      • 20 Desember 2022 - (16:04 WIB)
        Permalink

        Makasih infonya, ntar deh coba googling. Lumayan kl masih bisa, buat sodara di desa itu stb.

    • 21 Desember 2022 - (10:28 WIB)
      Permalink

      Kemungkinan bisa di flash , klo ga bkasanya ada elko yg bocor. Kmrn sy flash merk itu jg 2 biji. Udh sembuh dari icu skrg.

      • 21 Desember 2022 - (10:30 WIB)
        Permalink

        barusan udah coba ikutin flash youtube pake file recovery rcv malah nggak tampil dan di fisik stb tulisannya boot terus. bener bener bingung kak saya. 😔

  • 20 Desember 2022 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Mesin panas,kadang suka hang(tidak bisa pindah channel maupun yg lainnya) di tekan2 tombol di remote maupun di stbnya ga bisa,solusinya di cabut listrik dulu,itu yg selalu terjadi di masalah stb matrix Apple.setelah pakai stb bekas nexmedia yg banyak dijual di market place awet mesin ga terlalu panas HDMI lancar

    3
    1
  • 21 Desember 2022 - (11:39 WIB)
    Permalink

    STB Matrix Merah ini sebenarnya lumayan bandel. Features juga lebih komplit dan lengkap dibanding kompetitor. Daya tangkap antena-nya juga sensitif dgn gambar jernih meskipun cuma menggunakan kabel RCA.
    Cuma ya namanya barang elektronik ya untung2an siih…
    Saran saya coba factory reset dgn input kode 00000.
    Kalau sudah berhasil masuk menu coba update firmware via WiFi internet ke 2.6.3-R742. Mungkin firmware yg digunakan sekarang versi lama.
    Jangan lupa gunakan juga tambahan kipas fan USB untuk membuang udara panas di mesin STB-nya supaya mesin jadi adem dan lancar.
    Penyakit STB kalau mesin sudah panas gambar di TV suka freeze patah2 kemudian booting lagi.
    Jika masih trouble port HDMI, saran saya dibawa langsung saja ke service center-nya untuk klaim perbaikan/ganti unit.
    Semoga cepat solved problemnya.

    • 21 Desember 2022 - (11:43 WIB)
      Permalink

      makasih sarannya, saya juga beli ini karena review org pada bagus. mungkin karena kebagian apesnya kali ya. btw saya bener bener gak bisa masuk menu baik pakai rca atau pakai hdmi, blank hitam mau pakai monitor atau tv. udah nyoba ganti kabel hdmi pake kabel hdmi ps4 juga sama ga tampil. sekarang stbnya ga kepake, nyari tukang service gatau dimana daerah bandung udah tanya tanya di grup fb juga. paling direlain sih. sekali lagi makasih ya kak sarannya 🙏

  • 21 Desember 2022 - (18:04 WIB)
    Permalink

    masalah sudah saya anggap selesai sebagai resiko kedua belah pihak saja. terima kasih

  • 22 Desember 2022 - (06:49 WIB)
    Permalink

    Jika bung bangun cari solusi utk mendapat layanan service, coba tanya alamat service center di area anda, entah lewat kontak wa, lewat websitenya atau mungkin di lembar manualnya.
    Kalau koneksi lewat RCA jadi hitam putih, mungkin anda salah colok di TV nya yg input YUV atau salah setting NTSC entah di TV entah di STB.
    Kalau koneksi HDMI tidak tampil gambar, coba cari ada brapa input HDMI di TV anda, coba pindah jack nya… Cari yg input HDMI1 aja.
    (saya pernah temuin kasus semua slit HDMI nya tidak bisa detek, TV pernal dikonek ke TVkabel, saya reset TV nya, masalah bisa teratasi)
    Kalau anda punya 2 TV coba ke TV yg lain dulu HDMI nya.
    Kalau tampilan di STB tetulis “boot” saja dan tidak bisa tampil ke menu Matrix, kmungkinan besar STB anda gak pernah di update firmwarenya mintalah kpd service centre nya file recovery dan file software terbaru.
    Kalau anda bersikukuh untuk dapat layanan service coba saran pertama saya.
    Semoga membantu, Trima kasih.

    • 22 Desember 2022 - (22:50 WIB)
      Permalink

      makasih sarannya kak, skrg saya lagi nyari santai service stb di kota saya, kalo service center matrix harus kirim ke sukabumi dan sayanya sendiri udah males banget karena tanggapan dia sebelumnya.

      kedua, stb udah dicoba 2 tv dan monitor (input monitor 2 hdmi) hasilnya tetep tidak nyala pake hdmi, kabel hdmi juga 2 pakai untuk ps4 tetep tidak nyala. sekarang problem di rca yang gak tampil ke menu utama.

      firmware selalu di update karena waktu masih nyala selalu konek ke tethering hp. flash pakau file recovery.rcv dimasukin flashdisk fat32 juga udah dilakuin tapi nggak ngeflash ke layar.

  • 23 Desember 2022 - (06:04 WIB)
    Permalink

    Beli stb gak usah mikirin yang “bermerek” karena ada puluhan merek yang sudah berlisensi kominfo, saya aja pake merek (advan & venus)
    Banyak yang beli merek metrix karena marketingnya bagus aja, nyatanya malah sering bermasalah

    Solusi untuk masalah claim garansi mending bawa ke servis tv deket rumah aja

    • 23 Desember 2022 - (08:02 WIB)
      Permalink

      makasih banyak kak sarannya, sangat dijadikan pelajaran oleh saya kedepannya.

 Apa Komentar Anda mengenai STB Matrix Apple?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan Klaim Garansi STB Matrix Apple Merah

oleh Bangun dibaca dalam: 1 menit
28