Kecewa dengan Kualitas Samsung Galaxy S21 FE

Saya Arden Edmonddiaz, yang beberapa hari lalu membeli smartphone Samsung Galaxy S21 FE di Erafone Mall Ciputra Tangerang, dalam kondisi baru.

Setelah dilakukan unboxing, semua fungsi dapat beroperasi normal. Namun selang 1-2 hari kemudian, saya menemukan adanya defect pada case belakang smartphone yang saya beli. Yaitu terdapat goresan di dalam case belakang sebelah kanan atas, yang sejajar dengan bezel atau tulang dari smartphone Samsung S21 FE.

Saya sudah datangi kembali store dan cek fisik kembali. Kami sepakati bahwa defect tersebut bukanlah akibat pemakaian atau goresan, karena kondisi case belakang masih mulus 100%. Sejak inilah lempar tanggung jawab dimulai. Erafone berdalih ini disampaikan ke Samsung service center, sedangkan Samsung service center meminta video unboxing untuk mengklaim garansi.

Posisi saya sebagai konsumen sangat dirugikan, mengingat harga smartphone ini terbilang tidak murah. Namun pelayanan atas komplain yang saya alami terkesan asal-asalan dan lambat. Saya diinformasikan bahwa Erafone Ciputra Citra Raya akan melakukan follow up ke Samsung. Namun sudah 2 hari tidak ada kabar atau kepastian, terkait apa win-win solution yang dapat diberikan ke konsumen.

Untuk upload kondisi defect terkendala size foto yang besar, sehingga tidak dapat saya upload di sini. Namun saya bersedia menunjukkan ke pihak Samsung atau Erafone.

Arden Edmonddiaz
Tangerang, Banten


Update (28 Desember 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Samsung Indonesia sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

59 komentar untuk “Kecewa dengan Kualitas Samsung Galaxy S21 FE

  • 22 Desember 2022 - (11:08 WIB)
    Permalink

    Pas unboxing disana tdk dicek dulu ?
    Setau sy device samsu bezel diksh plastik jarang ada yg gores kecuali refurbish

    23
    • 22 Desember 2022 - (11:42 WIB)
      Permalink

      Dicek tapi untuk gores ini letaknya cukup tersembunyi sehingga perlu ketelitian khusus utk melihatnya lagipula sebagai awam tentunya melihat barang baru dan tersegel harusnya lolos dari QC dong termasuk cacat sedikitpun harusnya tidak lolos. Kenyataannya.. ya ini lah yg terjadi , defect ini hanya dapat dilihat jelas dari jarak dekat dan kemiringan tertentu

      2
      23
          • 23 Desember 2022 - (20:14 WIB)
            Permalink

            makanya kalo beli barang elektronik terutama hp jgn keburu excited. liat kondisi fisik baik2. kalau gw jdi tim QC gw bilang “anda playing victim”. gmn kalau hp tsb uda jatuh / tergores krn human error? trs anda claim kalau pakai casing terus dari awal padahal nggak . krn ga ada bukti dan saksi dri sales. gmn?????

            11
            2
          • 24 Desember 2022 - (22:36 WIB)
            Permalink

            permisi pak, saya mantan pegawai erafone samsung, seingat saya peraturannya : setelah di unboxing, pembeli menyetujui barang oke, barang tersebut menerima garansi toko 1x24jam, setelah 24 jam, garansi akan di pertanggung jawabkan oleh service centre.

            jika pembeli menemukan masalah di hari pembelian, barang akan langsung ditukar dengan yang baru, di luar 24 jam akan di alihkan ke service centre.

            tambahan: saya juga pernah alami kasus yang mirip seperti ini sebagai karyawan erafone, service centre melempar tanggung jawab ke toko, sehabis itu saya langsung ajak pembeli ke service centre terdekat dan marah” disitu, karna saya memang sudah melakukan SOP dengan benar. hasilnya service centre menggalah dan mengganti barang dengan yang baru.

            tapi untuk kasus saya itu masalah software, kalau untuk hardware seperti masalah bapak, saya kurang tahu

          • 23 Desember 2022 - (20:39 WIB)
            Permalink

            100% situ kalah . bukti ga ada. mau maju persidangan . demi series fan edition samsung (versi downgrade) pula . drpd nyewa lawyer mending situ beli hp baru lg. pakai akal sehat kalau typing.

            16
            2
          • 25 Desember 2022 - (05:03 WIB)
            Permalink

            Dijamin mah cuma omdo kalo mau dibawak ke persidangan toh cuma memperjuangkan gores seuprit yg tidak kentara

        • 24 Desember 2022 - (23:04 WIB)
          Permalink

          ikhlas aja bang, kl kepersidangan malah mengeluarkan dana yg tidak sedikit. pakaikan aja casing mahal,aman gak keliatan cacatnya dan rapi yg penting mesin masih bagus. hanya itu solusi gampangnya.

      • 23 Desember 2022 - (19:17 WIB)
        Permalink

        Persis seperti punyaku. Ak bawa ke samsung wtc surabaya katanya nggak papa itu luarnya aja lem dalamya nggak papa. Saya nurut aja

        1
        1
        • 23 Desember 2022 - (20:04 WIB)
          Permalink

          Agak sulit diterima ya mas klo saya mengingat brand ternama tapi QC nya seperti ini harusnya kita tegaskan aja apalagi harga juga ga murah. Klo bgini ga ada salahnya kita meninggalkan produk dalam negeri

          3
          3
          • 23 Desember 2022 - (22:03 WIB)
            Permalink

            Sejak kapan samsung menjadi produk dalam negeri ?

            1
            2
          • 24 Desember 2022 - (09:15 WIB)
            Permalink

            Pinteran dikit lah kalo mau kritik, jangan kebangetan Mas, sejak kapan Samsung produk dalam negeri kita ?

            1
            1
          • 24 Desember 2022 - (09:52 WIB)
            Permalink

            Kan di case penutup baterainya ada stiker imei dan keterangan informasi dibuat di indonesia.. hahahahhaha

    • 23 Desember 2022 - (09:03 WIB)
      Permalink

      Sama persis pengalaman temenku yg beli d Erafone,
      Akhirnya nyerah lah,,
      Ntah itu refurbish atau emng sisa produk..

      Yah semoga keluhan ts bisa d selesaikan y

    • 22 Desember 2022 - (12:00 WIB)
      Permalink

      Gores di casing belakang bagian dalam nya pak kebetulan warna putih jadi kliatan, dugaan sementara ini assembling kurang presisi sehingga menggores bagian dalam. Saya sorot senter dri deket pun terlihat permukaan luar nya mulus baru

      • 22 Desember 2022 - (12:19 WIB)
        Permalink

        Casing ini maksudnya bodi belakang hp khan ya, bukan casing silikon yang bisa dibuka-pasang?

        Kalau dari foto hp yang diupload saya lihatnya ada semacam celah di bodi belakang bagian atas (dekat gambar bunga matahari di background) dan juga semacam goresan putih di sudut atas (di bawah seal plastik)

        Dan untuk beberapa orang (termasuk saya) hal² kecil semacam itu memang cukup mengganggu dan bisa jadi deal breaker

        2
        3
  • 22 Desember 2022 - (19:21 WIB)
    Permalink

    Setelah up ke MK kenapa vendor respon ya? Tp ketika konsumen ngeluh secara langsung ke pihak vendor malah dicuekin.

    • 22 Desember 2022 - (22:46 WIB)
      Permalink

      Namanya juga produksi massal paati ada aja 1 dari sekian yang bermasalah

      Saya pernah dapat unit cacat produksi dari oppo & diganti baru saat klaim garansi kurang dari 2 minggu

      1
      3
  • 23 Desember 2022 - (05:52 WIB)
    Permalink

    Yah, beli di Erafone, gue pernah di licikin waktu beli redmi note 10, barang yg di ksh barang display, because banyak foto2 pengunjung dengan latar belakang toko Erafone

    Untungnya unboxing di tempat, pas di tanya pegawainya gelagapan, hehehe…

    Erafone refurbish hape display untuk di jual kejadian udah lama sih, akhirnya pindah toko dan minta uang kembali, hihihi

  • 23 Desember 2022 - (06:39 WIB)
    Permalink

    Emang klo ketemu samsung center auto pusing… gw beli HP malah ghost touching kata orang dlm musti minta video minimal 15 detik…gw punya hp cuma 1 dan ga mgkn gw slalu standby pinjam HP teman buat ngevideo HP gw yg ghost touching setiap detik…cukup skali aja beli HP samsung

  • 23 Desember 2022 - (07:11 WIB)
    Permalink

    Hape saya Galaxy A73 disampingnya ada plastik, tinggal dikletekin aja, jadi harusnya s21 fe ada jg

    • 23 Desember 2022 - (17:57 WIB)
      Permalink

      Yang baret itu bukan bazelnya bos itu plastik bazel masih nempel.
      Yang dipermasalahkan itu baret didalam penutup batrai.instilahnya masuk angin kalau samsung jaman dulu.cat dalam casing terkelupas…di zoom itu fotonya baru kelihatan baretnya di warna putih casingnya..

      1
      1
  • 23 Desember 2022 - (12:27 WIB)
    Permalink

    Sayang juga ya? Baru kok begitu

    Saya kmren beli adeknya S20fe

    Muluss luar biasa kek pahaa .,,,,,

    Beli via lazada di harga 4,5 21FE masih 10 jutaan teenyata

    • 23 Desember 2022 - (18:22 WIB)
      Permalink

      Inilah yg jadi pertanyaan saya juga, kmarin sudab dibawa ke samsung service center dan di cek teknisi memang terjadi defect demikian, casing luar mulus krn baru hanya di bagian dalam case yg baret dan ini jadi pertanyaan knapa lolos QC

      1
      1
  • 23 Desember 2022 - (18:57 WIB)
    Permalink

    Saya termasuk konsumen PALING MALAS untuk unboxing, tapi demi hal yang tidak diinginkan, setelah paket diterima, Saya selalu unboxing pesanan diharga 500rb keatas, bahkan kadang dibawah 500rb juga di unboxing dengan teliti mulai sebelum dibuka, ambil video yang memperlihatkan packingan yg dari Seller, buka, cek 360° kondisi barang sampai puas…, apalagi jika beli ditoko, sangat gampang buat cek fisik barang dibeli…
    Kesalahan jg ada dari konsumen, seharusnya TELITI…!

    • 23 Desember 2022 - (20:02 WIB)
      Permalink

      Yg saya beli bukan hp harga sejutaan , dan dari brand yg udh mendunia apalagi harga yg tdk murah harusnya zero tolerance dan apabila terdapat defect harus ditanggapi dengan hati hati dan tidak bisa asal generalisir.. ini juga jadi PR bersama bahwa kualitas SDM juga harus ditingkatkan dan jangan asal mengeluarkan statement klo tidak mengalami sendiri. Samsung pun mengakui ada defect kok setelah saya visit ke SSC

  • 23 Desember 2022 - (23:04 WIB)
    Permalink

    Seharusnya setiap hp baru samsung yg baru di UNBOXING itu bagian BEZEL nya pasti terbungkus rapi oleh plastik proteksi kebaruan, bukan melainkan seperti foto di atas yg ada model keriting nya. Seperti baru di salon aja. Coba Bapak Arden perhatikan secara terinci. Yaitu jika bagian kanan atas plastiknya keringting seharusnya juga sebelah kiri juga WAJIB keriting. Belum lagi di tambah ada goresan seperti yg Bapak Arden sampaikan. Mohon di Koodrinasikan ulang kembali… yg maksud nya coba lakukan UNBOXING ulang dgn type yg sama S21FE hanya jika plastiknya masih keriting berarti memang takdirnya type HP S21fe ini sudah seperti ini. Harap Pihak terkait dapat menelaah ulang akan masalah yg Bapak Arden alami ini. Dan ini memang logika. Terima Kasih.

  • 24 Desember 2022 - (07:16 WIB)
    Permalink

    Ni TS bac0d bgt, QC QC mulu yang dibahas udh jelas hp udah dipakai trus mau balik nyalahin QC. Beli pake home credit juga mau bawabawa lawyer, cmon bro yang masuk akal aja

  • 24 Desember 2022 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Masih ada kah nurani ditengah gelombang lay off di dengan sedikit membantu marketing yang bekerja utk menafkahi keluarganya?? Saya baru beli samsung s22+ cash utk adik saya yg kebetulan videografer. Krn saya ingin bantu orang makanya saya ambil offering yg ditawarkan. Inget bro Gusti ora sare

  • 24 Desember 2022 - (10:27 WIB)
    Permalink

    Ini kq TS QC, QC ,QC mulu yg di salahin, ya namanya beli barang harus di cek jg lah, emang org klo beli mobil baru walaupun udh di QC ga kita cek jg sebagai buyer???? Trus harga 10 jtan mw pake lawyer??? Heheee ,

    • 24 Desember 2022 - (11:22 WIB)
      Permalink

      Lah samsung nya mau ganti kok anda yg repot wkwkwkwk.. selama konsumen berpendapat & bisa membuktikan knapa takut?? Thats why ada yg namanya aftersales. Belajar lagi deh etika bisnis & prlindungan konsumen klo pernah kuliah

      • 24 Desember 2022 - (11:40 WIB)
        Permalink

        Yg gw pusingin bukan samsungnya bos, lo buyer dikit2 QC, wkwkwkwk baru tw yaa soal after sales, beli mobil baru dulu gih klo blm pernah

        • 24 Desember 2022 - (12:27 WIB)
          Permalink

          Sorry ya bro klo soal mobil anda perlu tahu yg dinamakan mobil itu apa.. karena sejak kecil saya udh tau yg namanya high quality & high performance vehicle itu apa, tahun 90an saya udh naik chrysler jeep series 7.. jdi sorry to say klo mau komen dan gatau profil lawan bicara anda hati hati memberikan tanggapan

          • 24 Desember 2022 - (13:06 WIB)
            Permalink

            Wow si paling

  • 24 Desember 2022 - (12:39 WIB)
    Permalink

    Ya semoga dapat diganti unit baru ya, harga segitu siapa saja mau sempurna. Komen² disini cukup disyukuri saja, semakin rame semakin dapat perhatian dari Samsungnya. Lain kali lebih hati² kalau beli barang mahal.

  • 24 Desember 2022 - (22:45 WIB)
    Permalink

    Kyknya s21 FE ini masuk produk yg fail deh, saya baru beli setelah 3 hari jg tombol on off nya masuk ke dalam, untungnya samsung lgsg garansikan sih

  • 7 Mei 2023 - (20:58 WIB)
    Permalink

    Kalau saya baru beli samsung s21 fe kemarin dan ketika telepon/wa itu tiba² dekat kamera depan bagian bawah sebelah kanannya ada seperti bintik 2 kecil dan samar, terus diganti yang baru hari ini dan tetap masih sama saja. Itu bahaya gak ya? Maksud sayaa apakah di hp samsung s21 fe anda ada seperti itunya? Terima kasih

    • 10 Mei 2023 - (11:06 WIB)
      Permalink

      Yg mbak infokan di hp mbak ga ada di hp saya. Coba sampaikan ke samsung service center saja agar dilihat oleh teknisinya

 Apa Komentar Anda mengenai Samsung Galaxy S21 FE?

Ada 59 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Kualitas Samsung Galaxy S21 FE

oleh Arden dibaca dalam: 1 menit
59