Paket dari Shopee Sudah 9 Hari Tidak Dikirim oleh JNE Trucking

Saya Geraldhi, selaku pembuat surat terbuka ini ingin menyampaikan kekecewaan saya kepada Shopee dan terutama JNE, selaku yang bertanggung jawab atas permasalahan yang akan saya sampaikan berikut ini.

Saya membeli barang yaitu Mi TV A2 32 inch dari Xiaomi Official Store lewat Shopee, dengan nomor resi: JT50562594284 pada tanggal 12 Desember 2022, menggunakan jasa pengiriman JNE trucking (kargo). Sebelumnya saya merasa tidak masalah kalau lebih lama dari biasanya, karena sedang berlangsung event 12.12, yang mana semua ekspedisi mungkin overload. Apalagi saya menggunakan jasa pengiriman kargo yang akan membutuhkan sedikit lebih lama dari biasanya, dengan estimasi JNE Trucking 3-5 hari barang baru diterima.

Namun semua pemikiran saya meleset jauh, sampai surat terbuka ini saya buat paket saya masih stuck di JNE JTR Pulogadung, sesuai hasil tracking terakhir per tanggal 21 Desember 2022. Yang membuat saya sangat kesal, yaitu ketika saya mencoba menghubungi JNE via DM Twitter, bahkan sampai telepon JNE Jakarta tidak ada jawaban sama sekali.

Tidak lupa juga saya menghubungi CS Shopee dan diterima oleh CS Jeno. Namun hanya dijelaskan disuruh menunggu 5 hari kerja terus menerus, tanpa ada jawaban yang pasti. Karena saya sudah kecewa, saya juga mendatangi Kantor Cabang JNE Madiun dan juga menghubungi via WhatsApp. Namun sekali lagi semua memberikan jawaban akan diteruskan ke JNE Jakarta.

Sudah 10 hari terhitung dari tanggal pembelian saya namun sampai berita ini dimuat barang belum juga saya terima dan masih stuck di Jakarta, padahal pengiriman masih sesama pulau Jawa. Anehnya barang saya yang lain yang dibeli pada tanggal 14 Desember 2022 menggunakan ekspedisi JNE malah lebih dulu sudah sampai kemarin tanggal 20 Desember 2022. Di sini saya curiga barang saya hilang atau terkendala masalah lainnya sehingga sengaja didiamkan mengendap lama di gudang JNE dan tidak kunjung diberangkatkan ke kota tujuan.

Pertanyaan saya :

  1. Apakah memang selama itu barang diam dan tidak bergerak di gudang JNE JTR Pulogadung sebelum diberangkatkan ke kota tujuan?
  2. Apakah pelayanan kargo JNE Trucking seburuk dan selama ini yang di website tertulis 4-5 hari sampai?
  3. Ke manakah saya bisa menghubungi Customer Care JNE? (Twitter/Facebook/telepon, semua tidak ada balasan)

Berikut saya sertakan screenshot dari Customer Service Shopee, invoice pembelian Shopee, update resi terakhir, dan JNE Cabang Madiun (WhatsApp).

Akhir kata saya memohon kepada pihak JNE ataupun Shopee, memberikan tanggapan terhadap masalah yang sedang saya alami, dengan memberikan tindakan yang nyata agar supaya permasalahan yang sedang saya alami segera selesai.

Terima kasih.

Geraldhi Rori Putra Varanthio
Madiun, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:12    Rata-Rata: 3.3/5]
Tanggapan JNE untuk Keluhan Sdr. Geraldhi

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 23 Desember 2022 berjudul “Paket dari Shopee Sudah...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Paket dari Shopee Sudah 9 Hari Tidak Dikirim oleh JNE Trucking

  • 23 Desember 2022 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Sama banget spt kasus saya kawan. Bahkan saya dari tgl 14 Des 22. Sudah buat surat terbuka di sini tapi sptnya tdk dipublish. Sy bahkan sudah ngajukan pembatalan kirim paket ke lewat email CS nya.

    Kekesalan krn waktu estimasi yg diberikan ke konsumen adalah 3 sd 7 hari. Nyatanya sampai tgl 23 Des 22. Apa JNE sudah cuti natal dan tahun baru?

    • 23 Desember 2022 - (16:08 WIB)
      Permalink

      Komplain pun jawabannya akan di follow up terus tanpa ada tindakan nyata. emang cargo satu ini paling lemot dan bikin jengkel, belum lagi kalau udah sampai gudang kota tujuan pasti didiemin lagi dan dikirim besok atau lusa nya

    • 1 Januari 2023 - (08:14 WIB)
      Permalink

      Saya mengalami hal yang sama, semoga JNE lebih cepat tanggap dengan masalah ini
      No Resi JT81225862782
      Paket dengan nomor Resi tersebut belum saya Terima sampai saat ini, padahal paket sudah dikirim dari tanggal 21-12-2022 skrang tanggal 01-01-2023 masih belum ada kejelasan tentang paket rusak hilang atau dmna keberadaannya
      Tracking ga bergerak di Shopee keterangan terakhirnya dikirim ke kota tujuan, padahal sbelumnya di tracking paket tersebut sudah dilakukan pengiriman ke alamat tujuan tapi tanpa alasan gagal kirim dan dijadwalkan ulang yang sampai saat ini belum saya Terima

      Menurut saya JNE kurang kejelasan tentang masalah yang mengakibatkan paket saya tak kunjung sampai
      Karena ga masuk akal, paket dari Jakarta ke Bandung sudah 10 hari belum sampai

      Halo JNE saya minta kejelasannya
      Kalo hilang saya rasa tidak mungkin karena bukan paket kecil, ini paket besar yang beratnya 90kg lebih dan packing kayu

  • 23 Desember 2022 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Sama om ******* emang Jne jakarta
    Paket saya tv jg stuk dari tgl 12
    Udah 12 hari belum sampe jg” masak barang gak di kirim” kan muter” di jakarta aja
    Pengiriman kepalembang sial nya kmren
    Gak bisa pilih pengiriman selain Jne
    Gak ada pilihan di market place
    Itu yg di cabang jakarta karyawan nya kalo kurang di tambah ! Jangan di push kalo emang gak sanggup terus kalo karyawan udah cukup
    Kalo males”an pecat aja !
    Pimpinan nya jg bobrok ini !
    Kerjasama sama marketplace system mesti di benerin

    • 23 Desember 2022 - (16:06 WIB)
      Permalink

      Betul gan pilihan pengiriman kargo cuman JNE Trucking, coba ada pilihan kargo lain misal Sicepat Cargo pasti saya pilih itu karena service nya jauh lebih baik dari JNE JTR pengiriman JKT-Jatim cuman 3 hari sampai. Yang pasti di di gudang JTR Jakarta orang yang sortir kurang + armada pengiriman cargo yang minim makanya lama. BIKIN DONGKOL!!!

      • 24 Desember 2022 - (04:53 WIB)
        Permalink

        Bikin review di yotube/tiktok aja om
        Biar VIRAL
        Kalo kayak gini gak bakalan
        Di tindaklanjuti dengan benar

    • 24 Desember 2022 - (04:22 WIB)
      Permalink

      Memang JNE kargo seperti itu om, kemarin sya beli TV di Shopee jg datangnya seminggu pas event 12:12. Cuma denger2 krn via kargo biasanya nunggu paket full dulu baru dikirim menuju kota tujuan. Jika blm full biasanya barang akan disimpan dulu di gudang jakarta. Kalau pas apes datangnya lama kalau nggk bisa cepat sesuai dgn estimasi & hubungi CS pasti percuma ujung2nya mesti suruh menunggu. Yaa tak doakan moga cepat sampai om barangnya.

  • 24 Desember 2022 - (05:39 WIB)
    Permalink

    paket saya juga stag kiriman tv ke medan, sampai sekarang belum juga ada kejelasan. cs juga memberi jawaban template. paket stag di origin gateaway jakarta, cs nya bilang 4-6 hari estimasi, tapi sudah 15 hari belum juga ada kejelasan. sebelumnya sy juga kirim mainan bayi menggunakan service JTR dari surabaya ke medan, eh malah sampe duluan. kapok emang pakai ekspedisi ini

  • 25 Desember 2022 - (08:28 WIB)
    Permalink

    [UPDTATE]

    Per tanggal 24 Desember 2022 Pukul 09.15 Pagi barang sudah diantarkan oleh kurir dan sudah saya terima dengan baik tanpa kurang apapun, hanya saja yg saya rasakan barang saya dikirim setelah saya komplain sana-sini baru ada follow up nyata.

    Saran : itu estimasi barang sampai JNE JTR 4-5 hari diubah 10-14 hari karena kenyataannya memang seperti itu.

    • 25 Desember 2022 - (16:33 WIB)
      Permalink

      Tracking nya sesuai gan, kalau masih “Departed From Transit Gateway” berarti masih diem di gudang JNE JTR belum gerak ke kota tujuan

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Paket dari Shopee Sudah 9 Hari Tidak Dikirim oleh JNE Trucking

oleh Geraldhi dibaca dalam: 2 menit
11