Tidak Pernah Mengajukan Pinjaman Kembali, tapi Dapat Notifikasi Bahwa Pengajuan Pinjaman Gagal

Kepada Yth. Tunaiku,

Saya selaku eks nasabah Tunaiku, melalui surat ini saya ingin mengajukan penutupan akun secara permanen. Dikarenakan sebelumnya saya sudah mengajukan melalui email dari bulan Oktober, bahwa saya ingin mengajukan penutupan. Namun belum ada tindakan ataupun balasan untuk permohonan saya ini.

Benar saja, pada hari ini Rabu 21 Desember 2022 pada pukul 18.53, saya mendapatkan notifikasi email bahwa ada pengajuan pinjaman sebesar Rp20 juta dengan cicilan 20 bulan yang gagal diajukan. Padahal saya tidak pernah mengajukan pinjaman kembali. Apakah data saya bocor? Kenapa bisa terjadi notifikasi ini? Mohon penjelasannya.

Melalui surat ini saya menginginkan agar akun dan data saya di Tunaiku mohon dihapus dan ditutup secara permanen. Jika di kemudian hari ternyata terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau ada transaksi tanpa sepengetahuan saya, maka saya tidak akan bertanggung jawab.

Mohon bantuan dan informasinya secepatnya, agar masalah pengajuan penutupan akun saya ini bisa segera diselesaikan. Terima kasih.

Salam hormat.

Eka Romadhona
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Tunaiku atas Surat Ibu Eka Romadhona

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Ibu Eka Romadhona sampaikan. Menanggapi Surat Pembaca yang disampaikan Ibu Eka Romadhona...
Baca Selengkapnya

20 komentar untuk “Tidak Pernah Mengajukan Pinjaman Kembali, tapi Dapat Notifikasi Bahwa Pengajuan Pinjaman Gagal

  • 23 Desember 2022 - (10:26 WIB)
    Permalink

    Dengan fakta bahwa pengajuan pinjaman terakhir (20 juta) tidak disetujui, pihak Tunaiku cenderung tahu ada sesuatu yang tidak valid. Apalagi jika berdasarkan pengakuan anda, pengajuan kali ini bukan dilakukan oleh anda sendiri.

    Karena terindikasi sudah ada yang “bermain-main” dengan akun anda, sebaiknya penutupan akun tidak cukup lewat email saja. Hubungi pihak Tunaiku lewat telepon/chat dan rekam hasil pembicaraan secara penuh, sebagai bukti jika terjadi sesuatu di kemudian hari.

    Semoga dengan dimuatnya surat pembaca ini lebih mempercepat respon Tunaiku dalam menanggapi permintaan pengajuan penutupan akun anda.

    16
    • 23 Desember 2022 - (16:33 WIB)
      Permalink

      Sy jdi khawatir. Kejadian ini sama dgn yg sy alami bbrp minggu lalu. Tpi di aplikasi ADAKAMI.. Pinjaman kami sdh lunas dari bulan lalu, dan sdh sy UNINSTALL, bbrp hari lalu tb2 muncul notifikasi PENGAJUAN PINJAMAN ANDA BLM DISETUJUI… pdhl sy tdk pernah membuka aplikasi tsbt krn sdh kami unistall..trima kasih kpd penulis artikel dan MEDIA KONSUMEN, berita ini membuat sy hrs segera mencari jalan untuk mengajukan penghapusan data di ADAKAMI

      11
    • 24 Desember 2022 - (08:18 WIB)
      Permalink

      Di tanggal yang sama saya juga mendapatkan email bahwa saya mendapatkan pinjaman dengan nominal yang sama, padahal saya tidak pernah ada mengajukan pinjaman apapun. Ada yang aneh di sekitar tanggal itu karena ternyata bukan saya saja yang mendapatkan notifikasi pinjaman tanpa ada pengajuan apapun

  • 23 Desember 2022 - (10:59 WIB)
    Permalink

    “Apakah data saya bocor? ”
    Benar, data ands bocor.

    Lakukan penghapusan data secara permanen.

    @Tunaiku
    Lakukan kewajiban anda untuk menghapus total data eks nasabah guna menghindari penyalahgunaan data.

    11
    • 23 Desember 2022 - (18:57 WIB)
      Permalink

      Iya betul,ini jdi pembelajaran buat kita bahwa sekara era digital,dan seharusnya ada keamanan yang kuat untuk menjamin data nasabah,namun jika sudah seperti ini,sangat mengkhawatirkan bagi kita sebagai nasabah,bahwa terbukti data kita tidak aman. Semoga pihak Tunaiku Amarbank segera menghubungi saya untuk segera mengkonfirmasi,karena email saya sebelumnya untuk pengajuan penutupan ini memang tidak ada tanggapan,semoga melalui media konsumen lebih cepat teratasi.terima kasih

  • 23 Desember 2022 - (14:05 WIB)
    Permalink

    Saya juga ga pernah ngajuin pinjaman lagi, tp dapet email klo pinjaman disetujui. Nominalnya pun sama. Mungkin klo kita ga konfirmasi data, pinjaman bakal tertolak otomatis.
    Dan jangan sampai terkonfirmasi data otomatis.
    Parah banget tunaiku tiba2 masukin penawaran pinjaman kaya gtu, 20jt tempo 20bulan, dana dicairkan cuma 19jt. Cicilan perbulan 1.735.970 selama 20bulan. Bayangin lo terima 19jt, tp lo balikin 30jutaan lebih ?

    11
    • 23 Desember 2022 - (14:54 WIB)
      Permalink

      Sama seperti saya….saya sudah kirim email balik ke tunaiku tapi di jawab pihak tunaiku, saya harus menghubungi tunaiku by phone…aneh ya. Apakah ada solusi untuk hal sepeeti ini ya, terima kasih

      • 23 Desember 2022 - (18:30 WIB)
        Permalink

        Saya juga sudah email berkali-kali untuk diajukan penutupan tapi tidak ada tanggapan,kalau kita telat bayar mereka cepat sekali tanggap untuk menagih,tapi pas seperti pengajuan akun,mereka pura-pura untuk tidak menjawab.

        • 24 Desember 2022 - (17:34 WIB)
          Permalink

          Sya juga mengalaminya,sya ada sangkutan sma KREDIVO setelah lunas, malah ada pembayaran dari KREDIFAZZ sementara saya tdak pernah download,mendaftar apa lgi mminjam,,,, hati hati yg berbaur PINJAMANoknumnya orang dlam sendri,pesan saya buat oknum KREDIVO,KREDIFAZZ smoga uang tersebut menjadi musibah bagi anda

    • 24 Desember 2022 - (11:55 WIB)
      Permalink

      Klo saya pernah begini.. tapi saya ingat sebelum nya ada telp dari Sales nya.. saya juga jawab. YA Nanti saya cek.. YA nanti saya ajukan.. ehh tau2 di Aplikasi udah langsung di Ajukan beneran.. ?.. selanjut nya besok2 ada telp gitu saya jawab nya.. TIDAK.. TIDAK.. soalnnya Confirm by record telp sudah cukup bahwa kita mengajukan pinjaman.. hanya kata2 YA trus di Cut buat record nya mereka..

    • 25 Desember 2022 - (08:41 WIB)
      Permalink

      Waduh Mbak Ratih saya Juga sama.Pdhal saya sudah ngak ngk ada pinjaman di tunaiku.Tiba2 Muncul Pinjaman di setujui Tenor 20 bln Bunga 4 persen perbln.Acc 20 juta.Potong Admin 1 juta plus biaya pemeliharaan 550 ribu.Gila ini Pinjol.Tapi klu ngak konfirm dan Ngak ada OTP dana ngak akan di Cairkan.Klu ada Sales nya yg Tlp Bantuin acc lgsung tutup.Tapi kok serem juga.Klu permainan dia licik.Tiba2 Dana di Tranfer.Pdhal dlu dia ngak pake biaya tersembunyi.Skr kok aneh.Serem lama2 ini PINJOL.

  • 23 Desember 2022 - (16:11 WIB)
    Permalink

    Ribetlah klo sudah pernah berurusan dgn pinjil..terutama keamanan data BS disalah gunakan..meskipun tagihan sebelumnya sudah lunas .. waspadalah…
    Hindari pinjol

  • 23 Desember 2022 - (16:51 WIB)
    Permalink

    Patut dicurigai,sengaja tidak cepat ditutup dan dicurigai jga siapa yg berusaha membobol akun.jangan jangan ada oknum nakal.

  • 23 Desember 2022 - (20:37 WIB)
    Permalink

    Menurut sy itu hanya sebuah sistim mesin penjawab otomatis. Yang mana akan berulang ulang terus memberitahukan. Abaikan saja. Buka n orang lain yg berusaha meminjam

    1
    4
    • 24 Desember 2022 - (10:11 WIB)
      Permalink

      Jika hanya sistem,bagaimana dengan aplikasi pinjol lainnya,ada beberapa aplikasi pinjol legal tidak sampai begini,bahkan Tunaiku itu seharusnya lebih baik karena dibawah naungan Amar Bank,tapi kalau keamananny seperti ini,apakah tidak memungkinkan ini bisa terjadi pada customer lain,kalau menurut saya jika hanya penjawab otomatis tidak akan muncul no.id transaksi di aplikasi saya,tapi ini muncul,berarti ada indikasi yang ingin mengajukan memakai data saya.

  • 24 Desember 2022 - (16:49 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama ada problem dengan aplikasi tunaiku,saya pijam sekali setelah lunas saya hapus,dan tiba2 ada notifikasi di emailku pinjaman anda telah di setujui dan saya sdh tidak mijam lagi,mohon aplikasi tunaiku di tutup saja ijinnya oleh ojk

  • 28 Desember 2022 - (16:21 WIB)
    Permalink

    Klo saya justru lagi cari pinjaman uang, mlh kena tipu orang 5 juta hilang
    Dimana ya saya bisa ajukan pinjaman, saya ada sertifikat rumah (belum balik nama), dan saya lagi betul2 butuh banget 🙁
    Dan saya IRT

 Apa Komentar Anda mengenai Tunaiku?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Tidak Pernah Mengajukan Pinjaman Kembali, tapi Dapat Notifikasi Bahwa …

oleh Mama Muda dibaca dalam: 1 menit
20