Gagal Tarik Tunai di ATM BSI, Saldo Terpotong

Kepada Yth. Bank Syariah Indonesia (BSI)

Pada tanggal 28 Desember 2022 sekitar pukul 16.30 WIB, saya melakukan tarik tunai sebesar Rp1.000.000 di ATM BSI di Bank BSI Majenang, Cilacap, Jawa Tengah. Namun sayangnya, setelah menunggu cukup lama sekitar 3 menit, tiba-tiba status di layar ATM menjadi “out of service“, dan kartu ATM keluar.

Saya kemudian melakukan pengecekan saldo di BSI mobile, dan saldo sudah terpotong. Keesokan harinya pada tanggal 29 Desember 2022, saya melakukan pengaduan ke kantor BSI Majenang, dan kemudian diarahkan untuk melakukan pengaduan melalui aplikasi BSI mobile.

Saya kemudian melakukan pengaduan melalui BSI mobile, dan berhasil dengan mendapatkan nomor tiket 2202122900733, namun ditulis bahwa uang akan kembali maksimal 5 hari kerja. Namun hingga saat ini, uang refund belum saya terima, sementara saya membutuhkan uang tersebut untuk biaya anak saya sekolah.

Saya juga sudah melakukan pengaduan ke channel resmi BSI di Twitter. Namun hanya disuruh menunggu, tanpa memberikan kepastian kapan uang saya akan kembali.

Melalui Media Konsumen ini, saya mohon kepada BSI untuk segera me-refund dana saya yang gagal ditarik dari ATM, karena uang tersebut amat saya perlukan untuk kepentingan biaya sekolah anak saya.

Bram Pratowo
Sleman, Yogyakarta

Update 10 Januari 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Bank Syariah Indonesia sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Gagal Tarik Tunai di ATM BSI, Saldo Terpotong

      • 6 Januari 2023 - (21:47 WIB)
        Permalink

        Wah sama juga dengan kejadian yg saya alami. Tanggal 4 Januari kemarin mau narik 100k via cardless juga kepotong tapi duitnya ga saya terima (tiba tiba out of service juga sama seperti yg dialami bapak). Ini pun sudah saya lapor via pengaduan di aplikasi BSI Mobile.

  • 6 Januari 2023 - (05:11 WIB)
    Permalink

    Ya klo gini sih,penyakit lama mesin2 ATM BSI…. bbrp waktu lalu,saya mengobrol dg seorang nasabah yang menyetor tunai ke mesin ATM Setor – Tarik BSI sebesar Rp 2,5 juta tahu2nya masuk mesin tapi gak masuk saldo tabungan…..terkadang pas ambil tunai….gak ada uangnya di mesin ATM…..JADI KANGEN AMA JAMAN BANK SYARIAH SEBELUM JADI BSI PAK

    • 6 Januari 2023 - (05:28 WIB)
      Permalink

      Sudah ada tanggapan dari pengaduan, dan DITOLAK. Transaksi di anggap berhasil. Saya mau banding ke kantor cabang. Gimana ceritanya saldo terpotong, tapi uang gak keluar. Mana itu uang buat sekolah. Saya kejar terus

  • 6 Januari 2023 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Ko BSI begini ya, ga ada tanggung jawab nya, jadi takut nih
    Sy juga nasabah bsi dan pengguna kartun atm bsi juga,

  • 6 Januari 2023 - (12:58 WIB)
    Permalink

    Update: Pengaduan di tolak, dan di anggap transaksi berhasil. Saya sudah banding ke kantor cabang, dan di suruh menunggu selama maksimal 20 hari. Duitkuuuuu ???

    • 6 Januari 2023 - (13:35 WIB)
      Permalink

      Wa…wah….bahaya begini,
      Jadi takut ni tarikh tunai di atm bsi, dan atm mandiri pakai atm bsi

      • 6 Januari 2023 - (15:25 WIB)
        Permalink

        Saudara2 kita di Banda Aceh aja udah merasakannya pada tahun 2021….bahkan saya nonton gugatan warga Aceh di Youtube pada 2021…..Coba bayangkan duit mau ditarik di mesin ATM BSI….TAPI uang gak ada,padahal bbrp hari lagi Idul Fithri di mana perlu uang tunai (minimal tuk angpaw dll)

    • 6 Januari 2023 - (19:01 WIB)
      Permalink

      Kalo berhasil seharusnya uangnya keluar dari mesin ATM. Minta rekaman CCTV di ATM, sebagai banding ke BSI kalo memang transaksi berhasil.

      • 6 Januari 2023 - (22:57 WIB)
        Permalink

        Menurut saya, sistem BSI sudah sangat bagus, saya pernah beberapa kali mengalami kejadian seperti penulis, bahkan di ATM bank lain, Alhamdulillah uang kembali dalam 2 hari. Beberapa kali gagal dalam mobile banking juga uang kembali, gagal pakai EDC juga kembali setelah saya lapor cukup pakai mobile banking, gak perlu ke bank, bahkan pernah gagal top up e money juga kembali. Coba ditunggu dulu

  • 6 Januari 2023 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Semoga masalah lekas clear ya, kalau sepengalaman saya yang pernah ngalamin hal yang sama permasalahan bisa solved pada 5 hari kerja padahal waktu itu dijanjikan 14 hari kerja.

  • 7 Januari 2023 - (08:15 WIB)
    Permalink

    Jangan2 saat duit keluar,anda sdh meninggalkan ATM karena kepanikan anda,,,REJEKI NOMPLOK antrian belakang anda.

    • 7 Januari 2023 - (08:19 WIB)
      Permalink

      Tidak, karena ATM langsung “out of service” dan atm keluar. Saya sempat di dalam 3-5 menit

  • 7 Januari 2023 - (19:21 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah masalah ini sudah di selesaikan, dana sudah di refund setelah banding di kantor cabang.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Syariah Indonesia?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Gagal Tarik Tunai di ATM BSI, Saldo Terpotong

oleh Bram dibaca dalam: 1 menit
22