Kendala Sistem Billing Statement via Email dan Annual Fee Kartu Kredit Bukopin

Saya pemegang kartu kredit Bukopin dengan nomor berikut: 4211680100****78 (Visa) dan 5268530100****72 (Mastercard). Billing statement dikirimkan via email Ho********@yahoo.com. Kronologinya:

  • Billing terakhir Bukopin saya terima bulan Februari 2022 (terlampir), semenjak itu saya tidak pernah menerima billing statement.
  • Pada bulan Januari 2023 saya dihubungi oleh pihak Bukopin, bahwa saya ada tagihan sebesar Rp300 ribu.
    Kemudian saya jelaskan poin 1, pihak Bukopin menjelaskan bahwa ada perubahan billing statement menjadi Gmail dan untuk pengiriman via Yahoo tidak bisa, serta harus pengkinian data di cabang Bukopin. Saya jelaskan poin 1 dan pihak Bukopin pun tidak ada info atas perihal pengkinian data via Gmail dan hal ini pun berlangsung hingga Januari 2023 sejak Februari 2022.
  • Setelah mencari info, tagihan Rp300 ribu merupakan tagihan atas annual fee kartu visa akhiran **78. Padahal kartu tersebut belum diaktifkan.

Melalui surat ini, saya memohon pihak Bukopin agar dapat menutup kartu Bukopin saya Visa dan Mastercard. Saya keberatan dalam membayarkan annual fee, payment handling fee dan statement bill charge fee. Atas dasar saya sudah melakukan kewajiban saya sebagai nasabah untuk membayarkan tagihan pada bulan Januari 2022 LUNAS (terlampir billing Februari 2022).

Dikarenakan saya kecewa dengan sistem dan pelayanan Bukopin, yang seakan mencari untung dari nasabah atas kesalahan sistem Bukopin pada poin kronologi di atas. Juga payment handling fee akumulasi tiap bulan Rp10.000 yang mana kita harus bayar Rp20.000 (untuk 2 bulan agar di bulan depan menjadi 0).

Terima kasih sebelumnya.

Alexander Natamihardja
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank KB Bukopin atas Keluhan Bapak Alexander Natamihardja

Menanggapi keluhan Bapak Alexander Natamihardja melalui rubrik Surat Pembaca di Media Konsumen pada tanggal 2 Februari 2023, dengan tajuk “Kendala...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Kendala Sistem Billing Statement via Email dan Annual Fee Kartu Kredit Bukopin

  • 2 Februari 2023 - (14:47 WIB)
    Permalink

    Maaf ikut nimbrung yah, setahu saya, kalau belum prnah diaktifkan kartu kreditnya, bukan berarti bebas dari biaya tahunan sih kak. Tetep harus lihat lagi S&K saat bkin kartu kreditnya apakah ada membership fee walau tidak diaktifkan kartunya. Tp kalo udah mau ditutup request aja ke pusat. Biasanya cepet kok prosesnya KB Bukopin.

    5
    1
  • 2 Februari 2023 - (14:51 WIB)
    Permalink

    Dulu prnah ada pengalaman kayak gni jga. Dpt kartu kredit dari bank sebelah dan ada tagihan annual feenya pdhl gak prnah merasa mengaktifkan kartu kredit. Kayaknya semua bank kayak gitu deh. Waktu saya dulu nutup kartu kredit d bank sebelah kayaknya prosesnya juga lama. Harus terus difollow up.

  • 2 Februari 2023 - (16:51 WIB)
    Permalink

    sepupu saya di bank lain jga sama kok, belum di aktifkan credit cardnya tapi ada tagihan annual fee. Katanya sih meski belum di aktifkan kalo kartu kredit sudah di tangan tetep akan kena annaul fee sesuai dgn syarat dan ketentuan dari awal. saran sih coba aja lagi di follow up ke kantor cabang atau hubungi call center pusat

    1
    1
  • 2 Februari 2023 - (16:54 WIB)
    Permalink

    biasanya emang gtu ka meski bleum aktif tetap bakal ada tagihan annual fee. tapi terakhir dgn kasus yg sama temen sy diproses cepat ko dan datang langsung ke bank Bukopin. smoga cepet selese ya masalahnya,

  • 3 Februari 2023 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Inilah yang sering bikin orang salah kaprah. Walaupun tidak diaktifkan tetap akan dikenakan biaya tahunan karena sudah dianggap setuju dengan ketentuan bank sejak bank memberikan limit kredit/kartu dicetak.

    Bahkan ada yang sering mendebatkan kalau kartu tidak ditagih annual fee kalau tidak diaktifkan. Iya itu tahun pertama gratis. Tapi tahun kedua tetap dikenakan meskipun tidak diaktifkan atau dipakai.

  • 3 Februari 2023 - (18:32 WIB)
    Permalink

    Langsung ja ke bkopin pasarminggu card center itu. Ketemu pa olin aruan or pa rizal juklio, spesialis komplainan kartu kredit, dijamin rebes

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank KB Bukopin?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Kendala Sistem Billing Statement via Email dan Annual Fee Kartu Kredit…

oleh Alex dibaca dalam: 1 menit
6