Kecewa dengan Promo Aplikasi Alfagift yang Menjebak

Rabu, 01 Februari 2023 saya buka aplikasi Alfagift dan melihat ada promo susu REALGOOD yang sedang promo buy 1 get 1. Saya pun memutuskan memesan dari rumah sebanyak 10 pcs dan memilih item gratisannya sebanyak 10 pcs juga dan memilih melakukan penjemputan 30 menit setelah pemesanan, pembayaran melalui ShopeePay.

Namun karena sesuatu dan lain hal, saya tidak kunjung ke toko yang bersangkutan untuk menjemput. Memesan dari Aplikasi Alfagift sebenarnya sangat membantu kami selaku konsumen, karena terkadang jika promo seperti ini, kadang di toko keterangannya HABIS, padahal diumpetin oleh karyawannya sendiri. Maka untuk amannya jika transaksi di Alfamart mending melalui Alfagift, eh ga tahunya ZONK dan menipu kami selaku konsumen.

Keesokan harinya di tanggal 02 Februari 2023 barulah saya meluangkan waktu menjemput paket pesanan saya di toko Alfamart yang telah saya tunjuk. Ternyata setelah diserahkan oleh pihak toko, saya kaget, kok pesanan saya Cuma 11 pcs? Kan saya pesannya 10 gratis 10. Saya minta struk ke kasir. Ternyata setruknya hilang, untungnya setelah cetak setruk, si kasir sempat memfoto struk pesanan saya dan akhirnya ditemukan bahwa pesanan saya yang tertera di setruk adalah benar 11 pcs.

Lalu saya kembali komplain ke kasir kok seperti itu? Ini jebakan namanya, di aplikasi promonya buy 1 get 1. Eh nda taunya beli 10 cuma dapat gratisan 1. Tapi kasir hanya bisa menyediakan pesanan sesuai dengan jumlah yang tertera pada setruk belanjaan saya.

Oke, lanjut komplain ke CS Sahabat Alfamart di (021)80619400, di sana saya dapat penjelasan dari CS bahwasanya saya harus melampirkan bukti screenshot saat saya melakukan pemesanan. Nah itu hal yang tidak mungkin lagi bisa saya lakukan karena waktunya sudah lalu. Logikanya saja, saya beli 10 pcs seharusnya gratisannya kan juga 10 pcs, lah kok cuma dapat 1 pcs gratisannya.

Info dari CS Sahabat Alfamart, menjelaskan bahwa saat melakukan pemesanan harus menginput item bonus 10 pcs juga (dan saya sudah jelaskan bahwa hal itu telah saya lakukan) lantas mereka minta saya melampirkan bukti screen shoot saat pemesanan. Karena telah memasukkan pesanan sesuai pesanan lantas pesanan kami berubah saat check out.

Lantas jika konsumen memang lupa mengeklik item BONUS mereka di aplikasi, di sinilah kehebatan tim aplikasi Alfagift MENIPU kami selaku pelanggan Alfamart dan Alfagift, dengan dalih konsumen tidak memilih item gratisnya. MENIPU kan???? Sungguh hebat dan manis caranya.

Saya merasa sangat kecewa dengan kejadian ini, jelas-jelas promonya buy 1 get 1 dan telah melakukan pemesanan sesuai dengan pesanan dan saat itu jumlah stok di toko cukup.

Lukman
Maros, Sulawesi Selatan


Update (8 Februari 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Alfamart sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Alfagift Alfamart:
[Total:41    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

29 komentar untuk “Kecewa dengan Promo Aplikasi Alfagift yang Menjebak

      • 5 Februari 2023 - (10:35 WIB)
        Permalink

        Ts menulis….. “Saya pun memutuskan memesan dari rumah sebanyak 10 pcs dan memilih item gratisannya sebanyak 10 pcs juga….” ada tulisan
        (Berlaku kelipatan)

        Kecuali ada tertera tulisan disclaimer :persediaan bonus terbatas/ selama stok msh ada baru deh mau ga mau bonus 1 doang

  • 3 Februari 2023 - (11:07 WIB)
    Permalink

    sama ky promonya gopay di resto2, cashback 5ribu, tp nyatanya zonk, selidik punya selidik kita harus ngeklik bagian promo, trus centangin. Harusnya mah otomatis dong. Siapa yg ga mau dapet cashback sih?

    • 3 Februari 2023 - (12:58 WIB)
      Permalink

      Promo buy 1 get1 utk menghabiskan stok yg cepat mendekati tgl kadulwarsa, pihak alfa seharusnya tepati janji nya. Jgn bikin promo alih2 promosi utk kelabui konsumen. Ga usah banyak nge les. Pak Lukman sdh benar memperjuangkan hak nya

      4
      1
  • 3 Februari 2023 - (11:16 WIB)
    Permalink

    kalo dr App seperti itu harus diklik manual beli 10 kita klik Bonus juga 10 sedangkan Anda cuma klik Bonus 1x, kalo kurang paham mending datang langsung kalo kaya gini gak bisa salahin toko kasih berdasarkan print struk dr Alfagif

    11
    2
    • 3 Februari 2023 - (11:17 WIB)
      Permalink

      Iya saya paham model bonus nya… Di apk sdah bener beli 10 bonus 10 susu… Tp pas d struk jadinya 11

    • 5 Februari 2023 - (10:52 WIB)
      Permalink

      Kemarin beli dr Alfagif bener 2 gratis 2 bonus bisa pilih sendiri rasa stawberry stock habis/kurang juga ada peringatanya, dan sebelum bayar ada rekap struk jd keliatan dapat Bonus apa tidak

      • 7 Februari 2023 - (18:11 WIB)
        Permalink

        Tuh Kan, ada POP UP besar jika tidak mencentang item BONUSnya… dan saya sangat yakin telah mencentang item bonus karena POP UP besarnya tidak muncul.

  • 3 Februari 2023 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Hahaha. Inilah hebatnya bahasa promo dan pemasaran. Kedepannya TS bisa pesan lagi tapi kali ini buat 10x pesanan berbeda (total 10 struk). Dengan begini tim pemasaran nggak bisa ngeles. Promo tapi harus memasukkan kode apalah-apalah cuma menunjukkan niat tak ikhlas.

    Untung promonya belum sampai level “hari ini bayar besok gratis”. šŸ¤£

    2
    6
    • 3 Februari 2023 - (22:37 WIB)
      Permalink

      Ide yang bagus… Nanti saya akan pesan 10 kali. Kan enak tuh mesan d alfagift ada juga pilihan dianterin. Mesan 1 dulu gratis 1. Pas terima mesan lagi beli 1 gratis 1. Begitu seterusnya sampe 10 kali… Hahahha

      2
      5
  • 4 Februari 2023 - (05:54 WIB)
    Permalink

    Bapak bisa buka di aplikasi alfagift. Klik akun, riwayat pesanan. Disitu bisa diliat ada bukti bayar, dan terlihat bonusnya jg selama maksimal 90 hari struk bukti bayar ada di aplikasi pak.
    Saya jg kmaren blanja gt, bedanya di aplikasi toko sebelah, saya hapus blanjaan, malah kehapus 3 item gak saya perhatikan. Jd pas barang datang kaget jg kok kurang, rupanya tangan sendiri yg usil, mata gak baca ulang dgn tliti

    • 4 Februari 2023 - (13:26 WIB)
      Permalink

      Inilah jawaban yang tepat.. cek history pesananya.. akan terbuka semuanya.. titik titik atau titik titik..

    • 4 Februari 2023 - (14:48 WIB)
      Permalink

      Iya history ada kok, tp dari pihak alfagift menginfokan kalo stok toko cuma 11, jd yg terpesan cuma 11 juga. Katanya ga mungkin bisa terpesan 20. Saat transaksi sdah benar kok 10, ambil bonus 10.

      1
      1
      • 4 Februari 2023 - (23:06 WIB)
        Permalink

        Kalo stok di toko cuma ada 11 biasanya di aplikasi gak bakalan bisa nambah pcs lagi bakal otomatis mentok, kemarin juga gitu stok ditoko cuma ada 2 jadi mau ditambah berapa pun tetep gak bisa, diteken-teken gimana juga gak bisa beli lebih… Tapi biasanya ini mah ya maaf kalo salah

        • 5 Februari 2023 - (14:43 WIB)
          Permalink

          Mbah JULEHA stok di aplikasi saat saya pesan CUKUP. info dari alfacare yang bilang stok toko saat saya pesan cuma 11. Gmana ceritana? Hehehe

      • 5 Februari 2023 - (05:11 WIB)
        Permalink

        “Lantas jika konsumen memang lupa mengklik item BONUS mereka di aplikasi, di sinilah kehebatan tim aplikasi Alfagift MENIPU kami dengan dalih konsumen tidak memilih item gratisnya. MENIPU kan????”
        —Kalian yg lupa kok nyalahin orang ? Yg tolol siapa yg disalahin siapa malah sok merasa benar pulak itu ngatain tipu inilah itulahšŸ˜‚šŸ¤£..
        Gak dapat untung banyak kok ngamokšŸ¤£šŸ¤£
        promo dibuat untuk banyak orang bukan untuk kau aja jadi yang wajar aja, beli 1 gratis 1.. Ingat, BELI 1 GRATIS 1. Bukan BELI 10 GRATIS 10.

        1
        1
        • 5 Februari 2023 - (14:46 WIB)
          Permalink

          Bang BAYYZ saya sudah pesan sudah sesuai dengan APLIKASI pesan 10 Gratisan pun dipilih 10. Setelah saya komplen, barulah CS ALFACARE bilang STOK TOKO cuma 11 Nda mungkin bisa terpesan 20… Waduh, nah saat saya pesan itemnya sudah sesuai kok

      • 5 Februari 2023 - (05:28 WIB)
        Permalink

        Stok toko singkron dengan aplikasi… Jadi kalau kurang tidak akan bisa di order pak, mungkin anda yang kurang teliti, lebih bijak lagi ya ….

        • 5 Februari 2023 - (14:48 WIB)
          Permalink

          MBAH DINAR, itu menurut anda, pernah saya order di ALFAGIFT kok, d aplikasi BARANGNYA NONGOL pas jemput pesanan bilangnya KOSONG. APA ITU BISA DIBILANG SYNCRON? CS ALFACARE saja bilang stok nda syncron dengan toko.

  • 5 Februari 2023 - (06:38 WIB)
    Permalink

    Alfagift bikin kapok belanja yang ada ember2 beli sekian free sekian. Pokoknya kalau ada event beli A gratisan B. Terkadang gratisannya tidak terbaca.
    Pas dikomplain dengan menunjukkan postingan program alfamart katanya kalau beli di alfagift memang tidak dapat bonusnya..

    • 5 Februari 2023 - (14:57 WIB)
      Permalink

      Sasqia, hehehe iya tp ini sangat membantu sih bagi saya. Karena kadang stok di AG cukup pas datang kata karyawannya stok Kosong… Eh tau taunya disembunyikan.

  • 5 Februari 2023 - (08:35 WIB)
    Permalink

    lagi pula yang gratis ada 2 item rasa yg harus dipilih salah satu..

    harusnya ini lbh mengutungkan customer. (customer yg teliti sih maksudnya).

    • 5 Februari 2023 - (14:49 WIB)
      Permalink

      Bang Mario, d sini stoknya cuma ada yg coklat. Pesananku sudah sesuai… Makanya saya komplen.

  • 5 Februari 2023 - (13:28 WIB)
    Permalink

    Yakin mas udah ambil gratis produknya?
    Kalo belum diambil ada popup besar loh, yg kasih info klo hadiah belum diambil.

    • 5 Februari 2023 - (14:53 WIB)
      Permalink

      Mas PRASETYO, iya saya yakin. Cuma CS ALFACARE bilangnya kalo saya mau komplen harus melampirkan bukti screen shoot saat pemesanan saya centang 10 untuk item bonus Saat pemesanan kan dah ga bisa balik screen shoot lagi kan Mas.

  • 8 Februari 2023 - (10:21 WIB)
    Permalink

    Saya bukanya bela alfamart, mmg klo yg berhadiah kita mmg harus klik barang hadiahnya, klo di biru lgs ceklis sendiri biasanya hadiahnya sesuai order kita,
    Mmg alfagift harus mutahirin lg aplikasinya, terutama yg pick up toko kenapa STATUS ORDERAN SELALU DLM PROSES,padahal barang sdh di terima, sy juga lagi laporin ke MK

 Apa Komentar Anda mengenai Alfagift Alfamart?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Promo Aplikasi Alfagift yang Menjebak

oleh Lukman McFadden dibaca dalam: 2 menit
29