Masalah Refund, Tanggapan oleh Tim Shopee Kurang Memuaskan, Merasa Kecewa!

Pada tanggal 06-02-2023 Saya membeli Kaca cermin pada marketplace Shopee, saya sudah percaya pada toko ini dan berharap barang diterima bagus dan tidak ada lecet. Tetapi pada tanggal 09-02-2023 barang datang ke tempat saya cepat tetapi barang diterima telah pecah dan pecahan beling berantakanšŸ˜­šŸ˜­.

Saya pun ke menu Shopee untuk refund barang dan chat seller bagaimana solusi dari permasalahan saya. Seller berkata “kembalikan dulu barang ke toko kami” Dan pada keesokan harinya 10-02-23 dengan waktu 10:00 WIB saya segera kembalikan barang ke J&T terdekat.

Pada tanggal 13-02-2023 saya kembali chat seller untuk menanyakan dana saya dan memberitahukan barang sudah dikirim oleh pihak J&T yang tertera nomor resi sebagai berikut:200155988959. Saya pun ngobrol dengan seller tetapi obrolan membuat saya kesal dan kecewa karena dana saya keluarkan untuk barang tersebut berjumlah 72.000 Sampai sekarang saya belum menerima dana itušŸ˜­. Jika dana itu saya terpotong oleh biaya ongkir COD seharusnya bisa dikirimkan kepada pembeli dengan uang sisa atau setengah harga.

Berikut saya lampirkan pembuktian chat dengan seller.

Saya heran kenapa seller slow respon dan tidak bertanggung jawab atas kesalahannya. Sekarang sudah 2 minggu berlalu uang saya tidak kembali dan permasalahan saya belum menemukan solusi.

Berbagai cara saya sudah saya lakukan chat seller, Chat CS Shopee,dan ke email Shopee tetapi jawaban kurang memuaskan. Pada hari ini 09:00 WIB saya menanyakan kembali Dana saya tetapi obrolan dengan pihak CS Shopee tidak memuaskan dan tidak membantu pembeli hanya bertele-tele yang saya rasakan pelayanan buruk šŸ˜­šŸ˜­ Berikut Saya lampirkan chat dengan CS:

Saya mohon pelayanan dan kualitas Shopee lebih ditingkatkan dan saya berharap permasalahan saya bisa ditanggapi dan lebih cepat terselesaikanšŸ˜­šŸ™. Terima kasih.

Syarifah Ayni
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:1    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Masalah Refund, Tanggapan oleh Tim Shopee Kurang Memuaskan, Merasa Kecewa!

  • 22 Februari 2023 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Jika transaksi menggunakan perantaraan marketplace (dalam hal ini Sopi), maka proses retur dan refund harus sepengetahuan dan koordinasi pihak Sopi. Surat TS tidak terlalu detail, sehingga meskipun sudah mengajukan refund tetapi jika negosiasi dan kompromi hanya dilakukan dua arah dengan seller maka pihak Sopi bisa saja lepas tangan.

    Dari tangkapan layar yang disertakan, saya masih lihat ada itikad baik dari seller. Tetapi jika TS mempermasalahkan dana pengembalian, seharusnya menuntut ke pihak Sopi bukan seller.

    Maaf kalau saya salah tangkap dari kronologi yang dijelaskan TS. Semoga dananya bisa kembali. Lain kali jika membeli barang sensitif seperti cermin sebaiknya langsung ke toko fisik ketimbang mempercayakan kepada pihak ekspedisi yang kurang amanah.

      • 23 Februari 2023 - (21:13 WIB)
        Permalink

        Kalau retur barang harus klik komplain, pakai resi yg di sediakan shopee, gratis ongkir nya. Kalau di tokped pun sistem nya pembeli bayarin dulu ongkir nya nanti di bisa di reimburse/ di klaim. Tidak ada marketplace yg menyarankan retur barang pakai ongkir nya COD, Karena nanti nya ribet. Nah bener kan.. Mau irit jadi ribet.

        Tapi seller nya respon nya bagus tuh, ada itilad baik, yg penting saling menjaga kesopanan aja dalam berkomunikasi. Toh yg retur tidak sesuai alur nya kan dari pembeli dulu.

    • 23 Februari 2023 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Saya sudah mengajukan pengembalian tetapi no resi saya gunakan dari pihak j&t bukan dari Shopee tetapi “pengajuan saya dibatalkan”

 Apa Komentar Anda?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Masalah Refund, Tanggapan oleh Tim Shopee Kurang Memuaskan, Merasa Kecā€¦

oleh Syarifah dibaca dalam: 1 menit
7