Sanggahan atas Tuduhan Pelanggaran Aturan Berjualan di Bukalapak

Salam hangat kepada Tim Redaksi Media Konsumen, Tim Bukalapak, dan rekan-rekan lainnya. Sebelumnya perkenalkan, saya adalah salah satu penjual di aplikasi Bukalapak. Sudah hampir 1 tahun lebih lamanya, saya ikut mencari rezeki di marketplace Bukalapak. Kendala mulai bermunculan, mulai dari transaksi yang tidak kunjung selesai otomatis, lambatnya aplikasi, sampai produk yang tidak bermunculan pada aplikasi Bukalapak. Namun sampai dengan sekarang semuanya masih dapat diselesaikan dengan cepat, sehingga masih dapat dilakukan transaksi jual-beli di toko saya.

Akan tetapi pada tanggal 18 Februari 2023, ketika saya meng-upload beberapa produk baru, muncul notifikasi bahwa “Anda sudah melebihi limit dari upload item“. Sedangkan seharusnya untuk pengguna Super Seller yang sudah diverifikasi KTP, tidak ada batasan limit upload produk baru (bulan Februari ini saya hanya baru menambahkan sekitar 30 item baru). Namun karena tidak terlalu urgent, saya pun tidak coba mengkonfirmasi dengan tim CS Bukalapak.

Tanggal 18 Februari 2023

Seiring berjalannya waktu, hingga hari ini tanggal 23 Februari 2023, tidak ada satu pun transaksi baru yang masuk ke toko saya. Saya masih berpikiran positif, mungkin ekonomi sedang tidak baik, sehingga penjualan menjadi sepi. Akhirnya saya pun berinisiatif untuk mengecek ke halaman toko saya. Alangkah kagetnya saya, ternyata tidak ada satu pun produk/item/barang yang muncul di toko saya.

Saya cek di setiap kategori tidak ada satu pun produk yang muncul. Padahal dari 568 produk terdaftar di Bukalapak, 418 di antaranya dalam status aktif (dijual). Ternyata ini yang mungkin menyebabkan tidak adanya transaksi baru yang masuk selama 6 hari (18 – 23 Februari 2023).

Total 569
Aktif (Dijual) 416
Tidak muncul produk satu pun

Tanggal 23 Februari, saya coba mendiskusikan dengan tim BukaBantuan (mungkin rekan-rekan mengetahui sangat sulit menghubungi tim CS Bukalapak). Saya melaporkan kejadian tersebut, sayangnya dari tim BukaBantuan pun tidak dapat memberikan langsung solusi/penyelesaian secepatnya. Tim BukaBantuan meminta saya untuk sedikit bersabar dan menunggu 4 x 24 jam ke depan.

Sehingga dengan total 6 hari (tanpa transaksi), saya harus menunggu 4 hari lagi total 10 hari untuk mendapatkan solusi dari kesalahan aplikasi tim Bukalapak, yang secara tidak langsung juga akan mengakibatkan kerugian. Karena mungkin beberapa pelanggan saya tidak dapat belanja di toko saya sehingga berpindah ke toko yang lain.

Menunggu 4 x 24 Jam

Info terakhir akun saya dibekukan karena melanggar aturan Bukalapak (email dari tim fraud terlampir).
Adapun sanggahan saya dari pelanggaran tersebut:

  • Menggunakan foto produk dan/atau watermark dari lapak dan/atau marketplace lain => Produk mana yang melanggar? Tolong diinfokan produknya, jangan main tutup, karena beberapa (awal membuka toko) saya mengambil foto barang dari Google, tetapi beberapa saya sudah menggantinya dengan foto saya sendiri (watermark toko).
  • Memiliki jumlah transaksi tidak selesai (transaksi dikembalikan) yang tinggi => Pembatalan transaksi saya hanya kurang dari 10 dari total 54 pembatalan (sisanya pembatalan dari pembeli dengan alasan salah alamat, salah item yang dibeli dll), dari awal toko saya dibuka sampai dengan sekarang.
  • Performa lapak di bawah standar Bukalapak => Skor saya terakhir 98, tidak pernah di bawah 90.
  • Melakukan pelanggaran atas Aturan Penggunaan Bukalapak secara berulang => Pelanggaran berulang yang mana saya tolong dijelaskan? Saya melakukan 11 pelanggaran (produk yang dihapus) selama berjualan, yang dihapus juga adalah produk yang sudah arsipkan/non aktifkan/tidak saya jual.
  • Memiliki akun duplikat => Aaya hanya mendaftarkan 3 toko menggunakan KTP saya dan itu diizinkan oleh peraturan Bukalapak sendiri, dan yang aktif juga hanya 1 toko, 2 toko lainnya saya mendaftar nantinya saya gunakan untuk keperluan menjual makanan dan baju (tetapi masih belum aktif).

Saya mohon bantuannya kepada tim BukaBantuan sekiranya bisa dilakukan dengan secepatnya. Karena di zaman resesi global seperti ini, mendapatkan penghasilan itu sudah sangat sulit. Ditambah pembeli prospek tidak dapat mengakses produk toko saya, yang akan semakin mempersulit situasi saya.

Terima kasih.

Cahaya Nur Alam
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Bukalapak:
[Total:11    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan perihal Sanggahan atas Tuduhan Pelanggaran Aturan Berjualan di Bukalapak

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Sanggahan atas Tuduhan Pelanggaran Aturan Berjualan di Bukalapak

  • 26 Februari 2023 - (10:50 WIB)
    Permalink

    Di BL udah lama pada mabok, sy aja out total gegara kasusnya sama dengan mas TS diatas. Malahan produk sy dah gede di watermark punya sendiri disangka punya watermark org lain. Yah kebanyakan negak alkohol ya sudah lah debat sma org2 mabok ya ga kelar2. Ganti email, ganti no hp yg beli nomer karbitan di konter, hapus produk semua, hapus banner/wallpaper. Cabut dan uninstall aplikasi BL. Bikin company profile co.id dalam 3 bln lumayan dpt konsumen tanpa pelantara marketplce.

    • 26 Februari 2023 - (15:00 WIB)
      Permalink

      wkwkw gue si udh uninstall dari tagar uninstall Bukalapak sampai sekarang ga pernah saya install kembali dan banyak toko yg ga bertanggung jawab didalamnya kesannya Bukalapak memberi peluang untuk toko” yg nakal asal”an , seharusnya mau jualan 1 item data” harus terverifikasi, saya baca dari tsnya kok, pantes aja banyak transaksi gagal duit ilang sama toko ga bertanggung jawab..
      toko terverifikasi bisa menjual banyak item, lah yg ga terverifikasi masih bisa jualan,. uninstall Bukalapak..

    • 26 Februari 2023 - (15:08 WIB)
      Permalink

      yg terverifikasi produk nya malah dibanned alias dimesin pencarian ga keluar,sama aja jualan angin. sepi jualan sepi mungkin dari tagar uninstall Bukalapak wkwkw saya pribadi aja udh ga pakai Bukalapak udah saya uninstall..

      • 26 Februari 2023 - (21:18 WIB)
        Permalink

        Iya kak sekarang juga sudah saya uninstall, disuruh bikin akun yang lain juga udah kadung males kalau ketemu CS Bukalapak, mau live chat ama CS aja harus ngisi formulir dlu šŸ˜“šŸ˜“

    • 26 Februari 2023 - (21:17 WIB)
      Permalink

      Bikin company profile co.id gimana om? Saya tertarik nih, zaman sekarang susah jualan kalau ga ikut marketplace, nunggu jemput bola offline juga lama. Mudah”an bisa ikutin jejak om dhan

      • 27 Februari 2023 - (11:48 WIB)
        Permalink

        Pakai website pribadi co.id aja, jadi toko online yang di kontrol sendiri. Misal ke jasa pembuatan toko online jnhost .co.id

    • 27 Februari 2023 - (10:11 WIB)
      Permalink

      betul itu marketplace fee juga sudah terlalu besar. merugikan seller dan buyer. rata2 fee bt seller + gratis ongkir sdh mencapai 7-9% sebentar lg tembus 10%

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Bukalapak?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Sanggahan atas Tuduhan Pelanggaran Aturan Berjualan di Bukalapak

oleh The dibaca dalam: 2 menit
8