Tagihan Kartu Kredit Bank Mega atas Transaksi yang Dibatalkan di Tokopedia

Kepada Bank Mega dan Tokopedia,

Pada tanggal 25 Januari 2023, setelah membayar kartu kredit Bank Mega, saya melakukan pembelian token listrik sebesar Rp500.000, dengan menggunakan cicilan 12 bulan kartu Bank Mega di aplikasi Tokopedia. Namun transaksi tersebut statusnya terus “processing” di Tokopedia dan setelah lebih dari 30 menit tidak kunjung berhasil. Akhirnya saya batalkan transaksinya.

Ketika tagihan kartu kredit Bank Mega bulan Januari terbit, saya dapati bahwa per 27 Januari 2023 muncul cicilan 1 dari 12 yang tidak saya kenali. Cicilan 1 sejumlah Rp51.601 dan juga ada biaya admin atas cicilan MegaPay sebesar Rp50.000. Padahal jika saya lakukan pengecekan pada aplikasi Tokopedia, pembelian listrik yang saya batalkan pun Nya tidak tertera pada aplikasi. Sehingga pertanyaan saya, atas dasar apa saya dikenakan tagihan?

Berikut ini saya lampirkan screenshot atas transaksi-transaksi saya di Tokopedia. Sekali lagi, pembelian listrik tersebut bahkan tidak muncul di riwayat transaksi.

Per tanggal 28  Januari 2023 saya mengisi formulir pengaduan di website Bank Mega untuk meminta pertanggung jawaban pihak bank dan mengkreditkan saldo kartu kredit saya sebesar Rp101.601 dan memastikan cicilan 2-12 sejumlah @Rp 51.601 tidak muncul kembali di bulan-bulan selanjutnya. Dikarenakan saya tidak mendapatkan manfaat berupa listrik yang saya beli serta transaksinya sudah batal dan tidak seharusnya muncul tagihan cicilannya. Berikut buktinya:

Setelah lebih dari 1 minggu tidak mendapatkan tindak lanjut dari Bank Mega, saya kembali mengisi formulir pengaduan di website Bank Mega dengan tujuan yang sama seperti pengaduan sebelumnya. Berikut buktinya:

Per hari ini tanggal 28 Februari 2023, saya mendapat tagihan bulan Februari. Pada tagihan tersebut, ternyata saya masih dikenakan cicilan 2 sejumlah Rp51.601. Artinya, hingga saat ini pihak Bank Mega tidak memiliki niat baik dalam menyelesaikan kasus ini. Melalui surat pembaca ini, saya meminta pihak Bank Mega dan Tokopedia untuk dapat memperhatikan dan bertanggung jawab menyelesaikan kasus ini. Bagaimana bisa saya dikenakan tagihan atas transaksi yang batal di Tokopedia oleh Bank Mega?

Agus Sugiarto
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Mega:
[Total:23    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan perihal “Tagihan Kartu Kredit Bank Mega atas Transaksi yang Dibatalkan di Tokopedia”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat yang disampaikan oleh Bapak Agus Sugiarto di mediakonsumen.com pada Hari Jumat, Tanggal 3...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Tagihan Kartu Kredit Bank Mega atas Transaksi yang Dibatalkan di Tokopedia

  • 3 Maret 2023 - (20:03 WIB)
    Permalink

    Kalau setahu saya, prosedur transaksi batal maka saldo akan dikreditkan ke kartu Anda maksimal 14 hari kerja (bisa jadi langsung dikreditkan, atau malah lebih lama). Nah kalau lebih dari itu, Anda harus tanyakan ke Tokopedia dan bank, tapi biasanya ini yang bermasalah di pihak Tokopedia. Ayo kejar terus.

    • 4 Maret 2023 - (15:12 WIB)
      Permalink

      Kartu yg si pakai untuk transaksi meski sudah di batalkan. Akan tetap tercatat di transaksi. Misal bapak trasaksi tgl 20 dan tanggal cetak tagihan tgl 23 pasti akan tertagih meski transaksi di batalkan. Karena proses refund membutuhkan waktu max 14 hari. Tapi jangan khawatir akan otomatis terbayarkan jika proses refund sudah berhasil.

      • 5 Maret 2023 - (04:36 WIB)
        Permalink

        Itu masalhnya udah ada tagihan ke 2x pa brarti otomatis udah lebih dari 14hr kerja dan gk ada refound

  • 3 Maret 2023 - (20:55 WIB)
    Permalink

    Itu kemungkinan mmg belum terbukukan sementara tanggal cetak tagihan udah mepet. Kalau gak ada tagihan lain biasanya bisa diabaikan saja atau bayar minimum Tagihan. Tapi kalau ada tagihan lain yang berjalan dibayarkan aja selisihnya dari total tagihan dan transaksi yang dibatalkan. Terus hubungi CS ecommerce dan bank terus biar cepat diproses dan diprioritaskan.

  • 4 Maret 2023 - (06:50 WIB)
    Permalink

    Langsung datang k CS cabang bank mega terdekat aja, ato hub marketing cc bank mega yg anda kenal, pasti cepat selesai ..
    Simpel kok ..

    • 4 Maret 2023 - (12:53 WIB)
      Permalink

      emang begitu pak, jadi pembayaran sudah berhasil, nah kalau trx batal nanti dikreditkan ke kartu kredit. Jatohnya kayak gestun dibuat cicilan. coba perhatikan ditagihan bulan depan, pasti ada trx 500.000 dengan kode CR (kredit). jadi bapak nggak dirugikan dan pakai CC ya seperti itu

  • 4 Maret 2023 - (08:38 WIB)
    Permalink

    Dulu… setau saya cicilan itu tidak dikenai biaya admin, dan suatu ketika saya beli alat rumah tangga secara online.. lumayan murah ok lah dibawah harga pasar dan ada bisa cicilan #bukan berarti gak bisa bayar cash ya?.. diantar lagi tanpa repot keluar.. btw ketika bulan depan waow ada admin 50k?‍? maunya irit jadi lebih mahal tu barang… sejak saat itu kalau ada tawaran cicilan gak lernah gw lihat ?? cukup sekali ajah… semoga bermanfaat

    • 5 Maret 2023 - (05:29 WIB)
      Permalink

      Pda saat melakukan pembayara kan di rincikan misal cicil 6 bulan 0 persen. Biaya admin nya 50 rb misalkan. Jadi tidak serta merta muncul begitu aja

    • 8 Juni 2023 - (10:24 WIB)
      Permalink

      Pengalaman pribadi, memang kalau dulu itu, belanja di e-commerce dgn metode cicilan kartu kredit, tidak ada biaya admin dan benar-benar murni 0%. Jadi misal belanja 6jt, cicilan 6 bulan, maka cicilan perbulan 1jt, tanpa ada biaya lain-lain. Tp semenjak pandemi, entah kenapa, dari hampir semua e-commerce yang digunakan, mereka mencantumkan cicilan 0% tapi ada biaya pelayanan gitu, yang mana ditagihkan ke dalam cicilannya, yang kalau dihitung-hitung lumayan jg, semakin gede harga produk & tempo cicilan, biayanya semakin gede jg. Memang sih, biaya tsb masih jauh lebih kecil dari bunga paylater, tp tetep aja, jadi semakin tidak nyaman nyicil barang di e-commerce pake kartu kredit.

  • 5 Maret 2023 - (13:58 WIB)
    Permalink

    Transaksi yang dirubah menjadi cicilan, cicilannya tidak bisa dibatalkan. Cicilannya akan terus berjalan sampai selesai. Kecuali kamu mau bayar biaya pembatalannya yang nominalnya sekian ratus ribu.

    Tapi tenang saja, harga totalnya akan akan dikreditkan kembali ke kartu kredit kamu.

    • 8 Juni 2023 - (10:15 WIB)
      Permalink

      ah ga juga kok, asal transaksi yang jadi cicilan tsb dilakukan otomatis via e-commerce terkait, maka cicilan yang sudah berjalan atau yang akan datang akan dikreditkan lagi secara otomatis apabila terjadi return/pembatalan produk. Beda kalau cicilan tsb dilakukan manual via telpon atau aplikasi kartu kredit yang digunakan, maka tidak bisa dibatalkan, kecuali dikenakan penalty.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mega?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Tagihan Kartu Kredit Bank Mega atas Transaksi yang Dibatalkan di Tokop…

oleh asugiarto25 dibaca dalam: 1 menit
12