Berapa Sebenarnya Biaya Administrasi dan Saldo Mengendap di Rekening Tabungan BCA?

Saya pengguna BCA dan saya tahu memang ada uang mengendap di rekening tabungan sebesar Rp50 ribu, yang tidak bisa kita ambil, karena itu sudah ketentuan. Ditambah lagi sekarang ada aturan BCA, kalau saldo rekening di bawah Rp100 ribu, dikenakan denda Rp10 ribu per bulan pada minggu ketiga. Bagi saya biaya ini terasa mahal sekali. Karena uang saya pas-pasan, jadi tiap bulan kena potong Rp30 ribu jika saldo di bawah Rp100 ribu.

Rekening saya ini saya isi dan saya ambil, karena memang biasanya saldo 0. Namun saya heran, bulan kemarin saya isi Rp400 ribu tapi di rekening masuk cuma Rp350 ribu. Oke kata CS di chat, itu uang mengendap. Namun bulan ini saya dapat transferan Rp268 ribu, tapi di saldo jadi Rp218 ribu, apakah mengendap lagi? Bukannya itu harusnya cuma sekali? Kalau biaya admin Rp50 ribu, mahal sekali!

Saya malas chat CS, karena jawabannya selalu sama, mengendap. Terlebih lagi kenapa sekarang kalau cek mutasi, biaya admin tidak muncul sama sekali? Tolonglah BCA, kalau bisa uang mengendap itu tampilkan saja berapa. Kok saya malah merasa kena admin Rp100 ribu, padahal ini kartu debit yang paling murah, masa diambil segitu? Mana mutasi admin gak bisa dilihat di m-BCA.

Bagi Anda uang Rp50 ribu itu tidak seberapa, tapi bagi saya itu lumayan sekali kalau setiap bulan selalu terpotong sejumlah itu. Sebenarnya biaya admin dan denda itu berapa? Apa denda tiap minggu? Mau pindah bank juga agak ribet dan harus punya dana setoran awal dulu.

Hanya di bank di Indonesia yang kalau gak ada uang di rekening didenda dan bisa hangus rekeningnya. Di luar juga gak gitu-gitu amat. Kalau saja e-wallet bisa ada ATM untuk tarik tunai langsung, pasti enak e-wallet, karena biaya admin juga gak sebesar ini. Walaupun saldo 0, e-wallet kita tidak akan busuk dan masih bisa dipakai.

Mohon info dan kejelasannya.

Tifany Elok Aprilia
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Total:92    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

33 komentar untuk “Berapa Sebenarnya Biaya Administrasi dan Saldo Mengendap di Rekening Tabungan BCA?

  • 8 Maret 2023 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Tergantung BCA nya tahapan apa, saya BCA ekspresi ngendap 10ribu aja. Saldo sering dibawah 10ribu gak pernah kena denda itu

    13
    2
    • 9 Maret 2023 - (18:04 WIB)
      Permalink

      Kalo ga ngerti produm BCA ga usahbpake BCA
      Di rek BCA itu saldo yg tertera di ATM ama mobile banking tidak termasuk saldo mengendap
      Ada BCA jenis tahapan gold yang memang ada biaya penalti kalo sisa saldo dibawah ketentuan
      Ini MK ga teliti adminnya buat menyaring keluhan yang ga masuk akal begini.ckckckc

      3
      8
  • 8 Maret 2023 - (08:54 WIB)
    Permalink

    kalo gak mau kena admin macam macam dan gratis biaya bulanan selamanya pakainya BCA jenis TABUNGANKU, itu bisa buat transaksi dan terima uang dari manapun.. dapat kartu atm juga.

    atau kalau mau yg versi irit ya buka bca expresi šŸ™ admin 7500 aja. ngendap 10rb.

    15
    1
    • 8 Maret 2023 - (14:52 WIB)
      Permalink

      Saya pakai bca gold dan saldo sering nol tapi dari tahun 2004 sampe sekarang amanĀ² aja ga pernah ada endapan potongan pun wajar 17000 setiap awal bulan

      9
      2
  • 8 Maret 2023 - (08:57 WIB)
    Permalink

    Dilihat di klikbca bagian mutasi disana bisa terliat saldo aslinya (termasuk saldo mengendap)

    • 8 Maret 2023 - (10:27 WIB)
      Permalink

      Kalo sering trima TT dari luar pakai ocbc aja, 1 rekening bisa 12 currency jadi terimanya usd, ngga kalah kurs. Tapi kalo paypal langsung dijadiin rupiah ding yak šŸ˜…

      1
      1
      • 8 Maret 2023 - (18:47 WIB)
        Permalink

        “Hanya di bank di Indonesia yang kalau gak ada uang di rekening didenda dan bisa hangus rekeningnya. Di luar juga gak gitu-gitu amat.”

        Pernah tinggal di negara mana & buka rekening di bank LN apa aja mba? Untuk pembanding aja.

        3
        3
      • 9 Maret 2023 - (09:47 WIB)
        Permalink

        Tp pelayanannya donk. Jauh bgt. CS nya melihat nasabah itu kyk pengemis. Suka2 mereka mau suruh nunggu berapa lama. Malah ngobrol sesama CS kl ngak sok sibuk apa gitu. Trus kl di ruang premier sering ngak ada orang. Jauh bgt kelas pelayanannya. Staff2nya liar, ngak ada respect sama nasabah.

    • 8 Maret 2023 - (11:27 WIB)
      Permalink

      Kak.. kalau dari paypal saya jg kadang ada kepotong fee utk transaksi dibawah nominal berapa gitu, terus kalau pas setor tunai kepotong, biasanya itu karena pada saat tanggal pemotongan admin saldo kosong, sehingga jadi minus, jadi pas ada saldo lgsg kepotong, saya pakai BCA dari 2007 saldo kadang sampai 0 tuh, gak ada harus ngendap sekian2, kalau beberapa bank BUMN spt mandiri atau BNI iya ada saldo minimal

  • 8 Maret 2023 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Cb sampean cek statement (rekening koran) sampean kl dari mutasi tidak terbaca,,,biasane disitu lebih rinci,kl ndak biar lebih jelas sampean datangi BANK BCA ne trus tanya CS.

  • 8 Maret 2023 - (10:10 WIB)
    Permalink

    ***Hanya di bank di Indonesia yang kalau gak ada uang di rekening didenda dan bisa hangus rekeningnya***

    Tahu dari mana? Referensi dari mana?

    3
    6
    • 8 Maret 2023 - (16:57 WIB)
      Permalink

      Iya memang benar..coba buka rekening isi 100rbu..trus biarkan bertahun2 jng bertransaksi apa pun. Coba cek 10 tahun masih bisa aktif kah? Masih ada saldo terbaca kah?

      Klw mau nggak ada biaya admin, saldo mengendap pakai aja bank bank digital. Gak ada biaya macam2 kaya bank konvesional.

    • 8 Maret 2023 - (17:12 WIB)
      Permalink

      Mending Buka Rekening lagi yang Baru dan Pilih Jenis Tahapan Xpresi saldo mengendap cuman 10.000, biaya administrasi perbulan cuman 7.500, tidak ada saldo dibawah minimal alias bisa sampai 0 tanpa kena denda

  • 8 Maret 2023 - (10:35 WIB)
    Permalink

    Buku tahapan dan kartu nya yang gold ya?? Kemungkinan itu denda pinalti masing2 kena 25ribu karena dibawah saldo minimum per bulan

    • 8 Maret 2023 - (21:58 WIB)
      Permalink

      Ko gitu? Saldoku suka sekarat, sampai sisa seratus dua ratus rupiah. Potongannya ya segitu, 16 17 ribu kalau pas ada saldo masuk. Belum pernah alami yang begitu. Kalau nanti dapat kasus macan ni, pasti auto tutup akun

  • 8 Maret 2023 - (12:24 WIB)
    Permalink

    Kalau mau nabung di bank BCA itu harus punya saldo banyak biar buat nutupin biaya admin perbulan, kalau tabungan sedikit lebih baik pakai blu bca

    • 8 Maret 2023 - (14:00 WIB)
      Permalink

      paling bener pakai blu bca digital saja.
      bebas biaya admin, gak ada saldo mengendap, bisa ditarik sampai nol.

    • 8 Maret 2023 - (14:19 WIB)
      Permalink

      tab xpresi sy sering dibuat Rp 0, sebenarnya bukan Rp 0 tp Rp 10rb cuman itu saldo mengendap. kadang kalo waktu nya udah kena biaya admin keliatannya tetap Rp 0, padahal sebenarnya sisa Rp 2.500

  • 8 Maret 2023 - (14:18 WIB)
    Permalink

    kalau bca ada biaya adm
    selain itu jika saldo kita 0 maka ada biaya pinalti,kalo gak salah biaya pinalti nya itu 5rb,,nah kalo kk gamau ada biaya bulanan dan gak mau biaya finalti,saya saranin pake blu bca (bca dgital) itu juga enak ko karna blu bca adalah anak perusaha’an bca

  • 8 Maret 2023 - (14:58 WIB)
    Permalink

    Cb pake xpresi kalo BCA, cuman gk dpt buku tabungan, bs cek transaksi ato mutasi via mobile juga sm, admin 10rb/bln lebih murah lebih mudah.. Pake bank Jago juga murah 3rb perbulan admin udah dpt atm juga..

  • 8 Maret 2023 - (15:27 WIB)
    Permalink

    Mbok ya cek mutasi atau print pasbook saldo mengendap bca itu 50 rb. Bulanan mulai 17.000 kalo tidak salah dan jangan sampe saldi dibawah 100 rb jika saldo di bawah 100 rb atau nol akan kena 5000. Ya makesure kan dengan pihak bank kalo keberatan pindah bank , kalo saya sendiri wes paham dan gak akan pindah ke lain hati karena bank ini yg paling bener dari semua bank.

  • 8 Maret 2023 - (16:44 WIB)
    Permalink

    “Kalau saja e-wallet bisa ada ATM untuk tarik tunai langsung”

    Bisa noh pake gopay lo tarik di mesin atm bca.. et dah

  • 8 Maret 2023 - (19:47 WIB)
    Permalink

    Anda pengguna baru nabung di bank? YANG dimana saldo mengendap itu selalu ada, Ente saldo 0 terus isi lagi ya pasti kepotong 50rb lgi lah, hadehh hadeh kaya gini aja komplen ke MK, pahami dulu itu saldo mengendap, bener kata orang pakai aja Tabunganku, atau yg lainnya DEPOSITOO no ribett

  • 9 Maret 2023 - (05:17 WIB)
    Permalink

    Bca itu buat bisnis(kecuali BCA tabungan ku&BCA syariah,) BCA ga cocok buat nabung yang jumlahnya kecil kecil bakal rugi keambil terus sama admin, kalo saldo kecil mending pake ewalet aja praktis gaada saldo mengendap bisa tarik di ATM sama bisa tarik /isi saldo di Indomaret/Alfamart saldo bisa dinolkan juga.
    Kalo mau bebas biaya admin ya pakai aja BCA tabungan ku/BCA syariah itu bebas admin tapi pilih Wadiah yang syariah

    • 10 Maret 2023 - (06:47 WIB)
      Permalink

      Kalo di ATM saldo mengendap gak keliatan makanya bs sampai 0, kalau cek di internet banking baru keliatan saldo yg ditahan.

  • 9 Maret 2023 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Itu biasanya terakumulasi biaya admin 2bln atau lebih, jadi gini
    Disaat saldo kosong, bank BCA tetap mendebet rekening kita untuk biaya admin bulanan,
    Lah disaat kita ngisi baru kepotong, coba cek mutasi dari awal bulan sampe akhir bulan,
    Saya kira pengguna BCA apalagi pake Mbanking udh pada cerdas,

    Saya juga gitu, klo gak ada transaksi masuk lebih dr sebulan kepotong banyak, apalagi itu pas screnshot cuman bulan 1/23 sama 3/23, bulan februarinya kemana

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Berapa Sebenarnya Biaya Administrasi dan Saldo Mengendap di Rekening Tā€¦

oleh Tifany dibaca dalam: 1 menit
33