First Media dan Gangguan Jaringan yang Tiada Henti

Saya pelanggan First Media (FM) dengan no pelanggan 11426745. Dan dalam kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman luar biasa dengan FM.

Setelah keluhan yang saya sampaikan melalui MK di bulan Januari saya menikmati layanan FM yang hampir tanpa cacat hingga memasuki awal bulan puasa kemarin.

Sejak bulan puasa kemarin, tiada hari tanpa gangguan jaringan (tidak ada koneksi internet sama sekali) dengan durasi 3-4 jam. Dalam catatan saya, saya ada menghubungi call center FM pada tanggal 3/Apr, 4/Apr, 6/Apr, 7/Apr. Dalam setiap laporan gangguan, operator hanya dapat memberikan jawaban akan dijadwalkan kunjungan teknisi.

Dan biasanya 1-2 jam setelah laporan tersebut maka koneksi akan kembali normal dan diikuti kedatangan teknisi di keesokan harinya. Cukup menggelitik bagi saya ketika teknisi selalu datang ketika koneksi telah kembali normal, sehingga mereka harus menerima keluhan yang beruntun juga dari tetangga saya yang juga mengalami gangguan koneksi FM.

Saya mulai menghubungi call center setelah menerima informasi dari orang rumah yang ternyata sebelum laporan pertama saya tersebut, setiap pagi (+/- mulai pukul 10:00 atau 11:00) selalu ada gangguan jaringan. Sebelumnya dia berpikir positif bahwa gangguan tersebut hanya sesekali saja sehingga tidak menyampaikan kepada saya. Namun ternyata gangguan tersebut tidak berhenti, setiap pagi akan selalu berulang.

Dan pagi ini sekira pukul 09:00 WIB, gangguan koneksi kembal terjadi pada kami dan juga tetangga yang menjadi pelanggan FM.

Saya sudah cukup lelah untuk menghubungi call center FM mengingat pulsa saya yang tersedot cukup banyak untuk setiap menghubunginya meskipun hanya berbicara 1-2 menit saja.

Surat ini saya kirimkan ke Media Konsumen hanya untuk berbagi cerita saja dan berharap cukup saya saja yang mengalami pengalaman luar biasa ketika biaya berlangganan yang terus naik ternyata berbanding terbalik dengan mutu layanan. Demikianlah nasib warga yang tinggal di kota yang sedang mengembangkan infrastruktur fisik jalan dan masih terbatas dalam akses infrastruktur jaringan sehingga kami cukup kesulitan untuk beralih provider.

Salam sehat jiwa.

Partahi Marulitua Hasibuan
Batam, Kepri

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan First Media atas Surat Bapak Partahi

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan adanya surat pembaca berjudul “First Media dan Gangguan Jaringan yang Tiada Henti” yang...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “First Media dan Gangguan Jaringan yang Tiada Henti

  • 11 April 2023 - (13:29 WIB)
    Permalink

    Bapak kalau komplen via aplikasi saja, lumayan hemat pulsa. Jaringannya di refresh via aplikasi juga bisa

  • 11 April 2023 - (15:09 WIB)
    Permalink

    FM sih cuma bagus buat pelanggan baru yg 1-3 bulanan. Internet speed kenceng. Tapi masuk bulan ke 4 ya gitu deh… Speed turun naik kayak dangdutan koplo. Belum lagi kalo modar. Bisa berhari-hari. Lapor CS ya gitu deh. Teknisi dateng utak atik modem sampai bener lagi. Bbrp waktu kemudian gitu lagi. Bikin naik darah. Untung aja ane skrg udah nggak pakai FM lagi. Kalau di-hitung2 biaya langganan lebih murah buat pelanggan baru 1 tahun. Setelahnya ya mehong! ???
    Dulu sempet denger mau collaps dan diakuisisi MNC. Tapi nggak kedengeran lagi progressnya.
    First Media??? Kartu mati!

  • 11 April 2023 - (20:57 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas tanggapan.
    Saya sudah restart melalui aplikasi, juga sudah report melalui tweeter.
    Ternyata setelah saya jalani selama 2 minggu ini ternyata solusi terbaik adalah dengan berpasrah diri. Karena ternyata dengan pasrah, mental saya tidak terganggu seperti gangguan koneksi FM.

    Setiap hari hingga malam ini (11/Apr) pukul 19:30, saya dengan setia menyampaikan info gangguan ini lewat tweeter….

    Benar memang, langganan FM akan menguntungkan pada 1thn pertama aja….

    Saran buat FM, sebaiknya secara terang benderang dituliskan bahwa gangguan koneksi setiap hari adalah bagian dari paket berlangganan kami sehingga kami tidak perlu buang2 waktu, tenaga, pikiran dan biaya untuk mikirkannya…

    Terima kasih FM sudah membantu saya dalam melatih kesabaran…..

    Salamsehatjiwa

  • 12 April 2023 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Saya juga merasa beberapa minggu terakhir, kualitas jaringan mereka semakin parah. Lokasi saya di Jakarta. Apa mungkin karena pelanggan mereka sudah terlalu banyak, tapi kapasitas bandwidth mereka tidak ditambah, sehingga jaringannya kepenuhan?

    Jadi ibaratnya pemadaman listrik bergilir, listrik padam di hari atau jam2 tertentu. Pelanggan first media juga kena gangguan bergilir, dan internetnya akan menjadi pelan atau mati total di waktu tertentu, karena kapasitas mereka sudah tidak mencukupi.

 Apa Komentar Anda mengenai First Media?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

First Media dan Gangguan Jaringan yang Tiada Henti

oleh Partahi dibaca dalam: 1 menit
5