Kiriman JNE Hilang Sebagian, Penggantian Dana Tidak Penuh

Saya merupakan penjual di marketplace Tokopedia yang berdomisili di kota Medan. Saya menerima pesanan dengan tujuan pengiriman ke kota Batam menggunakan jasa pengiriman JNE dan mengirimkan pesanan pada 27 Maret 2023 ke kantor JNE Wahidin Medan.

Karena barang yang dipesan terdiri dari tiga macam barang yang memiliki ukuran yang sangat variatif, maka kami mengemas barang menjadi 3 (tiga) kardus. Hal ini kerap kami lakukan karena memang barang yang kami jual ukurannya variatif dan selama ini tidak pernah sampai menjadi masalah. Pihak JNE Wahidin pun sudah paham dan memang terdapat mekanisme yang bisa dilakukan untuk kiriman lebih dari 1 kardus seperti ini.

Pembeli memberi info bahwa barang telah diterima pada 28 Maret 2023 namun tidak lengkap, pembeli hanya menerima 1 kardus. Maka pembeli mengajukan komplain melalui marketplace.

Setelah melalui proses investigasi pengiriman selama sekitar 10 hari (investigasi oleh Tokopedia, dan kami pun melakukan investigasi mandiri dengan menghubungi JNE Wahidin (kantor penerima barang kami), JNE Amplas (gudang sorting kota Medan), JNE pusat (via email ke customercare@jne.co.id) dan JNE Batam (kantor pengirim barang ke pembeli)), namun barang yang 2 kardus lainnya masih belum juga bisa ditemukan dan kami diminta mengirimkan berkas klaim oleh Tokopedia.

Pada berkas tersebut dijelaskan bahwa jumlah penggantian kiriman non asuransi adalah sebesar harga produk atau 10 kali ongkos kirim atau maksimal 1 juta rupiah dan dipilih nilai yang terkecil (hal ini berbeda dengan terms yang terdapat di website resmi JNE pada link berikut: https://www.jne.co.id/id/produk-dan-layanan/jne-express/syarat-dan-ketentuan-pengiriman , yang mana di dalamnya tidak memuat informasi mengenai jumlah maksimal klaim sebesar 1 juta rupiah).

Value barang yang hilang adalah 1.923.500, ongkos kirim adalah sebesar 455.000. Maka disampaikan bahwa jumlah klaim hanya sebesar 1 juta rupiah. Sehingga hal ini mengakibatkan kerugian pada kami selaku penjual sebesar 923.500.

Selain itu, Tokopedia menyarankan kepada kami agar seluruh barang diaktifkan wajib asuransi agar ke depan apabila terjadi masalah serupa bisa diganti utuh. Asuransi adalah layanan opsional dan merupakan hak pembeli untuk membelinya atau tidak sesuai dengan mitigasi risiko pengiriman oleh pembeli dan jasa pengiriman yang dipilih juga oleh pembeli.

Dalam hal ini, penjual sudah sewajarnya memberikan kebebasan kepada pembeli dan tidak memaksa seperti ini (asuransi juga berbayar). Anehnya lagi, karena asuransi merupakan pilihan pembeli, kenapa dalam permasalahan ini penjual yang dirugikan dan pembeli mendapat hak penuh tanpa perlu melakukan klaim apa pun, padahal penjual sudah melaksanakan tugas dengan baik dengan mengemas paket dan mengirimkan sesuai permintaan pembeli dan Tokopedia.

Masalah ini sudah menjadi satu tindakan penghilangan properti milik orang lain dan adanya pemenuhan tanggung jawab yang tidak sesuai oleh JNE. Kami mengharapkan adanya etiket baik dari JNE untuk bisa membantu memberikan solusi terbaik.

Kiranya surat ini juga bisa memberi ketukan bagi Tokopedia agar dalam upayanya melestarikan UMKM dan menjadi partner penghubung antara UMKM dan pembeli end-user, bisa bersikap lebih fair dalam memberikan solusi dan tidak didasari tendensi terhadap kepuasan pembeli semata. Penjual dan pembeli adalah dua unsur utama yang memberi kontribusi bagi perkembangan bisnis Anda.

Berikut ini kami lampirkan bukti pendukung, yaitu resi surat jalan toko kami dan label pengiriman.

Terima kasih, kami tunggu jawaban dari JNE maupun Tokopedia.

Alvianto
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Alvianto

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di mediakonsumen.com pada tanggal 10 April 2023 berjudul “Kiriman JNE Hilang Sebagian, Penggantian...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Kiriman JNE Hilang Sebagian, Penggantian Dana Tidak Penuh

    • 10 April 2023 - (14:19 WIB)
      Permalink

      Siang, via DM mana ya? Setahu saya di portal mediakonsumen.com tidak ada fitur DM

    • 10 April 2023 - (19:14 WIB)
      Permalink

      Kalian cuma bisa pagi kak pagi kak… Asuransi kalian juga absur. Asuransi abal abal… Kalau di tanya polish yg melekat. Agen juga gak bisa jawab.

      • 10 April 2023 - (23:07 WIB)
        Permalink

        Transaksi dmn? Klo transaksi di market place kyk sope Tokoped, dll itu regulasi di atur pihak market place, jne sudah paten WAJIb Asuransi, klo kehilangan komplaim proses di market tersebut, bandinglah klo gk sesuai

        Klo manual lbh baik informasi sejelas nya misal anda kirim baju 2jt saran asuran + paking, karna klo hilang cuma ganti 10x ongkir klo oangkir 10rb yah 100rb,

        Barang mahal yah proses yg bagus

      • 11 April 2023 - (14:16 WIB)
        Permalink

        Jangan khawatir setelah surat Anda masuk media konsumen. Semua kebahagiaan akan menghampiri mu dgn permasalahan semua beres.

  • 10 April 2023 - (16:20 WIB)
    Permalink

    masih pakai jne? aku sih ogah .. udah 2 kali paketku bermasalah, sekali pas beli sepeda dibilang ga ada orang di rumah, sampe nanya ke email, ke twitter, minta tolong ke penjual biar di followup, akhirnya nyampe dalam keadaan dus berantakan, barang rusak parah, sekali lagi pas beli layar lcd monitor, barang ga nyampe2 padahal udah 3 minggu pas ditanyain dibilang hilang, pas ada kenalan di jne aku suruh cariin di gudangnya ternyata ada dan akhirnya dikirim .. wiyy .. seremm.. ga lagi2 pake jne .. barang hilang kalau harganya mahal dan ga diasuransiin

    3
    1
  • 10 April 2023 - (17:42 WIB)
    Permalink

    Setau saya jika beli barang tidak di Asuransi kemudian hilang, Resiko ada pada pembeli & penggantian sesuai dengan ketentuan yg ditetapkan Oleh Jasa Kirim.

  • 10 April 2023 - (19:16 WIB)
    Permalink

    Asuransi selain opsional kan jg bisa permanen. Kalo barang mahal sebaiknya aktifkan permanen jd gak sesuai kehendak pembeli. Asuransi jg gak bakal memberatkan pembeli jd sama2 mengerti jg

  • 10 April 2023 - (23:09 WIB)
    Permalink

    Inti ny sie gini, RESIKO KLO 1 RESI DI PECAH JADI 3COLI, klo JTR gk pake asuransi cuma di ganti 10x ongkir alias klo ongkie medan 47rb x 10x di ganti 470rb

    Resiko klo bnyk coli an

  • 11 April 2023 - (00:25 WIB)
    Permalink

    Jadi yg harus anda lakukan adalah telepon YLKI atau Ditjen PTKN.
    085311111010
    +62213451692
    0213441839
    0217971378

  • 11 April 2023 - (10:27 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin, smoga kasus cpt selesai.
    Saran saya untuk fitur Asuransi WAJIB diaktifkan sehingga apabila kejadian terulang lagi, baik penjual maupun pembeli dananya AMAN karena sudah pasti diganti nanti oleh Tokopedia.

  • 17 April 2023 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Kalau di marketplace ga pake asuransi, ya imbasnya ke penjual bukan ke pembeli. Wajib asuransi biar ga menyusahkan anda sendiri.

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Kiriman JNE Hilang Sebagian, Penggantian Dana Tidak Penuh

oleh Alvianto dibaca dalam: 2 menit
16