Pihak JNT Ceroboh dalam Pengiriman, Paket yang Rusak Dinyatakan Hilang

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen sudah memuat keluhan saya ini ke Pihak JNT.

Pada tanggal 6 April saya melakukan pengiriman paket dari Solo tujuan Jepara. Saya sudah melakukan packing dengan aman menggunakan bubble tebal, box kardus dan sudah ada Lakban Fragile karena memang isi paketnya handphone baru.

foto kemasan saat kirim

Pada tanggal 7 April saya dapat info paket saya rusak (Kemasan Luar Tidak Sesuai Prosedur) dari foto seperti kena air. Kalau kemasan saya gak sesuai prosedur dari awal seharusnya saat saya kirim kenapa saya gak ditanya? Dan menurut JNT bagaimana kemasan yang sesuai prosedur itu?

kondisi paket saat rusak info dari pihak JNT

Saya mulai chat dengan pihak JNT, dari situ mereka lapas tangan karena menurut mereka sudah sesuai prosedur kerjanya. Telepon CS JNT Pusat selalu sibuk. Komplain ke CS JNT Solo whatsapp gak ada respon sampai sekarang ini. Jangan menyalahkan paket banyak karena secara penanganan pasti ada yang salah.

Inffo case dari pihak JNT

Saya bertanya kenapa paket yang rusak tidak dilanjutkan dikirim atau tidak dikembalikan ke pengirim? Info dari pihak JNT kalau paket rusak tidak dapat pengantian sedangkan kalau paket hilang dapat pengantian. Saya tanya apakah dapat penggantian 100%, tidak ada respon. Hari ini dapat notifikasi: “pengantian paket hilang Anda kompensasi sebesar 150 ribu sudah masuk ke saldo Anda.

kompensasi 150 rb

JNT saya mau bertanya apakah memang seperti itu prosedurnya? JNT apakah Anda yakin solusi dari masalah ini benar mengingat kompensasi saya 150 ribu paket yang rusak kalau dibenerin dan dijual lagi lebih kali 150 ribu? Apalagi tidak ada info yang jelas paket yang rusak ini kondisi bagaimana, layar pecah, body retak atau bagaimana.

Kenapa ini paket gak dikembalikan ke pengirim? Ya saya tahu ini musibah, tapi kesannya ini seperti gak mau rugi malah cari untung. Saya sempat berpikir apakah ini cara mereka untuk meminimalisir pengantian barang, karena jika barang dinyatakan hilang hanya akan diganti 10x ongkir. Padahal kan barang kan ga hilang ada tapi rusak tapi ditahan sama mereka.

Agus Setyadi
Banjarsari, Surakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

32 komentar untuk “Pihak JNT Ceroboh dalam Pengiriman, Paket yang Rusak Dinyatakan Hilang

  • 14 April 2023 - (23:35 WIB)
    Permalink

    Makanya ka yg saya permasalah kan itu, saat saya minta tolong untuk tarik paketnya supaya dikirim balik ke saya selaku pengirim malah jnt ga respon, makanya saya bikin keluhan disini berharap direspon jnt pusat apakah bener cara pegawainya menangani masalah ini sdh benar

    • 15 April 2023 - (00:13 WIB)
      Permalink

      Mgkn lain x harganya dinaikin dikit aj bos tuk asuransi. Biar pergantiannya full oleh ekspedisi..daripada ky gini rugi besar..
      Tp bs jadi pas sdh asuransi, mereka tdk mau ganti dgn alasan yg baru lg.
      Serba salah. Atau pakai ekspedisi yg tidak rawan spti kasus anda.

    • 15 April 2023 - (17:00 WIB)
      Permalink

      DATANGIN KE DC YANG BERSANGKUTAN , BAWA SEMUA BUKTI, HADAPI SI SUPERVESOR NYA KA.. INSYA ALLAH MASLAAH KELAR, KALAU CUMA LEWAT CHAT TELVON ATAU WHATSAPP, GA BAKAL KELAR MASSLAH NYA. SAYA MANTAN KURIR jnt.

  • 15 April 2023 - (00:26 WIB)
    Permalink

    Bener gan serba salah, penginya sampai cepet malah terjadi spt ini. Yang saya binggung ini kenapa pihak jnt menganti status barang rusak menjadi barang hilang, paket ga diteruskan. Saya cek imei hapenya ke samsung di hari senin blm aktif saya konfirmasi pagi ini ke pihak samsung imeinya aktif berarti kan unit masih bisa nyala, komplain ke jnt ga ada respon, terlalu **

  • 15 April 2023 - (03:21 WIB)
    Permalink

    Buat laporan ke polisi saja
    Bawa media klau punya teman media
    UU perlindungan konsumen
    Biar nanti polisi yg usut
    Sekali2 di bikin jera ini kurir2 nakal

  • 15 April 2023 - (07:21 WIB)
    Permalink

    saya dulu juga seperti ini tetapi via JNE.. jual hp di tokopedia, paket saya berupa Hp untung nya saya kirim pakai asuransi,,
    dan paket di cek dulu oleh pihak jne sebelum dikirim. Pas paket sampai dipenerima, penerima kaget karna hanya dpt kotak ringan & kosong, sepertinya dimaling oknum kurir jne jg.. karena masih ada kurir yg antar dia komplen ke pihak jne, dan ajukan komplain di transaksi tokopedia.. uang barang saya pun gak beres jd nya di tokopedia gak cair.. akhir nya saya dtg ke pihak jne tempat saya kirim, komplain disana. dan akhir nya pihak jne center menyelesaikan masalah ini ditengahi juga oleh pihak tokopedia. pihak jne minta nego untuk penggantian sebesar 50% saya tolak, 80% saya tolak jg.. dan akhirnya setelah 3minggu penyelesaian oleh pihak jne diganti sebesar 100%.. itulah kegunaan asuransi di pengiriman..

  • 15 April 2023 - (07:49 WIB)
    Permalink

    dicuri itu,,,
    dlu saya juga pernah pake n*nj* express 2 kali,,,
    pertama, beli sepatu 2 pasang yg dateng 2 pasang, komplen ke penjual dong karena gak sesuai resi,,,
    dikira kesalahan penjual, dan akhirnya diganti sm penjual (kembali uang)
    kedua kalinya dgn kurir yg sama, harusnya datang 3 paket, yg dikasih 2 doang,,,

    abis itu gak pernah pake lagi tuh logistik,,,

  • 15 April 2023 - (09:23 WIB)
    Permalink

    Wow jnt lagi, jnt lagi
    Belakangan ini jnt emang sering bermasalah soal pengiriman, dari barang rusak s.d hilang
    Harus viral dulu baru pusat merespon, klo ga viral ngga gercep penyelesaiannya.

    Pihak outlet jg licik, JNT mengganti status barang rusak menjadi barang hilang tujuannya biar shopee yg ganti rugi. Keliatan banget nyari2 cara ga mau kena ganti rugi.
    Sedangkan dari kondisi produk kyknya bukan rusak ya tapi dirusak oleh oknum, masa iya bubble udah setebal itu jadi rusak ngga karu2an.

    Kirim link aduan ini ke pusat gan, biasanya beberapa hari kemudian direspon secara pribadi oleh PIC nya

    2
    1
      • 15 April 2023 - (18:30 WIB)
        Permalink

        Makanya gan dan saat cek imei jg sdh aktif jadi unitnya masih hidup tapi mereka hanya menganti 150k apa itu namanya ga cari untung dengan bikin laporan barang hilang padahal diinfo sebelumnya paket rusak kemasan tdk sesuai

      • 15 April 2023 - (21:52 WIB)
        Permalink

        Isinya handphone baru hilang digantikan 150 RB rugi besar nih pastinya non aktifkan saja jnt gan soalnya banyak kasus hilang pesanan dan digantikan dengan uang yang tidak setimpal ketika hilang paket pasti salah satunya Dimaling kurir dan lelet pengiriman nya ..ga cuma jnt jasper lain maling paket juga ..ya salah satunya harus menggunakan kurir sendiri misalnya asisten anda yang kirim misalnya sih kalo ada dishoppe? semoga barang anda kembali

        1
        1
  • 15 April 2023 - (21:49 WIB)
    Permalink

    J&T mah dah biasa. Gak tau SOP pengiriman mereka kek mana. Saya sudah bubble wrap tebal dan barang selalu rusak sampai tujuan. Terakhir saya komplain ke pusat dgn menunjukkan video unboxing dr Customer dan video saat dikemas dikirim ke Customer dan sudah bertahun2 sampai skrg gak ada kabar penggantian unit. Sejak itu saya sudah non aktifkan J&T diseluruh marketplace kecuali dilazada dan dan tiktok shope yang emang otomatis J&T dipilih sistem. Ogah ngirim barang fragile dgn J&T.

    • 17 April 2023 - (09:26 WIB)
      Permalink

      Modus itu, barang dicuri oleh kurir J&T….mau mebutupi aib difalam jdi blg barangnya rusak tp gk dikembalikan ke seller…..saran aja laporin ke polisi sebagai kasus penggelapan…

  • 16 April 2023 - (06:08 WIB)
    Permalink

    Masih banyak jasa pengiriman yang jujur..ini hanya oknum yg tdk bertanggung jawab…harus lebih teliti..dilema memang..di satu sisi kita ingin jualan lancar..di satu sisi lagi ada yg kurir yg nakal…sabar dah.. menunggu aja ada penggantian 100%…

  • 20 April 2023 - (10:41 WIB)
    Permalink

    Memang susah mencari orang jujur apalagi ketika melihat dan membaca isi paketnya apa. Sayangnya tidak ada ketegasan dari pihak ekspedisi. Mereka selalu beranggapan ada asuransi yang cover.

  • 5 Oktober 2023 - (10:28 WIB)
    Permalink

    Yaa Allah saya dr 30 agustus paket dr banten ke bekasi sampek sekarang statusnya gak berubah dan kompline puluhan kali via chat/telf cuma disuruh nunggu aja..
    parahhh jnt bikin kecewa. proces ganti rugi juga lamaaaaaa bgttt 1 bulan gak ada kejelasan.

 Apa Komentar Anda mengenai JNT?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

Pihak JNT Ceroboh dalam Pengiriman, Paket yang Rusak Dinyatakan Hilang…

oleh Agus Setyadi dibaca dalam: 1 menit
32