OYO Rooms Indonesia Melakukan Pembatalan Secara Sepihak atas Booking ID yang Telah Sah

Izinkan saya menyampaikan rasa kekecewaan saya kepada pihak OYO Indonesia, sebagai penyedia layanan penyedia Hotel di Indonesia atas pembatalan secara sepihak untuk Pesanan/Booking ID yang telah sah.

Kronologi dari permasalahan ini diawali pada tanggal 2 April 2023. Kami (pesanan atas nama akun adik saya: Andhika Bagus Alvian) melakukan pemesanan hotel 2 kamar, untuk tanggal 20 – 23 April 2023. Kemudian kami melakukan pembayaran atas pesanan booking hotel tersebut. dengan bukti transfer sebagai berikut:

Pesanan tersebut terkonfirmasi oleh pihak OYO, yang menyatakan bahwa transaksi pemesanan telah selesai dilakukan dan kami mempunyai hak atas penyewaan kamar hotel dengan rincian sebagai berikut:

Nomor pemesanan: GBL74154
Nama hotel:  OYO 890 Dewi Fortuna Guest House
Check in: 20/04/2023
Nama tamu: Andhika Bagus Alvian

Berikut bukti konfirmasi dari pihak OYO:

Kemudian pada hari Sabtu 15 April 2023, kami menerima email dari OYO Hotel, yang menyatakan bahwa pesanan dengan Booking ID tersebut sudah di-cancel atas permintaan customer. Padahal kami tidak pernah melakukan permintaan pembatalan pesanan sebelumnya.

Kemudian disusul email permintaan detail akun, yang mana kami diminta untuk mengisi informasi nomor rekening agar dana dapat dikembalikan (hal ini bukan yang kami inginkan).

Kemudian saya mencoba menghubungi customer care OYO, saat itu kami diberikan jawaban bahwa tim Reservasi OYO sedang melakukan pencarian hotel pengganti untuk pesanan kami, dengan menjanjikan akan dihubungi via WhatsApp (WA) sesegera mungkin.

Namun sampai dengan keesokan harinya, tidak ada satu pun pihak OYO yang menghubungi kami. Selang beberapa saat, kami mendapatkan email yang mengatasnamakan Partner Support Team, yang menyatakan bahwa reservasi kami tidak dapat diakomodasi karena terjadi kendala system issue. Dia menginformasikan bahwa tidak dapat menemukan hotel pengganti, dan menyatakan bahwa OYO akan melakukan pembatalan atas reservasi kode booking tersebut. Hal ini bertolak belakang dengan email yang sebelumnya dikirimkan oleh OYO, yang menyatakan bahwa pesanan dengan Booking ID tersebut sudah di-cancel atas permintaan customer.

Hal ini sangat merugikan kami sebagai customer secara material dan imaterial. Dapat saya simpulkan, bahwa pihak OYO dapat secara semena-mena melakukan pembatalan pemesanan/Booking ID yang telah terbit secara sah dan dengan tidak profesional menyalahgunakan sistem reservasi tiketnya yang merugikan customer, dengan seolah-olah yang melakukan permintaan pembatalan adalah customer.

Saya juga tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan oleh customer care yang hanya menawarkan solusi refund, tanpa adanya pertanggungjawaban oleh pihak OYO.

Saya ucapkan terima kasih. Saya berharap agar permasalahan ini dapat ditindaklanjuti oleh manajemen pihak OYO Indonesia, sehingga dapat mempertahankan rasa kepercayaan terhadap kami sebagai customer.

Andhika Bagus Setiawan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “OYO Rooms Indonesia Melakukan Pembatalan Secara Sepihak atas Booking ID yang Telah Sah

  • 19 April 2023 - (13:33 WIB)
    Permalink

    hampir 2 minggu setelah booking baru di cancel.. mana lagi peak season tgl” nginepnya mesti susah cari penggantinya kalopun ada pasti dah naik berkali” lipat…

 Apa Komentar Anda mengenai OYO?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

OYO Rooms Indonesia Melakukan Pembatalan Secara Sepihak atas Booking I…

oleh Andhika dibaca dalam: 2 menit
1