Paket Grab Unlimited Sering Tidak Berfungsi Tanpa Alasan yang Jelas

Surat ini dibuat setelah hampir 1 bulan customer service Grab mempermainkan dan menjawab asal-asalan komplain dari penggunanya.

Di aplikasi Grab, ada salah satu fitur berlangganan, yakni Grab Unlimited, yang mengandung beberapa keuntungan. Salah satunya adalah, potongan ongkos kirim sebesar 10.000 rupiah untuk partner GrabFood ,yang ada logo Grab Unlimitednya. Karena ini paket berlangganan, tentunya pengguna harus bayar. Jadi beda dengan promo gratisan ya.

Baik. Jadi, saya membeli paket Grab Unlimited ini beberapa hari lalu. Saya membeli paket untuk 2 minggu, dan hendak melakukan order pada partner GrabFood, yang jelas-jelas terpampang logo Grab Unlimited.

Oh ya sebelumnya, kesalahan adalah dari pihak Grab, bukan merchant. Sehingga dengan alasan privasi, di Media Konsumen ini nama dan alamat merchant saya sensor. Namun screenshot yang saya kirimkan ke pihak Grab tanpa sensor, jadi Grab bisa melihat dengan jelas merchant-nya apa dan di mana.

Terlihat jelas di atas, ada logo Grab Unlimited di resto tersebut. Namun ketika akan memesan, tidak ada potongan 10.000 dari subscription Grab Unlimited. Pada gambar saya beri kotak, yang mana tempat seharusnya ada tertulis potongan Grab Unlimited, tapi kosong. Sehingga terpaksa order tanpa paket tersebut berjalan, padahal sudah dibeli.

Setelah order, saya mengajukan komplain ke CS Grab. Sungguh ajaib, saya dikirimi email dari Grab, yang menyatakan, bahwa masalah tersebut SEDANG ditangani di tiket lain.

Lebih ajaib lagi, malah diminta tangkapan layar, yang jelas-jelas sudah diberikan. Mengenai tiket tersebut, itu adalah tiket masalah serupa yang terjadi pada 20 Maret 2023 dan hingga saat ini, sudah 1 bulan tidak ada solusinya. Jangankan solusi, bahkan penyebabnya apa saja, Grab tidak tahu (atau tidak mau tahu?).

Sebagai keterangan tambahan, berikut adalah alur kasus pada 20 Maret tersebut:

  1. Saya mengajukan pertanyaan pada tanggal 20 Maret, mengapa resto di bawah ini (resto yang beda sama resto yang di atas) tidak bisa jalan Grab Unlimited-nya, padahal jelas-jelas ada logonya.
  2. Grab menjanjikan akan mengecek dalam 1×24 jam.
  3. Setelah 1×24 jam, tidak ada apa-apa, di chat disuruh menunggu lagi 1×24 jam.
  4. Melihat tidak ada perkembangan, saya merasa rugi berlangganan, saya cancel saja perpanjangan paket.
  5. Begitu di-cancel, langsung ada balasan dari CS Grab. CS menyatakan paket Grab Unlimited sudah dibatalkan, sehingga tidak bisa digunakan.

Ajaib sekali bukan? Masalah terjadi pada 20 Maret, cancel-nya 23 Maret, penyebab tidak bisa digunakan adalah cancel yang di masa depan. Bahkan lebih ajaib lagi, di syarat dan ketentuan subscription Grab jelas, bahwa pembatalan subscription hanya akan membatalkan perpanjangan paket. Benefit dari paket tersebut akan tetap diterima hingga akhir periode paket.

Jadi dari sini terlihat jelas, bahwa Grab sama sekali tidak berniat menyelesaikan masalah, atau bahkan mencari tahu apa yang terjadi. Hanya mengulur-ngulur waktu saja, sampai nanti bisa bilang “Oh paket sudah habis” atau “Oh paket sudah di-cancel“.

Setelah itu, beberapa email saya berbalas dengan Grab, hingga tanggal 4 April, yang mana sudah 2 minggu dari awal saya tanyakan, dan Grab tetap tidak mau tahu, membalas email saja tidak. Saat di kemudian hari terjadi masalah serupa, dikembalikan lagi ke tiket lama, yang tidak pernah diselesaikan.

Bahkan, salah satu instruksi grab adalah beli lagi paketnya. Sungguh ajaib sekali pelayanan customer service Grab ini. Saran ya buat Grab, kalau memang mau menyuruh customer beli paket yang tidak bisa dipakai, tidak jelas pemakaiannya, gak usah dinamai bagus-bagus, namain saja “PAKET DONASI UNTUK GRAB”. Pas kan? Pokoknya pengguna beli saja paketnya perkara gak bisa dipake, gak peduli. Pokoknya beli!

Abraham Dharmawan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Paket Grab Unlimited Sering Tidak Berfungsi Tanpa Alasan yang Jelas

  • 23 April 2023 - (16:48 WIB)
    Permalink

    Belakangan ini memang sering bermasalah. Harus komplain terus baru ditangani.

  • 24 April 2023 - (00:58 WIB)
    Permalink

    Memang sengaja memakai nama “unlimited” karena saat ada masalah, tenggat waktunya unlimited dan konsumen wajib SABAR unlimited.

  • 24 April 2023 - (02:35 WIB)
    Permalink

    Sya aja bingung jd driver,sering di marahi hal itu sm cs,nanya ini itu ko gini,mn sy tau,,,kan sy cm antar jmput?,,,yg pasti di#gojekin aja “pasti ada jalan”?

    • 24 April 2023 - (11:44 WIB)
      Permalink

      Nggak usah beli paket2an lah.. nggak ush pakai grab lagi.. kan ada gojek. Perusahaan spt itu tdk tau cara menghargai konsumennya.. buat apa kita pakai jasa mereka.

      3
      1
      • 10 Agustus 2023 - (12:04 WIB)
        Permalink

        saya baru aja berlangganan grab unlimited yang 8 minggu dan nyesel banget kok gabisa dipakai:”((

  • 24 April 2023 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Di Indonesia, CS hanya bemper bisnis thd komplain customer, mereka dibayar utk mendengar dan balas email/chat – dan jarang sekali paham apa sesungguhnya masalah yang dialami customer, namanya juga bemper apa yang kalian harapkan.

 Apa Komentar Anda mengenai Paket Grab Unlimited?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Paket Grab Unlimited Sering Tidak Berfungsi Tanpa Alasan yang Jelas

oleh Abraham dibaca dalam: 2 menit
7