Layar Samsung Galaxy S20+ Bergaris Setelah Upgrade Software

Saya adalah pengguna ponsel Samsung, yang pertama kali memiliki produk flagship Galaxy S20+, dengan membeli pre-order pada Februari 2020. Saya selalu melakukan update software secara berkala, sesuai pemberitahuan dari Samsung. Namun suatu ketika pada bulan Februari 2023, saya mendapati garis vertikal pada layar setelah melakukan restart.

Awalnya saya tidak paham apa penyebabnya, karena ponsel tidak terjatuh dan tidak terkena air. Garis tersebut awalnya hanya satu, berwarna magenta tipis. Namun kemudian bertambah dan menjadi lebih tebal seperti light saber di film Star Wars pada bulan Maret. Saat itu saya belum memutuskan untuk membawanya ke Service Centre.

Pada bulan Maret, saya melakukan update software lagi dengan harapan garis tersebut hilang. Namun setelah restart, muncul garis hijau. Baru setelah itu, saya mulai browsing di internet tentang “garis hijau pada hp Samsung”. Terkejutnya, beberapa forum Samsung Member yang khusus untuk seri Galaxy S20 mengeluhkan hal yang sama (lihat screenshot terlampir).

Ini berarti bukan keteledoran saya sebagai konsumen, tetapi banyak konsumen lain yang menghadapi masalah yang sama. Di lingkungan pertemanan saya juga, saya menemukan beberapa teman yang mengalami masalah yang sama setelah saya menceritakan kondisi ponsel S20+ milik saya.

Amel bahkan memposting hal tersebut di Instagram-nya (link: https://www.instagram.com/p/CpFXbuqJKZT/?igshid=YmMyMTA2M2Y= ). Irda, seorang rekan di Metro TV bahkan sudah mengalami masalah tersebut dua tahun lalu dan hanya memutuskan untuk memuseumkan ponselnya karena pihak Service Centre Daan Mogot hanya memberikan solusi penggantian LCD seharga Rp3,8 juta yang harus ditanggung oleh konsumen.

Saat ini, hampir tiga bulan sejak saya mengalami masalah tersebut. Saya masih bertahan dengan green vertical line yang semakin bertambah di layar S20+ saya, sambil berharap Samsung mau bertanggung jawab. Testimoni saya ditanggapi oleh postingan Samsung (lihat screenshot terlampir).

Lalita Gandaputri
Yogyakarta, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

33 komentar untuk “Layar Samsung Galaxy S20+ Bergaris Setelah Upgrade Software

    • 12 Mei 2023 - (18:36 WIB)
      Permalink

      Tidak hanya seri S20 tetapi saya juga ngalamin di seri A71, smua bermula dari update software muncul satu garis tipis magenta kmd beberapa bulan kemudian tambah garis putih berikutnya terus dan terus sampaimengganggu krn tdk bisa utk melihat text, akhirnya dipensiunkan saja

    • 12 Mei 2023 - (15:50 WIB)
      Permalink

      Bergaya pake user “Apel Digigit” gataunya kena blokir sinyal.
      Hape elit sinyalnya sulit.
      Cek aja media konsumen.
      Kalah sama pocin murah tapi sinyal lancar jaya. ✅

      2
      5
    • 13 Mei 2023 - (10:02 WIB)
      Permalink

      Hari gini masih apel di gigit? Banyak orang luar udah ganti ke HP yang banyak inovasinya haha. Apple di gigit cuma itu-itu aja. 2023 belum ada flip juga. Just overpriced phone.

  • 12 Mei 2023 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Luangkan waktu simak dimari, jangan cuma ketika ada masalah baru post. Saya aja bukan pengguna Samsung sudah lama tau problem ini dari laporan keluhan pengguna lain.
    Turut berduka, namun yg udah2 memang ngga ada solusi tanpa keluar duit dr Samsung.

    6
    2
    • 14 Mei 2023 - (12:08 WIB)
      Permalink

      Sama, saya juga pengguna S20+, garis hijau tiba2 muncul seminggu ini, awalnya sempat kaget krn saya merasa ponsel tidak terjatuh, atau pun kena air, tapi setelah membaca postingan ini, saya ingat juga kalau sudah upgrade software krn memang biasanya setelah ada notif upgrade software, langsung saya upgrade

    • 12 Mei 2023 - (18:46 WIB)
      Permalink

      Sebelumnya ada post juga yg mirip, sebagai konsumen samsung saya sudah matikan update software karena pengalaman dgn a50s yg setelah update firmware, sering restart sendiri, dan solusi dari service center ganti mesin yg harganya sama beli baru. Bagi yg pake samsung mending jangan di update2 softwarwenya krena kadang di susupi bug agar segera mengganti hp.

  • 12 Mei 2023 - (13:24 WIB)
    Permalink

    Saya udah 3 atau 4 kali liat artikel yang sama di mediakonsumen untuk masalah yang sama, apakah memang dibuat seperti itu pas garansinya habis?

    9
    2
    • 12 Mei 2023 - (15:52 WIB)
      Permalink

      Sepertinya iya, tapi masalah begini lebih sering ada di seri S.
      Saya pun pernah ngalamin di seri S mereka.
      Justru punya seri A udah 2 tahun pake lebih awet dari seri S-nya.

      3
      2
      • 13 Mei 2023 - (05:19 WIB)
        Permalink

        Bener. Samsung a7 2018 anak gue masih awet, bahkan jd hp ke 2 gue. Padahal note 9 yg keluaran thn 2018 udh dijual 2020 krn pink line setelah update yg kemudian gue jual.

  • 12 Mei 2023 - (15:51 WIB)
    Permalink

    Kya nya emang masif, bro. s20+ kya gitu
    Dan emang s*m*sng begitu, lepas tangan.. dianggap kesalahan user… entah diklaim jatuh, diajak renang, atau apalah…
    Gak mau klaim kesalahan mereka sendiri/produk gagal
    Dan di forum s*ms*ng, ada yg komplen… mentok 500 ribu ganti layarnya… dibawah itu (gratis) s*ms*ng gak mau

    4
    2
  • 13 Mei 2023 - (05:14 WIB)
    Permalink

    keknya samsung harus digugat class action nih spt di Australia yg boong hp nya bisa tahan air. Kasus spt ini udh sering setelah update, gue 2x kena layar garis pink sama peringatan port charger saya kena debu/air, padaahl gk pernah kena debu / pake pelindung port dr karet. Akhirnya gk bs di cas. Di hp lain gk pernah ada peringatan tp tidak menghentikan pengisian. Samsung udh gk direkomendasikan lg. Ini namanya bisnis curang.

    • 13 Mei 2023 - (11:31 WIB)
      Permalink

      Dream on bro, here straya ppl launched class action since 2k19 and penalty case for samsung just approved in 2k22 , which is took 3 years!
      Jgn lo expect lah di wakanda court bakal ngefect, justice system was problematic! Not like were i live in straya!

      2
      3
  • 13 Mei 2023 - (10:04 WIB)
    Permalink

    Kayaknya kalau software ga akan mempengaruhi hardware. Emang ada kerusakan hardware yang uda mulai 3 tahun.

  • 13 Mei 2023 - (10:58 WIB)
    Permalink

    Sejauh yg saya tahu ada banyak keluhan serupa di medsos ataupun MK.

    Andai saja ada 1 ‘korban’ yg mau berinisiatif mengumpulkan ‘korban’ lainnya dan kemudian melakukan class action.

    Harapannya ke depan pihak produsen bisa lebih memperhatikan hak2 konsumen dan tidak seenak jidat menyuruh konsumen membayar spare part yg mana itu seharusnya merupakan tanggung jawab produsen (produk cacat/gagal/rusak setelah update software)

  • 13 Mei 2023 - (18:15 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami pada s20 ultra. Selesai update garis hijau dan pas masa garansi habis. Klo di kumpulkan petisi spakah samsung digugat karena sengaja merusak lcd user lewat update?

  • 13 Mei 2023 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Solusinya, besok2 klo beli gadget high end jangan merk samsung, sekali lagi jangan ya.. Camkan itu klo gak mau kecewa berat, banyak keluhan gak ada respon klo gak keluar uang, ane sih najis merk yg satu itu, ane pensiunin semua mulai dr hape smartipu smartwatch bahkan AC n Kulkas

  • 14 Mei 2023 - (08:04 WIB)
    Permalink

    Bisnis memang kejam, cm gak sangka kog tega yah Samsung bikin pengguna ganti HP dengan cara gak terhormat seperti ini.

    Sy terakhir pakai samsung sejak jaman S3 mini, sampe skrg gak pernah pakai lagi karena harga nya yg overprice dan software nya ug gitu² aja gak inovatif.

    Kalau ada budget lbh, lebh baik pertimbangkan beli iPhone saja. Harga memang lbh mahal, tp jaramg bermasalah dan harga jual nya juga tinggi…

  • 14 Mei 2023 - (13:25 WIB)
    Permalink

    Layar samsung seri S20 memang bermasalah dari pabrikannya. Problemnya satu, keluar garis di layarnya. Vivo x50 pun, yang menggunakan layar yang sama dengan samsung seri S20, sama punya problem munculnya garis di layar. Cuma kalau Vivo bertanggung jawab atas kostumernya dengan memperpanjang masa garansi khusus untuk layar yang bergaris. Jauh lebih baik pelayanan Vivo CS dengan meng-gratis-kan pergantian layar yang bergaris secara free free alias gratis. Saya mengatakan begini karena saya mengalami sendiri, baik samsung S20 ataupun Vivo X50.

  • 14 Mei 2023 - (22:35 WIB)
    Permalink

    Sama aku juga ex pengguna Note 20 ultra…2 bulan masa garansi habis… layar mati total saat di charge tanpa ada masalah sebelumnya…ke CS suruh ganti LCD terpaksa deh keluar duit 3 juta… nyala besoknya langsung aku jual… bener bener bikin trauma …ini merk?

  • 18 Mei 2023 - (06:37 WIB)
    Permalink

    Note 20 ultra saya abis update sinyal hilang.. satu2 jalan ganti mesin 3 jutaan..😭😭😭… sperti dipaksa gnti hp..

    • 19 Juli 2023 - (23:09 WIB)
      Permalink

      Hp samsung s22 ultra baru update software pembaruan otomatis kemarin tanggal 18/07/2023 hari ini 19/07/2023 pas dipakai buat belanja online muncul light saber warna hijau 😭 aduh sedih saya niat beli hp bagus supaya awet dipakai multi tasking baru 1 tahun 4 bulan sudah kayak gini. Kecewa

      • 20 Juli 2023 - (07:41 WIB)
        Permalink

        Kak, saya sudah ke SSC. Mereka ada layanan gratis ganti LCD utk pemakaian S20+ kurang dari 2 tahun

  • 13 Juni 2023 - (13:44 WIB)
    Permalink

    zaman sekarang merk aja bagus tapi build quality mulai menurun, ya harus hati2 dan sering cek review di internet untuk penggunaan produk jangka panjang bagaimana kualitasnya

 Apa Komentar Anda mengenai Samsung S20+?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Layar Samsung Galaxy S20+ Bergaris Setelah Upgrade Software

oleh Lalita dibaca dalam: 1 menit
33