Proses Pembatalan Pesanan Penerbangan di Tokopedia Merugikan Saya

Hari ini, Rabu, tanggal 17 Mei 2023, saya merasa kecewa dengan pelayanan dan aplikasi Tokopedia yang telah merugikan saya sebagai konsumen dalam melakukan pemesanan tiket pesawat.

Saya melakukan pemesanan tiket pesawat dengan maskapai Pelita Air untuk rute Jakarta-Surabaya dengan keberangkatan pukul 10:45.

Namun setelah melakukan pembayaran dan tiket terbit ternyata waktu penerbangan berubah menjadi pukul 17:30

Hal tersebut menyebabkan saya merasa panik, sehingga saya segera mengajukan pembatalan tiket tersebut. Namun, pada pengajuan pembatalan tersebut tidak tertera informasi mengenai biaya yang harus saya bayar dan apakah dana tersebut akan di-refund secara penuh atau tidak.

Setelah melakukan pengecekan terhadap bukti screenshot pemesanan saya, ternyata tidak ada kesalahan saat saya mengisi data. Ketika saya menerima notifikasi proses pembatalan dari Tokopedia dan diinformasikan bahwa akan dikenakan biaya dan jumlah refund masih menunggu informasi dari pihak maskapai Pelita Air.

Saya segera menghubungi Customer Service Tokopedia untuk membatalkan pengajuan pembatalan tiket tersebut, karena saya lebih memilih untuk melakukan reschedule. Saya juga menanyakan mengenai error pada aplikasi yang menyebabkan perubahan jam penerbangan di formulir pemesanan setelah pembayaran dilakukan. CS Tokopedia memberi jawaban untuk menunggu, karena masih dalam proses pengecekan dan menunggu informasi dari maskapai Pelita Air.

Saya telah menegaskan bahwa jika dikenakan biaya dan tidak ada full refund karena kesalahan tersebut, maka pengajuan pembatalan atau refund tersebut tidak perlu diajukan.

Namun, meskipun saya mengungkapkan hal tersebut kepada CS Tokopedia dan mereka meminta saya untuk menunggu informasi dari maskapai, saya sangat terkejut ketika proses pembatalan langsung dilakukan tanpa menunggu informasi tersebut. Hal ini membuat apa yang saya sampaikan tidak diperdulikan, bahkan tampaknya tidak ada gunanya menghubungi CS Tokopedia dan hanya membuang-buang waktu saja.

Atas kejadian ini, saya merasa bahwa Tokopedia perlu bertanggung jawab atas beberapa hal berikut:

  1. Adanya error pada aplikasi pemesanan tiket pesawat yang mengakibatkan masalah dalam pengisian data atau perubahan jam penerbangan setelah pembayaran dilakukan.
  2. Pelayanan dari CS Tokopedia yang tidak memperhatikan permintaan saya untuk pembatalan pengajuan refund tiket pesawat.
  3. Kurangnya penjelasan dan informasi yang jelas terkait biaya dan refund pada formulir pengajuan pembatalan.

Saya berharap bahwa Tokopedia dapat melakukan perbaikan atas kejadian ini dan bertanggung jawab terhadap masalah yang terjadi. Saya juga ingin menyampaikan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi Tokopedia dan tidak terlalu berharap pada pelayanan dan respons dari CS Tokopedia terkait masalah yang dialami oleh konsumen.

Terima kasih, dan mohon maaf apabila ada kesalahan kata-kata. Ini hanya berbagi pengalaman pribadi tanpa bermaksud negatif.

Tangianto Sajuti
Jambi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Proses Pembatalan Pesanan Penerbangan di Tokopedia Merugikan Saya

  • 18 Mei 2023 - (08:55 WIB)
    Permalink

    Jangan pernah pesan tiket lewat marketplace, langsung aja ke tiket.com dan sejenisnya, yg jelas2 fokusnya di sana. Akan lebih baik jika melalui website maskapai nya langsung.

    10
  • 18 Mei 2023 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Beli tiket pesawat jangan di tokopedia (atau e-commerce lainnya) tapi beli di tiket.com atau traveloka, sebab tokopedia adalah pihak ketiga (reseller dari Travel Agent yang di Tanah Abang, lupa namanya)

    Beli voucher hotel jangan di tiket.com atau traveloka, sebab mereka reseller dari Agoda, booking.com, dan expedia.com (mungkin ada lagi?)

    Beli tiket pesawat juga jangan dari Agoda sebab dia juga reseller (saya ga tahu reseller dari mana kalau ini)

    Yang jelas, kalau kalau mau beli panci di tokopedia aja, banyak pilihan (baru order nih)

    11
    1
    • 19 Mei 2023 - (07:17 WIB)
      Permalink

      Bener yg bro Firman bilang…sy sudah tobat bin kapok pesan tiket pesawat lewat ijo percuma aja pake asuransi refund, refundnya hampir 1 tahun baru dibalikin setelah dipotong ini dan itu dan itupun
      setelah cape makan hati buang2 waktu, hati dan pikiran bulak balik hub cs ijo…satu kata ***** buat pesen tiket di e commerce lagi

    • 19 Mei 2023 - (08:59 WIB)
      Permalink

      Makasih infonya, pantes aja kok agoda voucher hotelnya lebih murah dari yg lain. Baru tau saya..

  • 18 Mei 2023 - (13:00 WIB)
    Permalink

    Mungkin tergiur Cashback beli tiket lewat marketplace …gak taunya malah rugi Lbh banyak dari cashback yg diharapkan..

    1
    1
  • 18 Mei 2023 - (14:31 WIB)
    Permalink

    setahu saya jika refund karena kesalahan maskapai (ganti jadwal oleh maskapai dll), refund 100% karena kesalahan di maskapai. kita tidak pernah memilih jadwal baru tersebut, kok dipaksa kena pinalti 25% + 20.000?

  • 18 Mei 2023 - (15:36 WIB)
    Permalink

    mau nya dapat potongan rp 55.950 eh, tau nya kena masalah dan kena cash pembatalan 25% plus biaya rp 20 ribu……
    senggol dong !!!!! bos

  • 18 Mei 2023 - (23:20 WIB)
    Permalink

    Ya lain kali jangan beli tiket di tokopedia, di tiket.com aja atau traveloka. Sorry, kita ga bisa bantu.

  • 19 Mei 2023 - (07:22 WIB)
    Permalink

    “Saya juga ingin menyampaikan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi Tokopedia dan tidak terlalu berharap pada pelayanan dan respons dari CS Tokopedia terkait masalah yang dialami oleh konsumen.”

    Kalau saya pribadi segala urusan dengan perjalanan (tiket, hotel, transport lain) saya serahkan ke ahlinya (OTA), bukan ke marketplace.
    Kalau urusan belanja barang di marketplace, sejauh ini tidak pernah ada masalah karena memang sistem marketplace memang keahliannya.

    Seandainya anda tidak cepat panik, anda seharusnya tidak mengajukan Refund dana. Anda bisa lakukan pengajuan Reschedule tiket ke jadwal semula sesuai yang sudah anda pesan. Dengan demikian kerugian materi dapat diminimalisir. Paling nambah biaya 55 ribu, karena harga tiket di jam 10.45 memang lebih mahal 55 ribu dibandingkan yang jadwal sore. Anda bisa minta reschedule ke Tokopedia atai langsung ke CS maskapainya.
    Saya sering melakukan reschedule tiket yang dipesan via OTA langsung ke maskapainya, tidak ada masalah.

    Jadi dalam menghadapi masalah jangan cepat panik dan emosi. Nanti gak akan nemu solusi terbaik karena gak bisa berpikir lagi secara logis.
    Apalagi dalam kasus anda, jadwal perjalanan masih 10 hari ke depan, masih cukup waktu untuk berpikir dengan tenang tanpa panik.

  • 19 Mei 2023 - (08:00 WIB)
    Permalink

    Siapa yang merasa muak denga jawaban CS yang sok sopan tapi tidak menyelesaikan apapun?
    Cth: hai kak mohon ditunggu 2x24jam/baik kak kami buatkan dl laporannya/ halo kak, sblmnya mohon maaf atas ketidaknyamanannya ya kak (trus ada emo sedih) 😆😆 dll

    Gw pribadi lebih memilih jawaban CS era th 2000an awal
    Cth: baik bpk/ibu xxx minta waktu 5 menit akan kami cek datanya, silahkan menunggu (trus dikasih lagu temg nong nong nong) abis itu. Sudah kita cek pak betul ada kesalahan dan sudah kami perbaiki, solusinya adalah bla bla bla, ya ngk?

    Yg setuju lgs thumbs up komen ini aja

  • 20 Mei 2023 - (17:31 WIB)
    Permalink

    Hi Semua,

    Terima kasih atas perhatian dan niat baiknya,

    update per hari ini 20-05-2023, setelah beberapa informasi, data, inspeksi, verifikasi dan kronologi kejadian sy sampaikan kepada CS Tokopedia melalui chat cs toped, dan setelah saya dihubungi oleh CS Toped via telp lgs, akhirnya Tokopedia bersedia bertanggung jawab kpd konsumen setia nya dengan melakukan pengembalian penuh dana transaksi pembelian tiket yg bermasalah tersebut.

    pesan nya adalah penting untuk selalu menyimpan semua bukti pemesanan, bukti mendukung dalam bertransaksi, sehingga mempermudah dalam klaim maupun pemeriksaan dan ungkapkan secara jujur, tdk menggunakan kata hinaan, terkait kejadian tsb, apabila memang bukan krn kesalahan kita, pasti dari log sistem akan terungkap apakah ada “Bug” atau tidak, dan bahwa kita pantas mendapat perhatian / bantuan dari tempat kita bertransaksi.

    saya ucapkan terima kasih kepada Tokopedia, dan semoga kedepannya lebih baik, semoga hal ini dapat memberikan feedback positif kepada pembaca, mohon maaf apabila ada salah kata.

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Proses Pembatalan Pesanan Penerbangan di Tokopedia Merugikan Saya

oleh Tangianto Sajuti dibaca dalam: 2 menit
14