Tidak Jelasnya SOP Kurir AnterAja saat Pengantaran Paket

Dear Media Konsumen (CC: AnterAja),

Kronologis keluhan kami sebagai berikut. Kami mengirimkan paket melalui e-commerce Tokopedia. Barang telah dikirimkan pada hari Senin, 12 Juni 2023, dan pada tanggal 14 Juni 2023 dapat di-tracking sudah dalam pengantaran kurir.

Pukul 10.35, kami dihubungi oleh seorang kurir dengan nomor +62 882-0066-033** yang meminta share loc. Kami memberikannya, namun setelah itu tidak ada konfirmasi lagi dari kurir tersebut. Kemudian, pada pukul 14.23, kami dihubungi kembali oleh kurir yang berbeda dengan nomor +62 857-2882-49**. Kurir tersebut mengkonfirmasi alamat dengan menampilkan foto rumah yang salah, bukan rumah kami.

Kami membalas pada pukul 14.40 (17 menit kemudian). Beberapa waktu kemudian, kurir tersebut menjawab bahwa paket belum diantar dan akan diantar besok. Mereka juga memberikan pernyataan yang terkesan menyalahkan kami karena lambat merespons pesan WhatsApp mereka.

Selain itu, ada hal kurang pantas saat kami menyampaikan akan melaporkan komplain ke Pusat (kesan menantang) (bukti terlampir). Setelah balasan pada pukul 14.40 tadi, karena tidak direspons oleh kurir tersebut, saya mencoba menelepon pada pukul 14.45, namun tidak dijawab.

Di sinilah pangkal persoalannya, mengapa jika pihak kurir terburu-buru, seharusnya mereka dapat menelepon saya, tidak hanya cukup dengan pesan chat. Karena tidak mungkin juga saya standby di WhatsApp tanpa lengah sedikit pun dan tanpa kesibukan lain.

 

Kemudian, saya menjelaskan bahwa saya sudah men-share lokasi dan informasi kepada kawannya sebelumnya. Pertanyaan kami, mengapa kurir tidak mencoba bertanya kepada orang sekitar? Kami sudah mencantumkan alamat dengan sangat jelas, termasuk nomor rumah, RT, dan RW serta petunjuknya.

Permohonan kami adalah sebagai berikut:

  1. AnterAja dapat menegur dan membina Cabang Yogyakarta.
  2. AnterAja dapat membuat SOP baku untuk Kurir/Satria dalam mencari alamat dan cara konfirmasi kepada pelanggan (wajib konfirmasi via telepon, misalnya).
  3. Customer service AnterAja sebaiknya tidak hanya melayani masalah kendala pengiriman, tetapi juga keluhan lain seperti yang saya sampaikan di sini.
  4. Perlu SOP komunikasi antar kurir yang lebih jelas, sehingga tidak perlu konfirmasi berulang-ulang, terutama jika sudah ada shareloc dan nomor rumah.

Demikian, mohon dapat ditindaklanjuti. Terima kasih, Media Konsumen. CC: AnterAja.

Gurit Bagaskoro
Sleman, DI. Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Gurit Bagaskoro

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Gurit Bagaskoro yang berjudul: “Tidak Jelasnya SOP Kurir AnterAja saat Pengantaran Paket” di mediakonsumen.com...
Baca Selengkapnya

22 komentar untuk “Tidak Jelasnya SOP Kurir AnterAja saat Pengantaran Paket

  • 15 Juni 2023 - (21:35 WIB)
    Permalink

    Dari awal masih bingung,penulis ini diposisi sebagai seller apa buyer ya? Kok diawal kalimat mengirimkan paket? Apa salah ketik dan isi surat itu lebih membahas ke penerima paket.

    • 15 Juni 2023 - (22:37 WIB)
      Permalink

      Sy sbg seller, pointnya ini saran utk ekpedisi tsb utk memperbaiki pelayanan.

      1
      2
        • 16 Juni 2023 - (20:57 WIB)
          Permalink

          Anda yg tidak sabaran, tidak jelas SOP darimana…anda harus maklum besok ya besok, kenapa banyak ngeluh

      • 16 Juni 2023 - (12:36 WIB)
        Permalink

        dan sedikit saran sebagai seller.kalau ada pembeli.pastikan alamat nya lengkap..atau ada patokan.dan no yg aktif..
        jadi bisa mempermudahan pengantaran paket nya.dan tidak ada merasa di rugikan baik seler pembeli dan kurir

    • 15 Juni 2023 - (22:37 WIB)
      Permalink

      Sy sbg seller, pointnya ini saran utk ekspedisi tsb utk memperbaiki pelayanan.

          • 16 Juni 2023 - (14:17 WIB)
            Permalink

            Buyer, tp bkn tinggal di alamat kirim, clear kan??

          • 18 Juni 2023 - (14:27 WIB)
            Permalink

            dibaca ulang, sayatau persis, alamat sy sendiri, cb dibaca ulang ya, sy shareloc persis di lokasi depan sudut rumah, budayakan baca detil, sy komplain ttg pelayanan, bukan tntang pribadi, kenapa jelas sudah ada shareloc pakai tanya lagi ?? alamat sudah ada nomor rumah RT RW jg, krg apa lagi ?

        • 19 Juni 2023 - (07:34 WIB)
          Permalink

          Kadang sy sharelok alamat rumah sy tdk tepat kok karena tdk ada titik pointnya. Sedangkan anda sharelok tp anda tdk tinggal dsna.

          • 19 Juni 2023 - (08:06 WIB)
            Permalink

            Nah Anda mesti lbh banyak mengexplore lbh dalam ttg teknologi khususnya Gmap, titik2 / point2 yg menurut sy penting sudah kami simpan di akun google kami, kami share caranya jk anda belum tau, biasanya yg menyebabkan meleset bukan titiknya tp respon perangkat Anda yg lambat jk sdg di jalan, titik yg kami share sangat tepat krna jk di mode 3D menggunakan Gmap lsg terlihat rumahnya, sdgkan WApun jk di android defaultnya akan membuka Gmap saat shareloc bkn, jadi tdk perlu menyalahkan konsumen jk kelemahan berada di perangkat kurir atau SOP pengiriman di lapangan dsb, krna konsumen tidak bertugas menunggui chat WA dari kurir kan.., seandainya sy sbg kurir jg sudah pasti saat paket datang sy sdg tidak di rumah krna sedang bekerja mengantar paket juga bukan (kecuali sdg off) ????

    • 16 Juni 2023 - (15:21 WIB)
      Permalink

      Anteraja memang pelayanan sangat buruk apalagi sortir jakarta timur pernah mengalami paket 2 minggu tidak jalan, anehnya setelah di komplain paket hilang beberpa menit kemudian paket langsung update, sop perusahaan yg tidak di terapkan, selambat²nya jasa kirim lain meskipun overload paling lama 5 hari adan paket tidak stuck di lokasi sortir jakarta timur, csnya juga tidak mbantu hanya jawaban template yg buat bls komplainan

  • 16 Juni 2023 - (12:33 WIB)
    Permalink

    bukan membela kurir.
    bisa jadi alamat yg anda cantumkan se enak dengkul aja.contoh jln jendral 103.
    alamat no rumah yg acak.bisa buat kurir kkewalahan dilapangan.setidak nya saling mengerti.bikin patokan alamat di dekat/ didepan.
    dan paket yg mau di antar kan tidak lah sedikit..
    semoga saling mengertisaja buat pembeli mmencantum kan alamat yg lengkap

    • 16 Juni 2023 - (14:15 WIB)
      Permalink

      Komen Anda krg bijak, dari pihak kurir kah ? No rmh dan perkiraan lokasi sudah jelas, sharelocnya tepat depan rumah, mhn lbh empati, kami selaku buyer, yg membeli barang di ecommerce dan kami krmkan ke alamat domisili keluarga, bkn domisili sy, jd sy mmg tdk tinggal di alamat tsb, namun sy tau persis lokasi tsb.

  • 16 Juni 2023 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Kepada pihak Management Anter Aja, kami menyampaikan terima kasih banyak, atas respon yg baik dgn menghubungi secara japri kepada kami dan sudah memperhatikan dan menampung keluhan dan saran konsumen, khususnya kpd Pak Erfan mewakili Management AntarAja Yogya, apresiasi atas responnya, semoga AnterAja makin baik dan makin jaya, terima kasih jg Media Konsumen yg luar biasa.

    1
    1
  • 16 Juni 2023 - (19:59 WIB)
    Permalink

    Gue pribadi klo jadi kurir anter aja.. Jg bakal melakukan hal yg sama… Daripada nunggu balesan WA yg sangat lama… Mending anter ke tempat lain yg lebih jelas.. 17 menit bagi anda mungkin ga berharga, tapi bagi km itu uang…

    Yahh klo nanti ada waktu untuk balik lg.. Ya gue balik lg, kalo engga sempat ya pasti gue balikin ke gudang

    Btw klo anda complain mengenai SOP yg harus konfirmasi by phone, bisa ga sekalian anda saranin jg tuh pihak management agar kurir diberi uang penggantian pulsa, krn nelpon ataupun WA itu menggunakan uang kami pribadi…

    • 18 Juni 2023 - (14:39 WIB)
      Permalink

      Kalaupun Anda jg kurir, perhatikan bhwa sy sudah coba berempati ya, makanya sy usulkan SOP perusahaan dgn kurir yg diperbaiki, perihal uang pulsa ya include di dalamnya ranah Management Perusahaan dong, sy sudah shareloc persis di lokasi depan rumah, budayakan baca yg detil lagi, sy komplain ttg pelayanan, bukan tentang pribadi, kenapa jelas sudah ada shareloc pakai tanya lagi via chat pula ?? alamat sudah ada nomor rumah, lengkap RT RW jg, krg apa lagi ? tdk perlu chat, krna jk orang yg dichat lagi di tengah laut, di atas pesawat bagaimana ?? jk sudah ada nomor rumahnya, datangi, ketok pintu, tanya and done seharusnya, kejadian itu terjadi krna malas bertanya dgn sekitar saja kan, pengen cepat kejar setoran tanpa memikirkan kualitas layanan.

 Apa Komentar Anda mengenai Anteraja?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Tidak Jelasnya SOP Kurir AnterAja saat Pengantaran Paket

oleh Gurit Bagaskoro dibaca dalam: 1 menit
22