Sulitnya untuk Klaim Asuransi AIA

Saya Diro Cahyono, suami dari almarhumah Arini Ekowati, pemegang polis asuransi AIA nomor: 37690054. Saya mewakili ahli waris atas nama anak saya, Khanza Aina Hamani, yang masih di bawah umur. Saya mengajukan klaim jiwa, dengan mengirimkan semua dokumen lengkap melalui kurir TIKI, pada tanggal 6 Desember 2022 ke kantor pusat AIA.

Setelah kurang lebih 3 bulan dari pengajuan klaim, saya berkali-kali menghubungi CS AIA untuk menanyakan status klaimnya. Namun setiap kali mendapatkan jawaban masih dalam proses evaluasi dan harap dicek secara berkala.

Kemudian sebelum Idulfitri, saya hubungi CS AIA kembali. Jawabannya pihak AIA sudah mengirimkan surat “sabar” kepada saya. Namun saya cek di rumah dan email, ternyata saya tidak terima surat tersebut. Kemudian setelah Idulfitri saya hubungi CS kembali menanyakan surat sabar itu. Akhirnya saya baru terima surat sabar itu melalui email pada tanggal 22 Mei 2023, yang mana surat tersebut sebenarnya sudah diterbitkan dari tanggal 5 Mei 2023.

Terakhir saya menghubungi CS AIA kembali pada tanggal 9 Juni 2023, dan masih tetap mendapat jawaban yang sama, yaitu masih dalam proses evaluasi dan mohon hubungi kembali.

Mengingat proses klaim ini sudah lebih dari 6 bulan sejak dokumen dikirim, saya jadi merasa sangat kecewa dengan AIA, dan merasa seperti dipermainkan, seakan berusaha memperlama. Karena sampai sekarang masih tetap tidak ada kejelasan, kapan klaim saya akan dibayarkan. Padahal saya mengambil asuransi AIA, karena sangat percaya dengan kredibilitas dan nama besar perusahaan asuransi AIA.

Melalui surat ini saya berharap klaim saya dapat segera dibayarkan.

Diro Cahyono
Kota Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Sulitnya untuk Klaim Asuransi AIA

  • 27 Juni 2023 - (16:36 WIB)
    Permalink

    Ya begitulah asuransi di Indonesia. pas join, angin surga, sangat cepat. pas klaim, pura2 budek, tuli, gagap, seakan2 mengulur waktu berharap kita lupa. Blm ada perlindungan nasabah secara nyata. Itulah alasan sy hingga kini ga mau ikut asuransi di Indonesia.

    8
    1
  • 27 Juni 2023 - (18:31 WIB)
    Permalink

    Saya juga kecewa dg asuransi yg ini…..bayar tiap bulan bertahun² ktnya investasi giliran klaim malah byk banget potongan nya ..
    Merugikan sekali

    • 27 Juni 2023 - (18:57 WIB)
      Permalink

      Kalau boleh tau, buka asuransi AIA nya sudah berapa lama ya? Apakah sudah lebih dari 2 tahun umur polis asuransi AIA nya?

  • 27 Juni 2023 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Kalau boleh masuk asuransi udah berapa tahun? Soalnya setahu saya kalau asuransi dibawah 2 tahun prosesnya cukup lama, karena ada investigasi dan analisa, bisa 2 bulanan, dan kenapa bapak gak langsung minta bantuan agennya di surat pemberitahuannya sudah ada nama cabang agency nya

  • 27 Juni 2023 - (21:15 WIB)
    Permalink

    Bpk membeli polis ini lewat bank/agent? Kalau lewat agent, bpk bisa minta tolong agent tsb utk membantu Push follow up utk mengeluarkan klaim. Klaim suatu polis bisa aja terjadi prosesnya lumayan lama itu dilakukan penyelidikan terlebih dahulu. karena biasanya ada beberapa hal.
    Early klaim (klaim awal, belum lama mengambil polis). Pre existing condition (penyakit yg sudah terjadi sebelum mengambil polis), Non disclosure (kondisi kesehatan yg tidak diungkapkan ketika awal mengambil polis asuransi).

    Sebetulnya disini kalau ada agent. Disinilah peran agent. Agent profesional yg akan membantu proses pencairan klaim.

    Sy adalah seorang dokter gigi dan profesional di industri asuransi terutama di bidang klaim.

    Jika bpk ingin sy bantu proses klaim nya. Bisa hubungi sy di : instagram sy : @drg_yoan. Terima kasih

    4
    1
  • 27 Juni 2023 - (21:57 WIB)
    Permalink

    AIA👉 asuransi ini aneh
    Emang zaman batu klarifikasi Sampai enam bulan🤔
    Klo telat bayar premi di denda 🙃

    • 28 Juni 2023 - (10:24 WIB)
      Permalink

      Penulis tidak memberikan kronologis tutup usia. Karena penyebab tutup usia bisa bermacam-macam. Sebaiknya dicantumkan juga kronologis tutup usia dan lama membuka polis atau dari pengaktifan ulang bila pernah tidak aktif.
      Sebagai contoh, A buka polis tgl 05 Jan 2023. Lalu pada 10 Jan, A tutup usia. Nah ini kan harus dijelaskan. Mengapa sependek itu usia polis nya

      Literasi ini yang banyak sekali masyarakat belum faham dan langsung mengadili

      Fyi, saya bukan agen AIA

    • 28 Juni 2023 - (05:59 WIB)
      Permalink

      Pokonya blackliat aia, zurich, allianz, selalu alasan verifikasi yg makan waktu berbulan2, kalau ngak viral ngak akan di proses.

  • 27 Juni 2023 - (23:03 WIB)
    Permalink

    Mungkin bisa lsg ke kantor cabangnya sesuai domisili dan lsg ketemu dgn bagian penerimaan claim disn dan menanyakan lsg secara jelas sebab tidak dikeluarkan claimnya. Biasanya claim asuransi jiwa tuh cepat jika semua dokumen yg diminta sudah disertai.

  • 2 Juli 2023 - (12:24 WIB)
    Permalink

    Saya bukan agent asuransi tapi pengalaman pribadi claim asuransi Saran saya sih coba langsung ke kantor pusat saja kak ..
    Teruss
    Kalau klaim meninggal emang lama …
    Tergantung kasus ..
    Biasa asuransi alasan menyelidikin
    Apakah meninggalnya wajar / atau problem lain proses bisa 1hari – 730hari …mau proses ya segera minta agent ya bantuinn ..

    biasa kalau customer or agent ada informasi bohong di awal saat masuk tentang kondisi tubuh (contoh ;perokok aktif ditulis tidak pernah rokok )dll biasa di selidikin jg tuh lama lagi ..
    Asuransi perusahaan yang mau untung jg..
    Pasti dicari celah celah nya buat tolak claim dari a -z…jadi isi nya data dengan benar and jujur biar engga ada celah sama sekali
    tugas agen bantu kk biar proses claim cepat..

  • 9 Desember 2023 - (03:14 WIB)
    Permalink

    Proses Pelaporan Sudah Sebulan Lebih Atas Polis 262921** Provisa max

    1. Via Email + Sosmed FB vIa Dm ( Fb Di Block Oleh Aia Sebelum Ada Kabar )

    2. Ditlp Aia Bebrapa Kali

    3. Kunjungan Awal + Pernyataan surat kemarin dikirim ke alamat sesuai ektp berlaku ( sampai sekarang tidak ada )

    4. Diminta Bukti Baru atas keluhan dan sudah diberikan

    5. Dapat Kabar Dari APPK OJK 157 Bahwa AIA Memberikan 4 Poin ke OJK dan saya Download sesuai aturan OJK 157 APPK. ( Bukan dari aia janji kirim surat sesuai di ektp

    6.Bukti Dikeluarkan Tetap Ditolak Sephak oleh Asuransi AIA

    7. Kunjungan Kedua. Saya membawa semua Bukti2 -+30 Lembar Atas Isi Sssuai POLIS saya dan Di Acuhkan Oleh CS Asuransi AIA CENTRAL Serta Memberikan Penolak Sepihak Sebelum Saling Memberikan Bukti2 dari AIA

    8. Hub Via Bank BCA selaku asal muasal penawaran dari pegawai Teller Bank BCA

    9. Hub Via Email Bersama BUkti, dan ditolak Sepihak

    Orang Tertuduh Maling Atau Pelaku Koruptor Belum Bisa Dikatakan Bersalah Kalau Belum Memberikan Bukti Pada Kedua Belah Pihak.

    Dan Inilah Hitungan Sesuai Isi Polis Atas Sisa Dana Saya Dibawah Ini

    Dulu saya Melakukan Bayar 25 juta untuk 10 Tahun. ( 25Juta : 10 Tahun = 2,5 Juta )

    Tahun Buka 2011
    – 2,5 Juta / Tahun Terbagi Biaya Akusisi 50% investasi : asuransi 50% sampai thun 2 dst 0% dari premi dasar, Adm, Biaya Top Up 3%/ transaksi, biaya pemeliharaan, biaya asuransi perbulan. ( Semua Tertuang dalam isi ket Polis bahwa biaya tersebut berjalan sesuai waktu berjalan )

    – Transfer 2012 Ke rek Almh Istri Ke Bank BCa Norek 06718335** An Lutfi***. ( Apakah Transfer Ini Berjumlah dari sisa dana 25 Juta – 2,5 juta atas peraturan polis terpotong di waktu berjalan ). Sisa dana Seharus Nya Di transfer 22,5 juta.

    Sebab Dana 22,5 Juta Tersebut sama sekali belum Terpakai Waktu Berjalan Polis Tahun 2012-2013-2014-2015-2016-2017-2018-2019-2020-2021.

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi AIA Financial?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Sulitnya untuk Klaim Asuransi AIA

oleh Diro Cahyono dibaca dalam: 1 menit
14