Menyesal Menggunakan Jenius BTPN, Uang Nasabah dari Transfer Internasional Tidak Kunjung Cair

Pada tanggal 20 Juni 2023, saya menarik uang saya sejumlah $1,636 atau sekitar IDR 25 juta dari bank BMO yang berada di United States. Untuk penarikan tersebut, saya menggunakan rekening Jenius (Bank BTPN) saya sebagai rekening penerima, karena sistem transaksi internasional sangat digembor-gemborkan oleh Jenius.

Hingga tanggal 26 Juni 2023, uang saya tidak kunjung masuk ke rekening Jenius saya. Kemudian, saya bertanya pada CS bank pengirim mengenai keberadaan uang saya dan mereka mengirimkan bukti wire transfer supaya saya juga dapat mengecek dengan bank penerima.

Keesokan harinya, 27 Juni 2023, saya menghubungi CS Jenius melalui aplikasi dan menanyakan keberadaan uang saya serta mengirimkan bukti wire transfer di atas. Tanggapan dari CS Jenius tersebut adalah “Untuk penerima dana bersifat pasif/hanya menerima dana, jadi Jenius bisa menerima dana tersebut selama data yang kamu masukan sudah sesuai di aplikasi pengirim ya.“. Kemudian, saya bertanya, “Jadi kalau gak masuk juga ke rekening saya gimana?“. CS Jenius tersebut menjawab, “Kamu bisa konfirmasi ke pihak aplikasi terkait proses pengirimannya kembali ya.“.

Melihat jawaban CS Jenius tersebut, saya berpikir mungkin ini kesalahan dari bank pengirim. Akhirnya, saya menanyakan kembali keberadaan uang saya dengan bank pengirim keesokan harinya, 28 Juni 2023. Bank pengirim dengan baiknya bersedia melakukan tracing atau pelacakan atas transaksi saya tersebut. Meskipun berhari-hari, tetapi tiap harinya mereka selalu memberi saya kabar agar saya tetap tenang.

Pada tanggal 5 Juli 2023, hasil tracing keluar dan bank pengirim mengirimkan bukti status-status dari transaksi saya. Ternyata, sudah 2 minggu (sejak 21 Juni 2023) transaksi saya tertahan pada status “on hold” di PT. Bank Sumitomo Indonesia (pemilik dari bank BTPN). Betapa geramnya saya, ternyata selama ini uang saya ditahan oleh bank BTPN sendiri.

Saya langsung menghubungi CS Jenius kembali lewat aplikasi Jenius dan mengirim bukti wire transfer dan bukti status tracing di atas. CS Jenius tersebut pun membalas seperti ini:

Karena CS mengatakan untuk menunggu terlebih dahulu, saya kira menunggu di chat. Karena saya tidak membalas-balas, terjadilah percakapan berikut:

CS: “Apa informasinya sudah cukup jelas mohon maaf?”
Ternyata CS sudah ingin mengakhiri percakapan dan yang dimaksud menunggu adalah menunggu entah sampai kapan dan tidak jelas akan dikabari lewat apa.
Saya: “Nanti akan dikabari lewat apa?”
CS:  “Apakah nomor handphone dan alamat email yang terdaftar masih aktif?”
Saya: “Aktif. Nomor tiket pengaduannya berapa?”
CS: “Untuk nomor pengaduan mohon maaf tidak ada Rika karna sifatnya hanya informasi saja, dan ini untuk kendalanya kami sudah bantu follow up ke team terkait”

Membaca hal tersebut, geramlah saya. Sudah jelas-jelas ini adalah sebuah bentuk pengaduan, karena sudah 2 minggu uang saya yang nominalnya cukup besar tidak kunjung masuk ke rekening dan sudah ketahuan statusnya tertahan di bank BTPN.

Saya: “Terus kalau mau pengaduan ke mana dan lewat apa?”
CS: “Bisa menunggu saja ya nantinya akan terima notifikasi dari email atau nomor handphone yang terdaftar di aplikasi Jenius kamu”
Saya: “Kalau nanti belum terjawab juga saya harus apa? Mengadu ke pihak berwajib? OJK?”
CS: “Kami sarankan untuk kendalanya kamu bisa melakukan proses konfirmasi juga dengan pihak Bank pengirim dana selaku sumber dan yang melakukan pengirim dananya, karena dari Jenius ini hanya sebagai bank penerima sehingga bersifat pasif”

Tambah geramlah saya membacanya. Sudah jelas-jelas saya sudah kirim bukti transfer dan pelacakan status dari bank pengirim, masih untung mereka sangat baik mau membantu pelacakan tersebut. Entah kenapa Jenius seperti tidak mau tahu dan selalu membawa-bawa alasan kalau Jenius hanya bank penerima sehingga bersifat pasif.

Saya: “Terus untuk status on hold yang ada di bukti pelacakan tersebut maksudnya apa? Saya harus menunggu follow up itu sampai kapan? Masa gak infoin batas waktunya”
CS: “Mohon maaf sekali untuk hal tersebut kami belum bisa pastikan karna ini untuk kendalanya memang sifatnya kami bantu follow up ke team terkait agar dari sisi team terkait melakukan proses follow up ke bank pengirim”

Karena saya lelah berbicara dengan CS Jenius yang sungguh tidak membantu dan berbicara berulang-ulang dengan bahasa Indonesia yang bahkan tidak sesuai ejaan yang baik dan benar, akhirnya saya menutup chat tersebut. Sampai hari ini, belum ada follow up yang saya terima dari Jenius dan tidak ada kejelasan juga saya harus menunggu sampai kapan dan apakah uang saya akan kembali atau hilang begitu saja oleh Jenius.

Apabila tidak ada kejelasan juga, mungkin saya akan lapor ke pihak berwajib lain, karena sudah jelas dari bukti pelacakan status tersebut uang saya berada di mana. 🙂 Bagi pembaca yang ingin melakukan transaksi internasional dengan Jenius, harap dipikir-pikir lagi.

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah mengizinkan saya menulis surat ini, Bank BMO United States yang sudah sangat kooperatif dan para pembaca yang telah membaca surat ini hingga selesai.

Rika
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank BTPN atas Surat Pembaca Rika

Dalam rangka menanggapi surat pembaca dari Ibu Rika berjudul “Menyesal Menggunakan Jenius BTPN, Uang Nasabah dari Transfer Internasional Tidak Kunjung...
Baca Selengkapnya

34 komentar untuk “Menyesal Menggunakan Jenius BTPN, Uang Nasabah dari Transfer Internasional Tidak Kunjung Cair

  • 12 Juli 2023 - (09:03 WIB)
    Permalink

    alangkah mudahnya bila punya akun crypto seperti tokocrypto, transfer usdt atau bidr gak sampai 5 menit selesai

    2
    4
      • 1 September 2023 - (09:23 WIB)
        Permalink

        Saya telat membaca ini, gara kesalahan nama alasanya masak iya itu aja Jenius tidak paham nama family name itu diawal dan First name dan middle name ditaro diawal, hanya gara gara itu Jenius menolak menurunkan dana yang sudah ditangan mereka?
        Saya makai BNI remittance aman aman aja tuh penggunana Family name diawal,sistem diluar kan seperti itu, masak hal kayak Jenius sok salah nama

  • 12 Juli 2023 - (09:50 WIB)
    Permalink

    jenius akhir2 ini byk problem. ada yg kehilangan uang, dibalikin, eh hilang lagi. Langsung tarik semua duitnya disana. keamanannya kurang dijaga

  • 12 Juli 2023 - (10:00 WIB)
    Permalink

    untuk next coba pake wise ( nanti dapat rekening lokal amerika )

    kemudian transfer ke rupiah dengan biaya konversi lumayan murah tapi kena biaya transfer 10ribuan ( bisa rekening bisa ewallet )

  • 12 Juli 2023 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Apakah jauh ini rumah TS dari bank yg bersangkutan? Udah tau CS akan menjawab spti itu, malah ngabisin pulsa. Eits, lupa klo pulsa mah ga seberapa.

    • 13 Juli 2023 - (03:50 WIB)
      Permalink

      Btw, sebelum komen cari tau dulu apa itu Jenius ya dan untuk hubungi CS sekarang juga ngk semua harus pake pulsa karena banyak media yg digunakan bank. Untuk case ini menggunakan livechat di app.

      • 15 Juli 2023 - (20:57 WIB)
        Permalink

        Saya sudah coba mencari lokasi bank BTPN terdekat di gmaps, tapi pas saya lihat reviewnya kebanyakan bilang CS nya ga mengerti permasalahan terkait Jenius 😅

  • 12 Juli 2023 - (11:28 WIB)
    Permalink

    Makna kata Jenius: orang yang cerdas dan panjang akal.
    Apakah pelayanan yang diberikan oleh CS mencerminkan arti kata itu

  • 12 Juli 2023 - (13:25 WIB)
    Permalink

    Daripada telpon cs nya mending telpon kantor pusatnya minta disambungin ke bagian internasional. Biasanya bank selalu dapet statement mt950 dari nostro disana bisa diliat kalo ada uang masuk. Kalo uang uda masuk ke nostro bila nomor rekening penerima dan nama penerima sesuai harusnya dikreditkan ke penerima, bila berbeda dana akan dikembalikan ke pengirim.

  • 12 Juli 2023 - (17:05 WIB)
    Permalink

    bank2 yang bekerja sama dengan bank internasional itu hanya BRI, Mandiri BCA dan BNI, di luar bank itu jgn coba2 tranfer dari luar negeri, sy jg pernah transfer dari Arab Saudi ke Rekening BTN, masuknya satu minggu. mereka para pegawai bank di Indonesia sangat lelet dalam menjalankan tugasnya.

  • 13 Juli 2023 - (08:30 WIB)
    Permalink

    Besok besok mending pake Bank yg ‘jelas’ aja kak,, atau kalo ada waktu coba ke Cabang BTPN.

    Saya pernah ada kejadian, kerja di salah satu merchant,, kejadian nya ada nasabah pake Qris dr ‘Bank Cerdas’ tsb, di apliasi nasabah dana sdh terpotong, tp di edc saya ga masuk (ga keluar slip edc) alhasil dana Menggantung selama 14hari, kita yg jd ga enak ke Nasabah,, dan kita jg yg ngejar-ngejar ke CS Bank Cerdas tsb. Capekk asli, walaupun case closed.

  • 13 Juli 2023 - (10:23 WIB)
    Permalink

    sesuai namanya “jenius 😅😷
    jenius mempermainkan dana nasabah, mayan tuh di puter2 dana nya buat cuan …. apalagi di pake main slot wkwkkwkwkkk
    makanya, saya sudah tutup jenius, cukup bca ….. bank yg jelas2 bagus …

    semoga masalah cepat selesai, dan ada itikat baik dr jenius mengkonfirmasi dan klarifikasi pada anda ….. ingat setelah itu kapok ya, bos ……
    oke, sekian

  • 13 Juli 2023 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Bener sih kata salah satu komentar diatas mending pakai Wise daripada Wire langsung. Klo case saya : Choice Bank -> Wise -> BCA Digital. Terus untuk fee nya cukup murah juga sekitaran habis 5-6 USD per 10 Juta IDR. So far udah 1 tahun ini dengan 1-3 kali transfer per minggu, aman2 aja, ga pernah di block 👍

  • 15 Juli 2023 - (20:48 WIB)
    Permalink

    Update kasus:
    Beberapa hari lalu ada telfon dari CS Jenius dan mereka menginfokan sudah melakukan pengecekan dan sudah mengembalikan uangnya ke bank pengirim. Kemudian, saya cek ke bank pengirim dan alhamdulillah nya sudah masuk kembali uang saya.
    CS Jenius tsb menyampaikan kalau dananya ga bisa masuk karena nama penerimanya beda. Nama saya di akte lahir ‘Rika’ saja dan kalau di luar negeri jika namanya hanya 1 kata, maka secara otomatis nama belakangnya disamakan dengan nama depan, jadi ‘Rika Rika’. Nah, di Jenius saya namanya ‘Rika’ saja dan ternyata tidak sejenius namanya, mereka ga bisa mendeteksi perbedaan nama tsb. Oleh CS Jeniusnya diinfokan saya seharusnya memasukkan nama nya ‘Ms Rika LNU’. LNU disini singkatan dari ‘Last Name Unknown’. Yaa mon maap mana saya tau ya harus seperti itu, tidak diinfokan dimana-mana jg harus tulis namanya seperti itu.
    Akhir cerita, saya mengirim ulang uang saya dari bank luar tapi kali ini ke bank swasta **A, dengan nama ‘Rika’ saja dan ga sampai 24 jam sudah masuk ke rekening saya 🙂

    • 15 Juli 2023 - (21:03 WIB)
      Permalink

      Ternyata komentarnya banyak juga yaaa. Terima kasih semua atas saran dan komentarnya yang menghibur 😁

    • 16 Juli 2023 - (08:38 WIB)
      Permalink

      Padahal klo emang namanye beda, kan bisa di cek nomor rekening penerimanye.. nah entu Bank B*A aje bisa ngarti ngebedainnye.. 😅

    • 23 Juli 2023 - (20:17 WIB)
      Permalink

      Jadi namanya Rika aja ya mbak, wah singkat padat berisi. Next time kalau mau kirim dari luar negeri pake Wise aja mbak, paling murah fee dan cepet kok hitungan detik udah nyampe transfer pake BCA. Tapi apa bener induk dari BTPN itu Sumitomo? Baru denger sekali ini, aku pikir itu bank berdiri sendiri. Kalau Jenius, dia mengunggulkan fitur kartu Visa-nya, cuma kalau masalah transfer bank lintas negara seperti ini sepertinya nggak banget. Aku juga udah jarang transaksi pake Jenius sejak ada biaya bulanan feesible (fee yang bikin sebel). Mau migrasi total ke Bank Jago masih wait & see, soalnya belum ada bank digital Indonesia yang bisa dijadikan andalan.

 Apa Komentar Anda mengenai Jenius BTPN?

Ada 34 komentar sampai saat ini..

Menyesal Menggunakan Jenius BTPN, Uang Nasabah dari Transfer Internasi…

oleh Rika dibaca dalam: 3 menit
34