Lambatnya Proses Klaim Asuransi Kredit Astra Life

Ibu saya adalah nasabah leasing ACC (Astra Credit Companies) atas nama Sismalini, dengan nomor kontrak: 01500506002184521. Ibu saya meninggal pada tanggal 31 Mei 2023 di RS Awal Bros Ahmad Yani Pekanbaru, karena sakit. Seminggu setelah kematian ibu saya, saya mendatangi kantor ACC di Jalan Ahmad Yani, yang hanya berjarak beberapa meter dari RS Awal Bros tempat ibu saya dirawat dan meninggal, untuk memberitahukan hal tersebut. Saya diberikan formulir yang harus diisi dan ada beberapa berkas yang harus dilengkapi untuk klaim asuransi kematiannya.

Pada sertifikat asuransi tertulis manfaat pertanggungan: “Jumlah Sisa Pinjaman dan/atau angsuran Pinjaman bulanan sesuai Kejadian Yang Dipertanggungkan”. Pada tanggal 19 Juni 2023, saya menyerahkan berkasnya yaitu formulir pengajuan klaim, surat keterangan kematian dari RS, surat keterangan dari dokter yang menangani ibu saya, surat keterangan kematian dari capil, surat kuasa dan ahli waris dari kelurahan dan camat, resume keperawatan bulan September 2022 dan Mei 2023 (ibu saya hanya dua kali masuk RS) dan berkas lainnya.

Sudah hampir satu bulan saya belum mendapatkan kabar dan follow up, baik dari pihak ACC maupun Astra Life tentang proses klaim tersebut. Selama hampir 2 tahun, mendiang ibu saya selalu mengusahakan untuk bayar cicilan kredit mobil tepat waktu. Saat beliau sakit pun, ia selalu mencari cara untuk membayar cicilan kreditnya. Sekarang ibu saya sudah gak ada, saat tanggal jatuh tempo, setiap hari kalian menelepon saya. Setiap pagi sampai hari ini saya selalu mengangkat telepon dari ACC yang menanyakan “Dengan Ibu Sismalini?”. Setiap hari saya harus jawab bahwasanya ibu saya telah meninggal dan asuransinya telah diajukan.

Hari ini pihak penagihan dari ACC datang ke rumah saya, untuk menagih cicilan kredit mobil yang telat bayar sudah 12 hari. Katanya sampai asuransi cair, cicilan kredit mobil harus tetap dibayar. Dia bilang proses asuransi paling cepat 3 bulan. Katanya jika tidak dibayar cicilan kreditnya selama dua bulan berturut-turut, maka mobil akan ditarik. Dia bilang juga kalau mau bayar pokoknya saja sama dia bisa. Dia juga bilang saat asuransinya cair, cicilan yang ahli waris keluarkan akan dikembalikan oleh pihak asuransi, yang saya sendiri tidak tahu kebenarannya.

Mohon pihak ACC untuk berhenti menelepon saya setiap hari dan tunggu saja sampai klaim asuransinya cair. Mohon pihak Astra Life dapat segera mencairkan klaim tersebut. Terima kasih.

Novilia Rischi
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Astra Life atas Keluhan Ibu Novilia Rischi

Jakarta, 17 Juli 2023 Perihal: Tanggapan Keluhan Nasabah di Mediakonsumen.com Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan hormat, Sebelumnya, kami ucapkan terima...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Lambatnya Proses Klaim Asuransi Kredit Astra Life

  • 15 Juli 2023 - (11:38 WIB)
    Permalink

    Hari ini tanggal 15 Juli 2023 pihak ACC telah menyelesaikan proses pengajuan klaim asuransi kematian ibu saya (Sismalini) hingga penyerahan BPKB mobil ibu saya diserahkan hari ini di kantor ACC cabang Pekanbaru.
    Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak Astralife dan ACC yang cepat menanggapi keluhan saya.

    Novilia Rischi
    Pekanbaru, Riau

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Astra Life?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Lambatnya Proses Klaim Asuransi Kredit Astra Life

oleh Novilia dibaca dalam: 1 menit
3