Penanganan Laporan Gagal Transfer pada Aplikasi BRImo “Lemot”!

Memang aneh bank BUMN yang satu ini, dari tahun ke tahun sangat minim perbaikan, terutama dengan urusan lambat dan lemot. Pada hari Minggu, 2 Juli 2023, saya melakukan transfer ke bank lain melalui aplikasi BRImo dengan metode BI Fast (artinya sampai saat itu juga, dengan biaya Rp2.500). Bukti mutasi transfer berhasil, tapi anehnya uang tidak sampai tujuan (dibuktikan dengan screenshot mutasi bank tujuan).

Kami tunggu, 1 jam kemudian muncul notifikasi bahwa transfer berhasil. Ternyata notifikasi tersebut cuma prank yang kedua kalinya. Kami cek mutasi rekening tujuan juga tidak ada dana masuk. Atas kejadian ini kami pun mengadukan melalui DM ke social media Twitter BRI dan kami diarahkan agar mengadukan pada aplikasi BRImo pada menu yang disediakan.

Dengan harapan tinggi, kami pikir ini inovasi dari BRImo yang dapat diandalkan. Namun ternyata kami kena prank juga, karena dari tanggal 2 Juli 2023 keluhan gagal transfer diajukan, sampai surat ini ditulis 7 Juli 2023, tidak ada progres apa pun, selain tampilan yang itu-itu saja pada aplikasi BRImo.

Untuk apa kalian membuat menu keluhan, jika kami harus menyiapkan waktu untuk datang ke cabang BRI yang ngantrinya mengalahkan antre emak-emak beli minyak goreng? Mohon maaf bukannya menjatuhkan, tetapi keuntungan yang kalian publikasikan dalam laporan tahunan di media, seharusnya bisa untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan. Jangan bertahan pada pelayanan yang buruk dari tahun ke tahun. Kalau perlu kirimkan pegawai untuk magang ke bank sebelah yang terkenal bagus dan cepat pelayanannya.

Dirto
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Bapak Dirto

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Penanganan Laporan Gagal Transfer pada Aplikasi BRImo “Lemot”!

  • 13 Juli 2023 - (14:22 WIB)
    Permalink

    Maaf nimbrung om, ditunggu aja laporannya pasti bakal diproses kok dan butuh waktu.. Saran aja si, coba dicek pake menu mutasi di brimo, kali aja udah dibalikin dananya. Semoga cepet selesai ya om

    • 13 Juli 2023 - (15:10 WIB)
      Permalink

      Kelemahan Bifast ya memang sering gangguan…karena memang yg make fitur itu banyak karena murah dan cepat…yang perlu ditingkatkan itu rasio keberhasilan bifast yg perlu ditingkatkan dr BI

    • 14 Juli 2023 - (06:50 WIB)
      Permalink

      Saya pernah mengalami spt ini. Si penerima menyatakan transfer belum diterima karena saldo rekeningnya belum berubah.
      Setelah ribut & saya minta print buku tabungan, ternyata si penerima ada tagihan kredit sehingga begitu transfer saya masuk, langsung terpotong, alhasil saat cek saldo di atm terlihat sepertinya transfer belum masuk.

  • 14 Juli 2023 - (06:44 WIB)
    Permalink

    BI Fast itu milik BI, coba deh googling, memang sering error, makanya bank (termasuk BRI) kadang mematikan fitur BI Fast, masalahnya BI memaksa bank melengkapinya dengan fitur ini.

    Mengenai lambatnya penanganan komplain -itu memang hak nasabah untuk menilai- tapi coba deh cari tahu ketentuan OJK & BI mengenai SLA penanganganan keluhan. Jika memang BRI tidak memenuhi SLA tsb -menurut saya- barulah pantas dihujat.

    2
    1
  • 15 Juli 2023 - (13:39 WIB)
    Permalink

    Santai aja Pak… saya pernah transfer pakai brimola 200jt pakai bi fast juga pernah trouble laporan awal berhasil tapi tidak masuk ke rekening penerima, saya komplain disampaikan memang yg trouble bi fast nya dan itu bukan punya bri lo…. sebetulnya banyak yg diuntungkan juga dari bi fast biaya murah cuma 2.500 coba kalau pakai rtgs 30.000 . Jadi santai aja uang kita pasti kembali kalau saya dulu tidak sampai 24jam kembali…

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Penanganan Laporan Gagal Transfer pada Aplikasi BRImo “LemotR…

oleh D F dibaca dalam: 1 menit
9