HSBC Tidak Membantu Nasabah terkait Sanggahan Transaksi Kartu Kredit

Yth. Media Konsumen,

Pada sekitar tanggal 20 Mei 2023 kemarin, saya iseng-iseng ikutan dating sites, situs biro jodoh dari China, bernama TrulyChinese. Di dalam website disebutkan bahwa terdapat paket free-trial selama 7 hari. Saya ikutan paket itu dan diminta memasukkan data credit card. Saya menggunakan credit card HSBC saya.

Ketika saya sudah ikutan dating site ini, saya merasa kurang cocok. Sehingga pada tanggal 23 Mei 2023, saya memutuskan untuk menonaktifkan akun saya di TrulyChinese. Setelah saya nonaktifkan akun, ternyata website ini men-charge credit card saya untuk membership selama sebulan, sekitar Rp440 ribu.

Saya mengajukan sanggahan transaksi (dispute) kepada HSBC, tapi ternyata HSBC tidak kooperatif. HSBC mengganti kartu saya dengan kartu baru, tetapi menolak untuk mengurus pengembalian dana saya. HSBC menyuruh saya untuk mengkonfirmasi sendiri kepada pihak TrulyChinese mengenai transaksi saya.

Saya sudah melakukan konfirmasi lewat Live-Chat di website TrulyChinese, dan saya melakukan screen-capture seluruh pembicaraan. Di dalam pembicaraan dengan TrulyChinese, mereka mengakui bahwa saya sudah menonaktifkan (account removal) saya tanggal 23 Mei 2023 (screenshot terlampir). Namun pihak TrulyChinese berkilah bahwa saya tidak melakukan cancellation account.

Saya bingung, bagaimana caranya saya melakukan cancellation account, karena setelah saya melakukan removal account, maka saya tidak lagi memiliki akses kepada sistem website TrulyChinese? Menurut saya ini hanya akal-akalan website China ini untuk men-charge kartu kredit saya dan HSBC memilih untuk berpihak kepada merchant dari China ini.

HSBC menolak untuk mengurus pengembalian dana saya, dan mengatakan bahwa saya tidak melakukan cancellation account seperti yang dikatakan oleh Customer Service dari TrulyChinese.

Saya menghimbau para nasabah perbankan yang menggunakan kartu kredit. Sebaiknya pilihlah bank yang terpercaya dan pilihlah bank yang memihak kepada konsumen, bukan memihak kepada merchant seperti Bank HSBC. HSBC sangat memihak kepada merchant. Saya sudah beberapa kali mengurus masalah dispute ke HSBC, tapi Customer Service HSBC tidak memihak kepada nasabah.

Regards,

Rudy Hendra
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

64 komentar untuk “HSBC Tidak Membantu Nasabah terkait Sanggahan Transaksi Kartu Kredit

  • 14 Juli 2023 - (09:10 WIB)
    Permalink

    Gagal paham nih.

    Yang mendebit KK nya adalah pihak dating web tsb, kenapa Bank yg dikejar?

    10
    1
    • 14 Juli 2023 - (11:32 WIB)
      Permalink

      Yth. Bapak / Ibu Alikha,
      anda paham kan arti “free trial”?
      Nah, ini website memberi free-trial, tapi men-charge kartu kredit saya.
      Di dalam perjanjian kartu kredit VISA, terdapat perlindungan konsumen, terhadap bentuk-bentuk penipuan dan juga unauthorized transaction.

      Saya menyanggah transaksi ini sebagai unauthorized transaction. (Transaksi yang tidak terotorisasi oleh saya), karena saya ikutan FREE TRIAL. Anda ngerti kan artinya “FREE”?

      3
      12
        • 14 Juli 2023 - (11:43 WIB)
          Permalink

          Yth. Bu Alikha,
          Ngapain lapor ke OJK, birokrat-birokrat kayak gitu.
          Paling-paling juga entar OJK-nya minta duit juga buat beresin urusan Rp400ribu ini.

          (oh iya… jedotin aja ke dinding sampe pecah kepalanya).

          1
          10
          • 17 Juli 2023 - (19:23 WIB)
            Permalink

            Oon, itu resiko sembarangan memasukkan kartu kredit ke sembarang situs yang tidak tahu terjamin kejujurannya.
            harusnya juga sebelum akun kita di hapus. hapus dulu data kartu kredit kita di situs tersebut.

          • 14 September 2023 - (13:15 WIB)
            Permalink

            Ts kebanyakan komplen d MK, kesini gara2 komplen dia yg di Katain an***, ama cs asuransi, pdhal dia sendiri yg ngatain duluan, skrg nemu lg , komplen gara2 ulah dia ikut dating wkwkw kbyakan ulah bgt nih ts

  • 14 Juli 2023 - (09:17 WIB)
    Permalink

    Tanpa bermaksud menyudutkan pihak manapun, tapi kurasa apa yang dijelaskan oleh TrulyChinese sudah benar, menutup account tidak serta merta paket berlangganannya ikutan terputus. Kalau pengalaman sih, berlangganan via googleplay, ketika akun akan ditutup ada notifikasi, bahwasannya ada paket berlangganan yang masih berjalan, jadi diminta untuk me-stop paket berlangganannya tsb sebelum “close account”.
    Kalau account sudah keburu di hapus ya benar apa yang di sarankan HSBC, ganti kartu, jadi kartu lamanya di blok sehingga ketika waktunya renewal itu tidak bisa bisa ter-debet.

    • 14 Juli 2023 - (09:42 WIB)
      Permalink

      Mirip ya kyak free trial youtube 30 hari.Ketika sudah 30 hari dan akun masih terhubung dengan pembayaran dan blm dicancel lewat google play maka bakal terjadi pendebetan meski udah hapus youtube atau pake akun lain.Ini berlaku juga buat aplikasi lain menyediakan free trial

    • 14 Juli 2023 - (11:33 WIB)
      Permalink

      Yth. Bu Tania Zoldig,
      Yang saya mau tanya,”Gimana caranya menutup (close account), sedangkan saya sudah Remove Account, sehingga saya tidak punya akses lagi ke dalam sistem website tersebut?”
      Jadi lucu…

      • 14 Juli 2023 - (14:43 WIB)
        Permalink

        Didalam tulisan anda di atas sudah ada penjelasannya kok.
        Ada 2 cara yang bisa dilakukan.
        1. Kirim email ke web tsb, mengajukan pembatalan langganan, karena anda sudah menutup account tsb. Tapi pembatalan langganan tsb hanya berlaku untuk bulan #2 dan atau seterusnya. Karena bulan #1 sudah berjalan, maka anda di anggap setuju berlangganan, bisa di artikan, tidak bisa di refund.
        2. Mengajukan pemblokiran KK anda, dan minta kartu pengganti. Dijamin di bulan berikutnya si web tidak akan bisa men-deket kk anda lagi.

        Seperti penjelasan di bawah, free tial itu artinya anda bebas menggunakan dalam rentang waktu 7 hari, atau tergantung perjanjian di web free trial brp hari, karena ada yang kasih 3 hari, 7 hari atau 30 hari free. Nah kalau ketika daftar cuma di kasih free trial 7 hari masa percobaan. Selepas 7 hari jika tidak ada pembatalan dari sisi konsumen, maka anggapan web tsb adalah, anda setuju untuk di debet masa langganan 1 bulan berikutnya atau 6 bulan atau 1 tahun, tergantung opsi apa yang anda pilih. Semua langganan elektronik memang seperti itu, coba aja iseng langganan Amaz** yang bulanannya murah, pasti sistem nya sama. Dan mau pake kk apa saja ya sama jg sistemnya, di debet ketika ada invoice dari web/aplikasi yang anda berlangganan.

        Sudah tidak perlu di ambil pusing, karena bisa dibilang, pendebetan tsb karena kesalahan anda. Lakukan salah satu dari 2 cara di atas, karena kalau dibiarkan nanti malah di bulan #2 anda kena debet lagi.

        • 15 Juli 2023 - (07:22 WIB)
          Permalink

          “Sebaiknya pilihlah bank yang terpercaya dan pilihlah bank yang memihak kepada konsumen, bukan memihak kepada merchant seperti Bank HSBC”

          Lalu setelah kejadian ini, apakah ts masih mau menggunakan hsbc?

          Saya yakin ts masih menggunakannya walaupun udah kecewa terhadap keputusan dr pihak bank.

          • 29 Juli 2023 - (21:58 WIB)
            Permalink

            Yth. Nasgor Tektek,
            Ohhh… mohon maaf ya…
            Saya engga bekerja sama atau berbisnis dengan orang yang “etika bisnis”nya buruk…
            Anda ngerti kan yang saya maksud?
            hehehe…
            Credit card saya ada banyak, dari mulai Bank Mega, BRI Tokopedia, CIMB NIAGA, AEON, dan masih banyak lagi yang nawarin saya credit card.
            Di antara semua credit card saya ini, HSBC yang PALING KECIL limitnya (dari semua bank).
            Jadi yah… hehe… kayaknya kaga butuh butuh banget juga sama HSBC.
            Maap ya, Bang…

        • 20 Juli 2023 - (03:26 WIB)
          Permalink

          Yth. Bu Tania Zoldig,
          Nih, gua kasih tahu ya.
          Di dalam website tidak tertulis CARA MEMBATALKAN (Cancellation) account.
          Tapi ketika di-chat, baru muncul tulisan itu.
          Nah, gimana saya bisa tahu bahwa account saya sudah dibatalkan atau belum?
          Tahu tahu kartu kredit saya terdebet.

          Dan pihak HSBC tidak mau tahu dan tidak mau bantu juga.

          • 14 September 2023 - (14:43 WIB)
            Permalink

            coba dibaca deh postingan dia pas komplen ke cititrans…

            dia bilang istrinya kena stroke…

            nah skrg ikut dating site??

            nah LO…….. hehehehhe rudi2…

  • 14 Juli 2023 - (09:20 WIB)
    Permalink

    **Setelah saya nonaktifkan akun, ternyata website ini men-charge credit card saya untuk membership selama sebulan, sekitar Rp440 ribu.**
    vs.
    **Saya mengajukan sanggahan transaksi (dispute) kepada HSBC, tapi ternyata HSBC tidak kooperatif.**
    ==>>> Dua statement yang membingungkan. Kenapa jadi dispute yah? Kenapa HSBC yang dikejar yah? Bukan web tsb yang dikejar?

    Ini namanya lampu sen kiri tapi belok kanan.

    • 14 Juli 2023 - (11:30 WIB)
      Permalink

      Yth. Pak Firman,
      anda paham kan arti “free trial”?
      Nah, ini website memberi free-trial, tapi men-charge kartu kredit saya.
      Di dalam perjanjian kartu kredit VISA, terdapat perlindungan konsumen, terhadap bentuk-bentuk penipuan dan juga unauthorized transaction.

      Saya menyanggah transaksi ini sebagai unauthorized transaction. (Transaksi yang tidak terotorisasi oleh saya), karena saya ikutan FREE TRIAL. Anda ngerti kan artinya “FREE”?

      11
      • 17 Juli 2023 - (19:37 WIB)
        Permalink

        tuan rudi
        walaupun anda masih dlm masa free menutup akun, sebelum Anda tidak melakukan pembatalan berlangganan anda tetap di anggap berlangganan utk bulan pertama dan seterusnya. itu kesalahan anda, kelalaian anda keteledoran anda itu resiko ketidaktahuan anda. makanya hsbc mengganti kk Anda agar tidak terus kena pembayaran setiap bulan.
        dan memang benar yang harus anda kejar ya situs jodoh tersebut untuk meminta bantuan untuk membatalkan berlangganan kalau bisa sampai mengembalikan uang anda, bukan menyalahkan hsbc, bank tidak punya wewenang untuk mengambil uang yang telah keluar yang di sebabkan kelalaian kita.

        • 29 Juli 2023 - (22:00 WIB)
          Permalink

          Yth. Kang-Asep,
          Oh, gitu Kang?
          Punten, apa bedanya “menutup akun” dan “membatalkan berlangganan”.
          Teu terang saya mah Kang.
          Upami tos ditutup, kumaha batalkeunna atuh?
          Da pan geus ditutup?
          Teu aya akses deui ka jero sistem manehna.

    • 14 Juli 2023 - (11:29 WIB)
      Permalink

      Iy kasian cs bank ny dpt costumer kurang smart..tapi teriak2 d mk..
      Kesadaran Dia sendiri masukan pembayaran kk kog bikin sanggahan tdk bertransksi..

      • 14 Juli 2023 - (11:41 WIB)
        Permalink

        Yth. Pak Flayer,
        Boleh tahu “kurang smart” nya di mana?
        Saya secara sadar meng-authorized FREE TRIAL, bukan meng-Authorized membership selama 1 bulan.

        Terus website men-charge saya membership selama 1 bulan.

        “Kurang smart”-nya di mana yah?

        • 14 Juli 2023 - (14:34 WIB)
          Permalink

          Kurang smartnya,harusnya anda cancel ke pihak penyedia jasa tsb bukan salahkan pihak bank

          • 20 Juli 2023 - (03:27 WIB)
            Permalink

            Yth. Pak Dadang,
            Saya sudah melakukan REMOVAL account.
            Dan sejak itu saya tidak ada access lagi ke dalam sistem website mereka.
            Gimana saya bisa melakukan CANCELLATION kalau tidak dikasih tahu sama sekali?
            Pihak website juga tidak memberikan notifikasi apapun.
            Dan tidak ada juga tertulis cara-caranya di dalam website mereka.

    • 14 Juli 2023 - (11:31 WIB)
      Permalink

      Yth. Pak Arif,
      anda paham kan arti “free trial”?
      Nah, ini website memberi free-trial, tapi men-charge kartu kredit saya.
      Di dalam perjanjian kartu kredit VISA, terdapat perlindungan konsumen, terhadap bentuk-bentuk penipuan dan juga unauthorized transaction.

      Saya menyanggah transaksi ini sebagai unauthorized transaction. (Transaksi yang tidak terotorisasi oleh saya), karena saya ikutan FREE TRIAL. Anda ngerti kan artinya “FREE”?

      10
      • 18 Juli 2023 - (06:54 WIB)
        Permalink

        gak usah sok ngajarin orang lain apa itu free trial, kenyataan justru anda yang gak paham aturan maennya

        • 20 Juli 2023 - (03:28 WIB)
          Permalink

          Yth. Pak Apan,
          Gak usah banyak cingcong.
          Jawab aja pertanyaannya (kalau memang ngerti).

  • 14 Juli 2023 - (11:52 WIB)
    Permalink

    ya… tidak apa-apa sih, kalau HSBC tidak mau handle dispute (sanggahan) ini, dan tidak mau mengembalikan dana saya.
    Cuma kan kita nasabah jadi tahu, bahwa transaksi-transaksi online di web, TIDAK DILINDUNGI sesuai dengan perjanjian kartu kredit VISA.

    (HSBC tidak melindungi nasabah, dan credit card HSBC tidak mengikuti (tidak tunduk) pada perjanjian kartu kredit VISA).

  • 14 Juli 2023 - (12:15 WIB)
    Permalink

    Kenapa saya bertransaksi di website yang saya tidak kenal, dengan menggunakan kartu kredit?
    Salah satunya adalah, karena kalau pakai kartu kredit (VISA), saya sebagai nasabah dilindungi oleh perjanjian transaksi credit card VISA, di mana jika terdapat merchant yang penipu atau fraudulent, maka saya bisa mengajukan dispute (sanggahan) dan juga bisa meminta VISA dan Bank untuk mem-void (membatalkan) transaksi saya.

    Ini salah satu alasan kenapa saya melakukan transaksi dengan kartu kredit (VISA).

    Tapi mungkin HSBC sebagai bank yang bekerja sama dengan VISA tidak mampu / tidak sanggup melaksanakan perjanjian kartu kredit VISA, jadi untuk next time, saya akan pakai Mastercard aja dari bank lain.

    • 14 Juli 2023 - (14:33 WIB)
      Permalink

      Lah transaksi tsb anda yg lakukan ,anda yg tidak cancel,kenapa bank yg disalahkan?sebaiknya anda kejar saja pihak tsb bukannya pihak bank😆😆😁😁😅😅🏃🙏

      • 20 Juli 2023 - (03:29 WIB)
        Permalink

        Yth. Pak Dadang,
        Lah? saya sudah melakukan REMOVAL ACCOUNT.
        Apa bedanya REMOVAL dan CANCELLATION?
        Setelah removal juga tidak ada notifikasi sama sekali.
        Darimana saya bisa tahu bahwa REMOVAL itu beda dengan CANCELLATION?
        Ini kan cuma akal-akalan website itu aja untuk men-charge kartu kredit saya, tanpa saya menggunakan jasa mereka sama sekali.

  • 14 Juli 2023 - (12:33 WIB)
    Permalink

    pak Rudy apakah dulu membaca syarat dan ketentuan saat mengajukan Free Trialnya?
    sy tidak pernah dengar web truly2, tetapi sy pernah ikut free trial di suatu layanan dan di syarat dan ketentuannya tercantum bahwa jika tidak mengajukan cancellation langganan artinya kita memberikan otorisasi utk charge kartu kredit setelah masa free trial berakhir. lagipula inilah alasan (dan mungkin trik marketing) utk user input kartu kredit padahal Free trial.. yaitu perusahaan berharap user lupa cancel langganan atau entah gimana sehingga tidak cancel langganan sehingga kartu kreditnya bisa di charge.

    Kesimpulannya, Anda tidak bs mengatakan kalau transaksi itu unauthorized kecuali Anda bs membuktikan di syarat & ketentuan free trial web truly bahwa kl remove account artinya cancel langganan. dan ini mestinya ke web truly krn keputusan utk refund itu ditangan perusahaannya, bukan di hsbc sebagai media bayar

    • 14 Juli 2023 - (14:33 WIB)
      Permalink

      Saya setuju dgn opini gan @Chrisma Wati ini, alanglah lebih baik jika cek kembali snk. Pak TS bisa cek diklausa2 peraturan dgn teliti dan tetap skeptis (tidak menganggap semua peraturan/cara main itu benar). Ada satu hal yg saya tidak setuju :
      Kalo menurut hikmat saya, ada perbedaan antara trik marketing dan penipuan walau sangat tipis. Jika dalam snk TIDAK menyebutkan si user akan MEMPEROLEH notifikasi/peringatan bila free subs AKAN habis, maka sudah fix layanan tsb adalah penipuan alias fake free trial. Apabila peraturan layanan yg ada di SnK mengharapkan Kelalaian Free User sbg Income alih2 trik marketing, maka peraturan SnK itu cacat alias fake. Suatu snk wajib jelas dan tidak abu2 bahkan snk wajib direview komisaris dan otoritas setempat. Jadi ya saya ketawain aja : C level manajemen corp nya terlalu Tidak Profesional.

    • 20 Juli 2023 - (03:31 WIB)
      Permalink

      Yth. Bu Chrisma Wati,
      Saya sudah baca T&C nya.
      Tidak ada yang aneh-aneh.
      Free trial adalah free trial.
      Saya TIDAK PERNAH meng-authorize subscription untuk 1 bulan.
      Saya meng-authorize FREE TRIAL.

  • 14 Juli 2023 - (13:14 WIB)
    Permalink

    free trial 7 hari dari tgl 23 mei-30 mei. tepat pd 30 mei anda dikenakan biaya. kebanyakan penyedia layanan pasti memberikan statement : You can cancel subscription any time. artinya anda harus membatalkan subscription sebelum menutup akun & sebelum 7 hari.

    • 20 Juli 2023 - (03:32 WIB)
      Permalink

      Yth. Pak Herwin,
      Saya subscribe pada sekitar tanggal 20 Mei 2023.
      Saya TUTUP ACCOUNT tanggal 23 Mei 2023.
      Jadi belum 7 hari kan?

  • 14 Juli 2023 - (13:31 WIB)
    Permalink

    Bukannya sudah dari dulu aturan tentang free trial kalau mau habis kita harus cancel manual. Kalau nggak ya otomatis di charge buat 1 bulan.

    • 20 Juli 2023 - (03:33 WIB)
      Permalink

      Yth. Pak Putra,
      Saya sudah melakukan TUTUP ACCOUNT, pada tanggal 23 Mei 2023.
      Saya subscribe sekitar tanggal 20 Mei 2023.
      Jadi belum 7 hari.
      Kenapa jadi di-charge 1 bulan?

  • 14 Juli 2023 - (14:14 WIB)
    Permalink

    Salam pak TS Rudy Hendra,
    Kebetulan rekanan kami ada yang bekerja di Visa pak. Sepemahaman kami ttg masalah bapak : Free Trial kok malah kena charge, HSBC malah menolak dispute, Akun udah terlanjur remove sulit ngurus cancellation subs.

    Begini pak TS, terkait cancellation subs, kami kira solusi bank sudah tepat yaitu mengganti kartu bapak dgn kartu baru, kartu lama diblokir.

    Terkait pengajuan dispute ada baiknya jika bapak bisa menyiapkan semua bukti2 ttg fake free trial tsb (lbh bagus jg ada bukti screenvid ketika bapak subs free trial). Bapak bisa melakukan report ke HSBC tentunya dan juga VISA (bisa via email, prefer via telpon, bebas pulsa) dengan dalih unauthorized trx dengan harapan VISA menindak bank penerbit shg bersedia memproses dispute bapak.

    Terkait website yg melakukan praktik FAKE FREE TRIAL, bapak bisa melaporkannya pada otoritas pengelola website setempat (kominfo nya china) via email (bisa dicari di gov cn) cc ke gov report. Bapak cukup edit text komplain sblmnya dan menegaskan bahwa bapak sbg cust overseas dirugikan dan terkena modus fake free trial agar website tsb ditakedown oleh gov mereka.

    Menurut kami, itu solusi komprehensif yg tak banyak effort utk mendapatkan kembali hak TS dan memberi efek jera ke website fake. Bila msh sulit & makin gemes, bapak bisa posting hacker challenge di hackerank bt DDOS web tsb. Cmiw.

    • 20 Juli 2023 - (03:35 WIB)
      Permalink

      Yth, Bapak / Ibu di Financial Audit Watch,
      Terima kasih banyak atas solusinya.
      Boleh tahu, bagaimana caranya menghubungi VISA Indonesia?
      Mohon infonya ya, Bro…

  • 14 Juli 2023 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Jelas jelas anda yg salah,yg anda kejar pihak birojodoh tsb ,kenapa yg disalahin pihak bank😅😅😅😅😅😅

  • 14 Juli 2023 - (14:51 WIB)
    Permalink

    Masalahnya adalah free trial tapi tidak membatalkan langganan tapi menutup akun

    artinya kalau website kencan itu memang butuh pemasukan ya langganan nya tetap jalan terus

    contohnya saya langganan apple musik untuk 3 bulan free, tapi sebelum uji coba berakhir saya wajib batalkan langganan atau bernasib seperti TS

    bank ya gak mau tau itu kan kesadaran dan kelalaian nasabah harus urus sendiri ke merchant, kebetulan merchant nya emang gak kooperatif ya sudah iklaskan saja ☺️

    • 14 Juli 2023 - (16:13 WIB)
      Permalink

      setuju, sebelum masa free trial berakhir harus sudah dibatalkan subscriptionnya, meski akun sudah ditutup atau apalah itu namanya, selama belum dicancel ya akan terus ditagih.
      sy pernah hampir kena gr2 lupa batalkan, untungnya gopay sy ga ada saldo, jd ga bs didebet, sy langsung batalkan di menu playstore.

    • 20 Juli 2023 - (03:36 WIB)
      Permalink

      Yth. Bu Mutia,
      Saya sudah menutup account pada tanggal 23 Mei 2023.
      Saya subscribe tanggal 20 Mei 2023.

      Ya, saya akan pakai kartu kredit lain aja lah.
      Mastercard dari CIMB Niaga sepertinya bagus juga.
      Dan gratis pula.

  • 14 Juli 2023 - (21:55 WIB)
    Permalink

    Mau dapat jodoh orang cina. Knapa nggak diterusin aja. Apa nggak ada yg suka. Apa nggak ada biro jodoh di indonesia yg gratis gak pake bayar2

    • 15 Juli 2023 - (14:44 WIB)
      Permalink

      Permasalahannya yaitu pada web biro jodohnya, HSBC hanya sebagai alat pembayarannya,
      jika anda Cancel Langganan sebelum hapus akun dan sebelum 7 hari Free Trial, anda tidak akan kena biaya,

      solusi Baik dari HSBC benar yaitu ganti Kartu,

    • 20 Juli 2023 - (03:37 WIB)
      Permalink

      Yth. Munzir Akbarwan,
      Wohhh… sorry Bro… itu yang ikutannya (cewek cewek Cungkuo-nya), tua-tua Bro…!
      Ada yang 60-an juga umurnya!
      Yang muda-mudanya jarang…!

    • 14 September 2023 - (14:45 WIB)
      Permalink

      baca d postingan dia tgl 1 mei yg komplen ke travel cititrans..alesannya reschdule ” istrinya” kena stroke….

      nah……………….

  • 15 Juli 2023 - (00:16 WIB)
    Permalink

    Jauh2 nyari jodoh di website China ngapain sih pak?!
    Di daerah Glodok/Pancoran banyak kok panda lokal yg nggak kalah oke sama mereka.
    Dunia Maya tidak seindah yg dibayangkan.
    Lebih enak juga nyari langsung, copy darat langsung tangkap. Hap!! 😁😁😁😁😁

  • 15 Juli 2023 - (18:24 WIB)
    Permalink

    Di hari ke 6 harus unsubcribe, bukan hapus account. Kalau gga unsubscribe otomatis akan kena cas. Itu berlaku untuk semua jenis langganan. Jadi kalau gga penting2 amat, gga usah langganan2 , gunakan cara lain seperti gopay , dana atau ovo utk langganannya

    • 20 Juli 2023 - (03:40 WIB)
      Permalink

      Yth. Pak Jedi,
      Saya sudah tutup account pada hari ketiga.
      Subscribe tanggal 20 Mei 2023.
      Tutup account tanggal 23 Mei 2023.

        • 20 Juli 2023 - (03:49 WIB)
          Permalink

          Yth. Pak Jedi,
          Saya tidak tahu apa bedanya unsubscribe dan tutup account.
          Tidak ada dibedakan di dalam website itu.
          Yang pasti saya sudah close account saya.

          • 20 Juli 2023 - (10:45 WIB)
            Permalink

            Subscribe artinya berlangganan, unsubscribe artinya berhenti berlangganan. Selama tidak di unsubscribe langganan tetap jalan walaupun akun di hapus. Kalau aplikasi dari amerika di hp iph biasa mewajibkan masukkan data2 kartu kredit,kalau tdk penting banget, sebaiknya jangan sembarang masukkan datanya

        • 20 Juli 2023 - (13:30 WIB)
          Permalink

          Yth. Pak Jedi,
          Boss, gua sudah REMOVE ACCOUNT.
          Artinya gua sudah STOP seluruh SERVICE dari website ini.
          Gua udah TUTUP SELURUH rekening (account) gua di website ini.
          Mau pakai istilah SUBSCRIBE atau UNSUBSCRIBE atau apapun, gua sudah REMOVE seluruh ACCOUNT gua di website ini.
          Dan gua juga SUDAH TIDAK ADA LAGI AKSES ke dalam website ini.
          Dan gua juga TIDAK DAPAT notifikasi apapun dari website ini juga.

          Website ini juga TIDAK memberikan fasilitas untuk UNSUBSCRIBE.
          Website ini hanya memberikan fasilitas untuk REMOVE ACCOUNT.
          Di dalam percakapan selanjutnya (saya bisa upload juga di sini), mereka (website ini) mengakui juga bahwa mereka ke depannya akan memperbaiki sistem mereka, supaya bisa CANCELLATION / UNSUBSCRIBE secara online.
          Nah. Sekarang gua yang jadi korban pertamanya. Jadi kelinci percobaannya, untuk perbaikan sistem mereka ini.

          Ini website China, bukan Amrik.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank HSBC Indonesia?

Ada 64 komentar sampai saat ini..

HSBC Tidak Membantu Nasabah terkait Sanggahan Transaksi Kartu Kredit

oleh Rudy dibaca dalam: 1 menit
64