Saldo Refund LinkAja Tidak Masuk Padahal di Riwayat Sudah Sukses

Perkenalkan, nama saya Nelita Ratu Kusuma Dewi. Pada hari ini saya ingin menyampaikan keluhan saya terkait kendala saldo refund LinkAja, dari pergantian nomor akun LinkAja, yang tidak ada masuk. Padahal di riwayat aplikasi LinkAja sudah tertulis bahwa saldo refund sudah berhasil (sukses).

Berikut saya lampirkan bukti foto:

Singkat cerita, mulai bulan Juni saya berusaha menghubungi pihak LinkAja melalui live chat, call center, dan email, termasuk komentar di semua media sosial resmi mereka, untuk meminta bantuan mengganti nomor akun LinkAja saya. Hal ini karena nomor saya yang terdaftar di akun LinkAja sudah tidak aktif dan tidak bisa diaktifkan kembali. Namun karena masih ada saldo di akun LinkAja saya, saya ingin mengganti nomor akun agar bisa login dan mengambil saldo tersebut. Namun tidak ada respons sama sekali dari pihak LinkAja di berbagai media tersebut.

Akhirnya, pada tanggal 12 Agustus 2023 kemarin, sekitar pukul 04.30 pagi, saya mencoba mendaftarkan akun LinkAja baru dengan nomor baru saya. Saya juga memasukkan data diri dan verifikasi KTP yang terdaftar di akun LinkAja lama saya. Ternyata berhasil. Akun LinkAja baru saya langsung berstatus Full Service, dan pada saat itu juga terdapat riwayat bahwa akun baru saya menerima uang sebesar Rp500.500 dari akun LinkAja lama saya.

Berikut bukti terlampir:

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal surat ini, sudah ada riwayat bahwa akun saya menerima uang dari akun LinkAja saya yang lama dengan nomor 0811.58588 sebesar Rp500.500, lengkap dengan riwayat refund saldo sebesar Rp500.500 ke akun LinkAja saya yang nomornya baru saya daftarkan dengan nomor 0812.12345*. Namun sampai saat ini, saldo refund tersebut belum ada masuk di akun LinkAja saya.

Bisa dilihat kembali di bukti foto yang saya lampirkan. Lihat detail di kedua transaksi tersebut yang tertera nomor akun LinkAja saya.

Berikut data akun LinkAja saya:

  • Nama Akun LinkAja: Nelita Ratu Kusuma Dewi
  • No. Akun LinkAja akun lama: 0811.58**588
  • Email LinkAja akun lama: nelitaratu1***@gmail.com
  • No. Akun LinkAja yang baru: 0812.12345***
  • Email LinkAja yang baru: azkaadinatas**@gmail.com

Saya sudah mencoba menghubungi call center setiap hari berkali-kali, hanya voice bot yang berbicara dan tidak pernah tersambung ke agen/customer service secara langsung. Melalui live chat pun setiap hari saya hubungi, namun sangat sulit tersambung dengan agen/customer service.

Puluhan kali di live chat hanya keterangan โ€œAnda Sedang Dalam Antrianโ€, sampai berjam-jam pun seperti itu. Dalam 1 minggu berturut-turut, setiap hari saya hubungi live chat, hanya pernah 1x tersambung dengan agen/customer service LinkAja. Namun dalam hitungan 2-3 menit kemudian setelah saya menjelaskan keluhan kepada agen, tiba-tiba live chat ditutup secara otomatis oleh sistem.

Melalui email pun sama, tidak pernah ada hasil. Sudah berkali-kali saya melaporkan dan mengirimkan semua bukti foto lengkap dengan foto e-KTP asli saya untuk dapat ditindaklanjuti oleh pihak LinkAja terkait dengan laporan keluhan saya. Namun lagi-lagi hanya ada balasan otomatis yang selalu meminta bantuan live chat jika ada keluhan. Sedangkan di live chat sangat sulit untuk terhubung dengan agen/customer service-nya.

Aplikasi LinkAja benar-benar sangat mengecewakan semua pengguna. Baru beberapa hari ini saya menemukan mediakonsumen.com dan langsung mencari dengan kata โ€œLinkAjaโ€ di kolom pencarian. Saya sangat terkejut melihat semua laporan pengguna LinkAja yang ada di mediakonsumen.com dari tahun 2019 hingga 2023 ini. Ada apa dengan LinkAja? Kenapa dari dulu tidak pernah memperbaiki sistem kerjanya, terutama dalam pusat bantuannya? Benar-benar tidak ada solusi atas semua masalah yang ditimbulkan oleh aplikasi LinkAja.

Saya merasa beruntung menemukan mediakonsumen.com ini. Setelah hampir semua halaman keluhan tentang aplikasi LinkAja yang ada di sini saya baca, hampir semua keluhan sudah ditanggapi dan diselesaikan oleh pihak LinkAja. Sungguh sangat disayangkan, aplikasi sekelas BUMN seperti ini memiliki sistem kinerja yang sangat rusak dari tahun ke tahun tanpa ada perubahan, malah semakin hancur.

Saya juga melihat di Play Store, aplikasi LinkAja mendapat rating yang buruk dengan komentar negatif dan bintang 1 dari para pengguna LinkAja. Semoga pihak LinkAja bisa segera membaca surat keluhan saya ini dan segera menghubungi saya langsung untuk menyelesaikan tanggung jawabnya.

Terima kasih MediaKonsumen.com, sudah menjadi jembatan pengaduan pelaporan kami. ๐Ÿ™

Nelita Ratu Kusuma Dewi
Samarinda, Kalimantan Timur


Update (23 Agustus 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak LinkAja sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Saldo Refund LinkAja Tidak Masuk Padahal di Riwayat Sudah Sukses

Perkenalkan, nama saya Nelita Ratu Kusuma Dewi. Pada hari ini saya ingin menyampaikan keluhan saya terkait kendala saldo refund LinkAja,...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Saldo Refund LinkAja Tidak Masuk Padahal di Riwayat Sudah Sukses

  • 18 Agustus 2023 - (07:53 WIB)
    Permalink

    Coba akun link aja nya di ubah jadi premium dulu kk.. mungkin baru bisa terima transfer uang rp.500.000 nya

    • 18 Agustus 2023 - (11:48 WIB)
      Permalink

      Silahkan dibaca baik2 yah kak surat keluhan saya itu. Begitu sy daftar akun baru pakai nomor baru dan verifikasi ktp saya. Akun linkaja saya itu Langsung APPROVED FULL SERVICE (PREMIUM) yg artinya sudah bisa transfer. Setelah tgl 12 agustus pun sy ada terima uang dari rekening dan bertransaksi transfer kok via linkaja.
      Hanya saldo refund saya yg 500.500 itu aja yg belum ada masuk sampai skrg.

      1
      1
  • 18 Agustus 2023 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Biasanya kalo dah tayang di MK lsg gercep. Yah begitulah… Semoga segera terselesaikan.

    • 18 Agustus 2023 - (15:59 WIB)
      Permalink

      Iyaa, semoga pihak linkaja segera menghubungi saya utk menyelesaikan masalahnya.

  • 20 Agustus 2023 - (21:24 WIB)
    Permalink

    Emang TOP kalau udh nulis surat keluhan di MEDIAKONSUMEN, pihak terkait ditanggal yg sama langsung menghubungi saya perihal penyelesaian masalah yg saya keluhkan. Persyaratan sudah sy lengkapi dan kirimkan via email ke pihak LINKAJA.
    Pembicaraan CS linkaja via tlpn di tgl 18 agustus kemarin. Jika sy sudah melengkapi dan mengirimkan persyaratan via email, akan ditindak lanjuti dgn waktu 3x24jam (dihari kerja). Dan keluhan sy akan di PRIORITASKAN. Cs berkata seperti itu. Sy punya bukti lengkap catatan rekaman tlpn pihak linkaja pada saat menelpon sy ditgl 18 agstus kemarin.
    Pada hari ini tgl 20 agustus di jam 17.38 sy sudah mengirimkan lengkap semua persyaratan yg di minta. Kita akan tunggu dalam 3hari kerja ke depan. Apakah pihak terkait akan merespon dan menindaklanjuti keluhan sy yg katanya akan “DI PRIORITASKAN” laporan keluhan sy tersebut.
    Terima kasih MEDIAKONSUMEN, semoga dgn balasan komentar sy ini, pihak linkaja akan cepat menyelesaikan tanggung jawabnya ๐Ÿ™

    • 21 Agustus 2023 - (16:59 WIB)
      Permalink

      #UPDATE laporan keluhan terhadap LINKAJA!!!
      Pertanggal hari ini, 21 agustus 2023 di jam 10.17 saya mendapatkan pesan(inbox) di aplikasi linkaja saya.
      “Kami ingin menginformasikan bahwa permintaan kamu dengan nomor tiket CC01000639299 yang dilaporkan melalu callcenter sedang kami proses pada tanggal 21 agustus 2023. Mohon menunggu untuk info selanjutnya”

      Seperti itu bunyi pesan masuk oleh linkaja kepada akun saya per tanggal hari ini.
      Seperti yg sudah dijanjikan oleh pihak linkaja kepada saya akan di proses 3hari kerja. Artinya dimulai dari hari ini sampai 3hari ke depan. Semoga janji pihak linkaja tidak meleset. Kalau saldo yg saya keluhkan sudah masuk di akun saya. Saya akan membuat surat pernyataan penyelesaian di mediakonsumen lagi bahwa pihak linkaja sudah menyelesaikan tanggung jawab nya terhadap surat keluhan saya.

  • 11 Januari 2024 - (18:39 WIB)
    Permalink

    Saya juga dapat refund dari naik LRT tp ga nambah saldonya, 3500 4x, komplain chat dan email ga ada tanggapan

 Apa Komentar Anda?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Saldo Refund LinkAja Tidak Masuk Padahal di Riwayat Sudah Sukses

oleh Azka dibaca dalam: 3 menit
7