Paket Saya di SiCepat Tidak Jelas di Mana, Pesanan Dibatalkan Shopee Uang Kembali ke Buyer, Barang Belum Kembali ke Seller

Saya di sini selaku seller di Shopee, yang sering menggunakan kurir Si Cepat untuk pengiriman barang. Pada tanggal 27 Juli 2023, saya mendapatkan pesanan laptop di Shopee dengan nomor pesanan 2307274FWPYCKX dan nomor resi: 004227640994, menggunakan kurir SiCepat untuk tujuan pembeli di Kintamani, Kabupaten Bangli.

Lalu saya mengirimkan paket tersebut, dan per tanggal 01 Agustus 2023, paket terlacak sudah sampai di Bangli, Bali. Namun sampai tanggal 13 Agustus 2023, paket tidak kunjung diantarkan ke alamat pembeli oleh SiCepat. Ini sungguh aneh sekali.

Sampai akhirnya, per tanggal 14 Agustus 2023, pesanan dibatalkan oleh Shopee dan uang dikembalikan kepada pembeli. Namun barang paket laptop saya belum kembali kepada saya. Per cerita ini saat dipublikasikan, paket saya masih terlacak terakhir berada di Bangli, Bali. Ini aneh, jika pesanan sudah dibatalkan, mengapa paket tidak segera dikirimkan kembali kepada seller? Di sini, seller sungguh merasa dirugikan karena barang laptop tertahan lama, tidak tahu di mana keberadaannya, dan kapan akan kembali kepada seller.

Setelah saya mencari informasi, ternyata SiCepat Bangli, Bali, memang bermasalah. Saya cek ulasan mengenai SiCepat Bangli, Bali, ternyata banyak sekali keluhan dan rating 1 (buruk). Banyak keluhan mengenai barang paket tidak diantar berhari-hari, mencari gerai dan gudang yang sudah tidak ada, dan sebagainya.

Saya sudah berusaha terus menghubungi SiCepat pusat dan Shopee perihal paket laptop dan tanggung jawabnya terhadap saya. Namun jawaban yang saya terima selalu sama, yaitu disuruh menunggu tanpa ada kejelasan. Beberapa waktu yang lalu, saya juga kecewa dengan pelayanan SiCepat karena tidak mau lagi menjemput atau mem-pickup paket yang akan dikirimkan, dengan alasan tidak ada lagi kurir yang bisa menjemput paket atau kadang kurir sedang sibuk.

Jadi, tolonglah kepada Si Cepat untuk segera memberikan kepastian mengenai keberadaan paket saya sekarang dan kapan akan dijelaskan. Tolong tanggung jawabnya untuk Si Cepat dan Shopee atas paket saya yang tidak jelas keberadaannya.

Riefky Norhuda
Ponorogo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Paket Saya di SiCepat Tidak Jelas di Mana, Pesanan Dibatalkan Shopee Uang Kembali ke Buyer, Barang Belum Kembali ke Seller”

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Riefky Norhuda dengan judul “Paket Saya di SiCepat Tidak Jelas di Mana, Pesanan Dibatalkan...
Baca Selengkapnya

18 komentar untuk “Paket Saya di SiCepat Tidak Jelas di Mana, Pesanan Dibatalkan Shopee Uang Kembali ke Buyer, Barang Belum Kembali ke Seller

  • 21 Agustus 2023 - (10:51 WIB)
    Permalink

    Memang kdg bisa jadi kurir yg ada di kantor daerah itu yg males, misal paket sbnrnya udah ada di situ tp ga dianter sampai berhari-hari.
    Sy jg sbg seller tp di toko ijo, sdh blacklist itu sicepat dr opsi kurir di toko sy, bukan gmn tp pelayanannya di kota sy itu sangat ga oke sih jadi sblm ada mslh lbh lanjut jd sy off kan saja.
    Sy prnh soalnya drop barang lgsg ke gerainya, nah biasanya kan bakal di kasi struk ya sm petugasnya sbg bukti kl dia udah ngeprint labelnya itu, sampai sy tanya pun kok ga dpt struk, kt petugasnya mmg gitu nanti kan ttp di update dan bs liat di toko ijo. Okelah saat itu sy tinggal dan sy kerja, nah pdhl sy drop itu pagi ya sy tunggu2 sampe sore ga ada update sm sekali dan akhirnya sy putuskan ke kantornya lg buat ngecek, dan bener kan itu paket sy masih didiemin aja bahkan blm di cetak sm sekali labelnya, akhirnya sy tungguin itu petugasnya br dah dia cetak dan akhirnya status pengiriman terupdate. Krn sy merasa lelah aja gt hrs bolak balik ke kantor sicepat cm ngurusin begituan jadi buat next saya off kan aja si jasa itu.

    7
    1
    • 21 Agustus 2023 - (10:59 WIB)
      Permalink

      Dengan adanya kasus ini saya juga non aktifkan kurir si cepat di semua marketplace saya. Kapok sudah saya

      • 22 Agustus 2023 - (22:57 WIB)
        Permalink

        Coba jika tidak ada kejelasan jalur lewat hukum aja pak..udh kebiasaan emang klo paket mahal kadang hilang…biar seluruh idnonesia tau.klo bisa viralin ..klo semua rakyat indonesia tau dengam kasus ini.insya allah bapak mendapatkan kebaikan…

    • 21 Agustus 2023 - (17:55 WIB)
      Permalink

      SiC***t lagi,dia lagi, pasti barang hilang/ diambil tuh apalagi harga lumayan. Kyk bnyk maling tuh expedisi…

  • 21 Agustus 2023 - (11:53 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah ngalamin hal yg sama, barang sudah di pickup tp stuck di gudang sicepat sampe akhirnya buyer komplen dan minta pengembalian. Barang saya sampe saat ini gak balik2 dan kasus selesai sejak itu saya langsung non aktifkan sicepat di aplikasi shpee krn selain kasus itu, pengiriman lama sampe 1 mingguan lbh, kasihan pembeli yg nunggu barang nya.

    • 21 Agustus 2023 - (12:06 WIB)
      Permalink

      Paket nya sampai sekarang belum balik juga pak ? Maaf kalo boleh tau seharga berapa ya pak paketnya

    • 21 Agustus 2023 - (15:34 WIB)
      Permalink

      Kalau saya pembeli di toko ijo. Kurirnya pinky. Barang ga tau kemana. Uang diteruskan ke penjual. Saya sebagai pembeli cuma mlongo aja komplain ke toko ijo 3 minggu ga ada kejelasan. Komplain kurir pink cuma suruh tunggu BAP. Mereka senang, saya pingsan

  • 21 Agustus 2023 - (12:17 WIB)
    Permalink

    Senasip dengan saya hp xiaomi mi11 seharga 4.4jt
    Shopee tp expedisinya JNE dan tertahan di sortir jakarta

    1
    1
  • 21 Agustus 2023 - (14:11 WIB)
    Permalink

    Baru kejadian bulan ini paket retur lama kembalinya ke gudang penjual.
    Harus rajin-rajin cek status pengembalian di shopee, soalnya kalo sampai lewat batas waktu, klaim kehilangan barang akan di tolak ( dan klaim saya kemarin di tolak katanya sudah lewat batas waktu).
    Harus follow up via email ke sicepat tiap hari buat nanya proses returnya.
    Harus nanya ke kurir / gudang sicepat di kota penjual.

    Setelah hampir 2minggu proses, barang baru bisa balik ke gudang

    • 21 Agustus 2023 - (14:28 WIB)
      Permalink

      Saya sudah tiap hari telfon pihak si cepat , dan terus follow up ke pihak shopee setiap hari juga via chat cs. Tp semua belum ada titik terang sama sekali

      • 21 Agustus 2023 - (14:29 WIB)
        Permalink

        Saya cek gudang si cepat di tempat buyer juga sudah ga ada. Gerai nya juga sudah tidak ada. Bisa cek gambar yg saya lampirkan

      • 21 Agustus 2023 - (16:19 WIB)
        Permalink

        Sejauh ini bermasalah dengan beberapa ekspedisi saya tidak pernah follow up melalui tlp.
        Saya selalu gunakan email untuk komplain karena track record permasalahan lebih mudah dibaca cs daripada saya harus selalu jelaskan tiap tlp.
        Dan mungkin saya beruntung karena permasalahan pengiriman selalu bisa teratasi.

  • 21 Agustus 2023 - (22:52 WIB)
    Permalink

    sicepat dari dulu memang tidak ada tanggung jawab e blass,buat habis tenaga sama pikiran aja,JNT masih yg paling sy percayakan sampai saat ini lebih bertanggung jawab spvnya

  • 22 Agustus 2023 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Baru saja status pesanan saya diubah oleh shopee jadi dibatalkan otomatis dengan alasan barang hilang saat transit. Tapi kasus saya diantar oleh anteraja dan pilih layanan reguler. Sudah sampai di kantornya tanggal 5/08 dan batasnya seharusnya dikirim sampe tgl 7/08 tapi sampe tanggal 14 belum dikirim. Saya coba hubungi cs anteraja katanya dibantu follow up ke pihak terkait. Kemudian tgl 16, ada yg chat wa ngaku mau antar paket pake ngasih foto label pengiriman paket. Saya share lock tapi ga dibalas. Telepon ga diangkat. Ternyata statusnya diubah jadi paket hilang di tanggal 17. Kocak banget. Berarti kurirnya ambil barang. Saya datangi kantor yg tertulis namanya sama dengan di status pesanan terakhir, tapi ga ada buka rukonya. Spanduk atau logo anteraja juga ga ada. Saya tanya2 org di toko sekitar jawabannya ketus banget, bilang ga tau ya kali tutup mana gw tau. Sombong banget. Jadi bingung saya tanya lagi pihak shopee katanya memang paket statusnya berubah jadi hilang. Drama banget anjir. Gw nunggu itu paket mau ganti layar lcd hp buat emak dan adek jadinya ga bisa.

  • 25 Agustus 2023 - (23:52 WIB)
    Permalink

    Saya pernah belanja ditoko ijo pake sicepat. Barang sudah sampai di kota tujuan. Dan keterangan dianter sama kurir. Tapi anehnya hampir 1minggu paket nggak pernah sampai. Akhirnya saya hubungi dan membuat laporan ke cs tokoijo dan seller utk bantu up masalahnya saya. Alhamdlh beberapa hari kemudian paket saya datang di anter yg katanya orang kantor, malam². Dan nyuruh saya untuk mencabut laporan saya. pernah juga pake sicepat yg same day tpi sampainya seminggu dan itu pun paket saya nyasar ke alamat orang lain. Cuma nama penerimanya hampir sama.

  • 9 September 2023 - (05:19 WIB)
    Permalink

    Lah kan dulu Agen sempet sicepat Bali sempet viral… Ada video di Agen tersebut barang berserakan diluar (depan teras) tanpa dan bahkan basah kehujanan… Kalo liat videonya bener bener sedih, apalagi kalo barang anda ada disana

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Paket Saya di SiCepat Tidak Jelas di Mana, Pesanan Dibatalkan Shopee U…

oleh QuranIs dibaca dalam: 1 menit
18