Klaim Warranty Wuling Ditolak, Dengan Dalih Terlambat Servis

Saya merasa kecewa dengan pelayanan Wuling, terutama PT SGMW Motor Indonesia. Saya pemilik kendaraan Wuling Cortez Matic. Sudah beberapa kali saya melakukan servis rutin dan selalu kembali, karena kurang maksimal dalam penanganannya. Mulai dari AC yang tidak dingin, kemudian perbaikan lainnya yang kurang maksimal, sampai terakhir kali saya servis di KM 60 ribu.

Memang ada sedikit keterlambatan dalam servis ini, tetapi ada kelupaan memasukkan juga dari pihak bengkel dealer, yaitu untuk penggantian oli CVT. Sampai akhirnya kemudian saya kembali lagi, dengan permasalahan adanya bunyi-bunyi pada area mesin. Setelah diservis, saya kembali lagi karena terdapat lampu indikator yang menyala.

Setelah dicek, ditemukan kerusakan pada CVT. Namun pihak SGMW berdalih tidak bisa memberikan warranty, dikarenakan terlambat servis.

Saya sangat kecewa, kendaraan yang baru mau 3 tahun, hanya karena terlambat servis beberapa ribu KM dinyatakan tidak dapat warranty. Padahal pada saat membeli, saya diberikan janji-janji warranty mesin selama 5 tahun tanpa ada penjelasan lainnya, dll. Sebagai orang awam dan tidak mengerti kendaraan, tentunya saya juga hanya perempuan sangat senang dengan kendaraan yang oke, juga pelayanan yang baik. Namun ternyata saya salah. Kendaraan yang baru mau 3 tahun pemakaian sudah langsung rusak pada mesinnya.

Bagaimana performa merek Wuling ini? Masa di usia yang baru segitu mesin sudah kena? Saya sudah memakai Livina, KIA, Avanza matic, yang sudah lebih dari 4 tahun, tidak pernah bermasalah dengan mesinnya. Begitu pun pelayanan CS yang harus ditelepon dulu, baru memberi jawaban. Padahal saya sudah membuat laporan, tetapi tidak ada respons. Sungguh mengecewakan!

Wuling jangan hanya gencar promosi, tapi tingkatkan performa kendaraan dan pelayanan servisnya dong! Belum lagi saya membaca banyak ya keluhan tentang Wuling, sungguh mengecewakan. Saya jadi ragu merekomendasikan Wuling kepada rekan dan kerabat sekitar. Semoga jangan ada lagi yang harus kecewa dengan pelayanan Wuling.

Ida Febriaty
Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

32 komentar untuk “Klaim Warranty Wuling Ditolak, Dengan Dalih Terlambat Servis

  • 27 Agustus 2023 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Pada umumnya terdapat Grace Period ( masa tenggang ) pada masa service berkala. Tergantung masing masing ATPM.
    Ada ATPM yg beri masa tenggang 3 bulan , 6 bulan dll .
    Coba anda baca pada Buku Service , biasanya tertulis S&K Service berkala dan Grace Period.

    Bahkan semasa Pandemi , ada kebijakan khusus terkait masa Service Berkala dan masa tenggang ( Grace Period )

    12
    1
    • 27 Agustus 2023 - (16:01 WIB)
      Permalink

      Setuju dengan om @SunnySantoso. Bendera kuning untuk warga +62 yang paham menulis tapi gagal membaca.

      4
      1
    • 27 Agustus 2023 - (18:55 WIB)
      Permalink

      Setuju Om. Ada harga ada rupa. Beli barang murah kok berharap diperlakukan istimewa. Harusnya buku manual dibaca, siapatahu dipojok bawah tertulis: garansi bukan lah janji.

      3
      4
      • 27 Agustus 2023 - (21:26 WIB)
        Permalink

        Terima kasih pak, mahal ataupun murah itu relatif, tergantung dari masing2 individu, maaf mungkin bagi Bapak harga tersebut murah tapi belum tentu bagi orang lain, murah juga nggak harus murahan kan pak, klo murah namun bisa memberi pelayanan yg terbaik apa salahnya.

        21
        3
        • 28 Agustus 2023 - (07:29 WIB)
          Permalink

          Tadinya sy mulai percaya produk wuling dan berencana membelinya…setelah membaca ini maka sy tdk mau beli wuling dan tdk akan merekomendasikan…sy sering terlambat service utk mobil merek Jepang dan g ada masalah…ttp dilayani

          9
          4
    • 27 Agustus 2023 - (21:15 WIB)
      Permalink

      Terima kasih kak untuk info atas grace periode, mungkin dikarenakan masa pandemic yg telah berlalu jadi kebijakan tersebut sudah tidak berlaku, namun besok coba saya tanyakan kembali ke pihak bengkel terkait mengenai grace periode tsb.

      • 28 Agustus 2023 - (02:42 WIB)
        Permalink

        Saya baca keluhan anda dgn seksama… Tulisan anda keren… pakai bahasa yg halus, terlihat sangat hati-hati agar tidak terkena UU ITE, tidak menghakimi hanya menggiring opini publik terhadap merek Wuling. Semoga Wuling bijak dalam menanggapi keluhan anda. Kalau sy jadi Wuling, saya akan perintahkan team warranty utk menyelesaikan klaim garansi anda. Dan bila sudah selesai, sy akan perintahkan bagian customer care utk menanggapi keluhan anda di media konsumen ini dgn kalimat positif, dengan mengatakan “Terkait keluhan tentang bla bla….. Kami dari Wuling sudah menghubungi Ibu….. Dan permasalahannya sudah terselesaikan dgn baik. Dan saat ini Ibu…… Sudah dapat menerima penyelesaian dari Wuling Indonesia, terimakasih

        10
        4
        • 28 Agustus 2023 - (17:45 WIB)
          Permalink

          Bukanny saya membela Wuling.. Tp pengalaman saya selama saya mengclaim garansi servis itu tiap brand mobil baik mobil sy yg:
          – Toyota (Innova)
          – Mega Carry (Suzuki)
          – Almaz & Alvez (Wuling)
          – Xpander (Mitsubishi)
          – Jazz (Honda)

          Itu tiap kl mau claim garansi selalu diinfo sama Service Advisor jangan sampai melebihi kilometer yg ada, dan toleransi max 100km sdangkan kasusny anda ini lebihnya 4012km itu bukan beberapa ribu lagi, tapi udah waktuny ganti oli kedua😁 mengingat dikit lagi 5000km..

          Jadi emang begitu pak, kl mau claim garansi y emang harus sesuai jadwal servis mau itu berdasar kilometer/bulan mana yg trcapai dahulu..
          Kl tidak percaya, coba aja claim Toyota Honda sekalipun dg keterlambatan sampai 4000km itu kan pasti nda bisa claim krn dianggap service rutin sbagai standar utk mengajukan claim garansi akan gugur..

          8
          1
    • 27 Agustus 2023 - (21:17 WIB)
      Permalink

      Terima kasih kak, sebenernya untuk kenyamanan kendaraan wuling sendiri cukup memuaskan, yg saya sesalkan hanya terkait pelayanannya, hal ini pun saya tulis agar para rekan2 pembaca tidak mengalami hal seperti saya dan menjadi pembelajaran bersama.

      • 28 Agustus 2023 - (21:26 WIB)
        Permalink

        Ngomong ngomong biaya servis dan part nya murah juga yaa….. Harga part misal tie rod segitu bisa bertahan 3 tahun udah lumayan tuh .. Kalau mau bertahan 5 tahun yaa pasti harga part-nya lebih mahal

  • 27 Agustus 2023 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Walah Wuling Prima lagi, memang dealer ini semakin buruk pelayanannya. Lupakan garansi 5 tahun, itu hanya untuk Almaz tipe tertentu kalau tidak salah, dan memang salah satu ketentuannya adalah tertib servis sesuai buku. Kalau alasan ditolak klaim karena telat servis, sebenarnya tiap bengkel ada kebijakan sendiri sih, tergantung SA-nya mau bantu tidak. Mungkin coba bisa ke bengkel non resmi dulu yang spesialis transmisi CVT untuk memastikan kerusakannya, karena kalau di bengkel resmi udah pasti ganti segelondongan, bisa puluhan juta habis, ngeri kalau udah masalah CVT.

    • 27 Agustus 2023 - (21:23 WIB)
      Permalink

      Terima kasih kak, untuk pihak bengkel terkait di kota saya sebenarnya sudah membantu kak untuk meneruskan ke pusat, namun respon dari pusat klaim tersebut ditolak dikarenakan keterlambatan service, untuk service diluar bengkel resmi saya tidak melakukan dikarenakan takut akan garansi service hangus kak, namun biar ini menjadi pembelajaran bersama kak agar wuling lebih meningkatkan pelayanan dan customer juga lebih memahami.

      3
      1
      • 28 Agustus 2023 - (08:03 WIB)
        Permalink

        Oh jadi malah dari SGMW yang menolak dengan alasan telat servis rutin? Hal ini tidak konsisten karena masih ada juga beberapa user yang klaim warranty part seperti aki, rack steer, dll. masih dilayani meskipun telah lewat masa garansi. Saya sendiri sudah males servis di bengkel resmi setelah lewat 3 tahun (dan mau klaim garansi rack steer juga tidak dilayani dengan alasan udah mepet habis masanya), selain karena lama antrian dan mahal karena ditambahkan penggantian part yang tidak perlu, padahal butuhnya hanya paket ganti oli. Kalau untuk Cortez-nya apakah masih bisa dipakai jalan bu? Kalau masih belum juga ada itikad baik dari SGMW setelah tayang surat pembaca ini, segera tanya ke bengkel spesialis aja bu, khawatir kalau CVT-nya kena mahal. Semoga saja ini cuma masalah sensor saja ya, tidak sampai ganti part transmisi CVT (padahal itu sudah ganti oli CVT ya, saya aja malah belum pernah ganti km masih 13 ribuan).

    • 28 Agustus 2023 - (13:32 WIB)
      Permalink

      Ini sih masalah produk yg jelek, makanya dealer cari alasan biar ngak mengganti parts yg rusak, harusnya untuk parts begitu masa pakainya panjang

    • 28 Agustus 2023 - (23:52 WIB)
      Permalink

      Sy juga baru beli Cortez bulan Juli 2023, baru beberapa hari dirumah,km baru 200 km, sy bawa jalan jalan k Puncak Bogor, sewaktu jalan menanjak tiba tiba terdengar suara kasar dari mesinnya dan mobil langsung tidak bisa berjalan lagi. Sy tlp Call center Wuling setelah menunggu 6 jam datanglah Mekhanik dari Wuling Bogor, menurut Mekhanik CVT nya bermasalah. Yg mengecewakan sy adalah Towing nya sy harus bayar. Sy tidak mau bayar sampai 2 hari mobil dipingir jalan, akhirnya sy di tlp Call center bahwa mobil akan ditowing gratis. Menurut Mekhanik CVT akan diganti segelondongan, setelah satu Minggu di Bengkel ternyata hanya Part-nya saja yg diganti. Sekarangpun CVt nya rasanya belum sempurna. Tapi sy sudah capai mau klaimnya. Nasib kita sama Bu !

      • 29 Agustus 2023 - (08:09 WIB)
        Permalink

        Wuling Arista Bogor Padjadjaran yang bengkelnya kecil sempit karena dipakai barengan ama Ford itu ya? Udah kapok ke situ pelayanan buruk, klaim warranty juga ditolak. Kalau mobil masih baru segera cek ke bengkel resmi yang lain pak untuk second opinon, lagian masih garansi harusnya diganti segelondongan. Tapi kalau dipakai ke puncak terus nggak mau jalan, itu kemungkinan masuk safe mode aja, berhenti sebentar setelah dingin bisa jalan lagi. Apakah ada indikator error transmisi di MID?

  • 27 Agustus 2023 - (22:13 WIB)
    Permalink

    Hallo bu sekedar bantu menjawab.

    Dari pihak dealer kan sudah membantu membuat laporan ke bagian terkait yaitu pabrikan,
    Namun di karenakan S&K berlaku 3 tahun atau harus service rutin jadi claim tersebut di tolak, dealer juga harus sesuai SOP.
    Karena jika mereka melanggar, akan fatal akibatnya.
    Bisa bisa mereka yg suruh bayar transmisi assy nya.

    Saran saya bisa minta saran ke dealer tersebut baiknya bagaimana, dan ada rekomendasi spesialis matic atau tidak

    3
    1
    • 28 Agustus 2023 - (12:23 WIB)
      Permalink

      Nah ini bener , ada S&K terus coba lihat juga di buku service itu buat penggantian oli CVT perberapa KM soal merk lain ada yang 40.000KM uda wajib ganti oli CVT bahkan kadang 20.000KM uda ganti oli , nah dibuku service wuling tersebut penggantian oli CVT nya perberapa ribu atau apa di KM 60.000 mobil bapak baru melakukan penggantian OLI CVT , Kalo memang case nya seperti itu ya sulit untuk bengkel follow up ke pusat pasti tertolak karena histori service CVT mobil nya ga bagus , mau semua dealer atau pun semua merk pasti ga bisa bantu kalo histori ga bagus , walaupun telat .
      oh iya biasa nya dari pusat atau pun dari bengkel ada yang follow up untuk ngingetin sudah waktu nya service .

      1
      1
  • 28 Agustus 2023 - (01:31 WIB)
    Permalink

    setahu saya garansi mesin dan garansi transmisi memang beda..matic cvt memang enak pakai nya apalagi di kota..tp dibalik nyaman nya itu matic cvt perlu perawatan yg lebih ekstra..ganti oli rutin cvt,kurangi akselerasi berlebihan,klo ke gunung sewa mobil manual,waspada oli bocor/rembes di matic nya..atau air bercampur di ruang matic nya..semoga masalah kk cepat selesai..

    • 28 Agustus 2023 - (10:26 WIB)
      Permalink

      Rata rata memang bgitu smua merk, garansi berlaku kalo service rutinnya dilakukan rutin. Karena bakal bisa dijadikan alasan, part rusak karena ga dimaintenance sesuai ketentuan. Kecuali kalo part nya ga berhubungan sama ganti oli dll, misal shockbreaker/airbag dst.

      Cuman biasanya bengkel lebih mentolerir telat karena durasi dripada telat karena odo udah lewat. Jadi misalnya harus tiap 6 bulan, kita telat di bulan ke 7 bru service, itu biasanya ditolerir dripada service tiap 6000KM tapi datang udh 7000KM.

    • 30 Agustus 2023 - (17:12 WIB)
      Permalink

      Nggak harus begitu kak, mungkin ini kebetulan terjadi pada saya saja, semoga nanti klo kakaknya beli dapet yg oke 🙂

  • 28 Agustus 2023 - (14:29 WIB)
    Permalink

    Coba ibu lihat dibuku manualnya, penggantian oli cvt berapa km ?
    Apakah km mobil ibu sudah melebihi dari jadwal penggantian oli cvt?
    Biasanya ditulis km 40.000 , penggantian oli cvt.
    Apakah mobil ibu yg sdh di km 60.000 pernah diganti oli cvt?
    Jika pernah minimal 1 x di km 40.000, berarti ibu tidak telat dong.

    • 28 Agustus 2023 - (21:20 WIB)
      Permalink

      Penjelasan dr konsumen sudah diberikan… Seharusnya Wuling juga memberikan penjelasan supaya informasi didapat dr ke dua belah pihak… Dengan demiikian duduk perkara makin jelas.. Kalau penjelasan dari 1 pihak masih berat sebelah … Salam

      • 30 Agustus 2023 - (08:26 WIB)
        Permalink

        Perlunya ikut aturan/waktu servis ya untuk mencegah hal2 seperti ini.. ngga bisa juga di gampangin ya.. setiap bagian/parts ada rutin checking usia dan perawatan nya.. apalagi mobil tetap di pakai sampai ribuan km dari jadwal servis. Lain cerita kalo mobil diem saja misalnya. Kilometer tidak bertambah, kemungkinan untuk adanya kerusakan parts yang bergerak lebih sedikit. Jadi posisi ibu agak lemah ya.. pelajaran yang sangat mahal buat kedepannya. Sama aja kaya kita beli tiket pesawat, kalo telat boarding walopun sebentar/menit/jam bakal di tinggal.. hilang deh jutaan harga tiket. Biasakan tepat waktu kalo bisa malah sebelum masuk tanggal/km servis berikutnya.
        Jangan juga langsung menjudge bahwa mesin nya jelek dll, setiap pabrikan punya aturan masing-masing.
        Terimakasih

 Apa Komentar Anda mengenai Wuling Motors?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

Klaim Warranty Wuling Ditolak, Dengan Dalih Terlambat Servis

oleh Ida Febriaty dibaca dalam: 1 menit
32