Shopee Belum Mengembalikan Limit Kartu Kredit Saya

Halo pembaca Media Konsumen semua,

Saya pengguna Shopee, yang tidak sering melakukan transaksi di Shopee, sehingga akun saya hanya memiliki status “Classic Member“. Di sini saya hanya ingin bercerita mengenai Shopee, yang tidak tanggap mengembalikan uang refund saya. Dalam bentuk pengembalian limit kartu kredit, yang saya gunakan untuk bertransaksi di Shopee pada tanggal 8 Agustus 2023, dengan nomor ID Transaksi: 2308084N79CA1C.

Kronologinya seperti berikut: Pada tanggal 8 Agustus 2023, pada pukul 09:17, saya melakukan pemesanan pada salah satu Official Shop yang ada di Shopee menggunakan kartu kredit. Namun setelah transaksi berhasil, saya melihat bahwa alamat pengiriman saya salah. Oleh karena itu, saya mengajukan pembatalan transaksi pada pukul 09:22 pada hari yang sama.

Permintaan pembatalan tersebut segera disetujui oleh pihak Official Store, karena saya ingin mengganti alamat pengiriman. Berikut buktinya:

Singkat cerita, setelah beberapa hari kemudian saya cek limit kartu kredit saya belum dikembalikan oleh Shopee. Yang mana pada hari yang sama pula saya ada transaksi di Tokopedia dan secara kebetulan saya harus refund juga karena transaksi saya dibatalkan oleh sistem, langsung dikembalikan limit-nya oleh Tokopedia. Berikut bukti transaksinya:

Setiap hari saya cek berkala ke CS Shopee. Namun saat itu saya lupa screenshot, sehingga bukti chat sudah hilang. Saat itu tidak saya screenshot, karena saya masih percaya bahwa refund limit kartu kredit tidak mungkin selama itu.

Setelah 1 minggu berlalu, setiap hari saya cek lewat menu chat dengan Shopee, dan hasilnya selalu muncul: “Pesananmu terbatalkan oleh karena Ingin mengubah alamat pengiriman dan pengembalian dana sedang diproses ke limit kartu kredit kamu. Estimasi tanggal pengembalian dana: 22-08-2023“. Berikut buktinya:

Setiap kali saya chat dengan Shopee, hasil yang ditampilkan selalu sama, hingga akhirnya melewati tanggal estimasinya, yaitu tanggal 22 Agustus 2023. Kemudian karena sudah berlalu waktu yang cukup lama, saya akhirnya chat dengan Customer Service (CS) Shopee dan mendapatkan balasan bahwa saya diharuskan menunggu 7 – 14 Hari Kerja.

CS juga menggunakan kata-kata manis seperti “Tidak menutup kemungkinan akan lebih cepat”. Namun, hingga saat saya menulis surat ini, yaitu hari ini, saya belum menerima refund yang seharusnya. Berikut buktinya:

Setelah itu saya tunggu kembali hingga tanggal 28 Agustus 2023, saya chat CS Shopee kembali dan jawaban yang sama pun saya terima kembali. Dengan inti jawaban adalah tunggu estimasi 7 – 14 hari kerja, bukti sebagai berikut:

Hingga akhirnya pada tanggal 29 Agustus 2023, saya chat via Twitter CS Shopee Care sehingga saya dibuatkan nomor laporan 1696326010340003841. Yang mengharuskan saya menunggu lagi 1 sampai 3 hari kerja, untuk ditangani oleh tim terkait. Pada tanggal 29 Agustus 2023 pukul 19:16, saya mendapatkan email sebagai berikut:

Di sini saya sudah tidak mengharapkan uang saya kembali, dan saya berencana untuk menghapus akun Shopee saya. Hal ini disebabkan oleh ketidakpercayaan saya terhadap sistem mereka, yang mana untuk mengembalikan uang sejumlah 70.000 rupiah, dibutuhkan waktu hingga 3 minggu lebih.

Padahal, dengan sangat jelas pada screenshot kedua di atas, seharusnya batas (limit) saya sudah dikembalikan. Namun Customer Service (CS) Shopee juga tidak dapat berbuat apa-apa dan hanya memberikan jawaban yang bersifat template.

Saya jelas merasa sangat kecewa dan berharap pembaca di sini dapat mengambil hikmah dari pengalaman saya ini, agar kejadian serupa tidak dialami oleh orang lain. Saya ingin menambahkan catatan bahwa saya telah dua kali menghubungi HaloBCA untuk menanyakan mengenai pengembalian limit ini, dan CS BCA mengonfirmasi bahwa belum ada pengembalian dana dari Shopee. Oleh karena itu, dalam hal ini, pihak yang saya upayakan adalah Shopee.

Terima kasih kepada Mediakonsumen.com yang telah mempublikasikan surat pembaca ini, serta terima kasih kepada para pembaca sekalian.

Junaidi
Kota Jambi, Jambi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Shopee Belum Mengembalikan Limit Kartu Kredit Saya

    • 31 Agustus 2023 - (09:31 WIB)
      Permalink

      @kusoy
      Ya elaah kaya sekali dirimu.. Orang kaya emang gitu.. Kayak harta bapaknya yang halal aja… #warkop

      1
      1
      • 2 September 2023 - (08:16 WIB)
        Permalink

        Benar kak kalau bayar nya dengan shopee pay. Akan tetapi disini saya menggunakan kartu kredit kak, sehingga kalau refund yang dikembalikan bentuk nya limit.

  • 30 Agustus 2023 - (23:10 WIB)
    Permalink

    Kejadian ini baru menimpa saya, barang tidak di kirim tapi seller ngotot sudah di kirim. sampe saya cari seller & no telp nya juga dapet. Kalo ga kasian nge-liat live tiap mba nya yang berhijab udah aku ubrak-abrik gudang. Bukan masalah uang hanya 250 ribu, tetapi masalah principle, pendirian.

    • 2 September 2023 - (08:20 WIB)
      Permalink

      Setelah sekian lama baca berita di MK mengenai shopee ternyata memang benar ada nya kak, sistem suka bermasalah. Kemarin 8.8 saya coba transaksi karena katanya kalo lagi flash sale di shopee itu murah, eh malah kejadian gini, malah jadi 2x lipat bayar nya. Cukup dijadikan pengalaman aja udah.

  • 2 September 2023 - (06:22 WIB)
    Permalink

    Yah,itu hak penulis untuk didengar keluhan dan pendapatnya. pahami dong untuk apa MK dibuat.
    Kok lucu ya kadang ada yg bilang kok gitu aja masuk MK.
    Lhoh emang MK dibuat untuk menyampaikan keluhan atas barang atau jasa yg digunakan.
    Untuk yang kaya tolong bantu warga miskin di Indonesia banyak warga yang membutuhkan bantuan dari orang kaya seperti anda.🙏

  • 2 September 2023 - (08:23 WIB)
    Permalink

    Terima kasih ya kak, beberapa kali saya baca di MK memang selalu ada orang yang seperti itu, tapi tidak masalah kak. Cukup kita doakan semoga kejadian yang sama tidak menimpa mereka aja.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Shopee Belum Mengembalikan Limit Kartu Kredit Saya

oleh Junaidi dibaca dalam: 2 menit
8