Benahi Sistem Maxim!

Pada tanggal 30 Agustus 2023 pukul 12.10, saya menggunakan jasa Delivery Maxim, dari hotel saya menginap di Le Semar Serang, menuju (pengiriman) ke terminal Pakupatan Serang. Saya mengirimkan berkas pekerjaan, STNK mobil dan sebuah tab merek Xiaomi di dalam sebuah tas kecil.

Setelah 1 jam lebih (pukul 13.30), dikarenakan barang kiriman saya tidak sampai kepada teman saya yang berada di terminal Pakupatan (guna dalam pekerjaan komisioning genset), maka teman saya kembali ke hotel. Karena merasa ada yang tidak beres, saya segera menuju kantor polisi (Polres Kota Serang) untuk membuat laporan kehilangan/tindak pencurian.

Pada sekitar pukul 16.00 dibuatlah BAP atas kejadian tersebut di Polres Kota Serang. Dari pihak kepolisian membuatkan laporan kehilangan dan salah satu personil polisi bahkan berangkat dan mencoba menuju kantor Maxim di Serang guna meng-kroscek akun driver Maxim tersebut dan berniat mengadakan mediasi antara saya dan pihak Maxim terkait kejadian ini.

Akan tetapi setelah personel polisi tersebut kembali ke Polres, diinfokan bahwa kepala cabang Maxim Serang sedang di luar kota. Personel polisi tersebut telah membawa berkas data driver Maxim tersebut (SIM, KTP dan foto profil driver Maxim tersebut), dengan cap/legalisasi ( Teknologi Perdana – Indonesia – Serang). Polisi tersebut menyampaikan bahwa pihak Maxim hanya bisa memblokir akun driver tersebut dan mencoba memediasi jika driver tersebut dapat ditemukan.

Kami pun di Polres hanya membuat laporan kehilangan untuk STNK (guna kebutuhan perjalanan pulang dan membuat pergantian STNK hilang). Jika ingin memperpanjang masalah tersebut, saya disarankan menuju Polsek guna membuat laporan tindak pencurian oleh driver Maxim tersebut (tindak pidana murni/pencurian). Kami pun disarankan mengunjungi kantor Maxim Serang, guna menanyakan tindak lanjut pihak Maxim Serang terkait hal ini.

Dikarenakan saya selesai laporan dan berada di Polres Kota Serang sampai pukul 18.30, maka saya berniat mendatangi kantor Maxim Serang keesokan harinya tanggal 31 Agustus 2023.

Pada tanggal 31 Agustus 2023 pukul 10 pagi, saya pun menuju kantor Maxim dan dilayani oleh admin di kantor Maxim. Saya pun menanyakan tindak lanjut pihak Maxim terkait hal yang saya alami kemarin. Akan tetapi admin ini menjawab, bahwa itu menunggu kepala cabang kantor Maxim Serang kembali dari Bali minggu depan.

Saya pun mempertanyakan sistem Maxim seperti apa dan bagaimana jika terjadi seperti hal ini. Dijawab oleh admin tersebut bahwa pihak Maxim hanya bisa memblokir akun tersebut. Terkait asuransi barang kiriman atau apa pun itu tentang keamanan pelanggan, mereka tidak bisa apa-apa, dengan dalih bahwa Maxim di Indonesia seluruhnya cabang dan pusatnya ada di Rusia. Jadi mereka hanya bisa sebatas laporan, blokir akun dan menunggu feedback dari kantor pusat Rusia.

Ini yang membuat saya sangat kecewa kepada perusahaan besar ini. Mengapa mereka tidak melindungi konsumen mereka, dengan dalih driver adalah mitra dan Maxim di sini adalah kantor cabang yang tidak bisa menentukan/menangani hal tersebut? Perusahaan yang menjual jasa kepada konsumen, tetapi kami sebagai konsumen tidak dilindungi dari hal-hal seperti ini.

Mohon pihak Maxim agar membenahi sistem keamanan dan melindungi juga kami para konsumen dari oknum-oknum mitra Anda (driver Maxim). Saya menunggu informasi Maxim, terkait hal yang merugikan saya secara materiil dan imaterial yang disebabkan oleh mitra Anda.

Billy Hafiddin
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Perihal “Benahi Sistem Maxim!”

Kepada Yth. Media Konsumen dan Billy Hafiddin Di tempat. Salam sejahtera, Sehubungan dengan keluhan customer Maxim atas nama Billy Hafiddin...
Baca Selengkapnya

25 komentar untuk “Benahi Sistem Maxim!

  • 3 September 2023 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Sudah banyak kejadian ke gini. Driver ojol gak semuanya baik ada jg memanfaatkan kesempatan untuk maling dari pekerjaannya
    Mestinya lebih berhati2. Si kuning ini emang minim perlindungan keamanan untuk konsumen dibanding si hijau

    16
    5
    • 3 September 2023 - (22:29 WIB)
      Permalink

      Lagian anda ngirim tab n stnk pake jasa kirim. Gaa sekalian ngirim kalung emas atau duit gaji karyawan aj skalian. Wkwkkw.

      8
      9
  • 3 September 2023 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Gunakan Maxim hanya untuk antar orang saja .. jangan gunakan fitur lainnya….tidak direkomendasikan….

    12
    2
    • 5 September 2023 - (06:08 WIB)
      Permalink

      Ngirim barang berharga kayak kirim seblak, ngak merasa itu barang mahal, jangan hanya karna diskon 2-5rb akhirnya anda rugi puluhan juta. Bukan memuji si hijau atau lainnya tapi dipikir lagi jika ngirim barang berharga. Mending bawa sendiri kalau masih satu kota, walau si hijau dll ada asuransi tapi o gkos capek dan lelah mengurusnya habisin energi puluhan kali lipat

  • 3 September 2023 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Ketika mengirim barang sebaiknya gunakan yang pasti.. Ada asuransi.. Dan driver nya sesuai dengan yang di akun… Klo drivernya sesuia di pastikan aman… Gunakan si ijo… Dan zelalu gunakan asuransi apabila barang tsb berharga…

    6
    3
    • 3 September 2023 - (21:12 WIB)
      Permalink

      Tidak semua yang kuning begitu, yang hijau juga pernah melakukan juga….contoh kasus di bali
      Makanya jangan saling memojokan…mau kuning,hijau,merah pokoknya berpikir bijak aja dalam suatu masalah

      17
      3
  • 3 September 2023 - (19:25 WIB)
    Permalink

    mau cari yang murah meriah jadi bermasalah,,kan sudah ada yang pasti kenapa masih aja cari aplikasi yang kayak begituan,,

    6
    10
  • 4 September 2023 - (04:21 WIB)
    Permalink

    Memang benar tidak semua si kuning begitu, tp untuk diketahui saja banyak mitra sikuning merupakan eks mitra si hijau yg bermasalah. Apa iya kudu ke Rusia untuk menyelesaikannya, sedangkan si hijau asli Made in Indonesia dan punya kantor cabang hampir diseluruh kota/provinsi dengan kantor pusat di Jakarta.
    Jadi, pilih yang pasti-pasti aja…
    #PastiAdaJalan

    13
    1
  • 4 September 2023 - (05:35 WIB)
    Permalink

    Kejadian seperti itu oleh driver maxim sudah jamak terjadi. Seorang sepupu pernah mengalami kejadian barang ketinggalan di mobil yg ditumpanginya.
    Barang yg ketinggalan berupa HP, barang tidak kembali meskipun sudah berkali kali mengajukan komplain di kantor maxim. Alasannya sama, hanya bisa memblokir tapi tak sampai menekan mitra drivernya untuk mengembalikan barang konsumen yg ketinggalan di mobil yg ditumpanginya.
    Sangat minim perlindungan pada konsumen, berbeda jauh dengan yg duo ijo. Jika ada barang yg ketinggalan dan menghubungi pihak aplikator, gak pake lama langsung terkonfirmasi dan barang tsb Dikembalikan lagi seperti yg pernah saya alami.
    Ada harga ada kualitas.

  • 4 September 2023 - (06:10 WIB)
    Permalink

    Endingnya pemblokiran kartu. Tapi, kan namanya orang Indonesia terlalu cedas bisa saja pakai akun anaknya, tetangganya dll. Begini saudaraku, rakyat kita itu belajar dari para pemimpinnya.
    Oh iya, data sudah ada. Kenapa ga langsung diangkut saja itu driver?
    Wallahu’alam.

    4
    2
  • 4 September 2023 - (07:32 WIB)
    Permalink

    Sistem perekrutan driver Maxim itu sangat sangatlah amat mudah, persyaratan cuman KTP dan SIM STNK, ngeri pokoknya sistem keamanan untuk driver maupun pengguna karena bikin akun nya mudah sekali, Setelah mengetahui hal tersebut saya langsung uninstall aplikasi Maxim karena rentan di salahgunakan.

  • 4 September 2023 - (09:09 WIB)
    Permalink

    fix jangan pakai kuning kalo kirim2 barang, gak tercover dan lambat pengangannya,,thanks sharingnya

  • 4 September 2023 - (10:09 WIB)
    Permalink

    Pedaftaran Maxim mudah dan tarifnya murah sekali jadi dimanfaatkan oknum yg tidak bertanggungjawab buat cari mangsa orang-orang yang ingin tarif hemat kirim barang yang nilainya mahal. Drivernya aja banyak yg bikin order fiktif ke luar kota / pulau, belanja di minimarket + topup ewallet/pulsa.

    1
    0
  • 5 September 2023 - (07:14 WIB)
    Permalink

    Mau murah kirim pake si kuning giliran paket hilang mewek wkkwkwkkw
    Kamu peliit siih pake maxim
    Murah meriah mau terjamin
    Mana ada bossqu

  • 5 September 2023 - (09:05 WIB)
    Permalink

    Maxim nya gak ada konfirmasi ini???
    Maxim sudah positioning kalo mereka memang di bawah duo gojek dan grab jd sudah yakin gak bakalan overlap…

  • 5 September 2023 - (11:14 WIB)
    Permalink

    Barang elit, ongkos sulit,, buat klian mau ngirim2 barang mending yg ijo lebih aman krna mreka nggk sbrangan orng makek akun harus yg bersangkutan, klo si kuning akun bisa d perjual belikan sp pun bsa makek,, biasany kasus sprti ini pasti data d aplikasi ny nggk ssuai dgn orang yg bawak

  • 5 September 2023 - (11:41 WIB)
    Permalink

    Lagian ada ada aja loh ngirim barang pake Maxim di facebook banyak kasusnya, temen gw ngirim kotak pensil aja kagak sampe asw, mending si ijo gw udh sering beli laptop, hp, emas pake pengiriman si ijo blm pernah nemu masalah jangan karena argo lebih murah 2-7k anda kehilangan banyak, kocak kocak.

  • 6 September 2023 - (10:58 WIB)
    Permalink

    Maxim bnyk joki krn ga verifikasi wajah seperti si ijo. Dan 1 lg. Dia g ada biayaa asuransi baarang ilang. Biar terlihat murah. Baahkan asuranssi kecelakaaan penumpang pun gada.

  • 6 September 2023 - (11:38 WIB)
    Permalink

    Yg order emang ngincer murah / gimana? Bego sih klo kata gue … Barang berharga lu paketin instan pke argo murah, tolol lu kebangetan gan!

 Apa Komentar Anda mengenai Maxim Indonesia?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Benahi Sistem Maxim!

oleh Billy dibaca dalam: 2 menit
25