Salah Transfer Sesama Bank BCA

Halo, saya ingin menyampaikan apa yang saya rasakan salah transfer sesama bank BCA. Pada bulan April tanggal 6, 2023, pukul 22.54, saya melakukan transfer yang seharusnya untuk istri saya, Yulyanti. Namun ternyata saya salah transfer ke Yuliati, karena ada sedikit kesamaan nama.

Setelah saya sadar 10 menit kemudian, saya langsung hubungi BCA melalui nomor pribadi, dan informasinya akan dibekukan sebesar nominal yang saya kirim. Lalu, saya disuruh isi dan kirim bukti-buktinya.

Berjalannya waktu, saya tidak mendapat informasi, sampai akhirnya laporan saya ditutup oleh Bank BCA hanya memberikan sedikit informasi mengenai cabang dan profesi yang saya salah transfer. Saya bingung harus ke mana lagi, karena uang yang saya transfer sangat besar, tadinya sebagian untuk berobat almarhumah ibu saya.

Terima kasih.

Achmad Tito Suharto
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Salah Transfer Sesama Bank BCA”

Menanggapi keluhan Bapak Achmad Tito Suharto di Media Konsumen tanggal 06 September 2023 dengan judul “Salah Transfer Sesama Bank BCA”...
Baca Selengkapnya

47 komentar untuk “Salah Transfer Sesama Bank BCA

    • 6 September 2023 - (18:37 WIB)
      Permalink

      Bisa ada nama itu di daftar berarti pernah transfer ke sana. Mungkin bisa dihubungi ke rec penerima. Dalam hal ini pihak Bank hanya bisa membantu mediasi. Usulan saya, sebaiknya nomor rekening yang nggak penting dihapus saja, apalagi yang namanya mirip dengan anggota keluarga. Nanti juga kelak kalau ada lagi transaksi bisa diminta kembali nomor rec nya.

      73
      4
      • 8 September 2023 - (14:21 WIB)
        Permalink

        Saya awal tahun kemaren ,juga salah Tranfer 36.500 sama salah nama yg hampir mirip mirip, saya SDH lupa karna dah lama banget rumahnya pun lupa karna dia kustemer saya SDH lama dan saya lupa juga rumah nya,jadi langkah awal saya tlp BCA dan minta dibekukan ,lalu menunggu seminggu BCA cuma bantu mediasi ya ,itu pas bener malam tahun Baru nah kebetulan orang orng lumayan sibuk jadi selama dua Minggu tlp nyambung dan sudah dikasih tau ada salah Tranfer mungkin karena sibuk jadi dia Minggu berikutnya ga diangkat..wah sumpah pusing ahirnya saya ke bank minta kejelasan yg penting uang SDH dibekukan,lalu say disuruh ke polres buat laporan tujuan supaya Kita KUAT KALO ADA APA APA gitu lah katanya tapi BCA bilang TETEP dibantu mediasi selalu tlp sehari max 2 kali …singkat cerita selama kurang lebih hampir 1 bulan ,ibunya ke BCA dan BCA pun tlp saya bertiga bahwa saya betul betul salah Tranfer,ahirnya Alhamdulillah kembali utuh ,uang saya balik dan yg meskipun deg degkan aduh sebulan … Alhamdulillah kembali …yakin aja trs, dipantau trs yaa..saran saya kalo no rek yg udah ga perlu di APUS aja biar ga lier,semoga ada jalan keluar ya om uangnya Kembali ..

        10
        1
    • 6 September 2023 - (19:42 WIB)
      Permalink

      Bank hanya bisa memfasilitasi, pernah di daftar brarti anda pernah transfer, coba ingat2 lagi siapa itu, dan hubungi minta kembalikan uangnya, kalau ybs tidak mau ada 2 pilihan lapor polisi apalagi anda kenal dan kedua ya iklaskan. Tinggal anda pilih .

      15
      6
    • 7 September 2023 - (09:18 WIB)
      Permalink

      Pertanyaan nya yuliati siapa hayo?😂😂
      Ko bisa ada di daftar transfer?
      Dan kalopun udah ada di daftar transfer ko ga bisa menghubungi dia lagi buat minta balikin

      Semoga ga jadi awal prahara rumah tangga ya

      17
      2
      • 8 September 2023 - (16:32 WIB)
        Permalink

        Ada yg aneh disini. Namanya no rek istri pastilah disimpan dalam daftar trsf. Apa inj bini muda ya..wkwk. tp klpun bener2 salah pasti bank akan bertindak. Ada contoh kasus kemarin di daerah saya warung makan ditipu pake bukti tsf palsu yg sdh di edit. Apakah di kasus ini mau boongin bank ya?. Klpun bener2 lain kl di plototin tuh nama no rek sblm pencet pin.

  • 6 September 2023 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Lha sdh lama sekali kok tdk diurus. Salah transfer anda harus aktif menanyakan. Kemiripan nama berarti anda pernah transfer ke yg bersangkutan. Normalnya bca akan hubungi yg menerima uang dan menginfokan kl terjadi salah transfer, nah nanti bank minta ijin untuk dikembalikan, tp kl penerima tdk bs dihubungi atau menolak mengembalikan ya itu resiko.

    13
    1
  • 6 September 2023 - (18:14 WIB)
    Permalink

    Lah gimana ya, itu nama depannya aja udah beda padahal kok bisa salah transfer sih. Ya semoga bisa balik ya pak uangnya

    6
    2
    • 7 September 2023 - (15:48 WIB)
      Permalink

      Setiap transfer ke sesama bank harus daftarkan dulu rekening penerima(nama/perusahaan & nomer) jija via mobile banking(*C*).berarti si pengirim sudah pernah setidaknya 1 X

  • 6 September 2023 - (21:13 WIB)
    Permalink

    Bulan April loh.Kalo rekening penerima aktif transaksi,kemungkinan sudah dipake penerima.Kalo rekeningnya pasif dan saldo awal penerima dibawah minimal pasti uangnya kepotong terus menerus buat admin bulanan.Pihak bank bilang uang transferan dibekukan jgn terlalu percaya.

    5
    1
    • 7 September 2023 - (04:46 WIB)
      Permalink

      berbagi pengalaman saja
      kalau saya kejadiannya kebalikan
      pas cek mutasi kok ada tranferan masuk dr orang yang tidak saya kenal?
      rencana besuknya mau kebank mau konfirmasi ternyata pihak bank sudah menghubungi duluan, menyatakan kalau ada orang salah transfer ke rekening saya, pihak bank bilang kalau dana yang salah transfer itu akan dibekukan dan Alhamdulillah memang prosesnya nggak rumit, dana yang masuk dipindah rekening ke orang yang salah transfer Dengan seizin saya
      semoga uang Anda segera bisa dikembalikan

      15
      • 9 September 2023 - (10:45 WIB)
        Permalink

        Terima kasih pak/bu, sudah mau berkenan melakukan tindakan jujur dengan mengembalikan, salut dari saya 🙏(*bukan saya yg salah tf, cuma mau terima kasih aja hehe)

  • 6 September 2023 - (22:44 WIB)
    Permalink

    jika pihak bank bilang bahwa dana akan dibekukan itu ********, slh transfer itu adalah kelalaian nasabah dan pihak bank tdk dpt melakukan apa”, bank akan membekukan dana apabila dana tsb terindikasi dlm pencucian uang, terorisme serta kejahatan, jadi dana salah TF tdk bisa diminta kembali, jln satu” ingat siapa itu yg di tf atau minta no tlp nasabah penerima yg kemudian anda bisa nigosiasikan pada penerima bahwa anda salah TF, kejadian yg sama pernah saya alami, meskipun awalnya sulit karna penerima bilang dpt rezeki dari Alloh 🤣🤣🤣

    3
    2
    • 7 September 2023 - (15:51 WIB)
      Permalink

      Rahasia data(semisal no telepon) nasabah tidak boleh dibocorkan pihak bank kecuali atas perintah pengadilan

  • 7 September 2023 - (07:40 WIB)
    Permalink

    Maaf salah fokus tapi nama istri sendiri kok tidak aware ya? Dilihat sekilas saja ada perbedaan di huruf Y. Khilaf karena buru-buru atau karena terlalu banyak..? ups!

  • 7 September 2023 - (07:46 WIB)
    Permalink

    Banyak yang komen negatif, semoga mereka merasakan yang sama.

    Saran saya, coba langsung ke cabang. Jadikan ini pelajaran juga. Yakin, akan diganti sama Allah karena rezeki sudah ada yang atur.

    16
  • 7 September 2023 - (12:28 WIB)
    Permalink

    Innalillahi wainna ilahi radziun..

    Semua hanya milik Allah & akan kembali kepada Allah.. termasuk rizki..

    Sabar ini ujian, ini ujian kak..
    Buat hikmah hidup untuk penulis & semua para pembaca yang budiman.

  • 7 September 2023 - (13:19 WIB)
    Permalink

    Kembaran istrinya bukan? si Yuliati nih…..
    Semoga bisa dihubungi dan bisa mengijinkan untuk mengembalikan dananya

  • 7 September 2023 - (19:21 WIB)
    Permalink

    info nya usaha sparepart mobil dibilangan bekasi dan domisili di jakbar pak hehe

    • 8 September 2023 - (23:29 WIB)
      Permalink

      Halo Bpk Ahmad.. Asalkan kita selalu berbuat baik pd orang lain pasti orang lain akan berbuat baik pd kita, yakinlah uang itu akan kembali.. Dg cara meminta baik baik pd si penerima disertai imbalan 10% apabila dia mau mengembalikanya, dan juga dg doa tentunya,, meminta pada Yg KUASA

  • 8 September 2023 - (00:34 WIB)
    Permalink

    Sepengalaman saya terima salah transfer di BCA, bank akan menghubungi si penerima transfer bahwa ada uang masuk dari bapak A sejumlah sekian, tgl sekian jam sekian nominal sekian,bank akan menyuruh mengechek mutasi si penerima salah tranfer,dan rek si penerima di bekukan sejumlah nominal salah tranfer bank akan menanyakan kalo itu benar apakah bersedia dtng ke bank atau di trnsfer kembali ,dan nominal uang salah trnsfer itu tidak muncul di saldo penerima setelah ada laporan salah transfer cuma bisa di chek di mutasi si penerima trnsfer.itu prosesnya tidak sampai berhari hari kalo si penerimanya coopratif..

  • 8 September 2023 - (07:08 WIB)
    Permalink

    Semoga bisa dijadikan pelajaran kedepannya, buat anda dan buat kita semua. Saya pernah melakukan salah transfer, baik salah nomer rekening maupun salah nominal, Alhamdulillah semua dananya balik karena kita bisa langsung menghubungi sipenerima. Saya pun sering menerima dana salah transfer. Semuanya tergantung sipenerima mau mengembalikan atau tidak, ketika salah transfer dan berhari-hari baru sadar salah transfer, kemungkinan dana udah terpakai. Tapi ketika baru beberapa menit anda sudah menyadarinya, kemungkinan besar dana sudah dibekukan. Kalau bisa anda minta nomer telpon sipenerima (SOPnya boleh tidaknya saya nggak tahu, tapi kalau saya sebagai sipenerima bisa minta dan diberikan no hp sipengirim). Kalau anda sendiri bisa menghubungi sipenerima, minta maaf, minta tolong dan buatlah kesepakatan, kalau dana ditransfer balik, anda akan berikan beberapa ratus ribu kpd sipenerima sebagai imbalan karena telah merepotkan dan sebagai ucapan terima kasih. Saya sebagai penerima sudah dihubungi pihak Bank, ada yg dihari itu juga, ada yg beberapa hari kejadian, bahkan ada yg sudah berbulan-bulan baru dihubungi, entah pihak Bank yg lama atau sipenerima yg baru menyadarinya setelah berbulan-bulan. Semoga masalahnya cepat terselesaikan.

  • 8 September 2023 - (12:46 WIB)
    Permalink

    kalo ada di daftar transfer, berarti situ pernah melakukan transaksi. diingat2 lg kapan dan siapa, siapa tau ada nomor kontaknya di hp. sy pernah salah transfer, lupa memilih nama penerima, jd defaultnya orang pertama di daftar, yaitu Ahmad. Ya, Ahmad saja. ga pake apa2 lagi. sy pusing 7 keliling. akhirnya berkat google, semua kelacak, ternyata sy memang pernah bertransaksi sama beliau. sy pun dapat no hp nya. sy kontak langsung. dan ga lama dia untungnya mau balikin.

  • 12 September 2023 - (00:54 WIB)
    Permalink

    Allah sedang membersihan jiwa dan harta yang anda peroleh selama ini.

    Yakin saja bahwa Allah pny rencana lain yang lebih indah…! Karena Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik lagi, di dunia dan di akherat. Disamping tetap berusaha berkonsultasi dengan pihak bank.

 Apa Komentar Anda?

Ada 47 komentar sampai saat ini..

Salah Transfer Sesama Bank BCA

oleh BNETFIT dibaca dalam: 1 menit
47