Proses Pengambilan Sertifikat Agunan yang Tidak Jelas Jangka Waktunya

Yang terhormat Manajemen Bank Syariah Indonesia,

Melalui surat ini, saya mengharapkan bisa memberikan masukan dan ada solusi atas masalah yang saya alami. Berikut kronologinya:

Pada tanggal 12 Juli 2023, saya menghubungi Pak Sl**** dari Bank BSI Cabang Pembantu Mampang Prapatan, dengan dibantu oleh marketing sebelumnya, saat saya melakukan peminjaman dana dengan agunan sertifikat rumah. Saya berniat untuk melakukan pelunasan dipercepat dan saya sudah bersurat pada tanggal 12 Juli 2023 juga (terlampir).

Dalam perjalanannya, untuk permintaan data atas jumlah dana yang diperlukan, tidak kunjung saya terima. Sehingga saya berinisiatif untuk menaruh dana yang “agak lebih” di rekening tabungan BSI. Sampai akhirnya saya menelepon cabang tersebut dan menegaskan bahwa saya tidak mau sampai membayar cicilan pada jatuh tempo setelah saya berkirim surat.

Pada tanggal 21 Juli 2023, tiba-tiba tanpa konfirmasi ke saya, rekening saya terdebit untuk pelunasan tersebut. Saya melakukan konfirmasi kepada Pak Sl**** dan baru dijelaskan terkait data pelunasannya. Apa ini memang SOP-nya ya (didebit dulu baru dijelaskan)? (foto terlampir).

Saya dijanjikan minggu depannya untuk pengambilan jaminannya. Namun sampai tanggal 26 Juli 2023, saya belum mendapatkan kabar apa-apa. Saya kembali follow up dan meminta surat keterangan lunas untuk pegangan. Akhirnya saya terima SKL pada tanggal 26 Juli 2023, dengan tanggal di suratnya 25 Juli 2023 (terlampir).

Sejak tanggal saya menerima SKL sampai sekarang saya menulis surat ini (8 September 2023), saya belum mendapatkan kepastian kapan agunan/jaminan saya bisa saya ambil. Saya sudah melakukan banyak konfirmasi dari telepon CS, email, telepon ke cabang dan pastinya follow up ke marketing-nya. Bukti pengaduan terlampir, nomor pengaduan: 2023082200379.

Saya hanya dijelaskan proses pengambilannya saja (roya dan segala macamnya). Namun saya tidak mendapatkan informasi kapan saya bisa mendapatkan sertifikat rumah saya sampai sekarang. Terlebih lagi, pada tanggal 5 September 2023, ternyata ada pendebetan untuk materai sejumlah Rp20.000, tanpa konfirmasi apa pun ke saya selaku pemilik rekening. Apa memang begitu prosedurnya?? (bukti follow up dilampirkan).

Beberapa kali saya telepon ke customer care juga tidak bisa berbuat banyak. Keterangannya hanya dalam proses dan dikembalikan lagi ke cabang dan marketing-nya. Menurut saya ini sangat-sangat tidak membantu saya sama sekali. Saya sarankan untuk customer care harus mempunyai banyak akses dan informasi, tidak hanya jadi “tameng” untuk menghadapi customer.

Dengan informasi ini, saya mengharapkan bisa segera mendapatkan sertifikat rumah saya yang dijadikan agunan/jaminan. Jika sampai melebihi tanggal 15 September 2023, akan ada/timbul kerugian ekonomi bagi saya, yang mana pembeli tidak jadi membeli rumah saya. Tolong dibantu!

Kukuh Anggoro Wicaksono
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Proses Pengambilan Sertifikat Agunan yang Tidak Jelas Jangka Waktunya

  • 10 September 2023 - (13:49 WIB)
    Permalink

    Saya kemarin juga barusan ambil sertifikat jaminan yang sdh lunas sesuai jadwal dari Bsi dan alhamdulillah tanpa ada masalah meskipun harus menunggu 3 bulan untuk proses balik nama dari bni syariah ke bsi untuk pengurusan roya,sebelum itu sdh ada informasi dari bsi untuk estimasi kurang lebih 3 bulan,diberi opsi klo mau urus sendiri sertifikat lgs bisa keluar tapi harus bayar notaris sendiri kurang lebih 2,4 jt,klo lewat bsi tanpa biaya tapi harus nunggu 3 bulan paling cepat.akhirnya pilih lewat bsi dan alhamdulilah kemarin selesai hanya bayar biaya materai buat 3 lembar untuk surat pengantar ke bpn..semoga masalahnya cepat terselesaikan saran saja sebaiknya langsung datangi banknya dan ketemu bagian pengurusan pengambilan jaminan ..

    3
    0
  • 10 September 2023 - (16:52 WIB)
    Permalink

    dtunggu berita penyelesaiannya.. saya kok sangsi bisa selesai sebelum tgl 15 sept.. percepatan pelunasan dengan agunan sertifikat, biasanya cepet…

  • 11 September 2023 - (09:41 WIB)
    Permalink

    Per hari ini sertifikat rumah sudah saya terima.
    Terima kasih
    Kukuh Anggoro Wicaksono

  • 13 September 2023 - (17:18 WIB)
    Permalink

    Sama pak saya sudah 3 tahun pak belom dikembalikan sertifikat dengan BSI kelapa gading dulunya BNI syariah setiap kali didatagi baru ada tlp sudah lelah katanya bank syari’ah tapi begini ceritanya

 Apa Komentar Anda mengenai KPR BSI?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Proses Pengambilan Sertifikat Agunan yang Tidak Jelas Jangka Waktunya…

oleh Kukuh dibaca dalam: 2 menit
4